14 Akibat Kurang Tidur dan Begadang serta cara mengatasinya

akibat kurang tidur
Akibat Kurang Tidur – Begadang merupakan kondisi dimana seseorang tidak tidur atau terjaga hingga larut malam sehingga menyebabkan kurang tidur. Pada normalnya seseorang harus tidur cukup setidaknya 8 jam dalam sehari. Namun, saat begadang jam tidur menjadi berkurang yakni bisa kurang dari 6 jam waktu tidur.

Tidur cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Mengapa demikian? Karena dengan tidur cukup akan mengistirahatkan pikiran serta tubuh kita dari kelelahan saat beraktivitas sehari-hari. Dengan tidur cukup akan membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks sehingga saat bangun tidur tubuh akan terasa lebih segar.

Namun, tak jarang bagi masyarakat indonesia khususnya memiliki kebiasaan buruk begadang ini. Tentu kebiasaan buruk begadang ini memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan akibat kurang tidur. Kurangnya tidur menyebabkan beberapa masalah atau gangguan kesehatan yang bisa mengganggu pekerjaan atau aktivitas sehari-hari anda. untuk itu penting bagi anda untuk mengetahui beberapa efek buruk akibat kurang tidur dan cara mengatasinya

Lalu, apa saja dampak buruk akibat kurang tidur atau begadang ini? Dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk itu simak bahasannya dibawah ini

Penyebab susah tidur

Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa menyebabkan seseorang susah untuk tidur:

– Efek Insomnia

Insomnia merupakan salah satu penyebab utama seseorang bisa mengalami kesulitan untuk tidur. Insomnia bisa dipengaruhi oleh beberapa penyebab misalnya gangguan pada emosional atau juga bisa karena efek mengonsumsi obat-obatan tertentu.

– Makan terlalu banyak

Penyebab susah tidur lainnya adalah jika terlalu banyak makan saat ingin tidur. Hal tersebut dapat terjadi akibat tubuh kita belum selesai mencerna makanan yang terlalu banyak masuk kedalam tubuh dengan sempurna

– Terlalu asyik bermain

Kadangkala seseorang lupa waktu karena terlalu asik bermain. Maksudnya bermain disini dapat bermacam-macam, misalnya seperti terlalu asik nongkrong bersama teman-teman hingga larut malam dan lainnya.

– Efek Jet lag

Apabila anda baru saja melakukan perjalanan menggunakan pesawat hal ini kadang kala membuat jet lag. Dampak jet lag ini juga bisa menyebabkan masalah lain salah satunya adalah gangguan susah untuk tidur.

– Kerja lembur

Tuntutan pekerjaan yang sangat padat misalnya seperti mengharuskan kita untuk kerja lembur hingga malam. Hal ini tentu akan membuat kita kesulitan untuk tidur dan membuat jam tidur menjadi berkurang

Akibat kurang tidur

Efek atau dampak yang ditimbulkan akibat kurang tidur bisa bermacam-macam. Efek kurang tidur ini bisa berupa efek atau pengaruh langsung, pengaruh atau efek terhadap pikiran, efek resiko penyakit jangka panjang, dan pengaruh atau efek pada hormon tubuh.

Pengaruh atau efek langsung

1. Muka menjadi pucat serta timbul linngkaran hitam pada kantung mata

Efek yang bisa terlihat langsung apabila anda terlalu sering begadang atau kurang tidur diantaranya yaitu wajah terlihat pucat, lesu, sayu, mata terlihat merah, dan timbulnya lingkaran hitam pada kantung mata atau dibawah mata. Disamping efek tersebut, dampak kurang tidur juga menyebabkan munculnya banyak kerutan pada area sekitar mata.

2. Pusing serta susah untuk konsentrasi

Efek langsung lain akibat kurang tidur adalah menyebabkan pusing dan kesulitan berkonsentrasi. Saat anda kurang tidur yaitu tidur kurang dari 6 jam dalam sehari dan saat anda bangun akan berefek pusing, lesu, dan kurang bersemangat. selain itu, dampak kurang tidur juga menyebabkan kesulitan berkonsentrasi saat mengerjakan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

3. Daya Tahan Menjadi Menurun

Efek buruk lainnya bagi kesehatan yang ditimbulkan dari kurang tidur ini yaitu menurunkan daya tahan tubuh. Memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam cenderung rentan terserang beberapa penyakit ringan misalnya seperti terserang demam, flu, meriang, batuk, tidak enak badan, serta gangguan kesehatan lainnya. Hal ini karena tubuh terlalu sering diforsir hingga malam hari, padahal malam hari adalah waktu yang diperlukan tubuh untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

4. Mudah mengantuk

Efek samping dari kebiasaan begadang adalah mudah mengantuk saat keesokan harinya ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini disebabkan tubuh dan pikiran kurang mendapatkan jatah isitirahat yang cukup yaitu tidur minimal 7 hingga 8 jam dalam sehari. Sehingga hal ini menyebabkan kebutuhan istirahat tidak tercukupi dengan baik

5. Pola makan menjadi tidak teratur

Kebiasaan begadang juga akan menyebabkan pola makan tidak teratur. Hal ini dikarenakan orang yang sering begadang atau kurang tidur akan cenderung melewatkan sarapan pada pagi harinya.

Pengaruh atau efek kurang tidur terhadap pikiran

Berikut ini adalah beberapa efek atau pengaruh terhadap pikiran akibat susah tidur

1. Depresi dan Stres

Disamping berdampak buruk pada kesehatan secara fisik, kebiasaan begadang atau kurang tidur juga terhadap pikiran atau faktor psikologis. Salah satu efek terhadap pikiran akibat dari susah tidur adalah pikiran cenderung rentan mengalami stres atau juga depresi. Kebiasaan begadang atau kurang tidur dalam jangkan panjang mengakibatkan pikiran cenderung tidak tenang, dan emosi cenderung berlebihan. Hal ini dikarenakan akibat kelelahan pikiran dan kurang tercukupinya kebutuhan minimal tidur yaitu 7 hingga 8 jam dalam sehari.

2. Gelisah

Pengaruh buruk lainnya terhadap pikiran akibat susah tidur pada malam hari adalah pikiran yang cenderung mudah gelisah. Hal ini dikarenakan pikiran tidak mendapat waktu istirahat yang cukup dan baik saat malam hari.

3. Mudah Marah

Salah satu efek lain yang ditimbulkan apabila memiliki kebiasaan begadang adalah emosi yang cenderung meledak-ledak dan sulit terkontrol. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya hormon tertentu yang dihasilkan tubuh pada saat anda tidur. Sehingga apabila anda kurang tidur otomatis produksi hormon tersebut juga menjadi berkurang.

Pengaruh kurang tidur terhadap resiko penyakit jangka panjang

1. Tekanan darah tinggi atau Hipertensi

kebiasaan begadang atau kurang tidur dalam jangka waktu panjang juga menyebabkan resiko beberapa penyakit. Salah satunya adalah memicu penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur atau insomnia berpotensi memicu hipeertensi. Tekanan darah tinggi ini adalah salah satu penyebab yang bisa memicu timbulnya penyakit lain diantaranya seperti serangan jantung dan stroke.

2. Resiko penyakit stroke

Dari hasil riset yang dilakukan oleh Warwick Medical School menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan tidur kurang dari jam tidur normal atau kurang dari 6 jam tidur dalam sehari, berpotensi memicu meningkatkan 15% resiko penyakit stroke.

3. Resiko Obesitas

Dari hasil riset oleh Tulane University School of Medicine menyebutkan bahwa efek kurang tidur menyebabkan turunnya jumlah hormon yang ada dalam tubuh. Hasil riset itu menyebutkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan kurang tidur dari 6 jam cenderung lebih rentan terkena serangan obesitas dikarenakan munculnya rasa lapar saat malam hari. Hal tersebut menyebabkan kebiasaan makan pada malam hari yang bisa memicu obesitas.

4. Resiko penyakit jantung

Salah satu dampak buruk kebiasaan begadang akibat kurang tidur lainnya adalah memicu resiko terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh potensi dari penyakit hipertensi yang disebabkan oleh kebiasaan begadang atau susah tidur pada malam hari. Selain itu angin malam juga bisa memperburuk keadaan kesehatan tubuh.

Pengaruh kurang tidur terhadap hormon

1. Menurunnya hormon pertumbuhan
Salah satu pengaruh yang ditimbulkan oleh kebiasaan kurang tidur atau begadang adalah hormon pertumbuhan menurun. Hal ini disebabkan karena hormon pertumbuhan banyak dihasilkan pada waktu kita tidur. Pada waktu kita tidur merupakan saat dimana tubuh memperbaiki serta memperbarui sel-sel pada tubuh.

2. Menurunnya gairah sex

Dari hasil riset para ahli menunjukkan bahwa laki-laki maupun wanita yang memiliki kebiasaan kurang tidur saat malam hari dapat memicu menurunnya gairah sex. Hal ini disebabkan oleh energi tubuh akan habis karena terkuras pada saat begadang pada malam hari serta menimbulkan rasa ngantuk yang berlebih.

Cara mengatasi resiko bahaya akibat kurang tidur

Beberapa cara bisa anda lakukan dalam rangka untuk mengurangi efek negatif dari kebiasaan begadang atau akibat kurang tidur pada saat malam hari. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda terapkan untuk mengurangi resiko bahaya kurang tidur pada malam hari:

1. Perbanyak Minum Air putih

Untuk mengurangi resiko bahaya begadang salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini karena untuk mencegah dehidrasi saat terjaga pada malam hari

2. Perbanyak konsumsi makanan bervitamin

Pada saat malam hari, anda bisa mengganti konsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan atau makanan cepat saji dengan makanan yang lebih sehat yang banyak mengandung vitamin. Selain itu anda bisa mengonsumsi makanan dari jenis biji-bijian misalnya seperti kacang hijau, kacang merah, dan lain-lain yang bisa memberi asupan kalori yang cukup.

3. Hindari makanan tak sehat

Untuk mengurangi efek negatif dari kurang tidur anda juga harus menghindari mengonsumsi makanan tidak sehat pada hari misalnya seperti makanan cepat saji, gorengan, atau makanan berkolesterol tinggi lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko terkena obesitas.

4. Olahraga saat sore hari

Untuk membantu menjaga kebuagaran tubuh, anda bisa melakukan olahraga ringan pada sore hari. Hal ini juga berguna agar anda bisa tidur nyenyak saat malam hari karena dengan berolahraga tubuh akan terasa sedikit capek dan akan membuat rasa ngantuk lebih cepat pada saat malam akan tidur.

5. Mandi Air hangat saat pagi hari

Untuk membantu merileksasi tubuh saat bangun tidur, anda bisa mandi dengan menggunakan air hangat pada pagi hari. Hal ini selain membantu tubuh anda lebih rileks dan terasa hangat, juga berguna untuk membantu mengurangi resiko terkena angin duduk.

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat kurang tidur
  • cara mengatasi kurang tidur
  • mengatasi kurang tidur
  • cara mengatasi badan lemas karena kurang tidur
  • efek begadang
  • cara mengatasi akibat kurang tidur
  • begadaNg
  • obat kurang tidur malam
  • cara mengatasi begadang
  • cara mengatasi kekurangan tidur
  • kurang tidur
  • obat untuk kurang tidur
  • akibat begadang
  • akibat kelelahan dan kurang tidur
  • cara mengobati kurang tidur
14 Akibat Kurang Tidur dan Begadang serta cara mengatasinya | Admin | 4.5
error: