19 Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan

Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan

Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan

Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan – Makanan cepat saji atau lebih dikenal masyarakat umum dengan sebutan Fast Food ini lebih mengacu pada jenis makanan yang dapat tersaji dengan cepat. Maka dengan begitu, kita sebagai konsumen tidak perlu lagi untuk menunggu lama makanan yang kita pesan tersaji di depan meja makan anda. Bagi anda yang memiliki rutinitas cukup padat dan tidak sempat untuk memasak sendiri dirumah, maka memilih makanan cepat sering menjadi solusi terbaik. Namun satu hal yang perlu dan penting untuk anda ingat bahwa makanan cepat saji ini disinyalir menjadi biang kerok dari munculnya berbagai jenis penyakit pada tubuh kita.

Memilih membeli makanan cepat saji memang dapat menjadi solusi terbaik untuk menghemat waktu, namun memilih makanan ini bukan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh anda. menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa makanan cepat saji dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi setiap hari dan menjadi menu makanan utama anda.

Penasaran, apa saja dampak buruk atau bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan? Simak penjelasannya dibawah berikut ini.

Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan

  1. Dapat Menyebabkan Ketagihan

Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji sering kali membuat seseorang yang mengkonsumsinya menjadi ketagihan. Hal ini dikarenakan, di dalam setiap makanan yang cepat saji terdapat banyak kandungan bahan pewarna makanan dan juga gula buatan yang dapat membuat jenis makanan ini sangat menggugah selera makan anda. Jika kandungan tersebut terus masuk ke dalam tubuh, maka sudah pasti dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.

  1. Dapat Menyebabkan Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih tentu menjadi salah satu penyebab utama dari timbulnya berbagai masalah kesehatan tubuh. Penyebab obesitas sendiri dapat dipicu oleh pola makan yang tidak sehat dan sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji. Ini dikarenakan, di dalam makanan cepat saji memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dan mengandung garam yang dapat menjadi pemicu dari kegemukan. Selain itu, faktor lain seperti minyak goreng dan juga bahan pangawet makanan juga sering digunakan dalam pembuatan makana ini. Sehingga makanan tersebut dapat membuat pencernaan sulit untuk mengurai lemak yang masuk ke dalam pencernaan, begitu pun dengan kandungan kalori yang cukup tinggi di dalam makanan yang satu ini.

  1. Dapat Menyebabkan Kerusakan Organ Hati

Faktor kerusakan pada organ hati sering kali dikaitkan dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji, namun efek buruk tersebut tidak akan langsung dirasakan dan bahkan diketahui secara langsung oleh orang-orang yang mengkonsumsinya. Penggunaan minyak dan lemak trans saat menggoreng makanan cepat saji ini dapat membuat makanan lebih tahan lama, sehingga dapat dikonsumsi meski sudah beberapa hari.

Meskipun tubuh kita dengan secara alami dapat berusaha untuk membersihkan kandungan zat-zat yang tidak berguna untuk tubuh, namun organ hati akan bekerja dengan sangat keras untuk membersihkan zat-zat yang bersifat racun tersebut. Oleh karena itu, jika kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji terus dilakukan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan hati.

  1. Dapat Memicu Penyakit Kardiovaskular

Seseorang yang menderita penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung misalnya, maka dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan yang sangat fatal dan bahkan dapat berujung dengan kematian. Hal ini dikarenakan, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung sodium dan kolesterol dapat memicu keruksanan pada organ jantung.

Tingginya kandungan sodium pada makanan cepat saji seperti kentang goreng, daging olahan dan minuman bersoda dapat menyebabkan tekanan darah mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu, kandungan sodium yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Kedua faktor inilah yang dapat membuat kerja jantung menjadi lemah, sehingga kondisi seperti ini dapat membuat anda tidak dapat berolahraga dengan maksimal.

  1. Dapat Menyebabkan Diabetes Melitus Tipe 2

Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat daji dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Hal ini dikarenakan, pada makanan cepat sajit terdapat kandungan gula dan garam yang sangat tinggi yang tanpa disadari dapat memicu peningkatan berat badan berlebih atau obesitas. Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa obesitas sendiri merupakan salah satu faktor penyebab utama dari penyakit diabetes tipe 2.

  1. Dapat Memicu Peradangan Pada Dinding Lambung

Peradangan pada dinding lambung atau dikenal dengan istilah Peptic Ulcer Disease (PUD) merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang lambung. Seseorang yang terserang penyakit ini sering mengeluhkan gejala seperti rasa perih pada bagian lambung. Jenis makanan cepat saji yang dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung diantaranya yaitu Pizza dan keripik gurih.

  1. Dapat Menyebabkan Nafsu Makan Menurun

Di dalam setiap jenis makanan biasanya memiliki kandungan zat yang dapat menggugah selera makan, sedangkan pada makanan cepat saji memiliki kandungan nutrisi yang sangat sedikit sehingga dapat menurunkan nafsu makanan jika makanan ini dikonsumsi dalam waktu yang lama.

  1. Dapat Menyebabkan Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Serat merupakan salah satu zat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga serat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya dalam jumlah yang cukup. Sedangkan pada makanan cepat saji kebanyakan diolah dengan cara di goreng dan bahan dasar makanan yang digunakannya pun tidak begitu sehat, sehingga jika terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji tubuh akan mengalami kekurangan serat dan dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

  1. Dapat Menyebabkan Tubung Mengalami Kekurangan Nutrisi

Tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang, karena manfaatnya sangat penting untuk fungsi dan sistem dalam tubuh. Sedangkan makanan cepat saji tidak memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, serat, vitamin dan kandungan zat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika kita terus menerus mengkonsumsi makanan cepat saji, maka tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

  1. Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Penyakit tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit berbahaya yang banyak diderita oleh masyarakat umum. Salah satu penyebabnya yaitu dikarenakan pola makan yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi makanan cepat saji. Jika anda sudah menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi, maka berbagai jenis penyakiit berat lainnya pun akan bermunculan seperti serangan jantung, stroke dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji Lainnya :

  1. Dapat menyebabkan stres
  2. Terjadi peradangan pada sendi
  3. Dapat menjadi pemicu kanker
  4. Gangguan pada sistem pernafasan
  5. Kerusakan sistem saraf pusat
  6. Menyebabkan kulit berjerawat
  7. Menyebabkan Osteoporosis
  8. Sering merasa haus dan dehidrasi
  9. Menyebabkan penyakit Sindrom Metabolis

Itulah bahaya mengkonsumsi makanan cepat saji bagi kesehatan. Jika anda tidak ingin mengalami dampak buruk dari terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji seperti yang telah kami jelaskan diatas, sebaiknya batasi konsumsi makanan tersebut dan perbanyak mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi dan gizi seimbang. Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga setiap hari, sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • makanan cepat saji yang mengandung vitamin A
  • apa bahaya sering mengkonsumsi makanan cepat saji
  • bahaya makanan tidak sehat
  • Jenis makanan siap saji akan tetapi tidak bermanfaat
  • makanan cepat saji bagi pencernaan
  • makanan cepat saji bermanfaat bagi tubuh
  • penyuluhan bahaya makanan siap saji
  • peta pikiran tentang bahaya makanan cepat saji

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

19 Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: