15 Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda

Bahaya Makanan Pedas

Bahaya Makanan Pedas

Bahaya Makanan Pedas – Tahukah anda, ternyata hampir sebagian masyarakat di Indonesia suka mengkonsumsi makanan pedas? Walaupun mereka mengetahui akan bahaya mengkonsumsi makanan pedas, namun tetap saja sebagian dari mereka mengabaikan akan bahaya tersebut. Sebaiknya hindari makanan pedas terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat sakit maag. Terlepas dari itu, makanan pedas juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan. Nah, bagi anda yang penggemar makanan pedas, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dulu mengenai bahaya makanan pedas yang berdampak bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan beberapa bahaya jika terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, diantaranya sebagai berikut :

Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda

  1. Pencetus Penyakit Maag Akut

Terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit maag akut. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag sebaik sebaiknya mengetahui apa saja gejala sakit maag, sehingga pada saat anda mengkonsumsi makanan pedas dan kemudian sakit maag kambuh, maka dengan cepat anda dapat mengatasi gejala penyakit tersebut dan tepat. Tapi bagi anda yang tidak menyadari telah menderita sakit maag akut, maka anda dapat mengetahui tanda-tandanya dari reaksi pada lambung setelah anda mengkonsumsi makanan pedas.

  1. Menyebabkan Penyakit Lambung

Seseorang yang memiliki riwayat sakit maag biasanya akan disertai dengan penyakit lambung, hal ini karena lambung si penderita maag mengalami luka atau infeksi pada lambungnya. Gejala tersebut dapat anda rasakan ketika mengkonsumsi makanan pedas, sehingga at asam dalam lambung akan meningkat dan menyebabkan perut terasa sakit dan perih. Hal di karenakan, kandungan Capsicum pada cabai dapat memicu naiknya kadar asam lambung di dalam tubuh sehingga menimbulkan rasa perih. Bagi anda yang memiliki riwayat sakit lambung, sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan pedas.

  1. Mengakibatkan Insomnia (Susah Tidur)

Seeorang yang setiap harinya mengkonsumsi makan pedas, maka anda memiliki resiko lebih tinggi mengalami insomnia (susah tidur). Hal ini karena, rasa pedas pada cabai atau merica yang di konsumsi dapat mengakibatkan otak mengirim sinyal pada hormon norepinefrin untuk tetap terjaga. Otak yang menerima sinyal tersebut dapat membuat seseorang yang mengkonsumsi makanan pedas mengalami rasa cemas, gelisah, insomnia dan bahkan hal ini dapat menimpa orang yang sedang mengalami depresi. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan pedas ketika menjelang tidur, karena kebiasaan tersebut dapat menyebakan anda mengalami sulit tidur ke depannya.

  1. Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Tanpa kita sadari bahwa mengkonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan. Bagi anda yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan, maka sebaiknya hindari terlebih dahulu untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan pedas karena dapat secara tidak langsung dapat meningkat nafsu makan yang pada akhirnya berat badan tidak akan kunjung turun.

  1. Dapat Menyebabkan Rasa Mulas

Kandungan zat capsicum yang terdapat pada cabai bisa mengiritasi dinding lambung sehingga memicu rasa mulas pada perut.

  1. Dapat Menyebabkan Diare

Seseorang yang secara berlebihan mengkonsumsi cabai atau makanan pedas memiliki resiko lebih tinggi terkena diare. Hal ini disebabkan oleh karena kandungan zat capsicum yang masuk terlalu banyak kedalam tubuh, sehingga dapat memicu penyakit diare. Kandungan zat tersebut mampu membuat usus teriritasi sehigga saluran usus tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, terlebih terhadap kinerja usus besar. Usus besar memiliki peranan yang sangat penting yang berfungsi untuk menyerap cairan makanan pada feses, sehigga pada saat di keluarkan feses tersebut tidak terlalu cair. Jadi, apabila kinerja atau fungsi usus besar terganggu, maka usus tersebut tidak dapat bekerja secara optimal dan feses yang dikeluarkan pun masih banyak mengandung cairan.

  1. Refluks Asam

Bagi seseorang yang memiliki riwayat asam lambung tinggi dan kemudian mengkonsumsi makanan pedas, maka rasa pedas tersebut dapat merangsang terjadinya refluks asam bagi penderita sakit lambung dan penderita maag. Apa itu refluks asam? refluk asam yaitu suatu kondisi kesehatan dimana ditandai dengan naiknya kadar asam lambung ke kerongkongan dan mengakibatkan terongkongan tersebut cepat rusak karena terlalu sering terganggu oleh refluk asam tersebut.

Bukan hanya dapat merusak kerongkongan saja, tetapi makanan yang masuk kedalam saluran pencernaan akan di keluarkan kembali melalui kerongkongan, sehinga menimbulkan rasa perih dan nyeri di kerongkongan. Keluarnya kembali makanan melalui tenggorokan tersebut juga dapat menjadi salah satu tanda adanya kanker mulut dan kanker nasofaring. Maka dari itu, jangan sepelekan ketika anda mengalami gejala asam lambung naik, terlebih jika makanan tersebut dikeluarkan kembali melalui saluran kerongkongan.

  1. Menyebabkan Perut Terasa Panas

Perut terasa panas ketika selesai mengkonsumsi makanan pedas merupakan gejala yang paling umum terjadi. Hal tersebut merupakan hal yang lumrah atau sering di alami mereka yang mengkonsumsi cabai atau makan pedas, karena kandungan zat capsicum yang berlebih dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada usus dan lambung.

  1. Menyebabkan Perut Terasa Melilit

Reaksi yang sering di alami oleh mereka yang sering mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat menyebabkan perut terasa melilit.

  1. Dapat Menimbulkan Sakit Kepala

Jika anda penggemar makanan pedas mungkin pernah mengalami rasa sakit kepala setelah mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini dapat terjadi jika anda memakan makan pedas dalam keadaan perut kosong atau belum terisi oleh makanan apapun. Bukan hanya itu, efek sakit kepala juga sangat erat kaitannya dengan penyakit lambung dan maag. Jadi sebaiknya kenali penyebab sakit kepala terlebih dulu sebelum anda mengobatinya, karena bisa jadi sakit kepala yang anda alami disebabkan oleh karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas.

  1. Dapat Menyebabkan Lidah Terasa Terbakar dan Mati Rasa

Efek lainnya dari mengkonsumsi makanan pedas yaitu lidah terasa terbakar atau mati rasa. Seseorang yang sering mengkonsumsi makanan pedas terlalu sering dapat menyebabkan penebalan pada lidah, sehingga lidah akan terasa mati rasa pada saat mengkonsumsi berbagai jenis makanan pedas.

  1. Kerongkongan Terasa Terbakar dan Panas

Tahukan anda mereka yang sering mengkonsumsi makanan pedas memiliki resiko lebih rentan terkena sakit tenggorokan atau radang tenggorokan. Efek dari terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas lainnya, yaitu tenggorokan terasa seperti terbakar yang disertai dengan rasa panas. Hal ini disebabkan oleh karena kandungan zat capsicum pada cabai dapat mengiritasi kerongkongan, sehingga memberikan efek terasa terbakar dan juga rasa panas pada tenggorokkan.

  1. Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Segar rasanya mengkonsumsi makanan pedas pada saat hamil, tapi tahukan bunda ternyata mengkonsumsi makanan pedas pada saat hamil sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Berikut adalah beberapa bahaya makanan pedas bagi ibu hamil, diantaranya yaitu :

  • Dapat Memicu Rasa Mulas Berlebih

Makan makanan pedas pada saat halim dapat memicu rasa mulas yang berlebih, tentu saja hal ini sangat tidak baik karena dapat mengganggu tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, mengkonsumsi makanan pedas pada saat hamil juga dapat menyebabkan diare.

  • Dapat Menyebabkan Kontraksi Dini

Ibu hamil yang sering atau suka mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebakan terjadinya kontraksi dini, hal ini diakibatkan karena terlepasnya hormon prostaglandin. Pelepasan hormon tersebut akan mendorong otot – otot halus pada rahim, sehingga terjadi kontraksi. Jadi sebaiknya hindari untuk memakan makanan pedas pada saat hamil.

Itulah beberapa bahaya makanan pedas bagi kesehatan yang penting untuk anda ketahui, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • efek makan pedas
  • bahaya makan pedas
  • bahaya sering makan pedas
  • vahaya makan pedas
  • Orang suka makan pedas nafsunya gede
  • gejala akibat terlalu sering mkan pedas
  • Cara-cara menggemukkan badan?
  • bahaya terlalu sering makan maka
  • bahaya makanan pedas
  • bahaya makan pedas dan penyakit
  • bahaya konsumsi pedas
  • apakah makan makanan pedas menyenapes kambuh
  • àkibatibu hamil terlalu banyak makan makanan pedas
  • akibat terlalu sering makan pedas
  • akaibat sering makan pedas dan asam

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

15 Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: