12 Bahaya Tidur Dekat Handphone Yang Perlu diWaspadai

Bahaya Tidur Dekat Handphone

Bahaya Tidur Dekat Handphone

Bahaya Tidur Dekat Handphone – Salah satu kebiasan buruk yang sering diabaikan pada saat menjelang tidur, yaitu tidur dekat handphone. Saat ini handphone telah di sulap menjadi sahabat kedua manusia dengan segala kecanggihannya. Dulu handphone hanya di miliki oleh orang orang tertentu saja, tapi sekarang hampir semua orang memiliki benda pintar tersebut termasuk anak-anak sekolah SD kini telah mahir memakainya.

Tidak di pungkiri hadirnya handphone telah banyak membantu sekaligus memudahkan warga masyarakat terutama dalam segi komunikasi dengan saudara, sahabat, teman relasi bisnis dan masyarakat lainnya. Tidak hanya, memudahkan dalam segi berkomunikasi handphone juga dapat di jadikan sebagai media sosial untuk berjualan secara online. Karena kini telah banyak berbagai aplikasi canggih yang dapat membantu masyarakat untuk menemukan sesuatu, salah satunya aplikasi Google.

Tapi tahukan anda, meskipun handphone dapat di jadikan sebagai sahabat kedua  ternyata ponsel juga menyimpan berbagai bahaya yang kemungkinan tidak banyak di sadari oleh pemiliknya. Salah satu kebiasan buruk yang tidak disadari si pemilik ponsel, yaitu ketika mereka tidur biasanya handphone pun juga di letakan berdekatan dengan pemiliknya.

Secara kasat mata ponsel mengeluarkan pancaran radiasi yang tinggi, sehingga banyak orang yang tidak sadar akan bahaya dari radiasi yang dihasilkan oleh ponsel. Menurut data dari WHO, radiasi yang dihasilkan ponsel dapat bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi terhadap susunan saraf pada tubuh manusia sehingga dapat memicu pembentukan kanker atau tumor.

Dengan istirahat yang cukup dapat membantu memulihkan tenaga, namun jika anda sering mengalami gangguan tidur dan mengalami kurang tidur tentu dapat menyebabkan kondisi tubuh tidak fit. Maka dari itu, untuk meminimalisir terjadinya gangguan tidur dan pastikan anda tidak tidur dekat dengan ponsel.

Lalu, apa saja bahaya tidur dekat handphone atau ponsel?

Bahaya Tidur Dekat Handphone Bagi Kesehatan

Ada 9 bahaya yang bisa anda alami jika memiliki kebiasaan tidur dekat ponsel, yaitu :

  1. Dapat Memicu Pembentukan Tumor Otak

Radiasi yang dihasilkan oleh ponsel akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan dan perkembangan neoplasma dari hasil proses regenerasi sel yang tidak wajar. Secara umum, tumor otak ini akan muncul pada orang dewasa yang produktif, namun tidak jarang pula penyakit tumor ini menyerang anak-anak. Maka dari itu, hilangkan kebiasaan buruk menggunakan handphone sebelum tidur dan meletakannya di sebelah anda.

  1. Dapat Memicu Kanker

Kanker sendiri hampir sama dengan tumor, salah satu penyebab kanker juga dapat dipengaruhi oleh proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh yang tidak terkendali, sel-sel abnormal ini pada kahirnya akan menyerang jaringan tubuh terdekat yang setiap harinya selalu bersentuhan dengan handphone atau ponsel seperti tangan dan telinga. Namun tidak jarang pula anggota tubuh lainnya dapat terkena paparan radiasi yang dihasilkan dari ponsel sehingga dapat meningkatkan resiko kanker, karena banyak orang yang tanpa sadar sering meletakan ponsel dibawah tubuh dan kemudian menindihnya.

  1. Meledak Dan Terbakar

Mungkin sebagian dari anda sudah sering mendegar atau melihat kabar berita mengenai kasus ponsel yang meledak dan terbakar ketika pemiliknya sedang tertidur, baik di media televisi maupun media sosial. Kabar tersebut memang memang benar adanya, karena terjadinya kasus tersebut disebabkan oleh karena sering kali pemilik ponsel melakukan pengisian daya ponsel di malam hari ketika akan beranjak tidur dan bahkan meletakannya di samping tempat tidur mereka. Hal seperti ini tentu dapat menyebabkan ponsel mengalami panas berlebih dan menyebabkan terjadinya korsleting, sehingga dapat menyebabkan ponsel meledak dan bahkan terbakar.

  1. Dapat menyebabkan sakit kepala

Bagi seseorang yang sensitif terhadap gelombang RF yang berasal dari radiasi ponsel, maka tanpa kita sadari gelombang tersebut dapat menyebabkan pemilik ponsel sering mengalami pusing atau sakit kepala, mual dan bahkan muntah-muntah.

  1. Dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak

Bahaya lain tidur dekat ponsel yaitu dapat mempengaruhi kualitas tidur, sehingga kita tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Entah itu karena ketika tidur ada panggilan atau pesan masuk. Selain itu, tidur dekat ponsel dapat membuat kita mengalami kesulitan untuk tidur karena terlalu asyik memainkan ponsel. Jika hal ini terus terjadi pada diri anda, maka tanpa anda sadari selalu ingin memegang dan memainkan ponsel sebelum anda tertidur.

  1. Dapat menyebabkan serangan jantung

Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, ada seseorang yang dalam seketika mengalami serangan jantung dan meninggal dunia seketika setelah mendengar ponsel yang dimilikinya berbunyi di saat sedang lelap tertidur. Kemungkinan besar orang tersebut merasa kaget, sehingga mengalami serangan jantung.

  1. Dapat menyebabkan penyakit Alzheimer

Jenis penyakit Alzheimer memang tidak menular, namun dapat menyerang para orang tua. Namun bagi mereka yang memiliki kebiasaan buruk tidur dekat handpone, tanpa disadari mereka beresiko tinggi terserang penyakit Alzheimer di usia muda.

  1. Menyebabkan tubuh cepat lelah

Sering tidur dekat ponsel dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur, sehingga menyebabkan mereka sering mengalami kelelahan dan cepat lelah selama beraktivitas yang disebabkan oleh karena kurang tidur.

  1. Dapat menghambat proses metabolisme tubuh

Perlu anda ketahui bahwa proses metabolisme tubuh biasanya akan terjadi pada saat tubuh sedang beristirahat atau tidur. Namun jika anda sering tidur dekat dengan ponsel dan mengganggu kenyamanan tidur anda, sehingga menyebabkan proses metabolisme tubuh pun akan terganggu. Selain itu, dengan terganggunya proses metabolisme tubuh dapat mempengaruhi kerja dari sistem pencernaan dan proses detoksifikasi racun dalam tubuh.

  1. Dapat menurunkan kualitas sperma

Bahaya tidur dekat handphone juga dapat mempengaruhi kualitas dari sperma pria, sehingga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan sperma yang dihasilkan oleh seorang pria. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mendambakan untuk memiliki anak, sebaiknya hilangkan kebiasaan tidur dekat dengan ponsel. Paparan radiasi yang dihasilkan oleh ponsel dapat menyebabkan produksi hormon reproduksi menjadi terganggu dan meningkatkan produksi hormon testosteron.

  1. Dapat Menyebabkan Keguguran Bagi Ibu Hamil Muda

Bagi ada yang sedang hamil muda, maka sebaiknya jauhkan handphone dari tubuh anda karena dapat menyebabkan terjadinya keguguran. Hal ini dikarenakan, menurut hasil penelitian menjelaskan bahwa radiasi yang dikeluarkan oleh ponsel dapat menyebabkan perkembangan janin dalam kandungan terganggu yang dapat memicu terjadinya keguguran.

  1. Jari Cepat Lelah

Meski terlihat sepele, namun mengoperasikan ponsel atau smartphone dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan jari-jemari tangan kita mengalami kelelahan. Terlebih pada saat memainkan ponsel sambil tidur dengan posisi ponsel berada diatas, dalam jangka waktu kurang dari 15 menit tangan dan jari-jari akan terasa lelah dan kondisi ini masih akan terasa pada keesokan harinya ketika bangun tidur.

Itulah tadi beberapa dampak bahaya tidur dekat handphon, dengan mengetahui dampak buruknya alangkah baiknya kita lebih bijak dalam menggunakan perangkat atau alat komunikasi yang satu ini. Karena meskipun terkesan sederhana, namun dalam jangka panjang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh terlebih bagi ibu hamil dan anak-anak.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • mengembalikan sel sel tubuh yg terkena radiasi hp

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

12 Bahaya Tidur Dekat Handphone Yang Perlu diWaspadai | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: