Daftar Buah Yang Baik Untuk Ibu Menyusui dan Bayi

Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui

Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui

Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui dan Perkembangan Bayi – Tidak hanya ibu hamil yang membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan, tetapi ibu menyusui pun sangat membutuhkan asupan makanan sehat dan bergizi agar produksi ASI menjadi lancar dan berkualitas agar tumbuh kembang sang buah hati optimal.

Salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui yaitu buah-buahan, karena di dalam buah –buahan terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Di dalam buah-buahan terkandung sumber mineral dan vitamin yang sangat baik untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh bayi, melancarkan sistem pencernaan, merangsang pertumbuhan tulang dan gigi, menangkal serangan radikal bebas penyebab penyakit dan masih banyak lagi manfaat ASI lainnya untuk bayi.

Sedangkan bagi ibu yang sedang menyusui, mengkonsumsi buah-buahan dapat membanti melancarkan produksi ASI, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama menyusui serta mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. Ada banyak sekali jenis buah-buahan yang dapat kita temukan di sekitar kita, harga berbagai jenis buah-buahan pun cukup bervariasi dan terjangkau. Untuk itu, selalu sediakan buah-buahan di atas meja makan anda dan makanlah buah-buahan yang baik untuk ibu selama menyusui agar bayi anda tumbuh sehat dan pintar.

Buah Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Lalu, buah apa saja yang baik untuk ibu menyusui?

Ada banyak sekali buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, diantaranya yaitu :

  1. Apel

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis buah yang satu ini. Buah apel memang sangat disukai banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang tua, karena selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, ternyata buah apel juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan terutama bagi ibu menyusui. Di dalam buah apel kaya akan kandungan nutrisi yang sangat penting dan baik untuk tubuh seperti vitamin A, B, C, K, kalsium, kalium, fosfor, omega 3 dan juga mengandung zat antioksidan. Dengan rutin mengkonsumsi buah apel selama masa menyusui dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan juga bayi, sehingga dapat terhindari dari berbagai jenis penyakit.

  1. Mangga

Buah mangga jua tidak kalah enak dan nikmat dengan buah apel, sehingga tidak sulit untuk mendapatkan buah yang satu ini di pasar ataupun di swalayan. Di dalam buah mangga terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan baik untuk kesehatan ibu dan bayi, karena di dalam buah mangga terdapat kandungan nutrisi seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, Kdan juga mengandung asam folat. Selain itu, buah mangga juga merupakan salah satu sumber mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh ibu selama menyusui seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, tembaga, mangan dan juga seng.

Semua kandungan nutrisi dan mineral yang terdapat di dalam buah mangga ini sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan membantu meningkatkan proses pembentukan dan juga penyerapan sel darah merah ke seluruh jaruingan tubuh. Itulah kenapa ibu menyusui sangat penting untuk mengkonsumsi buah-buahan, selah satunya buah mangga.

  1. Pepaya

Buah pepaya sudah sangat terkenal memilii banyak manfaat bagi kesehatan, karena di dalam buah ini terdapat kandungan nutrisi yang lengkap seperti vitamin A, B dan C. Selain itu, buah pepaya juga mengandung serat yang sangat baik untuk membantu melancarkan dan mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Buah pepaya juga mengandung betakaroten dan zat antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas, sehingga jika dikonsumsi oleh ibu menyusui sangat baik untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan juga dapat meningkatkan perkembangan pada otak bayi.

  1. Jeruk

Dari dulu buah jeruk memang sudah sangat terkenal akan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi, sumber vitamin C ini sangat dibutuhkan oleh tubuh baik tubuh bayi maupun ibu menyusui. Vitamin C ini dapat berperqan sebagai antioksidan yang memiliki kemampuan dalam menangkal serangan radikal bebas berbahaya bagi tubuh serta mencegah perkembangan penyakit yang dapat menyerang ibu dan bayi. Tidak hanya itu, ternyata di dalam buah jeruk juga mengandung nutrisi lain yang tidak kalah pentingnya bagi ibu menyusui seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, kalisium, magnesium, tembaga, asal folat, zat besi, fosfor dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

  1. Alpukat

Buah alpukat merupakan jenis buah yang mengandung sumber energi, sehingga buah ini sangat cocok untuk diberikan pada ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Di dalam buah alpukat mengandung memiliki kandungan asam lemak sehat yang sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil. Selain itu, buah alpukat juga mengandung nutrisi penting lainya seperti vitamin A, B, C, E,  protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya. Jika ibu menyusui rutin mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, maka tubuh ibu tidak akan cepat lelah dan akan selalu bugar sepanjang hari.

  1. Jambu Biji

Buah jambu biji juga sangat baik untuk ibu menyusui, karena di dalam buah ini terdapat kandungan vitamin A, C, B1 dan zat besi yang berperan penting dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu meningkatkan proses pembentukan hemogloin. Dengan rutin mengkonsumsi jambu biji dapat mencegah ibu dan bayi mengalami anemia, untuk hasil yang maksimal sebaiknya pilih jenis jambu biji yang dalamnya berwarna merah.

  1. Buah Naga

Bua yang baik untuk ibu hamil berikutnya yaitu buah naga. Pastinya anda semua juga sudah sangat kenal dengan jenis buah unik yang satu ini, manfaat buah naga untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi terutama bagi ibu yang sedang menyusui. Hal ini dikarenakan, buah naga memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh saat menyusui. Buah nagan memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti vitamin C, B1, B2, B3, B12, kaya serat, zat besi, kalsium, fosfor dan juga zat antioksidan. Mengkonsumsi buah naga secara rutin sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan juga gula darah serta dapat membantu meningkatkan proses pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi.

  1. Stroberi

Terakhir yaitu buah stroberi. Buah ini begitu digamari banyak kalangan masyarakat  terutama anak-anak, karena selain rasanya yang sangat nikmat dan meyagarkan stroberi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di dalam buah stroberi mengandung vitamin A, C, B1, B2, B3, B6. E dan vitamin K. Selain itu, buah stroberi juga mengandung senyawa antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari infeksi kuman, virus dan bakteri yang dapat menyebabkan munculnya jenis penyakit.

Itulah beberapa jenis buah yang baik untuk ibu menyusui, semoga informasi yang telah kami paparkan diatas dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan anda semua. Beri tahu teman-teman, saudara atau itri anda untuk rutin mengonsumsi buah-buahan di atas agar anak anda kelak tumbuh dengan sehat dan pintar.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

kata untuk mencari artikel ini:
  • buah untuk ibu menyusui
  • buah yang baik untuk ibu menyusui
  • buah yang bagus untuk ibu menyusui
  • macam buah untuk ibu menyusui
  • strawberry untuk ibu menyusui
  • Buah yg baik bagi ibu menyusui
  • buah untuk ibu
  • buah yg bagus dimakan oleh ibu menyusui
  • buah buahan buat ibu menyusui
  • buah yg baik untuk ibu menyusui
  • buah yang bermanfaat untuk ibu menyusui
  • Buah yang baik buat ibu menyusui
  • buah apa yang baik untuk ibu menyusui
  • buah2an yang baik untuk ibu menyusui
  • buah yang bagus untuk busui

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Daftar Buah Yang Baik Untuk Ibu Menyusui dan Bayi | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: