9 Cara Agar Melahirkan Normal Tidak Sakit

Cara Agar Melahirkan Normal Tidak Sakit

Cara Agar Melahirkan Normal Tidak Sakit

Cara Agar Melahirkan Normal Tidak Sakit – Kehadiran seorang anak merupakan suatu anugerah yang luar biasa dari Tuhan yang maha esa, hadirnya anak tentunya dapat menambah suasana hangat di dalam keluarga, terutama bagi pasangan suami isteri yang baru saja membina batera rumah tangga. Sayangnya, tidak sedikit wanita yang merasa takut terhadap rasa sakit yang dialami ketika melahirkan, sehingga banyak wanita yang memilih untuk menunda kehamilan kehamilan anak pertama.

Ketika menanti waktu untuk proses kelahiran, maka sangat dibutuhkan persiapan yang matang dan dukungan dari suami yang selalu setia mendampingi anda setiap saat. Dukungan dari sang suami akan sangat mempengaruhi kelancaran dalam proses persalinan. Semua wanita sudah pasti ingin proses kelahiran yang dijalaninya berjalan dengan lancar dan normal, karena proses persalinan normal adalah cara yang terbaik dan sangat disarankan dalam medis. Persalinan normal sendiri membuktikan bahwa ibu dan bayi yang dilahirkan dalam kondisi yang sehat dan aman tanpa adanya gangguan.

Rasa sakit ketika melahirkan adalah hal wajar dan umum terjadi pada semua wanita, namun rasa sakit itu akan langsung hilang setelah proses persalinan telah selesai dan berjalan dengan lancar. Meski demikian, rasa sakit pada ibu hamil saat melahirkan pun akan berbeda-beda, bahkan ada ibu hamil yang mengalami rasa sakit yang sangat luar biasa ketika melahirkan. Rasa sakit saat melahirkan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu ukuran bayi yang dilahirkan, teknik proses persalinan dan juga tingkat profesionalisme dari tim medis ataupun bidan yang menangani proses persalinan pasiennya.

Lalu, apakah ada tips dan cara agar melahirkan normal tidak sakit?

Tips Cara Agar Melahirkan Normal Tidak Sakit

Berikut adalah beberapa tips agar anda tidak merasakan rasa sakit berlebih pada saat menjalani proses melahirkan, yaitu :

  1. Buatlah Tubuh Lebih Rileks

Pada saat menjelang proses persalinan, maka usahakan agar anda lebih bersikap rileks dalam menghadapi proses persalinan. Jika anda merasa lebih rileks, maka otot-otot pada tubuh akan lebih lentur terutama pada otot pinggul, perut dan paha. Namun sebaliknya jika ibu hamil merasa tegang ketika akan menjalani proses persalinan, maka otot-otot tubuh akan terasa tegang dan tubuh menjai kaku, sehingga dapat mempengaruhi kelancaran dalam melahirkan dan ibu hamil pun akan merasakan rasa sakit yang amat menyiksa serta berlangsung cukup lama.

  1. Melakukan Pernapasan Yang Benar

Ketika sedang menjalani proses melahirkan, ibu hamil harus bisa melakukan tehnik pernafasan yang baik dan benar agar dapat membantu dalam mengatur pasokan udara yang ada di dalam tubuh dan juga dapat membuat tubuh lebih rileks. Ketika sedang melahirkan, maka ibu membutuhkan energi yang sangat besar saat melahirkan bayi dari dalam kandungan. Maka dari itu, jika ibu mengalami kehabisan tenaga dan tidak mampu mengolah energi dengan baik, maka proses persalinan akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan rasa sakit yang dialami pun akan terasa sangat menyiksa.

  1. Mengetahui Tehnik Persalinan Yang Benar

Selama masa kehamilan, sangat disarankan agar ibu hamil mempelajari dan mampu melakukan tehnik persalinan dengan baik. Dengan demikian, maka anda tidak akan mengalami kesulitan lagi pada saat menjalani proses persalinan. Anda bisa mengetahui setahap demi setahap bagaimana cara melakukan tehnik persalinan yang benar, anda bisa mempelajarinya dengan membaca buku ibu hamil dan melahirkan atau juga dengan menonton video cara melahirkan bayi yang baik dan benar.

  1. Jangan Lupa Berdoa

Berdoa adalah hal penting yang jangan pernah anda lupakan baik sebelum dan juga pada saat menjalani proses persalinan. Perbanyaklah berdoa sesuai keyakinan anda masing-masing, sehingga anda akan meraswa lebih tenang dan proses persalinan pun akan berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan.

  1. Mintalah Dukungan Suami

Ketika menghadapi situasi sulit seperti apapun termasuk ketika akan menjalani proses persalinan, maka peran dan dukungan dari suami tentu akan sangat dibutuhkan. Dengan adanya suami disamping anda, maka anda akan merasa lebih kuat dan percaya diri dalam memperjuangkan kelahiran sang buah hati tercinta. Untuk itu, mintalah dukungan dari suami anda untuk menemani anda selama proses persalinan. Pada saat suami ada di samping anda, maka anda bisa meminta suami untuk mengelap keringat anda dan mengkipasi anda selama persalinan.

  1. Tingkatkan Kepercayaan diri dan keyakinan

Kepercayaan diri dan keyakinan yang tinggi sangatlah penting untuk anda terapkan pada diri anda agar dapat melewati proses persalinan dengan baik dan lancar tanpa rasa sakit yang berlebihan. Cobalah untuk membentuk rasa percara diri dan keyakinan dari diri anda, katakan pada diri anda jika anda mampu dan kuat untuk melewati semua ini seperti halnya para ibu-ibu lain yan ada di luar sana. Rasa percaya diri dan keyakinan yang telah anda tanamkan dalam diri anda mampu membantu mengatasi gangguan psikologis akibat dari rasa takut yang menghantui anda.

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Pada masa kehamilan hingga menjelang waktu melahirkan, pastikan anda telah mempersiapkan diri untuk menghadapi proses persalinan. Selain mempersiapkan mental yang kuat, anda juga perlu banyak-banyak mengkonsumsi makanan sehat setiap hari agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat hamil selalu terpenuhi dengan baik. Perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur serta makan sehat bernutrisi dan bergizi tinggi lainnya agar ibu dan bayi lahir dalam kondisi sehat, serta dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

  1. Jalan-jalan santai

Setelah usia kehamilan mendekati waktu persalinan, maka sebaiknya anda sering-sering melakukan olahraga atau aktivitas ringan seperti jalan-jalan santai pada pagi dan sore hari minimal 30 menit. Cara ini dapat membantu memperkuat otot-otot pinggul dan paha, sehingga dapat membantu anda agar dapat melahirkan dengan normal dan juga dapat mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan.

  1. Cari Titik Perhatian

Pada saat menjalani proses persalinan normal, munculnya rasa sakit memang wajar terjadi dan merupakan gejala yang umum terjadi oleh semua wanita. Cara agar melahirkan normal tidak sakit, maka anda perlu mempersiapkan diri untuk menjalani proses persalinan sebaik mungkin. Salah satunya yaitu dengan membawa benda-benda kesukaan atau membawa mainan bayi yang paling anda sukai untuk diberikan kepada sang buah hati nanti setelah lahir. Cobalah bayangkan jika bayi anda sedang memainkan mainan tersebut, maka mainan tersebut akan mengalihkan perhatian selama proses persalinan. Selain itu, dengan membayangkan bayi anda, maka anda akan merasa lebih kuat dan siap untuk berkorban demi memperjuangkan kelahiran sang buah hati tercinta yang anda idam-idamkan selama ini.

Itulah beberapa cara agar melahirkan normal tidak sakit, anda bisa mencoba menerapkan beberapa tips diatas jika anda masih merasa takut ketika akan menghadapi proses persalinan bayi anda.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • tips agar persalinan lancar dan tidak sakit
  • cara agar melahirkan normal
  • cara agar melahirkan normal tidak sakit
  • agar melahirkan normal
  • cara melahirkan normal tidak sakit
  • video cara melahirkan normal yang benar
  • cara melahirkan
  • agar melahirkan tidak sakit
  • Cara melahirkan normal trik2nya
  • www cara melahirkan tidak sakit com
  • bagaimana cara agar melahirkan kurang terasa sakit
  • cara agar melahirkan tidak sakit
  • cara agar persalinan normal tidak sakit
  • cara agar tidak skit saat melahirkan
  • cara kalahirkan tidak sakit

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

9 Cara Agar Melahirkan Normal Tidak Sakit | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: