10 Cara Alami Menyembuhkan Sariawan di Bibir Paling Ampuh

cara menyembuhkan sariawan di bibir

img : wikipedia.org

Cara Menyembuhkan Sariawan – Sariawan atau juga disebut stomatitis merupakan salah satu gangguan pada mulut yang terjadi berupa peradangan pada pipi bagian dalam mulut atau mukosa yang umumnya berbentuk bercak berwarna putih kekuningan. Sariawan umumnya bisa terjadi pada bagian bibir dalam, selaput lendir dalam, gusi, lidah, dan langit-langit pada rongga mulut.

Sariawan bukan termasuk dalam penyakit yang serius. Namun, sariawan yang menyerang mulut biasanya sangat mengganggu kita terutama saat kita mengkonsumsi atau mengunyah makanan. Selain itu, sariawan juga menyebabkan selera makan berkurang karena terasa perih saat mengalami sentuhan dengan makanan pada waktu mengkonsumsi makanan.

Cara Alami Mengobati Sariawan di Bibir Paling Ampuh

Untuk itu, kita harus segera menyembuhkan sariawan agar tidak mengganggu aktivitas kita terutama saat makan. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara menyembuhkan sariawan dengan cepat? apa saja obat sariawan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan?

Untuk mengetahui bagaimana cara menyembuhkan sariawan di bibir, simak ulasannya dibawah ini

Penyebab Sariawan di Mulut

Beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan timbulnya sariawan pada mulut atau bibir adalah sebagai berikut:

  1. Kekurangan Vitamin. Salah satu penyebab utama terserang sariawan adalah karena kekurangan vitamin atau nutrisi. kekurangan vitamin dan nutrisi yang bisa menyebabkan sariawan diantaranya seperti vitamin C, Vitamin B12 serta zat besi.
  2. Kebersihan mulut kurang terjaga. Kurang menjaga kebersihan mulut juga bisa jadi pemicu anda terkena sariawan. Sebaiknya untuk selalu menjaga kebersihan mulut seperti menggosok gigi secara rutin, berkumur-kumur dan lainnya.
  3. Penggunaan suatu produk pembersih mulut yang tidak cocok. Menggunakan suatu produk pembersih mulut misalnya seperti pasta gigi, obat kumur dan lainnya yang tidak cocok juga bisa jadi penyebab anda terserang sariawan. Atau sariawan juga bisa muncul apabila anda mengonsumsi obat-obatan tertentu yang tidak cocok sehingga menyebabkan sariawan pada mulut.
  4. Terlalu Banyak mengonsumsi makanan pedas atau panas. Apabila anda sering atau terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas atau makanan panas itu bisa jadi yang menyebabkan terkenanya sariawan pada mulut.
  5. Daya tahan tubuh rendah. Saat daya tahan tubuh anda rendah, kondisi terebut rentan akan terserang berbagai penyakit, salah satunya adalah sariawan.
  6. Faktor cuaca atau suhu lingkungan
  7. Adanya infeksi atau alergi pada mulut

Baca Juga :

Ini dia Obat Alami Menyembuhkan Sariawan di Bibir Paling Ampuh

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat anda jadikan sebagai obat alami sariawan untuk membantu menghilangkan sariawan di mulut atau bibir :

1. Minyak Kelapa

Untuk membantu menyembuhkan sariawan pada mulut, anda bisa memanfaatkan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki fungsi untuk mengurangi adanya rasa nyeri serta peradangan. Cara mengatasi sariawan denga minyak kelapa, anda dapat menggunakan minyak kelapa dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagia mulut yang terkena sariawan.

Anda juga bisa memanfaatkan ari kelapa untuk membantu menghilangkan sariawan pada mulut. Air kelapa bermanfaat untuk mendinginkan tubuh anda apabila tubuh anda terasa panas.

2. Air Garam

Anda juga bisa menggunakan air garam untuk dijadikan obat sariawan tradisional untuk membantu menyembuhkan sariawan pada mulut. Anda bisa menggunakan arir garam untuk berkumur-kumur untuk membantu menekan bakteri yang bisa menyebabkan sariawan.

3. Daun Basil

Daun basil merupakan daun yang sering digunakan untuk bumbu dalam masakan. Selain itu, daun basil ternyata juga bisa anda manfaatkan sebagai obat sariawan alami untuk membantu mengobati sariawan pada mulut anda.
Untuk mengatasi sariawan dengan daun basil, anda bisa merebus daun basil hingga mendidih. Lalu ambil airnya dan gunakan untuk berkumur-kumur.

4. Kunyit

Obat sariawan tradisional selanjutnya adalah kunyit. Selain banyak dimanfaatkan sebagai bahan bumbu atau penyedap masakan, ternyata kunyit dapat dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan sariawan.
Langkah mengobati sariawan dengan kunyi cukup sederhana, anda bisa membuat pasta yang terbuat dari kunyit.

Caranya haluskan beberapa ruas kunyit yang telah dibersihkan secukupnya. Lalu anda bisa mencampurkan halusan kunyit dengan teh gliserin. Gunakan camouran tersebut dengan mengoleskannya pada bagian mulut yang terkena sariawan.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antiseptik yang berguna untuk membantu melawan bakteri, termasuk untuk membantu mengatasi sariawan pada mulut. Cara menggunakannya cukup mudah, anda bisa memotong atau mengiris bawang putih yang telah dibersihkan. Lalu mengoleskannya pada bagian mulut yang terkena sariawan.

6. Minyak Peppermint

Anda juga bisa menggunakan minyak peppermint sebagai obat herbal sariawan.khasiat dari daun peppermint ini yaitu membantu meredakan rasa perih akibat iritasi sariawan. Cara menggunakannya anda cukup mengoleskan minyak peppermint pada bagian mulut yang terserang sariawan. Gunakan minyak peppermint 2 kali setiap hari pada saat anda mengalami sariawan.

7. Konsumsi Buah-buahan

Untuk membantu menyembuhkan sariawan , anda juga harus memenuhi kebutuhan akan vitamin pada tubuh anda terutama vitamin C dan vitamin B12. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti Jeruk, tomat dan buah yang lainnya.

8. Pisang dan Madu

Anda juga bisa menggunakan campuran pisang dan madu sebagai bahan alami untu mengatasi sariawan pada mulut. Cara menggunakannya cukup mudah, anda bisa menghaluskan atau blender pisang secukupnya. Lalu tambahkan madu secukupnya. Kemudian gunakan dengan mengoleskan pada bagia mulut yang terkena sariawan.

9. Baking Soda dan Garam

Salah satu obat sariawan tradisional yang bisa anda buat sendiri adalah pasta dari bahan baking soda dan garam. Cara membuatnya cukup sederhana, anda sediakan baking soda dan garam. Lalu campurkan kedua bahan tersebut. Kemudian tambahkan air secukupnya lalu aduk hingga merata. Gunakan campuran tersebut dengan mengoleskannya pada bagian mulut yang terkena sariawan.

10. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan minuman yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa gunakan untuk membantu menghilangkan sariawan. Yogurt berguna untuk mengatur keseimbangan bakteri pada mulut. Konsumsi lah yogurt untuk membantu penyembuhan sariawan.

Tips Penyembuhan Sariawan pada Mulut

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk membantu dalam proses menyembuhkan sariawan di mulut. Berikut ini adalah beberapa tips penyembuhan sariawan

1. Menjaga kebersihan mulut

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan mulut untuk mencegah datangnya sariawan di mulut dan bibir. Ini untuk menghindari adanya infeksi oleh bakteri pada mulut yang bisa saja memicu timbulnya sariawan baik itu di mulut, bibi, maupun di lidah.

2. Penuhi Nutrisi dan Vitamin

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti buah-buahan atau sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin terutama vitamin C. Ini berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C , Vitamin B12 serta vitamin lain untuk mencegah dan mengatasi sariawan pada mulut dan bibir. Konsumsi buah seperti buah jeruk, tomat, lemon dan lainnya berguna untuk memnuhi asupan vitamin pada tubuh anda.

3. Penuhi Cairan Tubuh dengan minum air putih

Untuk menghindari adanya sariawan, sebaiknya untuk selalu memenuhi kebutuhan akan cairan pada tubuh seperti dengan minum air putih secara teratur dan rutin.

4. Hindari Kebiasaan Merokok

Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok sebaiknya untuk segera mengurangi atau bahkan berhenti merokok, selain memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan, kebiasaan merokok juga bisa jadi pemicu timbulnya sariawan pada mulut.

Untuk mengobati sariawan, anda bisa menggunakan bahan alami yang telah disebutkan diatas untuk membantu menyembuhkan sariawan pada mulut maupun bibir. Anda juga bisa menerapkan beberapa Cara Alami Menyembuhkan Sariawan di Bibir Paling Ampuh diatas untuk mencegah anda terkena sairawan. Namun, jika sariawan yang anda sudah parah dan tidak kunjung sembuh, dianjurkan untuk memeriksakan pada dokter untuk mendapat pengobatan lebih lanjut.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • sariawan
  • Obat sariawan
  • sariawan di bibir
  • penyebab sariawan
  • obat sariawan di bibir
  • cara mengobati sariawan
  • cara menyembuhkan sariawan
  • bibir sariawan
  • sariawan bibir
  • Obat alami sariawan
  • obat sariawan bibir
  • cara mengobati sariawan di bibir
  • obat sariawan dibibir
  • sariawan dibibir
  • penyebab sariawan di bibir

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Cara Alami Menyembuhkan Sariawan di Bibir Paling Ampuh | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: