10 Cara Melancarkan Buang Air Besar (BAB) Secara Alami

Posted on

cara melancarkan buang air besar

Cara Melancarkan Buang Air Besar – Salah satu proses tubuh yang berguna untuk membuang sisa-sisa hasil dari makanan yang kita konsumsi adalah dengan Buang Air Besar atau biasa disingkat BAB. Proses buang air besar ini sangat penting bagi kesehatan karena untuk membuang kotoran yang tidak berguna dalam tubuh manusia. Apabila kita mengalami susah buang air besar, maka akan menyebabkan menumpuknya kotoran atau sisa makanan dalam tubuh. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu, kita harus segera mengatasi susah buang air besar ini.

Penyebab Susah Buang Air Besar

Secara umum, penyebab susah buang air besar dikarenakan adanya gangguan yang terjadi pada usus. Biasanya susah buang air besar dipengaruhi oleh dua faktor, yakni gangguan pada feses atau benda yang dikeluarkan dan yang kedua yakni gangguan pada usus sebagai organ untuk mengeluarkan kotoran. Apabila terjadi gangguan pada kedua hal atau salah satu dari kedua hal tersebut akan mengakibatkan buang air besar menjadi kurang lancar.

Beberapa hal yang menjadi penyebab susah Buang air besar atau juga disebut Konstipasi ini adalah sebagai berikut:

  • Kurangnya asupan serat untuk tubuh. Tidak terpenuhinya kebutuhan tubuh akan serat yang berasal dari makanan berserat seperti buah-buahan maupun sayur-sayuran akan menyebabkan proses BAB atau buang air besar menjadi kurang lancar.
  • Kurangnya asupan cairan untuk tubuh
  • Kurangnya aktivitas olahraga atau kurang aktif bergerak
  • Terlalu banyak pikiran atau stres
  • Kebiasaan buruk menahan buang air besar terlalu lama
  • Adanya perubahan pola makan
  • Terlalu banyak mengonsumsi obat pencahar dalam jangka panjang yang menyebabkan otot-otot pada usus menjadi lemah
  • Terlalu banyak menggunakan obat maag yang memiliki kandungan aluminium atau kalsium

Ciri-ciri Konstipasi atau Susah Buang Air Besar

Beberapa gejala yang muncul saat kita mengalami konstipasi atau susah buang air besar diantaranya sebagai berikut:

  • Aktivitas atau frekuensi buang air besar menjadi berkurang yaitu kurang dari 3 kali dalam satu minggu
  • Tekstur feses yang lebih kecil, keras, serta kering
  • Mengejan lebih kuat dari aktivitas BAB sebelumnya
  • Terasa agak sakit saat buang air besar

Baca Juga: 10 Obat Alami untuk Menyembuhkan Sakit Perut

Cara Melancarkan Buang Air Besar (BAB) secara alami

Untuk mengatasi susah buang air besar, kita harus memenuhi kebutuhan tubuh akan serat untuk membantu melancarkan pencernaan. Asupan serat bisa kita dapatkan dari berbagai macam makanan seperti buah-buahan serat sayur-sayuran yang mengandung sumber serat tinggi.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi susah buang air besar dan membantu melancarkan BAB :

1. Mengonsumsi Buah-buahan

Untuk membantu mengatasi susah buang air besar maka salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan serat. Serat bisa anda dapatkan dari mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan diantaranya seperti buah pepaya, buah berry, buah tomat, buah pir, buah apel, buah nanas, buah mangga, buah alpukat dan lain-lain.

Selain kandungan seratnya yang baik untuk pencernaan, beberapa jenis buah-buahan diatas juga memiliki kandungan nutrisi dan berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan secara langsung atau bisa juga dijadikan jus buah yang segar.

2. Mengonsumsi Sayur-sayuran

Selain buah-buahan, sumber serat alami yang bisa anda konsumsi untuk membantu melancarkan BAB adalah sayur-sayuran. Beberapa jenis sayuran memiliki kandungan serat tinggi yang bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan tubuh anda. beberapa jenis sayuran sumber serat diantaranya brokoli, bayam, wortel, kubis, dan lain-lain. Tambahkan beberapa jenis sayuran diatas pada menu lauk atau menu makanan sehari-hari anda untuk mengatasi sulit BAB.

3. Mengonsumsi Kacang-kacangan

Beberapa jenis Kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan lain. Beberapa jenis kacang yang memiliki kandungan serat tinggi diantaranya seperti kacang merah, kacang almond, dan lainnya.

4. Mengonsumsi Makanan Olahan hasil fermentasi

Beberapa produk makanan atau minuman olahan hasil dari fermentasi seperti yogurt juga baik untuk pencernaan terutama untuk usus. Bakteri baik yang ada pada yogurt berguna untuk membantu menyeimbangkan mikroflora yang ada pada usus. Hal ini membuat yogurt sangat baik dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan usus.

5. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan minyak sehat

Anda juga bisa memanfaatkan minyak zaitun ataupun minyak ikan dengan menambahkannya pada menu makanan anda sehari-hari untuk membantu mengatasi sembelit.

6. Penuhi Kebutuhan cairan tubuh

Salah satu penyebab yang menjadikan susah buang air besar adalah karena kekurangan cairan pada tubuh, untuk itu, sebaiknya penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yang higienis secara teratur. Dengan mengonsumsi air putih dengan cukup akan membantu melunakkan feses sehingga melancarkan proses buang besar anda.

7. Lakukan Olahraga secara teratur

Beberapa jenis olahraga ringan seperti aerobik, lari, jogging atau berenang berguna membantu menjaga kesehatan sistem dan organ pencernaan tubuh. Dengan Olahraga secara teratur berfungsi membantu menjaga kinerja otot pada usus sehingga membantu melancarkan proses pencernaan.

8. Kurangi mengonsumsi kafein

Usahakan untuk menghindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein yang tinggi seperti kopi, soda atau teh secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman berkafein tinggi menyebabkan tubuh akan dehidrasi sehingga menyebabkan sembelit.

9. Membiasakan buang air besar secara teratur

Usahakan membiasakan diri untuk buang air besar secara teratur. Jangan membiasakan diri untuk menunda-nunda saat terasa ingin buang air besar.

10. Hindari duduk terlalu lama

Usahakan untuk menghindari kebiasaan duduk yang terlalu lama. Hal ini untuk menghindari melemahnya kinerja otot usus yang bisa menyebabkan susah buang air besar. Sebaiknya untuk melakukan gerakan ringan atau berdiri sebentar setelah duduk dalam waktu yang lama.

Untuk mengatasi konstipasi atau susah buang air besar sebaiknya dianjurkan untuk menggunakan cara alami terlebih dahulu seperti yang telah disebutkan diatas dan menghindari penggunaan obat pencahar. Hal ini dikarenakan penggunaan obat pencahar dalam jangka waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Sebaiknya diutamakan bagi anda untuk memenuhi asupan serat seperti yang telah dijelaskan diatas untuk membantu memperlancar pencernaan. Dan apabila terjadi gejala buang air besar yang berlarut-larut yang disertai sakit perut, dianjurkan untuk segera memeriksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan menanganinya dengan tepat.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara melancarkan bab
  • memperlancar bab
  • cara memperlancar bab
  • tips melancarkan buang air besar
  • obat memperlancar bab
  • Cara melancarkan buang air besar
  • obat melancarkan BAB
  • cara melancarkan buang air besar secara alami
  • melancarkan bab
  • makanan memperlancar bab
  • makanan yang memperlancar BAB
  • obat untuk memperlancar bab
  • obat melancarkan buang air besar
  • memperlancar buang air besar
  • makanan uñtuk memperlancar bab

Silahkan Berikan Komentarmu

comments