8 Cara Memperbanyak ASI dan Memperlancar Secara Alami

Cara Memperbanyak ASI

Cara Memperbanyak ASI

Cara Memperbanyak ASI – Hadirnya seorang bayi sebagai anggota keluarga baru di tengah-tengah kehangatan keluarga anda tentu akan menambah kegembiraan yang sangat sulit untuk diungkapkan. Dengan menantikan kehadiran sang buah hati tercinta selama 9 bulan akan terbayar lunas dengan senyuman si kecil yang dapat membuat anda merasa bangga karena telah mampu merawatnya selama dalam kandungan.

Setelah bayi terlahir, maka peran anda sebagai seorang ibu untuk sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Salah satu kewajiban pertama anda sebagai seorang ibu yaitu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi untuk mencukupi kebutuhan asupan gizi dan nutrisinya. ASI merupakan sumber nutrisi utama yang dibutuhkan oleh bayi sejak pertama ia lahir, pemberian ASI ini harus diberikan sejak bayi berusia 0 sampai minimal usia 6 bulan dan batas maksimalnya biasanya diberikan hingga anak berusia 2 tahun atau sesuai dengan kondisi anak anda.

Pemberian ASI kepada bayi dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk mendukung tumbuh kembangnya, karena di dalam ASI kaya kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Selain itu, di dalam ASI juga mengandung zat antibodi yang tidak akan anda dapatkan dari produk susu lain seperti susu formula, fungsinya yaitu untuk membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Manfaat pemberian ASI pada bayi dapat menyelamatkan sang bayi dari resiko terkena infeksi, karena pada tubuh bayi masih sangat membutuhkan perlindungan. Selain itu, ASI juga menjadi sumber gizi yang sangat ekonomis dan dinilai lebih praktis. Bahkan akan sangat berdampak terhadap perkembangan psikologis sang anak itu sendiri.

Menurut dari hasil penelitian menujukan jika ASI sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan resiko bayi mengalami obesitas, mengingat penyakit obesitas pada anak harus mendapatkan perhatian yang sangat serius. Perlu anda ketahui bahwa, angka penderita obesitas pada anak semakin tinggi, dampak yang ditimbulkan dapat memicu munculnya suatu jenis penyakit serius di usia muda. Oleh karena itu, dengan pemberian ASI maksimal selama 2 tahun dapat membantu menurunkan resiko obesitas.

Seperti yang telah kami jelaskan mengenai manfaat ASI diatas, maka pemberian ASI ini sangatlah penting untuk bayi. Namun sayangnya, masih banyak ibu yang mengeluhkan jika ASI yang sulit keluar. Jika ASI masih belum keluar pada hari pertama bayi dilahirkan, itu merupakan suatu kondisi yang normal dan sering terjadi pada ibu-ibu menyusui lainnya.

ASI yang pertama kali dikeluarkan yaitu berupa kolostrum dalam jumlah yang sedikit, akan tetapi kolostrum ini sangat penting untuk diberikan kepada bayi karena merupakan suatu zat antibodi yang sangat baik untuk bayi. ASI biasanya akan mulai diproduksi dan keluar setelah dua atau tiga hari bayi dilahirkan, bayi akan dapat bertahan hingga 72 jam tanpa mengkonsumsi apapun termasuk ASI namun para ibu sering kali merasa khawatir karena ASI tidak mau keluar.

Kenapa ASI sulit untuk keluar?

Penyebab ASI Sulit Keluar

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ASI sulit keluar, yaitu :

  • Kurangnya asupan gizi
  • Adanya gangguan kesehatan pada ibu
  • Kondisi tidak nyaman pada ibu seperti merasa gelisah, sedih, marah, cemas, kesal atau merasa takut.
  • Kelelahan dan terlalu banyak fikiran

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan ASI sulit keluar pada ibu menyusui.

Cara Memperbanyak ASI

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar produksi ASI menjadi lancar. Produksi ASI sendiri akan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bayi, sehingga jika ASI dalam keadaan kosong maka secara otomatis tubuh akan mendapatkan respon untuk memproduksi ASI.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak ASI, diantaranya yaitu :

  1. Berikan ASI sesering mungkin

Meskipun ASI yang keluar hanya sedikit, terus berikan kepada bayi anda karena dengan cara memberikan ASI sesering mungkin dapat merangsang produksi ASI dan secara perlahan jumlahnya akan terus meningkat. Anda bisa terus menyusui bayi anda atau bisa juga dengan memerah susu menggunakan alat pemerah ASI. Semakin sering anda memberikan ASI, maka produksi ASI akan meningkan secara alamiah.

  1. Menyusui Dalam Waktu Lama

Meskipun jumlah ASI yang keluar sedikit, sebaiknya anda tetap membiarkan bayi anda untuk mengkonsumsi ASI dalam waktu yang lebih lama. Hal ini bertujuan untuk mengosongkan ASI, sehingga akan memberikan respon kepada tubuh untuk memproduksi ASI selanjutnya. Inilah kenapa anda tidak perlu memberikan jadwal dalam pemberian ASI, tetapi berikan ASI setiap bayi anda memerlukannya.

  1. Berikan ASI secara bergantian

Agar bayi anda tidak merasa bosan, maka anda bisa memberikan bayi anda ASI secara bergantian. Jika bayi anda sudah merasa bosan dengan ASI yang sebelah kanan, maka anda bisa memberikan ASI yang sebelah kiri dan bayi akan dapat menyesuaikannya dari cara ia menghisapnya. Sebenarnya, tujuan dari memberikan ASI secara bergantian yaitu untuk mengalirkan ASI sehingga ASI akan kembali diproduksi dengan yang baru.

  1. Melakukan pemijatan

Cara memperbanyak ASI berikutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan tehnik pemijatan mulai dari bagian pangkal buah dada, kemudian anda dapat menekannya dengan menggunakan kedua jari tangan anda. setelah itu, anda bisa melakukan gerakan melingkat pada buah dada anda selama beberapa detik dan kemudian lanjutkan dengan memindahkan jari tangan anda pada daerah lainnya. Setelah itu, anda dapat mengarahkan pemijatan dengan cara memutar dan menuju ke bagian puting. Selanjutnya, kepalkan tangan anda untuk memberikan tekanan pada masing-masing jari tangan anda.

  1. Memompa ASI

Setiap anda selesai menyusui dan anda merasa ASI masih banyak, maka anda dapat melakukan pemerahan dengan memompa ASI pada kedua buah dada anda secara sekaligus. Hal ini bertujuan untuk lebih menstimulasi produkmsi ASI jika dibandingkan dengan melakukan pemompaan secara bergantian.

  1. Buat suasana lebih tenang dan rileks

Cara memperbanyak produksi ASI berikutnya yaitu dengan membuat suasana hati anda merasa lebih tenang dan rileks saat menyusui, sehingga bayi anda akan merasa lebih nyaman dan lebih lama untuk menyusu.

  1. Perbanyak minum air putih

Sebelum menyusui, usahakan agar anda untuk minum air putih terlebih dahulu. Dengan banyak minum air putih dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Selain minum air putih, anda juga bisa minum jus buah dan sayuran segar untuk membantu meningkatkan produksi ASI yang lebih berkualitas.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Ada banyak makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI, diantaranya yaitu daun katuk, bayam, wortel, sup, kacang tanah mentah, labu, sayur merah, kacang almond, kacang mete, pare, jagung dan masih banyak jenis makanan untuk memperbanyak ASI. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, maka produksi ASI akan semakin lancar dan kualitas ASI pun akan tetap terjaga dengan baik. Dengan demikian, bayi anda akan memiliki tumbuh kembang yang baik dan maksimal serta menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Itulah beberapa cara memperbanyak ASI secara alami yang bisa anda lakukan, semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan memberikan solusi terbaik untuk bunda yang sedang mengalami kesulitan untuk menghasilkan ASI yang cukup untuk sang buah hati tercinta.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

8 Cara Memperbanyak ASI dan Memperlancar Secara Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: