Cara Mencairkan Dana Jamsostek Via Online Dengan Mudah

Cara Mencairkan Dana Jamsostek Via Online

Cara Mencairkan Dana Jamsostek Via Online

Cara Mencairkan Dana Jamsostek Via Online – Selain dilakukan secara offline, cara mencairkan dana Jamsostek juga dapat dilakukan secara online atau disebut dengan e-Klaim melalui perangkat PC, Laptop atau smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet. Keuntungan dari menggunakan layanan e-Klaim yaitu dapat dilakukan di rumah tanpa harus mendatangi langsung kantor BPJS. Dengan demikian, anda tidak perlu meninggalkan aktivitas pekerjaan anda ketika akan melakukan pengajuan e-Klaim. Selain itu, cara online ini juga lebih hemat biaya dan waktu, siapapun bisa melakukannya asalkan memiliki perangkat yang sudah terkoneksi dengan internet yang stabil.

Sesuai dengan peraturan yang diberlakukan mulai pada tanggal 1 September 2015, anda dapat mencairkan dana Jamsostek hingga 100% termasuk bagi mereka yang barus saja menerima PHK atau resign dari tempat mereka bekerja. Tetapi untuk bisa mencairkan dana Jamsostek, anda harus menunggu terlebih dahulu jangka waktu yang telah ditetapkan yaitu minimal satu bulan dari tanggal anda berhenti bekerja untuk dapat mengajukan klaim.

Lalu, bagaimana cara mencairkan dana Jamsostek Via Online?

Cara Mencairkan Dana Jamsostek Via Online tidaklah sesulit seperti yang anda bayangkan, asalkan anda sudah menyimak langkah-langkahnya dengan baik, maka anda tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan pengajuan klaim Jamsostek secara online. Kami telah siapkan langkah-langlah dalam melakukan pencairan dana Jamsostek yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya setahap dengan setahap. Untuk dapat mencairkan dana atau saldo online, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini :

Melakukan Pengisian Data Formulir Online

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan mengunjungi situs resmi BPJS di https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim/. Setelah itu, akan muncul halaman yang berisi formulir isian yang harus di isi sesuai data yang berlaku seperti berikut.

Melakukan Pengisian Data Formulir Online

Melakukan Pengisian Data Formulir Online

  • Nomor E-KTP : isi kolom ini dengan nomor kartu identitas diri anda sesuai dengan nomor yang tertera pada EKTP, nomor tersebut terdiri dari 16 digit.
  • Nama lengkap : isi kolom ini dengan nama lengkap anda sesuai dengan nama pada EKTP.
  • Tanggal lahir : isi kolom ini dengan tanggal lahir, formatnya DDMMYY. Contoh: 170845.
  • Nomor KPJ : isi kolom ini dengan nomor KPJ Anda, nomor KPJ terdiri dari 11 digit.
  • Alasan klaim : isi dengan memilih menu yang terdapat pada drop down yang tersedia.
  • Nomor ponsel : isi kolom ini dengan nomor ponsel anda yang masih aktif. Melalui nomor ponsel ini, maka anda akan menerima pesan untuk mendapatan kode verifikasi atau PIN.
  • Alamat e-mail : isi kolom ini dengan alamat e-mail anda yang masih aktif dan masih di Melalui alamat e-mail ini, maka anda akan menerima pemberitahuan untuk mendapatkan kode verifikasi atau PIN.

Memasukkan Kode Verifikasi atau PIN

Kode Verifikasi atau PIN

Kode Verifikasi atau PIN

Setelah anda mengirimkan data diri anda secara lengkap, kemudian anda akan mendapatkan pemberitahuan berupa gambar. Setelah itu, lanjutkan proses pengajuan klaim dengan mengisikan kolom isian berikutnya. Jika semua kolom isian tersebut sudah selesai, lalu klik proses untuk mendapatkan nomor atau kode verifikasi atau PIN. Kode tersebut akan anda terima melalui pesan singkat yang terkirim ke nomor ponsel anda atau melalui email yang anda masukan pada saat pendaftaran. Setelah anda mendapatkan kode verifikasi PIN, langkah selanjutnya anda harus memasukan kode PIN tersebut pada kolom yang telah disediakan. Namun sebelumnya, siapkan terlebih dahulu dokumen lain yang dibutuhkan dalam melakukan proses pengajuan klaim.

Menyiapkan Berkas atau Dokumen Penting Untuk e-Klaim

Berkas atau Dokumen Penting Untuk e-Klaim

Berkas atau Dokumen Penting Untuk e-Klaim

Kelengkapan berkas dan dokumen penting yang dibutuhkan saat melakukan pengajuan klaim Jamsostek masih sama dengan dokumen penting yang dibutuhkan saat melakukan pengajuan e-Klaim secara offline. Hanya saja dokumen yang dibutuhkan berupa salinan berbentuk scan seperti scan KTP asli, scan kartu Jamsostek asli, scan kartu keluarga asli, scan surat pernyataan berhenti bekerja dan juga scan buku tabungan pribadi. Format dari dokumen yang diperlukan dapat menggunakan format jpeg, .jpg, .png, .bmp, atau .pdf. langkah selanjutnya, kirim semua dokumen penting tersebut ke dalam formulir e-Klaim.

Memeriksa Kembali Kelengkapan Data Isian Formulir

Pastikan anda memeriksa kembali dan setiap kolom isian telah di isi dengan benar. Setelah itu, pilih lokasi kantor cabang Jamsostek yang ada di kota anda, kemudian masukan kode verifikasi PIN yang telah anda dapatkan melalui pesan singkat atau email. Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu dengan masukan data secara lengkap mulai dari nama lengkap sesuai dengan nama yang tertera pada buku rekening, nama bank dan juga nomor rekening yang akan anda gunakan untuk menerika transfer dana Jamsostek. Terakhir, unggal semua file dokumen tersebut dan tidak lama kemudian anda akan mendapatkan informasi pemberitahuan dalam kotak yang berwarna merah.

Menunggu Pemberitahuan Konfirmasi Dari Jamsostek

Konfirmasi Dari Jamsostek

Konfirmasi Dari Jamsostek

Apabila semua data yang telah anda masukan sudah berhasil di simpan, maka anda akan menerima pemberitahuan melalui email. Dalam kotak masuk email, anda akan menerima pesan berupa pemberitahuan bahwa data yang telah anda kirim sudah berhasil di rekan dan saat ini data anda sedang dalam proses persetujuan oleh kantor cabang Jamsostek di kota anda. Dalam hal ini, biasanya anda akan diminta untuk menunggu proses paling lambatnya 1 x 24 jam dan kemudian anda akan mendapatkan informasi berikutnya yang dikirim melalui email. Pada pemberitahuan tersebut, anda diminta untuk datang langsung ke kantor cabang Jamsostek di kota anda dengan membawa dokumen asli secara lengkap dengan salinannya. Pastikan juga anda tidak lupa untuk mencetak email konfirmasi yang telah masuk dari pihak Jamsostek untuk diserahkan kepada petugas Jamsostek.

Proses Transfer Dana Di Kantor Cabang Jamsostek

Setibanya anda di kantor Jamsostek, maka anda akan diminta untuk menyerahkan berkas serta konfirmasi kepada petugas Jamsostek, petugas kemudian akan memberikan nomor antrian kepada anda dan anda diminta untuk menunggu panggilan sesuai nomor antrian. Berbeda dengan prosedur pada pengajuan klaim secara offline, anda tidak akan menunggu terlalu lama untuk melakukan proses pengajuan pencairan dana Jamsostek secara online. Kemudian anda akan dipanggil oleh petugas untuk mengurus proses transfer dana Jamsostek ke rekening anda. sesuai prosedur yang berlaku, biasanya proses pencairan ini membutuhkan waktu 10 hari kerja setelah selesai melakukan pengajuan dan dana Jamsostek akan masuk ke rekening anda.

Bagaimana, cukup mudah bukan caranya?

Itulah cara mencairkan dana Jamsostek via online yang dapat anda lakukan, jika masih bingung anda bisa meminta bantuan kepada teman, saudara atau tetangga yang sudah pernah melakukan pengajuan secara online.

Demikian sekilas informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mencairkan Dana Jamsostek Via Online, semoga apa yang telah kami jelaskan di atas dapat mudah di pahami dan bermanfaat untuk anda semua.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • syarat pencairan dana jamsostek online
  • obat jawa demam
  • mencairkan jamsostek online
  • daftar jamsostek pencairan dirumah
  • cara pengambilan jamsostek secara on line
  • cara mencairkan uang jamsostek
  • cara mencairkan jamsostek via online di serang
  • cara mencairkan jamsostek secara online
  • cara mencairkan jamsostek scen
  • cara mencairkan jamsostek online
  • cara mencairkan jamsostek
  • cara mencairkan jamso
  • cara mencairkan bpjs via online
  • cara mencairkan
  • cara cairin jamsostek online

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Cara Mencairkan Dana Jamsostek Via Online Dengan Mudah | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: