Cara Mencegah Penyakit Jantung Agar Tetap Sehat Alami

Cara Mencegah Penyakit Jantung Tetap Sehat Alami

Cara Mencegah Penyakit Jantung Tetap Sehat Alami

Cara Mencegah Penyakit Jantung Agar Tetap Sehat Alami – Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang dianggap pembunuh nomor satu di dunia. Begitu pun di Indonesia, penyakit ini begitu menakutkan dan kehadiran penyakit ini pun biasanya sering disertai dengan jenis penyakit bebahaya lainnya seperti hipertensi, diabetes, kolesterol, obesitas dan berbagai jenis penyakit kardiovaskular. Meskipun penyakit mematikan ini dapat menyerang pria dan wanita, namun bagi wanita yang telah menopause memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan kaum pria.

Apakah penyakit jantung bisa dicegah?

Tentu saja penyakit ini masih dapat dicegah. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit jantung, yaitu dengan melakukan upaya promotif dan preventif. Untuk mengenali dan mencegah penyakit jantung tentu sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan pengobatan. Upaya dalam langkah mencegah penyakit jantung ini bisa dilakukan sejak dini, salah satunya yaitu dengan membiasakan diri untuk mulai menerapkan pola hidup yang lebih sehat dan rutin berolahraga.

Gaya hidup yang kurang sehat menjadi salah satu pemicu dari penyakit jantung, misalnya saja konsumsi makanan yang tidak sehat, sering merokok, minum minuman beralkohol, sering duduk terlalu lama dan gaya hidup tidak sehat lainnya. Padahal untuk memiliki tubuh yang sehat, dalam satu hari setidaknya melakukan olahraga selama 30 menit sudah dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung pada tubuh seseorang. Meski demikian, masih banyak orang yang menyepelekannya dan sering kali olahraga hanya dilakukan pada hari minggu saja.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Berikut ini beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung, diantaranya yaitu :

  1. Makan Cokelat

Percayakah anda, ternyata dengan mengkonsumsi cokelat hitam dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini telah dilakukan pengujian oleh para ahli bahwa di dalam cokelat mengandung senyawa flavanoid yang mampu menjaga saluran pembuluh darah arteri tetap fleksibel. Selain itu, menurut hasil penelitian juga menunjukan bahwa dengan rutin mengkonsumsi cokelat setiap hari dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol jahat dari oksidasi, bahkan cokelat lebih cenderung dapat mencegah munculnya plak.

Di dalam cokelat juga memiliki kandungan serat dan magnesium yang cukup tinggi, kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski demikian, anda tetap harus menghidari minum susu cokelat berlebihan, karena kandungan lemak yang terdapat pada susu dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang menjadi salah satu pemicu penyakit jantung.

  1. Cukupi Vitamin B Kompleks

Menurut daru hasil penelitian juga menujukan bahwa dari 200 orang kaum pria dan wanita yang rutin minum vitamin B kompleks seperti vitamin B6, B12 dan asam folat akan memiliki kadar homosisten yang lebih rendah sekitar 40% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah sama sekali. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukann jika dengan rutin minum vitamin B dapat memperlebar saluran pembuluh darah.

  1. Menghindari Sleep Apnea

Upaya lain untuk mencegah resiko penyakit jantung secara alami yaitu dengan mencegah dan mengobati penyakit sleep apnea. Penyakit ini sering kali menyerang seseorang ketika sedang tertidur, ciri-ciri seseorang yang terkena penyakit ini yaitu sering mendengkur dan untuk mengobatinya pun harus dengan penanganan dokter.

  1. Tidur Dengan Teratur

Dari hasil sebuah studi yang pernah dilakukan oleh Harvard mengungkapkan jika dari 7.000 wanita yang telah mengikuti tes agar mereka tidur kurang dari 7 jam setiap harinya ternyata memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu tidur cukup. Hal ini dikarenakan, faktor kurang tidur dapat mempengaruhi peningkatan tekanan darah, peningkatan hormon stres dan juga meningkatnya kadar gula darah. Maka dari itu, bagi anda yang ingin terhindar dari resiko penyakit jantung, maka sebaiknya mulailah untuk tidur lebih awal agar kesehatan jantung anda tetap terjaga dengan baik.

  1. Perbanyak Konsumsi Ikan

Untuk anda yang tidak suka makan masakan berbahan dasar ikan, mulai dari sekarang cobalah untuk mulai mengkonsumsi ikan dari sekarang. Hal ini dikarenakan, menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal Medical Association menyebutkan bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi ikan setiap minggunya memiliki resiko lebih kecil untuk terserang penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi ikan hanya sebulan sekali. Maka dari itu, tidak ada alasan lagi untuk anda tidak suka mengkonsumsi ikan.

  1. Konsumsi Makanan Sereal

Cara paling mudah untuk mencegah penyakit jantung yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan sereal berserat tinggi setidaknya empat kali dalam satu minggu. Hal ini telah dijelaskan dalam hasil studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinic Nutrition menyebutkan bahwa seorang wanita yang rutin mengkonsumsi sereal setiap hari sebanyak 23 gram memiliki resiko terserang penyakit jantung 23% lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang hanya mengkonsumsi sereal sebanyak 11 gram saja. Sedangkan bagi kaum pria, hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa dengan melakukan diet dan mengkonsumsi makanan berserat tinggi ternyata dapat mencegah penyakit jantung hingga 36%.

  1. Minum Teh Hangat

Bagi anda para penikmat kopi, agar jantung anda tetap sehat dan terhindar dari resiko penyakit jantung, maka sebaiknya ganti kopi anda dengan minum teh hangat setiap hari baik itu teh hijau maupun teh hitam. Hal ini dikarenakan, menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan rutin minum teh hangat 3 cangkir sehari mampu menurunkan resiko penyakit jantung hingga 11%. Meski demikian, pastikan anda tidak minum teh secara berlebihan dan gunakan cangkir berukuran kecil.

  1. Mengkonsumsi Buah Ceri

Cara mencegah penyakit jantung secara alami lainnya yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah ceri setiap hari. Hal ini dikarenakan, di dalam buah ceri memiliki kandungan senyawa anthocyanin yang bermanfaat untuk menurunkan resiko sesesorang terkena penyakit asam urat. Penyakit ini merupakan salah satu tanda dari resiko penyakit jantung dan juga stroke.

  1. Konsumsi Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan juga dapat menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mencegah resiko penyakit jantung. Menurut dari sebuah studi mengungkapkan bahwa kandungan folat yang terdapat pada kacang-kacangan memiliki kemampuan untuk menurunkan resiko seseorang terserang penyakit jantung hingga 13% dan penyakit stroke hingga 20%.

Setelah anda mengetahui berbabagi cara mencegah penyakit jantung tepat sehat alami yang telah kami bahas diatas, maka mulai dari sekarang rubah kebiasaan-kebiasaan anda yang kurang sehat karena kesehatan tubuh sangatlah penting terlebih kesehatan jantung.

Pastikan anda menyempatkan waktu setidaknya 30 menit sebelum berangkat kerja untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda atau lari pagi mengelilingi kompleks sekitar rumah anda. Selain itu, jagalah pola makan anda dan makanlah makanan sehat dan bergizi setiap harinya.

Demikian ulasan yang dapat kami paparkan untuk anda, semoga ulasan diatas dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi para pembaca semua. Terima kasih dan salam sehat buat kita semua.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • agar terhindar peny jantung dan stroke pada monopouse
  • agar terhindat dari peny jantung dan stroke pada masa monopouse fini apa yg dilakukan
  • jagar terhindar dari serangan jantung apa yg harys dilakujan pada wanita monopouse
  • terhindar dari serangan jantung dimasa monopouse apa yg harus dilakukan
  • wsnira monopousr supaya tdk terkena peny jantung dan stroke

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Cara Mencegah Penyakit Jantung Agar Tetap Sehat Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: