Cara Mengatasi Flu Batuk Pada Anak Dan Bayi

Cara Mengatasi Flu Batuk Pada Anak Dan Bayi – Ancaman dari berbagai jenis penyakit dan juga masalah kesehatan sangat rentan terjadi pada tubuh bayi. Ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh pada bayi masih lemah dan belum terbentuk secara sempurna, sehingga lebih mudah sakit dan mengalami gangguan kesehatan seperti terserang flu dan batuk.

Cara Mengatasi Flu Batuk Pada Anak Dan Bayi

Cara Mengatasi Flu Batuk Pada Anak Dan Bayi

Flu dan batuk pada bayi merupakan gangguan kesehatan yang kerap menyerang dan bahkan hampir semua bayi di dunia pernah mengalami flu dan batuk. Bahkan ada data yang menunjukan bahwa bayi akan terserang flu dan batuk hingga 9 kali secara berulang dalam waktu satu tahun. Meskipun bisa dikatakan wajar terjadi, tetapi banyak para orang tua yang sering merasa khawatir dan melakukan upaya dengan memeriksakan anak mereka ke dokter.

Penyebab Umum Flu dan Batuk Pada Bayi

Penyabab utama flu dan batuk yang sering kali menyerang bayi yaitu dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya seperti infkesi, alergi, asma dan juga beberapa penyebab lain yang tergolong jarang terjadi seperti adanya suatu zat yang masuk ke dalam saluran pernafasan bayi sehingga terjadi sumbatan. Dengan demikian, produksi lendir akan menumpuk pada saluran pernafasan dan terjadilah flu dan pilek. Sementara penyebab dari batuk pada bayi disebabkan oleh karena terjebaknya bagian dari pertahanan tubuh ketika akan mengeluarkan dahak yang menumpuk pada saluran pernafasan.

Namun penanganan pada bayi yang terserang flu dan batuk akan berbeda jika disebabkan oleh penyebab lain seperti infeksi virus dan bakteri, meskipun pada umumnya flu dan batuk yang disebabkan oleh virus dan bakteri tidak diperlukan penanganan serius tetapi jika virus dan bakteri tersebut sudah menyerang organ paru-paru maka harus segera dilakukan penanganan medis yang cukup serius.

Pertolongan Pertama Pada Bayi Yang Terserang Flu dan Batuk

Hampir setiap orang tua sering kali khawatir ketika mendapati anak atau bayinya terserang flu dan batuk, mereka pun sering bertanya-tanya apa yang harus dilakukan pada kondisi seperti ini. Nah, bagi para orang tua yang mengalami kondisi seperti ini pada anak atau bayinya. Maka berikut ini beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat anda lakukan, yaitu :

1. Istirahat Yang Cukup

Ketikan bayi anda terserang flu dan batuk dan belum terlalu parah, sebaiknya upayakan agar bayi anda bisa istirahat dengan tenang dan cukup. Dengan istirahat yang cukup sangat membantu tubuh untuk mengembalikan energi yang telah hilang dan sekaligus menghemat energi yang tersisa. Energi di dalam tubuh akan mampu melawan kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh, sehingga bayi akan lebih cepat sehat dan aktif kembali.

2. Minum Yang Cukup

Jika usia bayi anda lebih dari 6 bulan, pastikan bayi sering diberi minum air putih hangat, namun jika usia bayi anda masih dibawah 6 bulan sebaiknya sering-sering berikan ASI. Hal ini bertujuan agar bayi tidak mengalami dehidrasi, karena jika bayi mengalami dehidrasi bisa berakibat buruk dan bayi menjadi lemas. Manfaat memberikan cairan yang cukup pada tubuh bayi juga sangat bermanfaat untuk membantu mengencerkan dahak pada saluran pernafasan, sehingga lendir atau dahak yang menumpuk akan lebih mudah di keluarkan.

3. Berikan Vapor Rubs

Pemberian Vapor Rubs atau minyak kayu putih dapat membantu melegakan pernafasan bayi dengan cara mengoleskannya pada leher, dada dan punggung anak secara merata. Namun anda harus memperhatikan anjuran pemakaiannya, pastikan produk yang digunakan khusus untuk bayi. Selain itu, pastikan juga anda tidak mengoleskannya terlalu banyak karena dapat membuat bayi kepanasan dan membuatnya merasa tidak nyaman.

4. Saline Drops & bulb syringe (Penyedot Ingus)

Adakalanya jika bayi mengalami penumpukan dahak dan lendir berlebih yang disertai dengan keluarnya ingus kental kehijauan, sebaiknya gunakan alat penyedot ingus untuk membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernafasannya melalui lubang hidung. Dengan demikian, bayi akan merasa lebih nyaman dan ringan pada saluran pernafasannya. Untuk mendapatkan alat ini, anda bisa membelinya di apotik-apotik terdekat dan alangkah baiknya jika konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Dalam menggunakan alat ini, caranya terbilang mudah anda hanya cukup meneteskan 2-3 tetes cairan saline drops pada lubang hidung anak anda dengan posisi kepala menengadah ke atas, lalu diamkan selama lebih kurang 30 detik sebelum melakukan penyedotan menggunakan bulb syringe. Ketika melakukan penanganan ini, sebaikya pastikan anak dalam keadaan tenang dan jangan paksakan jika anak mengamuk agar cairan saline drops tidak masuk ke dalam paru-paru yang bisa berakibat fatal.

5. Melembabkan udara di dalam kamar

Udara yang lembab dapat membantu dalam meringankan gejala flu dan batuk pada bayi, karena suhu lembab dapat mengencerkan dahak atau lendir yang menumpuk dan menyumbat pada saluran pernafasan. Dengan demikian, bayi bisa bernafas dengan nyaman dan ringan.

Upaya untuk melembabkan udara di sekitar bayi bisa meletakan baskom yang berisi air panas dan biarkan uapnya menyebar di dalam ruangan. Selain itu, cara paling efektif untuk mengencerkan dahak pada bayi yaitu dengan memandikan dan merendam bayi di dalam air hangat

Untuk usia bayi satu tahun, anda bisa menggunakan cara penguapan untuk meringankan gejala dan flu dan batuk yang di derita, caranya yaitu, siapkan air panas pada baskom dan beri beberapa tetes minyak kayu putih. Setelah itu, simpan baskom di bawah dan posisikan tubuh bayi tengkurap dengan posisi kepala lebih rendah dari posisi kaki pada pangkuan anda. Jarak baskom dengan wajah bayi minimal 40-50 cm, biarkan anak anda menghirup uap yang dikeluarkan, kalaupun anak anda menangis biarkan saja karena dengan menangis dapat membantu mendorong dahak untuk keluar dan lakukan cara ini selama 15 menit.

6. Berikan Sup Ayam Hangat

Memberikan makanan berkuah yang hangat sangat efektif untuk meringankan gejala flu dan batuk pada anak dan bayi, karena kaldu ayam sangat baik untuk meringankan gangguan kesehatan seperti flu yang disertai dengan nyeri dada, pilek, hidung tersumbat dan juga deman.

Meski demikian, anda juga perlu memperhatikan jika pemberian sup ayam hangat ini hanya dapat diberikan kepada bayi usia diatas 6 bulan dan tidak dianjurkan untuk bayi usia dibawah 6 bulan. Sebab, jika usia bayi masih dibawah 6 bulan sistem penceraannya masih belum siap untuk mencerna makanan yang masuk melalui mulutnya dan hanya dianjurkan untuk diberikan ASI yang banyak dan sering.

Jika kondisi flu dan batuk yang diderita bayi masih berlum ada perubahan lebih dari 3 hari atau bahkan bertambah parah, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi flu dan batuk pada anak dan bayi, semoga ulasan kesehatan diatas dapat menambah pengetahuan bagi para orang tua semua.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

kata untuk mencari artikel ini:
  • oke google obat herbal batuk pilek
  • obat herbal untuk mengatasi demam flu yg disertai batuk
  • tips untuk meredakan batuk pilek
  • Obat herbal mengatasi batuk dan flu
  • obat flu untuk orang dewasa
  • obat herbal mengatasi flu dan demam
  • obat herbal ampuh menghilangkan flu
  • obat flu herba
  • obat flu dn pilek anak tradisional
  • mengobati plu anak dengan daun jarak
  • menghilangkan flu
  • mengatasi batuk dan flu pada anak
  • mencari obat batu dan pilek
  • daun sirih untuk bayi 4bulan pilek
  • cara menyembuhkan flu pilek panas obat tradisional

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Cara Mengatasi Flu Batuk Pada Anak Dan Bayi | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: