Cara Mengatasi Keputihan Abnormal Secara Alami

Cara Mengatasi Keputihan Abnormal

Cara Mengatasi Keputihan Abnormal

Cara Mengatasi Keputihan Abnormal – Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya terjadinya keputihan adalah suatu hal yang sangat wajar terjadi dan dialami pada seorang wanita, karena biasanya keputihan tersebut akan mulai muncul sebelum menstruasi dan setelah menstruasi. Ciri-ciri dari keputihan yang umum dan normal dialami yaitu berbentuk cairan berwarna bening dan tidak berbau, tetapi jika keputihan yang dialami tidak normal harus segera dilakukan pemeriksaan medis untuk mencegah hal-hal yang mungkin bisa terjadi. Jika keputihan tidak normal atau abnormal dibiarkan saja, maka maka kemungkiinan besar bisa timbul masalah yang cukup serius bagi kesehatan reproduksi wanita dan butuh waktu sekitar 5 tahun keputihan abnormal menjadi kanker serviks.

Keputihan abnormal sendiri dalam dunia medis dikenal dengan istilah Leukorrhea dan ciri-ciri dari keputihan abnormal yang terjadi bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Berikut ini beberapa tanda dan gejala keputihan abnormal yang umum terjadi, diantaranya yaitu :

  • Terjadi perubahan pada warna atau tekstur dari cairan keputihan
  • Cairan mengeluarkan aroma yang tidak sedap
  • Jumlah cairan keputihan sangat banyak dan berlebihan
  • Terasa gatal disekitar organ intim atau terasa nyeri pada bagian serviks atau perut
  • Terjadi pendarahan secara tiba-tiba dari dalam vagina

Tidak menutup kemungkinan akan muncul tanda-tanda lain selain dari tanda-tanda diatas, namun jika anda merasa sangat khawatir terhadap tanda dan gejala tertentu yang anda alami saat ini, maka segera konsultasikan dengan dokter.

Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebelum terlambat anda harus segera melakukan upaya untuk mengatasi keputihan abnormal agat tidak berlarut-larut dan semakin parah. Ada dua cara mengatasi keputiah abnormal yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengunjungi dokter dan mengatasinya dengan cara alami. Jika kondisi dari keputihan abnormal yang anda alami belum terlalu parah, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba cara alami untuk mengatasinya. Untuk mengetahui bagaimana caranya, anda bisa simak ulasannya dibawah berikut ini.

Cara Mengatasi Keputihan Abnormal Secara Alami

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi keputihan abnormal, diantaranya yaitu :

  • Gunakan Air Rebusan Daun Sirih

Cara mengatasi keputihan abnormal yang pertama yaitu dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Manfaat daun sirih untuk keputihan sudah digunakan sejak dulu oleh para orang-orang terdahulu, bahkan hingga saat ini daun sirih masih menjadi tanaman obat yang paling populer untuk mengatasi keputihan. Maka tak heran jika banyak produk-produk perawatan kewanitaan yang terbuat dari bahan dasar ekstrak daun sirih.

Caranya yaitu :

Ambil daun sirih sebanyak 10 lembar, lalu cuci bersih dan rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. Setelah itu angkat dan biarkan hingga air rebusan daun sirih hangat. Setelah cukup hangat, gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk membasuh organ kewanitaan anda minimal 2 kali sehari. Lakukan secara rutin dan teratur setiap hari sampai, untuk mendapatkan hasil maksimal dan cepat anda bisa minum segelas air rebusan daun sirih secara rutin setiap hari.

  • Gunakan Biji Fenugreek

Bahan alami berikutnya yaitu bisa menggunakan biji Fenugreek. Biji Fenugreek ini dipercaya ampuh untuk mengatasi keputihan secara alami dengan cara meningkatkan pH dari dalam vagina, kondisi seperti ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan estrogen yang terlalu tinggi terutama setelah fase mentruasi. Selain itu, biji Fenugreek dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya yaitu :

Ambil satu sendok makan biji fenugreek dan rendam dalam air hangat matang selama 24 jam, lalu saring dan minum airnya setiap pagi sebelum makan.

  • Gunakan Cuka Sari Apel

Bahan alami dari cuka sari apel juga ternyata memiliki khasiat untuk mengobati keputihan abnormal yang disebabkan oleh bakter. Kandungan yang terdapat pada sari cuka apel ini dapat menjaga keseimbangan pH yang lebih stabil, bahkan cuka sari apel juga mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam organ kewanitaan dan sekaligus dapat mengurangi aroma bau tidak sedap pada vagina yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Caranya yaitu :

Campurkan 1-2 sendok cuka sari apel dengan segelas air putih matang yang hangat, lalu anda juga bisa menambahkan madu secukupnya untuk menambah rasa agar lebih nikmat. Setelah itu, minum satu kali sehari secara rutin dan teratur setiap hari agar bisa mendapatkan manfaat cuka sari apel ini dengan lebih maksimal.

  • Konsumsi Buah Pisang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari dapat membantu untuk menyembuhkan keputihan secara alami dan cepat, karena pada buah pisang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan tingkat hormon dalam tubuh. Untuk dapat mengatasi keputihan abnormal, maka anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari minimal 2 kali sehari. Selain itu, buah pisang juga sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan agar tetap sehat, sedangkan kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang dapat membantu dalam ritme detak jantung yang sehat.

  • Minum Jus Delima

Tentunya anda semua sudah tidak asing lagi dengan nama buah yang satu ini. Delima memang menjadi salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan, buah delima memiliki rasa buah yang sangat segar dan warnanya pun begitu menggiurkan bagi siapa saja yang melihatnya. Dibalik rasa dan warnanya, ternyata buah delima ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat buah delima yaitu dapat mengatasi keputihan abnormal secara alami dan aman. Untuk mendapatkan manfaat dari buah delima ini, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung maupun dengan dibuat menjadi minuman jus. Minum jus delima secara rutin dan tertatur satu kali sehari setiap pagi.

  • Konsumsi Yoghurt

Yoghurt merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan prebiotik alami yang cukup tinggi, kandungan bakteri sehat atau baik yang terdapat di dalam yoghurt mampu melawan perkembangan dan pertumbuhan bakteri jahat di dalam vagina yang menjadi penyebab keputihan. Selain itu, yoghurt juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dari jamur yang sering muncul pada area vagina serta dapat memelihara kesehatan dari sistem reproduksi. Cara mengatasi keputihan abnormal dengan yoghurt cukup dengan rutin mengkonsumsinya setiap hari, cara ini merupakan cara yang paling mudah dan cukup efektif untuk menjaga keseimbangan pada organ reproduksi dalam tubuh.

  • Minum Air Putih

Ketika anda mengalami keputihan abnormal, maka sangat disarankan untuk memperbanyak minum air putih atau air mineral. Dengan banyak minum air mineral dapat membantu menetralisir racun yang mengendap di dalam tubuh melalui saluran sekresi ketika sudah diolah oleh ginjal. Dengan keluarnya racun dari dalam tubuh dapat membuat tubuh dapat melakukan proses metabolisme dengan lebih baik, sehingga tubuh pun dapat menjaga keseimbangan pH secara alami pada organ reproduksi. Selain itu, dengan minum air mineral juga dapat membantu dal;am mengatasi terjadinya penumpukan virus dan bakteri yang dapat menyerang organ reproduksi

Itulah beberapa cara mengatasi keputihan abnormal secara alami, semoga ulasan yang telah kami sampaikan diatas dapat memberikan manfaat bagi para pembaca semua.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

kata untuk mencari artikel ini:
  • mengatasi keputihan abnormal

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Cara Mengatasi Keputihan Abnormal Secara Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: