Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan dan Cara Mencegahnnya

Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan dan Cara Mencegahnnya – Menstruasi atau lebih dikenal dengan haid adalah siklus bulan yang mana selalu rutin dialami oleh setiap wanita yang usianya telah memasuki masa pubertas. Ketika mengalami haid, terkadang wanita sering mengeluhkan rasa nyeri ketika tiba masa haid. Kondisi ini biasanya dapat menimbulkan gangguan terlebih bagi para wanita yang memiliki aktivitas yang cukup padat setiap harinya. Ketika datang haid, sering kali aktivitas mereka terganggu karena rasa nyeri haid yang dialaminya.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

Rasa nyeri ketika haid ini dikenal dalam istilah disminorea, yaitu suatu kondisi dimana otot dibagian perut bawah mengalami kram dan terkadang rasa nyeri juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain seperti di bagian punggung dan paha. Rasa nyeri ini biasanya mulai dirasakan oleh banyak wanita sebelum haid dan selama haid, nyeri haid ini biasanya akan berlangsung selama dua sampai empat hari.

Nyeri haid yang di alami oleh kebanyakan wanita sering kali disamakan dengan sindrom pramenstruasi atau PMS. Namun sebenarnya kedua kondisi tersebut berbeda, meski berbeda gejala yang ditimbulkan pada kedua kondisi tersebut akan saling berkaitan. Seiring bertambahnya usia dan sudah memiliki anak, gejala nyeri haid ini akan berangsur-angsur sembuh dan bahkan banyak wanita yang tidak mengalaminya lagi. Meski demikian, rasa nyeri ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas anda sehari-hari, sehingga harus segera diatasi.

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri haid pada saat menstruasi, diantaranya yaitu :

  1. Minum Obat Pereda Nyeri Haid

Jika anda tidak sempat untuk memeriksakan diri ke dokter, maka sebagai solusi alternatif mengatasi nyeri haid yaitu dapat dilakukan dengan minum obat pereda nyeri. Anda bisa mendapatkan obat pereda rasa nyeri dengan mudah di apotik-apotik terdekat, jenis obat seperti anti-inflamasi non-steroid atau NSAID merupakan jenis obat-obatan yang memiliki kemampuan untuk memblokir produksi prostaglandin yang menjadi faktor penyebab nyeri haid. Beberapa jenis obat untuk mengatasi nyeri hadi diantaranya seperti asam mefenamat dan ibuprofen, namun obat-obatan tersebut tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anda yang memiliki gangguan grastritis pada lambung.

  1. Kompres Hangat

Upaya selanjutnya yang bisa anda lakukan ketika mengalami rasa nyeri saat haid yaitu dengan mengkompresnya menggunakan air hangat, cara ini dapat anda jadikan sebagai solusi alternatif bagi yang tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan kimia. Caranya sangat mudah, yaitu basahi handuk bersih dengan air hangat dan peras. Setelah itu, tempelkan handuk tersebut pada perut bagian bawah. Pada saat proses pengompresan, anda juga bisa melakukan pemijatan lembut untuk membuat tubuh anda menjadi lebih rileks.

Dengan melakukan pengompresan menggunakan air hangat ini dapat berdampak pada fisiologis seperti tubuh menjadi lebih rileks, ini dikarenakan terjadinya peningkatan suhu pada bagian tubuh yang terasa nyeri sehingga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah. Upaya tersebut dilakukan untuk meringankan dan menyembuhkan rasa nyeri yang dirasakan.

  1. Lakukan Pemijatan

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, melakukan pemijatan lembut dibagian perut bawah ketika haid dapat membantu meringankan nyeri haid. Sebelum melakukan pemijatan, anda juga bisa mengguakan minyak bayi atau krim yang memiliki aroma relaksasi yang dapat memberikan rasa hangat dan nyaman di bagian yang terasa nyeri. Lakukan proses pemijatan secara perlahan, caranya yaitu dengan memutar telapak tangan searah dengan jarum jam.

  1. Minum Air Hangat

Untuk memberikan rasa nyaman ketika hadi, sebaiknya anda sering minum air hangat sedikit demi sedikit. Cara ini sangat efektif untuk membantu meringankan rasa nyeri haid berlebih, pastikan juga anda tidak minum alkohol, minuman yang mengandung kafein dan minuman manis yang mengandung banyak gula. Hal ini dikarenakan, beberapa jenis minuman tersebut justru akan memperparah rasa nyeri hadi berlebih yang anda derita.

  1. Mengatur Pola Makan

Ketika mengalami nyeri hadi, hampir semua wanita akan mengalami penurunan nafsu makan sehingga mereka akan malas untuk makan. Meski demikian, untuk mengatasi nyeri haid ini anda harus tetap menerapkan pola makan yang teratur dan perhantikan juga asupan nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh. Jika pola makan anda tidak teratur dan malas untuk makan, maka usahakan agar anda makan dalam jumlah sedikit asalkan dengan frekuensi yang sering. Untuk mengatasi nyeri haid berlebih, maka pastikan anda menghidari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan makanan berkalori tinggi. Selain itu, sebaiknya anda juga menghindari pemakaian MSG dan bahan pengawet pada makanan yang akan anda konsumsi.

  1. Mengatur Posisi Tubuh Yang Nyaman

Anda juga sebaiknya tidak menganggap remeh posisi tubuh ketika mengalami nyeri hadi berlebih. Maka dari itu, cobalah untuk mengatur posisi tubu anda senyaman mungkin. Pada kondisi tertentu, posisi tubuh yang dianggap paling nyaman ternyata tidak memberikan efek yang baik untuk meringankan rasa nyeri yang diderita saat haid. Jika kondisi tersebut terjadi pada diri anda, maka solusi terbaik untuk meringankan rasa nyeri bisa dengan berbaring dan posisikan kedua kaki sedikit diangkat ke atas dengan mengganjalnya menggunakan bantal. Posisi terbaik lainnya yang dapat meringankan rasa nyeri saat hadi yaitu dengan berbaring dengan posisi tubuh menyamping, kemudian pada bagian lutut di tekuk ke depan.

  1. Mandi Menggunakan Air Hangat

Ketika anda mengalami rasa nyeri berlebih ketika sedang haid, maka sebaiknya anda tidak mandi menggunakan air dingin. Mandi dengan air hangat ternyata cukup efektif untuk membantu meringankan rasa nyeri, jika perlu anda juga bisa menambahkan parfum yang memiliki aroma terapi ke dalam air yang akan anda gunakan untuk mandi. Cara ini dapat memberikan rasa nyaman dan rileksasi pada tubuh, namun untuk anda yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya anda jangan terlalu sering mandi ketika sedang haid cukup satu kali sehari saja.

  1. Rutin Berolahraga

Cara mengatasi nyeri haid berlebih yang terakhir yaitu dengan rutin berolahraga ringan setiap hari. Dengan anda rutin berolahraga, maka peredaran darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar sehingga sangat berpengaruh terhadap penurunan rasa nyeri yang sedang anda alami ketika haid. Beberapa jenis olahraga yang bisa anda lakukan ketika sedang hadi yaitu seperti jala kaki, lari pagi atau senam.

Cara Mencegah Nyeri Haid Kambuh Lagi

Meskipun nyeri hadi berlebih yang anda alami sudah sembuh, namun rasa nyeri tersebut bisa saja kambuh lagi secara tiba-tiba. Untuk mencegah nyeri hadi kambuh lagi, anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

  • Jalankan diet seimbang dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur
  • Minum suplemen makan untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh
  • Melakukan olahraga ringan secara rutin dan teratur
  • Hindari stres
  • Hindari kebiasaan merokok
  • Gunakan jenis KB yang bersifat hormonal seperti KB suntik, Pil atau implan.

Jika dalam beberapa hari rasa nyeri tidak kunjung sembuh dan malah semakin parah, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi nyeri haid berlebih, semoga ulasan diatas dapat menambah pengetahuan dan dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan
  • obat sakit haid berlebihan
  • cara menghilangkan nyeri haid akibat minum alkohol
  • cara menghilangkan nyeri haid yg berlebihan yg telah bertahun tahun

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan dan Cara Mencegahnnya | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: