Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Paling Mudah

Cara Mengatasi dan Obat Pilek Pada Bayi – Pilek merupakan suatu jenis penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik pada orang dewasa maupun anak-anak atau bahkan pada bayi sekalipun. Ketika bayi mengalami pilek, maka para orang tua akan merasa panik, karena biasanya bayi akan merasa tidak nyaman sehingga membuat bayi rewel dan susah tidur.

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Ketika bayi terserang pilek, maka biasanya gejala yang ditimbulkan akan disertai dengan batuk, demam, penurunan nafsu makan dan tubuh bayi akan tampak lemah. Jika kondisi seperti ini tidak segera ditangani, maka penyakit pilek yang diderita bayi akan mengakibatkan terjadinya komplikasi seperti terjadinya penurunan berat badan dan ganguan penyakit lainnya.

Lalu, bagaimana cara perwatan yang tepat pada bayi yang menderita pilek dan hidung tersumbat?

Ada beberapa perawatan yang harus anda lakukan ketika bayi terserang pilek, yaitu :

  1. Memberikan ASI

Ketika bayti terserang pilek, maka langkah pertama yang penting dan harus dilakukan yaitu dengan memberikan bayi anda ASI secara sering. Hal ini dikarenakan, ASI tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi tetapi juga dapat menjadi obat alami untuk menyembuhkan pilek. Apabila bayi anda sulit untuk minum ASI secara langsung, maka anda bisa memerah ASI menggunakan alat khusus dan memberikan ASI menggunakan dot.

  1. Memberikan Susu Formula

Jika bayi anda tidak mendapatkan ASI ekslusif dan sudah terbiasa dengan susu formula, maka pada saat bayi anda sedang sakit sebaiknya terus berikan susu formula yang biasa diberikan. Hal ini dikarenakan, meskipun susu formula tidak memiliki kandungan antibodi seperti yang terdapat pada ASI, namun kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada susu formula mampu mencegah bayi mengalami dehidrasi. Jika setelah diberikan susu formula kondisi bayi tidak membaik atau malah bertambah parah, maka sebaiknya segera kunjungi dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  1. Bersihkan lendir pada hidung bayi

Bayi umumnya hanya menggunakan saluran hidung sebagai alat untuk bernafas, sehingga apabila bayi terserang pilek maka bayi akan mengalami kesulitan dalam bernafas dan membuat tidur bayi tidak nyenyak. Selain itu, bayi juga masih belum bisa membersihkan lendir di hidung sendiri, sehingga harus di bantu untuk mengeluarkannya. Salah satu cara membersihan lendir yang menumpuk pada saluran hidung bayi yaitu dengan menggunakan alat hisap khusus yang bisa didapatkan di apotik. Penting untuk perhatikan oleh para ibu, jangan menyusui bayi yang sedang terserang pilek dengan posisi sambil tiduran, karena posisi seperti ini dapat membuat bayi kesulitan untuk bernafas.

  1. Posisikan kepala lebih tinggi dari badan bayi ketika tidur

Bayi yang sedang terserang pilek biasanya tidak akan merasa nyaman pada saat sedang tidur, sehingga membuat bayi tidak nyenyak tidur dan sering terbangun. Untuk membuat tidur bayi lebih nyenyak, maka sebaiknya posisikan kepala lebih tinggi dari badan bayi, sehingga bayi dapat bernafas dengan lebih baik dan lancar ketika sedang tidur. Caranya anda bisa menambahkan handuk kering yang lembut diatas bantal bayi, pastikan anda selalu berada di samping bayi untuk menjaga bayi jika berubah posisi tidur.

  1. Menguap bayi di dalam ruangan

Dengan penguapan merupakan cara yang cukup efektif untuk membantu menyembuhkan pilek pada bayi, cara ini dapat membuat saluran penafasan bayi menjadi lebih lancar dan membantu mengeluarkan lendir yang menyumbat pada saluran hidung. Caranya cukup mudah, anda cukup siapkan air panas mendidih yang telah diberi campuran minyak kayu putih. Setelah ituk, letakan air panas tersebut di dalam ruangan kamar mandi dan tutup pintu kamar mandi. Kemudian biarkan bayi anda menghirup uap yang keluar dari ember yang berisi air panas tersebut. Lakukan penguapan ini minimal 10 menit.

  1. Membantu bayi mengeluarkan lendir atau dahak

Gejala pilek biasanya akan disertai dengan gejala batuk, tetapi bayi umumnya belum bisa batuk yang dilakukan secara alami seperti yang biasa dilakukan oleh anak-anak dan dewasa. Untuk membersihkan dahak pada saluran pernafasan bayi , maka anda harus membantunya dengan cara yang aman. Berikut ini merupakan beberapa hal penting yabng harus dilakukan, yaitu :

  • Lakukan penguapaan pada hidung dan wajah bayi anda menggunakan air panas yang sudah diberikan beberapa tetes minyak kayu putih.
  • Lakukan penguapan ini pada malam sebelum tidur minimal 10 menit.
  • Jarak panci atau ember dengan wajah yaitu sekitar 30-60 cm meter.
  • Setelah itu, biarkan bayi tengkuran dan lendir pun akan mencair dan mudah untuk dikeluarkan.
  1. Lakukan pemijatan pada bayi

Dengan melakukan pemijatan pada tubuh bayi juga ternyata sangat efektif untuk membantu mengeluarkan lendir, namun pastikan pilih orang yang sudah ahli dan berpengalaman dalam memijat bayi. Selain dapat meredakan pilek pada bayi, melakukan pemijatan pada tubuh bayi juga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak dan membantu mengembalikan nafsu makan. Selain itu, dengan melakukan pemijatan pada tubuh bayi dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, sehingga dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh bayi.

  1. Pastikan bayi lebih banyak tidur

Bayi sangat membutuhkan waktu tidur lebih banyak, karena dengan istirahat dapat membuat tubuh bayi lebih sehat dan nyaman ketika terserang gejala pilek. Bayi akan sulit untuk tidur ketika terserang pilek, karena biasanya gejala pilek yang ditimbulkan akan disertai dengan sakit kepala, demam dan kesulitan bernafas. Maka dari itu, anda bisa membantu anak anda untuk bisa tidur dengan lebih nyaman. Caranya yaitu dengan menemani bayi ketika tidur, memberikan ASI sampai bayi merasa kenyang dan jika bayi masih rewel anda bisa menggendong bayi sambil jalan-jalan di dalam rumah.

  1. Menggosok tubuh bayi dengan minyak kelapa

Jika di rumah anda ada minyak kelapa organik, maka anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai minyak gosok pada tubuh bayi, manfaat minyak kelapa ini dapat memberikan efek nyaman pada tubuh bayi dan menjadikan saluran pernafasan menjadi lebih lancar. Caranya anda bisa menggosokan minyak kelapa pada tubuh bayi, terutama pada bagian punggung dan perut bayi sembari dilakukan pemijatan secara perlahan pada tubuh bayi. Setelah melakukan cara ini, maka biasanya bayi akan tidur dengan nyenyak.

  1. Kunjungi Dokter Anak

Jika dalam 3 hari pilek tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera kunjungi dokter anak terdekat untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Jangan biarkan gejala pilek pada bayi berlarut-larut, karena bisa mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan lain yang bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan dan penurunan berat badan bayi.

Itulah sedikit penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi pilek pada bayi, semoga dengan adanya ulasan kesehatan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para orang tua. Dengan demikian, anda tidak perlu panik ketika bayi anda terserang pilek.

Terima kasih atas waktu dan kunjungannya, selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

 

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara menurunkan panas dg cpat
  • Obat tradisional untuk batuk dan hidung tersumbat
  • makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui agar meningkatkan daya tahan tubuh bayi

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Paling Mudah | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: