10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

cara mengatasi rambut rontok secara alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Rambut kepala merupakan salah satu bagian penting dari tubuh kita. Hal ini karena rambut menunjang penampilan seseorang untuk tampil percaya diri. Namun tidak sedikit orang yang mengalami masalah pada rambut. Salah satunya adalah kerontokan rambut kepala.

Masalah ini memang tidak terlalu berbahaya. Namun tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena jika dibiarkan, pada kondisi yang semakin parah akan menyebabkan kebotakan pada rambut. Untuk itu kita perlu mengetahui cara mengatasi rambut rontok secara alami. Seperti apa caranya? Baca terus artikel ini hingga selesai.

Penyebab Rambut Rontok

Kerontokan pada rambut bisa disebabkan beberapa hal. Diantaranya:

  1. Gangguan hormon
  2. Penggunaan bahan kimia pada rambut
  3. Rambut kurang nutrisi
  4. Efek samping obat tertentu
  5. Efek pengobatan penyakit, seperti kemoterapi
  6. Penggunaan alat penata rambut yang dapat merusak rambut, seperti terlalu sering rebonding
  7. Paparan sinar matahari atau polusi

Baca Juga : Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Untuk mengatasi atau mengurangi rambut rontok secara alami, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami dan mudah didapatkan seperti dibawah ini:

1. Lidah Buaya

Tanaman herbal lidah buaya dikenal bermanfaat untuk kesehatan rambut. Sudah sejak dulu tanaman lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Baik itu pada shampo, produk kosmetik maupun langsung digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan yang ada pada lidah buaya dikenal mampu merangsang tumbuhnya rambut pada kulit kepala

Cara penggunaannya:

  1. ambil 1 potong tanaman lidah buaya
  2. lalu ambil bagian dalam (daging) lidah buaya
  3. kemudian usapkan dan pijat perlahan dari kulit kepala hingga rambut sampai merata
  4. biarkan sekitar 15 menit
  5. setelah itu bilas rambut dengan air bersih

2. Bawang Putih

Tanaman herbal selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok secara alami adalah bawang putih. Bawang putih dikenal berkhasiat mengurangi kerontokan rambut pada kepala. Bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah rambut rontok kembali. Hal ini karena bawang putih mengandung antibakteri yang bermanfaat membunuh parasit dan mengobati infeksi pada kulit kepala. Disamping itu, bawang putih mengandung sulfur yang bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah pada folikel rambut.

Cara penggunannya:

  1. sediakan beberapa siung bawang putih dan kupas bawang tersebut
  2. lalu bersihkan dengan air bersih
  3. kemudian haluskan bawang putih tersebut
  4. gunakan bawang putih yang sudah halus tadi dengan mengoleskan pada kulit kepala
  5. pijatkan hingga merata
  6. setelah sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih
  7. atau juga bisa bilas dengan shampo herbal penumbuh rambut

3. Minyak Kemiri

Kemiri sudah sejak dulu dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Pada Kemiri memiliki kandungan minyak sekitar 60% hingga 65%. Minyak tersebutlah yang digunakan untuk mengurangi rambut rontok secara alami. Minyak yang terkandung pada kemiri berkhasiat merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut pada kulit kepala. Minyak kemiri sudah banyak dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut, menyuburkan rambut, serta digunakan untuk mengobati rambut rontok secara alami pada kepala.

Cara penggunaan:

  1. sangrai biji kemiri secukupnya.
  2. Lalu tumbuk hingga halus untuk mengeluarkan minyak pada biji kemiri.
  3. Lalu gunakan dengan mengoleskan pada kulit kepala dan rambut.
  4. Biarkan beberapa jam. Setelah itu bilas dengan shampo untuk membersihkannya.

Atau alternatif jika ingin dengan cara instan, anda bisa langsung mendapatkan minyak kemiri dengan membeli minyak kemiri yang dijual di toko-toko terdekat.

4. Teh Hijau

Bahan alami teh hijau juga memilik banyak manfaat. Teh hijau biasanya sering digunakan sebagai bahan minuman untuk melangsingkan badan. Namun manfaat lain dari teh hijau juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi atau mengurangi rambut rontok secara alami pada kepala. Ini dikarenakan teh hijau banyak memiliki kandungan antioksidan yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kerontokan rambut.

Cara penggunaannya:

  1. Sediakan teh hijau lalu seduh teh hijau tersebut dengan air panas tanpa gula.
  2. Tunggu hingga air teh hijau tadi dingin
  3. Setelah itu gunakan dengan mengusapkan pada kulit dan rambut kepala secara merata.
  4. Biarkan sekitar satu jam dan setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Jahe

Jahe juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Pada jahe mengandung zat yang bernama Zingeron yang berkhasiat membantu mengurangi atau mengatasi rambut rontok.

Cara penggunaan:

  1. sediakan jahe beberapa ruas atau secukupnya
  2. lalu parut jahe tersebut
  3. gunakan parutan jahe tersebut dengan mengoleskan pada kulit kepala
  4. usapkan secara merata
  5. biarkan sekitar 15-30 menit
  6. lalu bilas rambut dengan shampo atau air bersih

6. Jeruk Nipis

Bahan alami selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk mengatasi kerontokan rambut adalah jeruk nipis. Kandungan Vitamin C pada jeruk nipis bermanfaat untuk membuat rambut lebih sehat.

Cara penggunaan:

  1. sediakan 1 atau beberapa buah jeruk nipis
  2. lalu potong-potong menjadi beberapa iris
  3. gunakan irisan jeruk nipis tersebut dengan menggosokkan pada kulit kepala dan rambut
  4. biarkan sekitar beberapa menit
  5. lalu bilas dengan air bersih atau juga shampo

7. Yogurt

Selain bisa untuk dijadikan masker alami wajah, Yogurt juga bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Cara menggunakannya, sediakan yogurt secukupnya. Lalu gunakan dengan mengoleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata sambil pijat secara perlahan. Kemudian biarkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

8. Minyak Esensial

Kita juga dapat memanfaatkan minyak esensial seperti minyak wijen, minyak zaitun serta minyak kelapa untuk mengurangi rambut rontok.

Cara menggunakannya cukup mudah. Oleskan minyak esensial pada kulit kepala dan rambut secara merata sambil pijat secara perlahan. Biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

9. Alpukat

Buah alpukat banyak memiliki manfaat. Salah satunya bisa kita gunakan untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Hal ini karena alpukat memiliki kandungan protein yang berguna untuk kesehatan rambut. Kandungan protein pada buah alpukat berkhasiat memberikan nutrisi pada rambut serta menguatkan rambut.

Cara menggunakannya sederhana, sediakan buah alpukat secukupnya. Lalu kupas buah alpukat tersebut. Kemudian haluskan buah alpukat. Gunakan dengan mengoleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

10. Konsumsi Makanan bervitamin

Untuk mengatasi rambut rontok, kita juga bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang bervitamin. Salah satunya adalah makanan yang bervitamin B12. Manfaat mengonsumsi makanan bervitamin B12 adalah untuk menjaga sel-sel rambut serta baik bagi kesehatan kulit kepala.

Catatan:

Untuk mengobati atau mengatasi rambut rontok secara alami, anda bisa gunakan cara diatas. Namun, tidak harus memakai semua cara diatas sekaligus. Pilihlah salah satu atau beberapa bahan yang cocok dengan kulit kepala dan rambut anda. Setiap orang memiliki kriteria rambut yang berbeda-beda, jadi hasilnya juga akan berbeda setiap orang. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

kata untuk mencari artikel ini:
  • CARA menghilang DEMAM panas
  • cara mengatasi rambut rontok secara alami dan cepat
  • kumpulan cara tradisional mencega kerontokan rambut dengan menggunakan herbal
  • obat alami rambut rontok
  • rambut rontok natural
10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami | Admin | 4.5
error: