Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak Pada Usia Dini

Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak pada usia dini – Menderita sakit gigi memang sangat menggangu, penyakit ini memang dapat menyerang siap saja baik muda ataupun muda, bahkan anak-anak pun banyak yang mengalaminya. Sakit gigi ini merupakan jenis penyakit yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada gigi dan juga gusi. Bagi anak-anak, sakit gigi ini dapat disebabkan oleh karena terlalu sering mengkonsumsi makanan manis seperti permen, coklat, minuman manis dan berbagai jenis makanan manis lainnya. Sisa-sisa makanan manis yang menempel pada sela-sela gigi dapat menyebabkan bakteri mudah sekali untuk berkembang biak, bakteri tersebut dapat mengeluarkan zat asam berlebih yang akhirnya dapat merusak lapisan email gigi yang berguna untuk melindungi gigi. Lama kelamaan, bakteri akan semakin berkembang dan bakteri penghancur atau pembusuk akan mulai menyebar dengan cepat menuju ke syaraf, sehingga dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan juga rasa sakit pada gigi.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Selain dapat disebabkan oleh faktor makanan, ternyata ada beberapa jenis penyakit lainnya yang dapat menyebabkan muncul rasa sakit pada gigi. Namun tidak semua orang tua mengetahui jika anak mereka menderita sakit gigi yang disebabkan oleh jenis penyakit lain. Beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan sakit gigi yaitu seperti penyakit polip, angina, sinusitis dan juga pembengkakan pada gusi.

Munculnya rasa sakit pada gigi ini bersifat relatif, sebagian anak hanya merasakan rasa ngilu pada giginya dan sebagian juga ada yang menderita rasa sakit yang cukup parah dengan efek rasa nyeri yang tidak tertahankan. Jika sakit gigi yang di alami oleh anak sudah cukup parah, maka mereka juga beresiko memicu rasa sakit yang lainnya mulai dari sakit kepala dan juga sakit telinga. Jika kondisi seperti ini terjadi pada anak anda, maka sebaiknya segera periksakan kesehatan gigi sang anak ke dokter gigi terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Umumnya, sakit gigi pada anak juga sering kali menyerang pada waktu-waktu yang terduga, namun umumnya sering menyerang pada malam hari. Maka dari itu, para orang tua harus lebih bijak dan sigap dalam memberikan pertolongan untuk mendapatlan pengobatan di rumah sebelum sang anak mendapatkan pertolongan medis.

Untuk mengobati sakit gigi pada anak, ada beberapa tips sederhana yang mungkin dapatb anda lakukan sebelum anak di bawa ke dokter. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi pada anak, diantaranya yaitu :

  1. Obati Dengan Minyak Cengkeh

Sudah sejak lama, minyak cengkeh sering digunakan untuk mengobati sakit gigi pada anak. Caranya cukup mudah, anda cukup membasahi kapas dengan minyak cengkeh secukupnya, lalu letakan kapas tersebut pada bagian gigi yang sakit, gigit dan diamkan selama beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi berkurang. Minyak cengkeh ini akan memberikan efek rasa hangat dan nyaman di dalam mulut.

  1. Obati Dengan Daun Sirih

Daun sirih memang sudah sangat terkenal sebagai bahan obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu dapat mengobati sakit gigi. Di dalam daun sirih mengandung zat antiseptik yang sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut. Cara pengobatannya pun cukup mudah, yaitu cukup dengan cara mengunyah daun sirih tersebut, lalu letakan di bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi hilang.

Jika anak anda tidak mau mengunyah dauh sirih, maka anda bisa merebus daun sirih sebanyak 2-3 lembar dengan 1 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, tambah 1 sendok teh garam dan diamkan sampai air rebusan daun sirih cukup hangat untuk dijadikan obat kumur. Selain dapat meringankan saki gigi, air rebusan daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut.

  1. Lakukan Pijatan Menggunakan Es Batu

Penggunaan es batu ternyata sangat efektif untuk meringankan rasa sakit pada gigi. Caranya sangat mudah, anda cukup mengambil sepotong es batu, sesuaikan ukuran es batu tersebut dengan ukuran rongga mulut sang anak. Setelah itu, letakan es batu tersebut pada bagian gigi yang sakit dan lakukan pemijatan secara perlahan. Teknik pemijatan menggunakan es batu ini dapat langsung menyentuh pada sumber rasa sakit, hampir 70% yang pernaha mencoba cara ini terbukti berhasil.

  1. Obati Menggunakan Bawang Merah dan Bang Putih

Kedua jenis tumbuhan ini selain selain dijadikan sebagai bumbu masak, ternyata bawang merah dan bawang putih sangar ampuh untuk dijadikan sebagai obat saki9t gigi untuk anak. Kedua bumbu masak ini tentunya selalu tersedia di dalam rumah, maka jika anak anda terserang sakit gigi, segera obat dengan bahan alami ini. caranya sangat mudah dan sederhana, siapkan 1 siung bawang merah atau bawang putih (pilih salah satu), lalu hancurkan bawang tersebut, lalu pecahan bawang tersebut di letakan pada bagia gigi yang sakit. namun akan lebih efektif jika anak anda mengunyah bawang tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Gunakan Garam Dapur

Garam dapur tidak hanya dapat dijadikan sebagai bahan pelezat masakan, tetapi bawang merah dan bawang putih ini berkhasiat untuk meringankan rasa sakit gigi. Caranya yaitu, ambil garam dapur secukupnya. Lalu larutkan pada segelas ari hangat. Setelah itu, gunakan larutan air garam tersebut untuk dijadikan sebagai obat kumur alami. Gunakan obat kumur alami ini setiap malam sampai rasa sakit yang diderita akan berkurang dan hilang.

  1. Jeruk Nipis

Selain dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman yang menyegarkan, jeruk nipis juga dapat di manfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati sakit gigi. Caranya yaitu, potong jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu peras airnya dan kemudian oleskan pada kapas dan tempelkan pada gigi yang sakit sambil di gigit secara perlahan agar ekstrak dari jeruk nipis bisa bekerja dengan maksimal.

Baca Juga : 

  1. Minyak Kelapa

Tidak hanya minyak cengkah, ternyata minyak kelapa juga sangat berkhasiat untuk mengobati sakit gigi pada anak. Untuk mendapatkan minyak kelapa sangatlah mudah jika dibandingkan dengan minyak cengkeh. Selain itu, cara pengobatannya pun sangat mudah. anda cukup membasahi kapas dengan minyak kelapa hangat, lalu tempelkan pada gigi yang sakit dan gigi perlahan sampai rasa samit mulai reda.

  1. Pasta Gigi Anak

Selain menggunakan bahan-bahan alami, sakit gigi pada anak juga dapat di atas dengan mengginakan pasta ggi anak. Caranya yaitu, tempelkan pasta gigi secukupnya pada bagian gigi dan gusi yang sakit. Diamkan selama beberapa menis, lalu kumur-kumur menggunakan air hangat yang diberi sedikit garam. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari hingga rasa sakit pada gigi dan gusi hilang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mengatasi sakit gigi pada anak secara alami, semoga apa yang sampaikan diatas dapat bermanfat untuk para pembaca cemua.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh …

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • 10 bahan bahan cara mengatasi sakit gigi pada anak anak dengan bahan bahan rumahan

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak Pada Usia Dini | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: