8 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Paling Ampuh 2017

cara mengatasi sakit pinggang

8 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Paling Ampuh 2017

Cara mengatasi sakit pinggang -Tidak bisa dipungkiri bahwa sakit pinggang merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Sakit pinggang terjadi biasanya ditandai dengan adanya gejala nyeri atau sakit pada pinggang, pinggul, atau punggung bagian belakang. Sakit pinggang bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya seperti akibat mengangkat benda yang terlalu berat, melakukan gerakan yang tak lazim dilakukan biasanya secara tiba-tiba, radang sendi, kelainan pada kelengkungan tulang belakang dan bisa juga disebabkan oleh infeksi pada ginjal.

Apabila sudah terkena sakit pinggang umumnya membuat aktivitas menjadi tidak nyaman terutama saat tidur. Akan terasa nyeri atau sakit pada pinggang. oleh karena itu, kita harus segera mengatasi sakit pinggang ini. Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit pinggang ini? Dan apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk membantu menghilangkan sakit pinggang? untuk mengetahuinya silahkan simak bahasannya pada artikel ini

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang

Sebenarnya, cara terbaik untuk menghilangkan sakit pinggang adalah dengan mengetahui penyebab timbulnya sakit pinggang itu sendiri. Dengan mengetahui penyebab sakit pinggang yang menyerang, kita bisa melakukan langkah penyembuhan dengan tepat.

Biasanya sakit pinggang yang muncul pada umumnya bisa kita atasi dengan beberapa langkah-langkah sederhana. Namun, itu kembali bergantung pada seberapa parah dan seberapa lama sakit pinggang yang anda derita

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi dan juga membantu menghilangkan sakit pinggang yang anda alami

Baca juga:

Cara mengatasi sakit pinggang jangka pendek

Bisa dikatakan bahwa sakit pinggang jangka pendek merupakan sakit pinggang yang ringan dan biasanya tidak berlangsung lama atau tidak lebih dari 6 minggu. Kondisi Sakit pinggang ini bisa anda atasi dengan beberapa langkah perawatan sederhana yang bisa anda lakukan dirumah.

Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang jangka pendek atau sakit pinggang ringan:

1. Mengatasi sakit pinggang dengan Terapi panas dan dingin

Cara sederhana yang bisa anda lakukan dirumah untuk membantu menghilangkan sakit pinggang adalah dengan terapi panas dingin. Anda bisa menggunakan botol yang berisi air panas untuk ditempelkan pada bagian pinggang yang terasa nyeri atau sakit. Langkah sederhana ini berguna membantu meringankan rasa nyeri atau rasa sakit pada daerah pinggang.

Sedangkan terapi dingin yang dimaksud bisa anda lakukan dengan menggunakan kompres dari es. Hal ini juga berguna membantu mengurangi rasa nyeri pada pinggang. anda bisa menaruh es batu pada pembungkus kain atau yang lainnya dan tempelkan pada bagian pinggang yang terasa nyeri atau terasa sakit.

2. Menghilangkan sakit pinggang dengan Relaksasi

Hal yang bisa anda lakukan untuk meringankan sakit pinggang adalah dengan relaksasi. Dengan melakukan relaksasi akan membuat tubuh atau badan menjadi lebih santai sehingga akan mengurangi ketegangan pada otot. Pikiran yang terlalu tegang akan membuat otot juga ikut terpengaruh sehingga menyebabkan timbulnya ketegangan otot pada tubuh.

3. Meringankan sakit pinggang dengan mengatur Posisi tidur

Posisi tidur juga ikut berpengaruh terhadap sakit pinggang. anda bisa mengatur posisi tidur yang bertujuan agar meregangkan punggung belakang yang berguna untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang. berikut ini adalah cara mengatur posisi tidur:

  • Apabila anda tidur dengan posisi terlentang, taruh bantal pada bagian bawah lutut. Hal tersebut bertujuan mempertahankan kurva atau kelengkungan normal punggung bagian bawah
  • Apabila anda tidur dengan posisi miring, anda bisa menarik kaki (menekuk) sedikit ke arah dada dan meletakkan bantal diantara kaki

4. Mengatasi sakit pinggang dengan tetap aktif melakukan aktivitas

Usahakan untuk tetap aktif. Kurang bergerak atau kurang aktif melakukan aktivitas juga bisa menyebabkan timbul rasa pegal pada pinggang. kurang aktif dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan pinggang terasa kaku dan pegal. Untuk itu, usahakan untuk melakukan aktivitas-aktivitas ringan secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan pinggang anda.

5. Gaya hidup yang sehat untuk mencegah sakit pinggang

Olahraga secara teratur dan tetap aktif membantu punggung tetap sehat dan kuat. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, yoga, atau lainnya yang anda sukai.

Cara mengatasi sakit pinggang jangka panjang

Ada kalanya seseorang terkena sakit pinggang jangka panjang. Sakit pinggang jangka panjang merupakan sakit pinggang yang sudah berlangsung cukup lama yaitu lebih dari 6 minggu. Sakit pinggang ini biasa dikenal dengan sakit pinggang kronis. Untuk membantu menghilangkan dan meringnankan sakit pinggang ini anda bisa melakukan beberapa perawatan sebagai berikut:

1. Melakukan Terapi Manual

Anda bisa melakukan perawatan dengan terapi manual. Terdapat beberapa macam terapi manual diantaranya seperti mobilisasi, manipulasi serta pijat yang umumnya dilakukan oleh ahli fisioterapis atau hali osteopati. Anda bisa melakukan perawatan terapi ini hingga selama 9 sesi dengan periode waktu hingga 3 bulan

2. melakukan akupuntur

Akupuntur adalah teknik pengobatan kuno yang berasal dari china dengan menggunakan jarum halus yang ditusukkan pada titik-titik tertentu pada bagian tubuh manusia. Akupuntur dikenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya gangguan kesehatan pada pinggang.

3. olahraga atau latihan khusus

Anda bisa melakukan program latihan khusus yang dipandu langsung oleh instruktur terlatih. Dengan melakukan olahraga atau program latihan khusus ini bertujuan untuk memperbaiki postur tubuh serta memperkuat otot. Anda bisa melakukan program latihan khusus atau olahraga khusus seperti aerobik serta peregangan.

Demikian diatas adalah 8 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Paling Ampuh 2017 yang bisa anda lakukan dalam rangka untuk membantu mengatasi sakit pinggang atau nyeri pinggang. namun hasil yang diperoleh akan berbeda pada setiap orang, hal ini didasarkan pada penyebab munculnya sakit pinggang itu sendiri. Sehingga teknik penanganannya tentu akan berbeda tiap-tiap penyebab dan gejalanya. Apabila anda ragu dengan gejala dan penyebab timbulnya sakit pinggang yang anda derita, alangkah baiknya untuk periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti munculnya sakit pinggang. semoga artikel diatas bermanfaat.

kata untuk mencari artikel ini:
  • terapi sederhana untuk sakit pinggang
  • OK Google cara apa posisi Aku Sakit
  • OK Google boleh untuk sakit pinggang
  • obat sakit pinggang jangka lama
  • nyeri apa saja yang harus di relaksasi
  • mengatasi sakit pinggang dengan bant
  • meletakan bantal pada pinggang yg sakit
  • cara menyembuhkan sakit panas dengan terapi
  • cara menghilangksn sskir pinggang
  • cara menghilangkan sakit pinggang demam
  • cara mengatasi pingkang pd bayi
  • cara mengatasi pinggang panas
  • Cara Meng Hilang Kan Rasa Sakit Pinggang
  • bagaimana cara menyembuhkan pinggang yang sakit tiba-tiba 2017
  • bagaimana cara mengatasi pinggang dingin

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

8 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Paling Ampuh 2017 | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: