Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami? Baca disini

cara mengecilkan pori pori wajah secara alami

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah – Pori-pori pada kulit merupakan saluran pada kulit yang memiliki fungsi sebagai tempat keluarnya kotoran dan keringat di kulit, selain itu pori-pori berfungsi sebagai muara dari saluran milik kelenjar keringat.

Namun apabila pori-pori kulit terutama pori-pori wajah membesar, maka kotoran akan dapat mudah masuk pada pori-pori kulit dan dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori pada kulit wajah. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya berbagai masalah pada kulit. Diantaranya seperti timbulnya jerawat, komedo, dan lain-lain.

Selain menyebabkan masalah pada wajah seperti jerawat dan komedo, pori-pori kulit wajah yang membesar akan menyebabkan penampilan menjadi kurang menarik untuk dipandang. Oleh sebab itu tidak sedikit orang yang mengeluhkan akan masalah ini.

Terutama bagi kaum perempuan yang cenderung selalu memperhatikan penampilan wajah mereka. Untuk itu kita perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi pori-pori wajah yang membesar.

Lalu apa saja penyebab pori-pori wajah membesar dan bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami ? Simak terus bahasannya berikut ini

Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

Sebelum anda membaca bagaimana cara mengecilkan pori-pori pada wajah, alangkah baiknya anda mengetahui penyebab-penyebab pori-pori pada wajah membesar.

Beberapa penyebab pori-pori wajah membesar sebagai berikut:

1. Faktor Keturunan atau Genetika Seseorang

Pori-pori kulit yang besar ternyata bisa disebabkan karena turunan dari keluarganya atau bisa disebut faktor genetika. Jika salah satu dari orang tua atau pun keduanya memiliki pori-pori kulit wajah yang besar bisa jadi hal tersebut akan menurun pada anaknya.

2. Pertumbuhan Bakteri pada Kulit

Pertumbuhan bakteri maupun kuman pada kulit wajah juga ternyata bisa menyebabkan membesarnya pori-pori wajah kita. Selain bisa menyebabkan pori-pori membesar, pertumbuhan bakteri atau kuman pada kulit wajah bisa memicu timbulnya jerawat serta komedo pada wajah.

3. Faktor Produksi Minyak Berlebih pada kulit

Minyak yang dihasilkan kulit berguna untuk melembabkan kulit dan menghindarkan kulit dari kekeringan. Namun produksi minyak yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan kulit wajah. Selain dapat menyebabkan mudahnya kotoran menempel pada kulit, produksi minyak berlebih pada kulit bisa menyebabkan pori-pori wajah membesar.

4. Kotoran

Bisa jadi pori-pori yang membesar disebabkan karena kotoran yang menyumbat pada pori-pori kulit. Penimbunan kotoran seperti debu, polusi, sisa make up dan sebagainya dapat menyebabkan pori-pori kulit membesar dan berdampak tidak sehat bagi kulit.

5. Paparan Sinar Matahari

Jika anda terlalu sering beraktivitas dibawah paparan sinar matahari, maka bisa jadi hal tersebut menyebabkan dampak kurang baik bagi kesehatan kulit anda. Termasuk bisa menyebabkan pori-pori kulit wajah anda membesar. Sinar matahari yang baik untuk kesehatan kulit adalah sinar matahari pada pagi hari sekitar dibawah pukul 10.00 pagi.

6. Terlalu sering membasuh muka dengan air hangat

Terlalu sering membasuh muka dengan air hangat juga bisa membuat pori-pori lebih besar. Air panas atau hangat dikenal mampu membuat pori-pori kulit lebih terbuka atau besar. Sebaliknya air dingin atau air es dikenal bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit.

Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Wajah

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab yang membuat pori-pori kulit wajah menjadi besar, sekarang anda juga perlu tahu bagaimana cara mencegah pori-pori menjadi membesar.

Lalu bagaimana mencegah pori-pori menjadi membesar yang bisa anda lakukan? Dibawah ini adalah beberapa cara pencegahannya:

1. Lindungi Kulit wajah dari paparan sinar matahari yang berlebih

Apabila anda sering melakukan aktivitas diluar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, sebaiknya anda gunakan penutup seperti topi untuk menghindari kulit wajah terkena paparan sinar matahari secara langsung terutama pada saat siang hari.

2. Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Sebaiknya anda selalu menjaga kebersihan kulit wajah anda dari berbagai kotoran seperti debu, keringat, sisa make up dan sebagainya untuk menghindari pori-pori kulit menjadi membesar. Usahakan untuk selalu membersihkan wajah dengan rajin mencuci muka dengan air bersih dan sabun muka yang cocok dengan kulit wajah anda untuk menghindari penumpukkan dan tersumbatnya pori-pori wajah oleh berbagai kotoran.

3. Teknik Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan sebuah teknik perawatan pada kulit yang berguna agar membersihkan kotoran seperti debu, keringat dan lainnya pada kulit wajah. Pada umunya biasa disebut dengan proses scrubing.

4. Membersihkan wajah dari minyak yang berlebih

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan wajah dari minyak yang berlebih pada kulit wajah. Ini karena untuk menghindari penyumbatan pori-pori kulit wajah dari sisa keringat yang dihasilkan oleh kulit kita.

kata untuk mencari artikel ini:
  • keringat mengecilkan pori
  • keringat pori kulit
  • penyebab pori-pori membesar dan pencegahannya
Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami? Baca disini | Admin | 4.5
error: