9 Cara Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang Dalam Kandungan

Cara Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang Dalam Kandungan

Cara Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang Dalam Kandungan dapat dilakukan dengan banyak cara. Namun sebelum kami membahas cara-caranya, kami akan sedikit menjelaskan mengenai bayi sungsang dalam kandungan.

Sungsang adalah suatu kondisi dimana posisi bayi yang ada di dalam kandungan tidak berada pada posisi yang tepat dan semestinya, yaitu pada bagian kepalanya berada diatas dan bokongnya berada di bawah. Posisi seperti ini tentunya akan sangat menyulitkan dalam menjalani proses persalinan normal, jika posisi bayi sungsang ini terjadi pada usia kehamilan 9 bulan, maka pihak medis akan langsung mengambil tindakan operasi caesar dengan tujuan untuk menyelamatkan bayi tersebut.

Ada beberapa hal yang menyebabkan posisi bayi sungsang pada saat usia kehamilan tua, diantaranya yaitu karena mengandung bayi kembar, jumlah cairan ketuban yang berlebihan, bobot bayi yang terlalu kecl, adanya gangguan pada rahim atau bisa juga disebabkan oleh karena adanya kelainan pada bayi tersebut.

Lalu, apakah posisi bayi sungsang masih bisa dikembalikan kep posisi asalnya? Ya, tentu saja bisa. Hal yang paling pemting sang ibu harus selalu melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memantau perubahannya. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan posisi bayi sungsang ke posisi aslinya, diantaranya yaitu :

  1. Melakukan Terapi Pijat

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan posisi bayi sungsang yaitu dengan melakukan terapi pijat oleh terapis yang sudah sangat berpengalaman dalam hal ini. Tujuan dari dilakukannya terapi pijat ini yaitu untuk menstimulasi agar tubuh bayi bisa bergerak dan berputar kembali ke posisi asalnya. Disamping melakukan terapi pijat ini, anda juga harus rutin melakukan pengecekan USG minimal seminggu setelah di terapi untuk memastikan apakah posisi bayi sudah berada pada posisi yang tepat atau belum. Jika belum, anda bisa meminta kepada ahli terapis yang sudah berpengalaman untuk melakukan pemijatan kembali.

  1. Sering Berenang

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik dilakukan oleh ibu hamil, terutama bagi ibu hamil yang sudah menginjak usia 9 bulan. Manfaat berenang bagi ibu hamil dapat membantu menguatkan otot-otot panggul, sehingga proses persalinan akan berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, berenang juga dapat membantu melancarkan peredaran darah, meminimalisir resiko morning sickness dan juga dapat mengembalikan posisi bayi sungsang ke posisi asalnya.

Olahraga berenang ini sudah bisa dilakukan oleh ibu hamil sejak usia kehamilan awal, namun seiring bertambahnya usia kehamilan dan perut semakin membesar sebaiknya kurangi frekuensi berenang, karena jika perut sudah besar anda akan mengalami kesulitan dalam bergerak. Jika anda akan berenang, sebaiknya cari lokasi kolam renang khusus untuk ibu hamil dan mintalah seorang pemandu profesional untuk meminimalisir resiko cedera.

  1. Jalan Kaki

Aktivitas fisik yang sangat baik dilakukan oleh ibu hamil salah satunya yaitu dengan sering berjalan kaki, karena dengan berjalan kaki secara rutin setiap hari minimal 30 menit dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh ibu hamil, dapat mempermudah proses persalinannya nanti dan mengembalikan posisi bayi sungsang kembali ke posisi asalnya. Aktivitas fisik ringan ini bisa dilakukan setiap pagi, namun jika anda tidak sempat untuk jelan-jalan di luar rumah, anda juga bisa jalan-jalan di dalam rumah atau dengan melakukan aktivitas ringan di dalam rumah seperti menyapu dan mengepel lantai. Selama anda menjalani aktivitas fisik ini, pastikan anda selalu mencukupi cairan tubuh dengan perbanyak minum air putih.

  1. Merangkak

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan posisi tubuh bayi di dalam kandungan yaitu dengan sering-sering merangkak di lantai, metode ini bisa anda lakukan secara rutin di rumah minimal selama 5 menit. Namun jika anda mengalami pusing setelah melakukan gerakan ini, maka sebaiknya segera hentikan dan pastikan anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau bidan sebelum melakukan gerakan ini.

  1. Senam Yoga

Senam yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk kesehatan dan juga ibu hamil, bagi anda yang memiliki masalah dengan bayi sungsang di dalam kandungan, maka anda bisa mencoba untuk melakukan tehnik ini, karena dengan melakukan olahraga ini dapat menjadikan otot-otot pada tubuh menjadi lebih kuat, sehingga proses persalinan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Bagi anda yang tertarik untuk melakukan senam yoga, maka sebaiknya mintalah instruktur senam yoga yang sudah sangat berpengalaman.

  1. Mendengarkan Musik

Jangan lupa untuk sering mendengarkan bayi and amusik-musik yang lembut, karena percaya atau tidak ternyata dengan mendengarkan musik dapat membantu mengembalikan posisi tubuh bayi sungsang di dalam kandungan. Menurut dari hasil penelitian menjelaskan bahwa indera pendengar pada bayi yang masih berada di dalam kandungan berusia minimal 32 minggu sudah dapat berfungsi meski belum optimal, cara melakukan tehnik ini bisa dilakukan dengan cara menempelkan earphone pada perut bagian bawah. Alasan dilakukannya tehnik ini yaitu untuk merangsang bayi agar mau membalikan posisi tubuhnya ke posisi semula.

  1. Menstimulasi dengan Cahaya

Cara mengembalikan posisi bayi sungsang berikutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan stimulasi cahaya, karena secara umum bayi berusia minimal 32 minggu sudah mulai peka terhadap cahaya. Meskipun bayi berada di dalam kandungan, namun bayi masih bisa menangkap sedikit cahaya yang berada di luar. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyinari perut ibu hamil menggunakan senter. Mulailah dengan menyinari perut ibu hamil mulai dari bagian atas dan turun ke bagian perut bawah. Dengan demikian, maka bayi akan terangsang untuk mengikuti cahaya tersbut dengan memutarkan kembali tubuhnya ke bawah.

  1. Mencoba Metode External Cephalic Version (ECV)

External Cephalic Version atau disebut juga dengan ECV merupakan sebuah metode yang bisa dilakukan untuk mengembalikan posisi tubuh bayi sungsang kembali ke posisi asalnya. Namun metode ini hanya dapat dilakukan oleh tim medis yang sudah profesional dan mulai dilakukan pada saat usia kehamilan minimal 37 minggu. Caranya yaitu dengan menekan-nekan perut ibu hamil untuk mengembalikan posisi tubuh bayi dalam kandungan.tingkat keberhasilan dalam metode ini hanya 50% saja, selain itu metode External Cephalic Version ini cukup beresiko mengelami pecah ketuban sebelum waktunya, mengalami kelahiran prematur dan juga abrupsi.

  1. Melakukan Senam Khusus Ibu Hamil

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan posisi bayi sungsang yaitu dengan melakukan senam khusus untuk ibu hamil. Sobalah untuk mengkonsultasikannya dengan dokter atau kepada orang yang sudah berpengalaman dalam menjalani olahraga senam ibu hamil untuk mengembalikan posisi bayi sungsang, secara umum dokter dan bidan sering menyarankan ibu hamil untuk melakukan olahraga ringan ini, sehingga olahraga ini cukup aman dan tidak menimbulkan resiko yang berbahaya bagi ibu dan janin dalam kandungan.

Jika anda tertarik untuk mencoba melakukan salah satu cara mengembalikan posisi bayi sungsang dalam kandungan diatas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan untuk memastikan apakah perlu atau tidak untuk melakukan metode diatas dengan melihat kondisi kehamilan anda.

Demikianlah informasi yang dapat kami jelaskan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan serta solusi terbaik bagi anda.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara mengembalikan posisi bayi sungsang
  • posisi bayi sungsang 9 bulan
  • cara mengembalikan bayi sungsang 9 bulan
  • apa yang harus dilakukan pada hamil sungsang usia kehamilan menginjak 9 blan
  • seorang bidan menyelatkan bayi yg nyungsang
  • posisi yang bagus untuk memgembalikan posisi bayi sungsang
  • posisi permanen janin pada perut di bulan ke
  • cara mnstimulasi supaya letak janin kepala berada d bawah
  • cara mengatasi bayi sungsang dalam kandungan obat
  • cara membersih kan janin 9 bln dlm perut
  • apakah berenang bisa mengembalikan bayi sungsang
  • yang bumil lakukan saat posisi bayi sungsang

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

9 Cara Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang Dalam Kandungan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: