Cara Mengetahui Kosmetik Legal Berijin Resmi BPOM dengan Mudah

Kosmetik Legal Berijin Resmi BPOM

Sumber : Google.com

SehatNatural.com – Seperti yang diketahui, sekarang ini banyak sekali produk kosmetik ilegal yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, sebagai konsumen cerdas sudah sepatutnya Anda mengerti Cara mengetahui kosmetik legal berijin resmi BPOM. Hal ini dikarenakan BPOM merupakan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang memberikan legalitas pada setiap produk kecantikan, produk makanan dan juga obat yang beredar di pasaran. Adanya BPOM ini tentu bertujuan untuk melindungi konsumen dari produk-produk berbahaya yang dibuat oleh para oknum pedagang nakal. Bahaya terkait dengan pemakaian kosmetik ilegal ini tentunya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Pasalnya banyak produk kecantikan yang dibuat menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti merkuri, formalin, pemutih dan lain sebagainya. Beredarnya kosmetik ilegal atau palsu di pasaran tentu menjadi ancaman tersendiri bagi masyarakat. Bagaimana tidak? Banyak produk kosmetik yang dalam kemasannya tercantum nomor registrasi BPOM palsu untuk mengelabui konsumen.

Adanya kasus pemalsuan tersebut tentu menandakan bahwa ada kurangnya pengawasan oleh pihak BPOM. Ironis bukan? Apalagi seperti yang diketahui konsumsi masyarakat terhadap berbagai produk makanan, alat kesehatan, obat dan juga kosmetik terbilang meningkat. Ketidaktahuan konsumen terkait dengan keamanan produk yang dibelinya, tentu akan membahayakan dirinya terutama dalam hal kesehatan. Kebanyakan konsumen Indonesia lebih tergiur dengan iklan dan harganya yang murah. Padahal, bisa jadi produk kecantikan yang dijual tersebut adalah barang palsu yang membahayakan. Bahkan saat ini banyak kasus wajah yang rusak dan melepuh akibat penggunaan kosmetik ilegal berbahaya yang dijual secara bebas di pasaran.

Ini Dia Cara Mengetahui Kosmetik legal berijin resmi BPOM

Untuk menghindari masyarakat dari bahaya kosmetik ilegal, pemerintah membentuk BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan berdasarkan Keppres Nomor 166 Tahun 2000 dan Nomor 103 Tahun 2001. Badan ni dibuat untuk mengawasi, mencegah, mendeteksi produk-produk makanan, kecantikan, dan obat-obatan untuk melindungi keselamatan dan juga kesehatan konsumen. Tak hanya itu, BPOM juga bertugas untuk memberi izin kepada para produsen terkait dengan peredaran obat, kosmetik dan juga makanan yang hendak diedarkan. Untuk maraknya produk kosmetik ilegal di pasaran, BPOM menyediakan cara terbaik dan mudah kepada masyarakat agar bisa mengetahui mana kosmetik ilegal dengan yang legal berdasarkan ijin resmi BPOM.

Sebagai konsumen cerdas, Anda tidak boleh mudah tergiur dengan janji manis yang ditawarkan oleh para seles produk kosmetik. Pasalnya banyak cara yang dilakukan oleh seles kosmetik untuk meyakinkan calon konsumennya, mulai dari mengatakan bahwa produknya banyak dibeli masyarakat, terbuat dari bahan alami, berasal dari luar negeri, dapat memutihkan dan menghaluskan dalam waktu cepat, dan lain sebagainya. Karena janji-janji manis inilah banyak konsumen yang termakan oleh rayuan seles kosmetik ilegal yang membahayakan. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda memahami Cara mengetahui kosmetik legal berijin resmi BPOM.

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat segala hal menjadi mudah, termasuk dengan bagaimana caranya mengetahui legalitas sebuah produk kecantikan. Apalagi, semua semakin mudah dan cepat dengan adanya smartphone, gadget dan juga jaringan internet. Cukup dengan duduk manis di sofa dan gadget, Anda sudah bisa mengetahui produk kosmetik mana yang resmi atau legal. Hal ini sangat penting agar Anda tidak tertipu oleh buaian pedagang nakal dan juga seles yang menjual produk palsu dan ilegal. Penasaran? Berikut ini adalah Cara mengetahui kosmetik legal berijin resmi BPOM yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan terkait dengan Cara mengetahui kosmetik legal berijin resmi BPOM adalah membuka website resmi dari BPOM. Di dalam website tersebut, tercantum semua produk kosmetik, makanan dan juga obat-obatan yang terdaftar secara resmi dan telah memiliki izin edar dari BPOM. Website tersebut pada dasarnya adalah database yang dimiliki BPOM untuk mempermudah masyarakat mengetahui produk mana yang legal. Situs BPOM resmi adalah pom.go.id/webreg.
  1. Jika sudah masuk, Anda klik tombol yang ada di bagian tengah dengan tulisan “Produk Teregistrasi”. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk memilih metode pengecekkan sesuai dengan produk yang ingin diketahui legalitasnya. Dalam hal ini, Anda dibebaskan untk memilih metode pengecekan berdasarkan apa. Pasalnya ada banyak pilihan metode yang bisa Anda pilih. Misalnya produk yang Anda beli tercantum nomor registrasi dari BPOM, maka Anda bisa memilih opsi “nomor registrasi” dalam menu situs tersebut. Selanjutnya, Anda masukkan nomor registrasi BPOM yang tercantum dalam kemasan produk tersebut. Perlu diingat bahwa Cara mengetahui kosmetik legal berijin resmi BPOM menggunakan nomor registrasi, Anda tidak boleh mengetikkan koma, titik, titik dua dan tanda baca lainnya. Karena jika Anda menambahkan tanda baca tersebut, maka nomor registrasi tidak akan terdeteksi sehingga akan muncul tulisan “Not Found”. Nomor registrasi yang sudah terdatar pada BPOM tentunya akan muncul.
  1. Selain menggunakan metode registrasi untuk melihat legalitas produk, Cara mengetahui kosmetik legal berijin resmi BPOM lainnya adalah menggunakan metode berdasarkan merk produk. Caranya adalah dengan mengklik opsi Merk, kemudian masukkan merk produk kosmetik yang ingin dibeli. Lalu pilih tombol cari. Dengan begitu, akan muncul tabel yang di dalamnya berisi Nomor registrasi, pendaftar dan juga produk kosmetik.

Bagaimana? Cara di atas sangat mudah bukan? Selain mengetahui Cara mengetahui kosmetik legal berijin resmi BPOM, ada baiknya jika Anda juga memahami arti dari nomor registrasi yang diterbitkan oleh pihak BPOM. Pasalnya nomor registrasi yang diterbitkan secara resmi oleh Badan POM mengandung pengertian khusus. Misalnya saja CD yang artinya adalah bahwa kosmetik tersebut merupakan produksi dalam negeri. Kemudian adapula CA yang artinya adalah kosmetik tersebut dibuat dengan tanda notifikasi atau peringatan. Selanjutnya ada CL yang artinya produk kosmetik tersebut adalah impor.

Di samping kode tersebut, Anda tentu tahu bahwa nomor registrasi produk yang diterbitkan oleh BPOM juga mengandung angka-angka. Nomor kode dalam produk kosmetik tersebut juga mengandung pengertian khusus. Misalnya kode produksi CD1605045. Dari contoh nomor produksi tersebut dapat diketahui bahwa kosmetik tersebut adalah produksi dalam negeri. Dimana tahun pembuatannya adalah 2016 (16), bulan pembuatannya adalah bulan Mei (05), dan produksi ke empat pada bulan Mei tersebut (04). Sementara angka 5 menunjukkan banyaknya jumlah produksi berdasarkan bets ybs dalam satuan ribuan.

Bagi Anda para wanita, menggunakan kosmetik tentu menjadi keperluan yang tidak bisa dilepaskan. Terutama untuk para wanita yang memang kesehariannya menggunakan make up. Maka berdandan adalah suatu hal yang penting. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan dan keamanan wajah, sangat penting untuk Anda memahami Cara mengetahui kosmetik legal berijin resmi BPOM seperti yang diulas di atas. Dengan begitu, Anda akan memiliki wajah yang cantik, sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit yang berbahaya.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • situs resmi bpom
  • bpom kosmetik
  • bagaimana cara mengetahui kosmwtik itu lwgal atau ilegal
  • produk kecantikan yang terdaftar resmi di BPOM
  • produk kecantikan berijin resmi bpom
  • legal dan sehat adalah
  • kosmetik yg berizin bpom
  • kosmetik berizin BPOM
  • ciri ciri kosmetik luar negeri yg sudah mempunyai ijin edar
  • cara untuk mengenali produk ber izin BPOM
  • cara mengetahui kosmetik berizin BPOM
  • cara mengetahuai produk kecantikan ya sudah dapat ijin dari bpom
  • cara melihat yang sudah membri izin Bpom di kosmetik
  • bagaimana melihat cosmetik yang
  • website resmi bpom

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Cara Mengetahui Kosmetik Legal Berijin Resmi BPOM dengan Mudah | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: