10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

cara menghilangkan bau badan secara alami

Cara Menghilangkan Bau Badan – Salah satu permasalahan yang dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang adalah bau badan. Hal ini karena orang-orang yang ada disekitarnya akan merasa terganggu dengan adanya bau badan yang timbul. Bau badan yang dalam bahasa medis disebut Bromhidrosis, merupakan bau bakteri yang ada pada tubuh. Penyebab bertambahnya jumlah bakteri disebabkan karena keluarnya keringat dari tubuh kita dan bakteri menempel pada bagian tubuh atau badan kita yang berkeringat. Namun sebenarnya keringat itu sendiri tidak berbau. Biasanya bau badan terletak pada anggota tubuh lainnya diantaranya kaki, kulit, ketiak, rambut, mulut, dan lainnya.

Problem seperti bau badan sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya ataupun serius, namun sangat mengganggu kepercayaan diri seseorang maupun mengganggu orang yang berada disekitarnya karena timbulnya bau atau aroma yang tidak sedap.

Lalu, apa saja penyebab yang bisa menimbulkan bau badan? dan bagaimana cara menghilangkan bau badan secara alami? untuk mengetahuinya, silahkan simak bahasannya dibawah ini

Penyebab Bau Badan

Pada dasarnya bau badan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:

1. Asam isovalerik

Asam Isovalerik yang diproduksi kuman atau bakteri yang dapat berkembang biak pada daerah kulit lembab

2. Asam propionat

Asam propionat atau asam propanoat mengandung bau asam seperti pada cuka. Jenis asam ini adalah asam hasil uraian keringat oleh propionibacteria, yaitu salah satu macam bakteri yang dapat hidup pada saluran kelenjar sebasea manusia pada saat usia remaja dan usia dewasa.

3. Stres berlebih yang mengakibatkan hormon tubuh memproduksi keringat meningkat

Kelenjar apokrin merupakan kelenjar penghasil keringat yang sering meningkatkan produksi keringat saat seseorang mengalami stres.

4. Perubahan Hormon

Perubahan hormon ini dapat terjadi pada seseorang saat menginjak usia dari usia kanak-kanak menuju usia remaja. Beberapa perubahan hormon tersebut pada gejolak hormon, yaitu hormon androgen.

5. Bau badan akibat minum alkohol.

Minuman alkohol adalah minuman yang diproses dalam tubuh bersama dengan hati, tetapi 10 persen kandungan alkohol bakal dikeluarkan melalui kelenjar keringat pada tubuh. Maka dari itu bagi orang yang sering minum alkohol akan cepat mengeluarkan keringat serta dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

6. Bawang Putih.

Bawang putih dapat menyebabkan dampak dampak yang kurang bagus untuk bau badan kita. Bawang putih juga dapat mengakibatkan bau badan dan bau mulut yang tidak sedap. Fakta ini sudah terbukti oleh penelitian ilmiah. Maka dari itu, sebaiknya kita mengurangi mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung bawang putih jika tidak ingin memiliki bau badan ataupun bau ketiak.

7. Daging

Bahan makanan selanjutnya yang dapat menyebabkan bau badan adalah daging. Biasanya mereka yang terlalu sering atau terlalu banyak makan makanan yang berbahan daging memiliki bau badan yang tidak sedap jika dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi sayur-sayuran. Ini diakibatkan karena daging memiliki sifat yang tak mudah dicerna oleh tubuh.

8. Bahan makanan yang memiliki kandungan senyawa Metil

Sebaiknya hindari jenis makanan yang mengandung kandungan senyawa Metil untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap pada badan. Jenis makanan yang mengandung senyawa metil diantaranya buah bir, sayur bayam serta beberapa macam makanan dari olahan kedelai.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa bahan alami dan beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan bau badan:

1. Menggunakan daun sirih

Daun sirih merupakan bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Bahan ini sudah digunakan sejak lama dipercaya dan digunakan karena kegunaannya sebagai penghilang bau, baik itu sebagai penghilang bau organ intim wanita maupun digunakan sebagai penghilang bau badan seseorang. Cara penggunaannya pun tidak sulit, yaitu merebus daun sirih tersebut. Ambil 3 sampai 5 lembar daun sirih, kemudian rebus dengan 2 gelas air. Rebus daun sirih tersebut sampai mendidih dan biarkan air rebusan menguap sampai air rebusan tersebut hanya tinggal 1 gelas. Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsi air rebusan tersebut secara rutin setiap hari.

2. Kapur sirih dan jeruk nipis

Kapur sirih dan jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan pada ketiak. Campuran dari kedua bahan tersebut cukup efektif untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Cara penggunaaanya tidak sulit. Ambil perasan jeruk nipis, kemudian tambahkan kapur sirih. Lalu gosokkan campuran kedua bahan tersebut pada daerah ketiak anda. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

3. Konsumsi Daun Kemangi

Mengkonsumsi daun kemangi dapat bermanfaat untuk mengatasi problem bau badan yang tidak sedap dari dalam tubuh. Cara penggunaannya yaitu dengan sering mengkonsumsi daun kemangi. Konsumsi secara rutin dapat menghilangkan bau badan

4. Cengkih

Cengkih merupakan salah satu rempah yang memiliki manfaat juga untuk menghilangkan bau badan. Cara penggunaannya, yaitu dengan merendam cengkih dengan air sampai mengembang, kemudian tambahkan gula dan tunggu beberapa saat untuk dapat dikonsumsi.

5. Konsumsi /minum minuman Jahe secara rutin

Salah satu jenis rempah yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi bau badan adalah jahe. Cara penggunaannya pun tidak sulit, yaitu dengan meminum minuman jahe secara rutin. Cara lain adalah dengan menggosokkan ketiak dengan jahe yang sudah dipotong.

6. Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

Beberapa jenis makanan juga dapat menjadi penyebab timbulnya bau badan pada tubuh kita. Biasanya jenis makanan yang menyebabkan bau badan pada tubuh yaitu rempah, daging-dagingan, kafein, alkohol, bawang putih, jengkol, tembakau, dan lainnya. Untuk menghindari timbulnya bau badan sebaiknya jangan mengkonsumsi jenis makanan tersebut secara berlebihan.

7. Ganti Pakaian Secara Rutin

Untuk menghindari bertumpuknya bakteri ataupun kuman pada pakaian adalah dengan cara mengganti pakaian secara rutin. Pemakaian pakaian secara lama dapat menyebabkan bercampurnya keringat yang dapat menimbulkan bau pada pakaian sehingga badan juga ikut berbau. Ganti pakaian secara rutin dan mencuci dengan bersih pakaian dapat mencegah timbulnya bau badan.

8. Mandi lebih sering

Untuk menghilangkan bakteri ataupun keringat yang menempel pada badan kita salah satunya dengan mandi lebih sering. Mandi dengan sabun anti bakteri secara rutin merupakan cara efektif untuk mencegah bau badan pada tubuh kita. Selain untuk mengatasi bakteri pada tubuh, tubuh juga akan menjadi wangi dan segar.

9. Gunakan Deodorant

Salah satu cara menghilangkan bau badan yang bisa dibilang secara instan adalah dengan menggunakan deodorant. Cara menghilangkan bau badan pada tubuh yang satu ini merupakan cara paling banyak digunakan kebanyakan orang karena dapat dengan cepat dan instan. Ada beberapa macam deodorant yang bisa anda pilih sesuai dengan kecocokan pada kulit anda.

10. Biasakan Pola Hidup Sehat

Membiasakan diri untuk berpola hidup sehat secara tidak langsung akan berdampak baik bagi kesehatan kita. Tentu ini dapat mencegah timbulnya bau badan pada tubuh.

Artikel cara alami menghilangkan bau badan diatas dapat anda terapkan untuk mencegah timbulnya bau badan pada tubuh. Sebaiknya tips atau cara di atas anda lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Semoga bermanfaat.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara mengatasi bau badan
  • cara mengatasi bau ketiak
  • cara menghilangkan bau badan
  • cara menghilangkan bauk ketiak
  • muslimah tapi bau badan? inilah 6 cara atasinya
  • OK Google Januar bau
  • oke google cara untuk mewangikan badan
  • Penyebab bau badan
10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami | Admin | 4.5
error: