Cara Menghilangkan Biang Keringat Alami Paling Manjur

Cara Menghilangkan Biang Keringat Alami Paling Manjur – Sering mengeluarkan keringat berlebih yang tak tereksresikan akan dapat menyebabkan biang keringat. Biang keringat ini dapat ditandai dengan timbulnya bintik-bintik kemerahan yang tentunya dapat membuat kita merasa kurang percaya diri. Faktor penyebab terjadinya biang keringat ini dapat disebabkan oleh terjadinya penyumbatan pada permukaan kulit oleh bakteri bernama Staphylococcus epidermidis.

Cara Menghilangkan Biang Keringat Alami

Cara Menghilangkan Biang Keringat Alami

Bakteri Staphylococcus epidermidis iniakan hidup dan berkembang biak pada permukaan kulit dan mengeluarkan zat lengket dan akan menyatu dengan keringat serta sel kulit mati. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan, biang keringat ini dapat menyebabkan kulit gatal-gatal dan iritasi yang disertai dengan rasa perih yang cukup mengganggu.

Selain dapat disebabkan oleh bakteri, biang keringat juga ternyata bisa disebabkan oleh pengaruh iklim tropis dan juga suhu panas, aktivitas fisik atau olahraga berat dan juga bed rest terlalu lama. Beberapa hal tersebut menjadi penyebab utama tubuh mengeluarkan keringat dalam jumlah yang berlebihan, sehingga membuat pori-pori pada permukaan kulit tersumbat. Beberapa bagian tubuh yang sering mengeluarkan keringat berlebih yaitu seperti daerah wajah, leher, punggung, lipatan tubuh, dada, tangan dan juga paha.

Jika biang keringat tidak segera diatas dengan baik, maka bisa menyebabkan tubuh mengalami demam diserta dengan tubuh menggigil, rasa sakit berlebih pada permukaan kulit yang terinfeksi, muncul ruam dan benjolan yang diserta dengan keluarnya nanah disekitar ketiak dan selangkangan. Untuk mengatasi atau menghilangkan biang keringat, maka anda bisa melakukan beberapa cara yaitu dengan mengunjungi dokter atau juga bisa diatasi dengan menggunakan cara alami atau tradisional.

Cara Menghilangkan Biang Keringat Secara Alami

Jika anda tertarik untuk mencoba cara mengatasi biang keringan secara alami, anda bisa coba gunakan beberapa bahan alami berikut ini.

  1. Gunakan Es Batu

Permukaan kulit yang terkena infeksi biang keringat dapat menimbulkan gejala seperti gatal-gatal yang cukup menyiksa. Untuk mengobati dan meringankan rasa gatal tersebut, maka anda bisa mencoba mengobatinya dengan menggunakan es batu yang bisa anda buat sendiri di rumah. Gunakan es batu dengan cara menggosok-gosokannya pada permukaan kulit yang terkena infeksi, efek dingin dari es batu tersebut mampu meringankan gejala gatal-gatal akibat dari biang keringat dan jika dilakukan secara rutin dan sering bintik-bintik merah dan rasa gatal akan hilang.

  1. Gunakan Madu

Madu memang memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan maupun untuk perwatan kecantikan, salah satunya yaitu dapat menghilangkan gatal-gatal dan ruam pada kulit akibat infeksi yang disebabkan oleh biang keringat. Cara pengobatannya dapat dilakukan dengan cara mengoleskan madu secara merata pada permukaan kulit yang terkena infeksi, diamkan selama beberapa menit atau sampai madu mengering dan basuh dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengobatan ini, anda bisa mencampur madu dengan bahan alami lain yaitu minyak goreng jojoba.

  1. Gunakan Lidah Buaya

Tidak kalah dengan madu, tanaman lidah buaya pun memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Tanaman lidah buaya juga sangat ampuh untuk mengatasi penyakit biang keringat, cara penggunaan dari lidah buaya ini yaitu dengan cara mengoleskan gel lidah buaya nya secara merata pada bagian permukaan kulit yang terinfeksi, biarkan selama 15-20 menit sampai gel lidah buaya tersebut kering. Setelah itu, basuh dengan air hangat. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur setiap hari minimal 2 – 3 kali sehari sampai biang keringat sembuh.

  1. Gunakan Soda Kue

Baking soda atau soda kue yang biasa kita gunakan sebagai bahan dalam membuat kue ini ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk menghilangkan biang keringat, meringankan rasa gatal dan membasmi virus dan bakteri penyebab biang keringat. Bahan alami yang satu ini bisa anda gunakan ketika mandi, yaitu dengan melarutkan 1-2 sendok teh soda kue kedalam air hangat yang akan anda gunakan untuk mandi. Selain ampuh untuk menghilangkan bintik merah dan ruam pada kulit, soda kue juga dapat menghilangkan rasa gatal yang menyiksa. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sekali.

  1. Gunakan Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan sehat yang terbuat dari bahan gandum, bahan alami ini dipercaya sangat efektif untuk menghilangkan biang keringan dengan cepat dan aman tanpa efek samping. Cara penggunaannya yaitu dapat dilakukan dengan mencampurkan oatmeal sebanyak 3 sendok makan ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi, lalu tambahkan juga 1 sendok makan gula pasir dan adk sampai bahan alami tersebut larut dalam air. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk mandi dan lakukan cara ini secara rutin dan teratur minimal 1 kali sehari sampai sembuh.

  1. Gunakan Goosberry

Cara alami menghilangkan biang keringat lainnya yaitu anda bisa menggunakan Goosberry, obat herbal yang satu ini tidak hanya dapat digunakan pada orang dewasa tetapi juga aman untuk anak-anak yang terkena penyakit biang keringat. Untuk cara pengolahan dan penggunaannya pun sangat mudah, yaitu anda dapat memasukan tanah liat dan air secukupnya ke dalam wadah. Setelah itu, campurkan dengan Goosberry yang berfungsi untuk menutupi tanah liat tersebut. Diamkan bahan obat alami ini selama satu malam dan pada keesokan harinya dapat anda gunakan sebagai mash up dengan cara menyaring airnya terlebih dulu.

  1. Gunakan Minyak Jarak

Minyak jarak yang juga merupakan minyak esensial yang satu ini sudah sangat dipercaya dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kulit, salah satunya yaitu dapat menghilangkan biang keringat dengan cepat dan aman. Selain itu, bahan alami ini juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab tersumbatnya pori-pori kulit. Cara penggunaannya cukup mudah, oleskan secara merata minyak jarak pada permukaan kulit sambil dilakukan pemijatan secara lembut dan perlahan dengan gerakan melingkar. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap hari sampai sembuh.

  1. Gunakan Kulit Pohon Beringin

Bahan alami terakhir yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan biang keringat yaitu dengan kulit pohon beringan. Cara nya sangat mudah, anda cukup mengikir kulit dari pohon beringin dan jemur sampai benar-benar kering. Setelah itu tumbuk sampai halus dan berbentuk serbuk, bubuk kulit pohon beringin tersebut diseduh dengan air hangat dan anda bisa menambahkan sedikit madu. Aduk sampai membentuk pasta, lalu oleskan secara merata pada permukaan kulit yang terinfeksi. Diamkan selama 10-20 menit sampai kering, kemudian basuh hingga bersih dengan air hangat.

Bagaimana, cukup mudah dan sederhana bukan?

Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan biang keringat dengan cepat tanpa obat-obatan. Semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas mengenai Cara Menghilangkan Biang Keringat dapat memberikan manfaat bagi para pembaca semua.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

kata untuk mencari artikel ini:
  • Manfaat soda kue untuk kecantikan dan biang keringat

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Cara Menghilangkan Biang Keringat Alami Paling Manjur | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: