Inilah 5 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

cara menghilangkan ketombe secara alami

img: flickr.com

Inilah 5 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Apakah anda sedang mengalami masalah munculnya ketombe pada rambut anda? Jika iya, itu menandakan bahwa anda harus segera mengatasinya untuk mencegah masalah lain pada rambut anda. Selain mengganggu penampilan karena rambut menjadi terlihat kurang bersih, kusam, serta lepek, munculnya ketombe pada rambut bisa membuat rambut dan kulit kepala menjadi gatal dan itu membuat tidak nyaman.

Ketombe itu sendiri merupakan kondisi dimana folikel yang ada pada rambut berkurang sehingga menyebabkan sel kulit mati yang ada pada kulit kepala terkelupas. Ketombe ini biasanya berbentuk serpihan putih yang berasal dari rambut. Masalah ketombe ini bisa menyerang siapa saja, baik bagi laki-laki maupun perempuan, pada usia remaja ataupun orang dewasa.

Penyebab Ketombe

Kulit kepala pada dasarnya mempunyai sebuah lapisan pelindung yang berguna untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari berbagai macam gangguan pada rambut dan kulit kepala. Tetapi, lapisan pelindung pada kulit kepala ini bisa rusak oleh gaya hidup yang seseorang yang buruk. Hal ini bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada kulit rambut.

Selain itu, apabila terlalu banyak jamur yang berkembang biak pada folikel rambut serta kelenjar minyak, ini bisa menjadi penyebab munculnya ketombe pada rambut. Ketombe pada rambut lebih cenderung bisa memburuk pada saat kondisi udara kering. selain itu kelelahan atau saat mengalami stress juga bisa menjadi pemicu munculnya ketombe pada rambut dan kulit kepala.

Munculnya ketombe pada rambut dan kulit kepala bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  1. Rambut terlalu banyak terkena debu atau polusi
  2. Tidak cocok dengan jenis shampo rambut tertentu
  3. Rambut berminyak
  4. Tidak cocok dengan produk perawatan rambut tertentu
  5. Terlalu sering terkena udara kering

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Untuk menghilangkan ketombe pada rambut, anda bisa menggunakan beberapa bahan yang bisa anda gunakan. Berikut ini adalah Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan menggunakan beberapa bahan yang bisa anda pakai:

1. Baking Soda

Untuk membantu menghilangkan ketombe pada rambut anda menggunakan baking soda. Baking soda atau soda kue yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat kue ini berguna dalam mempengaruhi produksi kelenjar minyak pada kulit kepala. Baking soda bermanfaat untuk menekan bakteri dan jamur yang ada pada kulit kepala

Cara menggunakannya, anda bisa mencampurkan satu sendok baking soda dengan segelas air putih. Campurkan hingga merata. Lalu gunakan dengan mengoleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat secara perlahan. setelah selesai bilas rambut anda dengan air bersih.

2. Lidah Buaya atau Aloe vera

Untuk cara mengatasi ketombe secara alami, anda juga bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk membantu merawat rambut. Lidah buaya sudah banyak digunakan sebagai bahan shampo alami atau produk perawatan rambut lainnya.

Cara menggunakannya, anda bisa menyediakan lidah buaya secukupnya lalu potong lidah buaya tersebut. Gunakan cairan atau lendir lidah buaya dengan mengoleskan pada rambut secara merata. Setelah kurang lebih 10-30 menit lalu bilas rambut anda dengan air bersih.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan ketombe secara alami pada rambut anda. Jeruk nipis berguna untuk melunturkan minyak atau sebum pada kulit kepala sehingga mampu mengurangi tumbuhnya jamur penyebab ketombe pada rambut. Jeruk nipis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi sehingga berfungsi untuk mengatasi ketombe. Selain itu, penggunaan jeruk nipis mampu memberikan efek segar serta nyaman pada kulit kepala sehingga bisa mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

Baca Juga:

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis, anda bisa menggunakan langsung air perasan jeruk nipis dengan menggosokkan pada rambut dan kulit kepala anda. Atau juga bisa dengan menambahkan air perasan jeruk nipis pada shampo yang akan anda gunakan untuk keramas. Gunakan campuran shampo dan air jeruk nipis dengan mengusapkan secara merata pada rambut dan kulit kepala anda. Setelah itu bilas rambut anda untuk membersihkannya.

4. Garam

Untuk membasmi ketombe pada rambut, anda juga bisa memanfaatkan garam. Garam yang biasanya dijadikan untuk penyedap makanan ini, dapat dimanfaatkan untuk mengurangi sel kulit mati pada kulit yang bisa menjadi penyebab munculnya ketombe pada rambut.

Cara menghilangkan ketombe dengan garam, anda bisa mencampurkan garam dengan shampo yang akan anda gunakan untuk keramas. Tambahkan garam secukupnya yang dicampur dengan shampo lalu gunakan untuk keramas dengan mengusapkan pada rambut secara merata. Setelah itu, bilas rambut anda dengan air bersih.

5. Cuka

Cuka juga berguna untuk membantu mencegah serta mengatasi timbulnya ketombe pada rambut. Cuka berguna untuk membersihkan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Selain itu, cuka juga dapat berfungsi sebagai fungisida yaitu zat untuk membantu melawan jamur yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Baca Juga:

Shampo Untuk Menghilangkan Ketombe

Untuk membantu mengatasi ketombe pada rambut, anda juga bisa menggunakan shampo penghilang ketombe yang bisa anda beli di toko shampo terpercaya anda. Namun tidak semua jenis shampo bisa digunakan untuk membasmi ketombe pada rambut. Shampo penghilang ketombe yang baik adalah shampoo yang memiliki beberapa kandungan berikut ini:

  • Zinc pyrithione, berguna untuk melawan jamur yang bisa menjadi penyebab ketombe pada rambut
  • Asam Salisilat, berguna untuk mengurangi kulit yang terkelupas, namun efeknya bisa membuat kulit kepala menjadi kering
  • Ketokonazol, berguna untuk membasmi ketombe yang diakibatkan jamur
    Tar, berguna untuk menghambat menumpuknya sel kulit mati. Namun memiliki efek membuat warna rambut bisa berubah
  • Selenium sulfida, berguna untuk melawan jamur penyebab ketombe dan menghambat menumpuknya sel kulit mati

Tips Menghilangkan dan Mencegah Ketombe

1. Keramas dengan teratur

Tips mengatasi ketombe pada rambut pertama adalah dengan keramas secara teratur menggunakan shampo anti ketombe. Dengan keramas secara rutin ini berguna untuk membersihkan menumpuknya sel kulit mati pada kulit kepala untuk mencegah ketombe datang kembali

2. Mencegah ketombe dengan sinar matahari

Anda bisa meluangkan waktu sebentar agar rambut terkena sinar matahari. Hal ini berguna untuk mencegah dan membantu melawan jamur yang menjadi penyebab dermatitis seboroik yang bisa menyebabkan ketombe pada rambut. Namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan terpapar sinar matahari.

3. Hindari Penggunaan shampo sembarangan

Untuk mencegah munculnya ketombe pada rambut, usahakan untuk selektif dalam memilih shampo untuk membersihkan rambut anda. Sebisa mungkin untuk menggunakan shampo alami untuk membantu menghilangkan ketombe.

Demikianlah yang yang bisa disampaikan tentang Inilah 5 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami. Semoga informasi yang sudah disampaikan dapat menjadi referensi dan panduan agar kecantikan kamu lebih tampak indah tanpa rambut berketombe. 🙂 

kata untuk mencari artikel ini:
  • OK Google cara menghilangkan ketombe
  • cara mengatasi ketombe dengan daun sirih
  • OK Google tunjukkan cara menghilangkan ketombe
  • OK Google menghilangkan ketombe
  • OK Google mengatasi mengatasi
  • OK Google kepada kepala
  • OK Google cara mengatasi ketombe
  • OK Google bagaimana mengatasi cara
  • OK Google bagaimana cara untuk menghilangkan ketombe
  • Google Baru Bandung mencari ketombe
  • daun sirih untuk jamur di kepala
  • cara menghilangkan ketombe dengan sebab tertentu
  • cara menghilangkan ketombe dengan daun sirih
  • OK Google untuk mencari untuk menghilangkan ketombe dari rambut
error: