5 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Secara Alami

cara menghilangkan komedo secara alami

Cara menghilangkan komedo di wajah – Komedo adalah salah satu masalah kulit wajah yang munculnya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit wajah yang mengakibatkan timbulnya tonjolan kecil pada beberapa area sekitar wajah, sekitar hidung serta area sekitar mata. Tonjolan kecil ini biasanya ada yang berwarna putih dan ada juga yang timbul dalam bentuk tonjolan hitam. Tonjolan yang muncul berwarna putih biasanya disebut dengan komedo putih atau Whitehead. Sedangkan tonjolan kecil yang berwarna hitam disebut komedo hitam atau Blackhead.

Komedo putih atau Whitehead adalah jenis komedo yang muncul pada area wajah yang biasanya disebabkan oleh bakteri dan minyak yang mengendap di bawah permukaan kulit kemudian mengeras. Komedo putih biasanya berbentuk seperti bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau juga kuning.

Sedangkan komedo hitam atau Blackhead adalah jenis komedo yang muncul pada area wajah yang disebabkan karena oksidasi oleh udara pada pori-pori kulit wajah yang terbuka serta membesar ke permukaan kulit wajah yang mengakibatkan menjadi hitam.

Lalu apa saja penyebab komedo dan bagaimana cara menghilangkan komedo di wajah secara alami? Baca terus ulasannya dibawah ini

Penyebab Komedo Muncul di Wajah

Sebelum anda membaca lebih jauh bagaimana cara mengatasi komedo di wajah, sebaiknya anda juga mengetahui apa saja penyebab komedo muncul pada wajah.

Dibawah ini adalah beberapa penyebab munculnya komedo di wajah:

1.Produksi Minyak Berlebih pada wajah

Produksi minyak berlebih merupakan salah satu penyebab utama munculnya komedo pada wajah. Hal ini disebabkan karena pada usia remaja terjadi peningkatan hormon, terutama hormon testosterone pada remaja laki-laki. Meningkatnya produksi hormon tersebut menyebabkan rangsangan terhadap kelenjar minyak jadi lebih aktif sehingga menghasilkan minyak yang berlebih. Hal tersebut mengakibatkan penyumbatan pada akar rambut serta pori-pori kulit wajah. Sehingga saat terkena infeksi, menyebabkan munculnya komedo yang disebabkan oleh bakteri.

2.Kurang Menjaga Kebersihan Wajah

Kurangnya menjaga kebersihan wajah juga bisa menjadi penyebab munculnya komedo di wajah. Hal ini karena kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori wajah bisa menyebabkan timbulnya bakteri yang bisa mengakibatkan munculnya komedo di wajah.

3.Penggunaan Make up berlebihan pada wajah

Terlalu sering menggunakan make up secara berlebihan juga bisa menyebabkan munculnya komedo pada wajah. Penggunaan make up wajah yang berlebihan akan mengakibatkan tersumbatnya pori-pori pada wajah. Sehingga apabila tidak sering dibersihkan akan menumpuk dan menyumbat pori wajah dan menyebabkan komedo muncul.

4.Hormon yang tidak stabil

Perubahan hormon yang tidak stabil akan menyebabkan produksi minyak akan meningkat. Terutama jika hormon testosteron meningkat, akan cenderung lebih rentan muncul komedo di wajah. Biasanya hormon tidak stabil terjadi pada saat usia remaja atau pubertas. Sehingga tidak heran jika pada saat usia remaja cenderung sering muncul komedo pada wajah.

5.Makanan

Makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh terhadap reaksi yang terjadi pada wajah. Salah satunya adalah menyebabkan munculnya komedo di wajah. Makanan yang cenderung berminyak dan mengandung banyak lemak biasanya juga bisa menyebabkan reaksi pada wajah yaitu salah satunya komedo dan jerawat.

6.Infeksi Bakteri Penyebab komedo

Penyebab munculnya komedo pada muka juga bisa disebabkan oleh meningkatnya bakteri yang bernama Propionibacterium acnes di permukaan kulit wajah kita. Infeksi oleh bakteri propionibacterium acnes ini dapat meningkatkan resiko timbulnya komedo pada wajah.

7.Terjadi iritasi Folikel rambut

Penyebab timbulnya komedo juga bisa diakibatkan oleh terjadinya iritasi pada folikel rambut yang mengakibatkan tidak teraturnya sel-sel kulit mati.

8. Efek Mengonsumsi Obat-obatan tertentu

Efek dari mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa meningkatkan resiko seseorang bisa muncul komedo pada wajahnya diantaranya lithium, streoid, pil KB dan lainnya.

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Secara Alami

Setelah anda mengenali apa saja penyebab munculnya komedo di atas, lalu bagaimana cara mengatasi komedo di wajah secara alami? Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan komedo pada wajah secara alami

1.Hilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

Bahan pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi komedo di wajah adalah mengunakan gel lidah buaya. Pada lidah buaya memiliki beberapa kandungan Hormon yang bermanfaat yaitu Hormon Giberelin serta Hormon Auksin, yakni hormon untuk penyembuhan serta untuk anti inflamasi yang berguna mencegah resiko peradangan kulit wajah. Manfaat lain dari lidah buaya yaitu melembabkan wajah secara alami.

Cara penggunaannya:
1.Sediakan lidah buaya secukupnya
2.Potong menjadi beberapa bagian
3.Gunakan cairan lidah buaya atau lendir lidah buaya dengan mengoleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo.
4.Setelah kurang lebih 15 menitan lalu basuh muka dengan air bersih

2. Hilangkan Komedo dengan Putih Telur

Anda bisa memanfaat putih telur untuk mengatasi komedo pada wajah. Beberapa manfaat dari telur dalam perawatan wajah adalah berguna mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, membuat kulit bersih, membuat pori-pori wajah lebih kencang, serta mengurangi minyak yang berlebih pada wajah.

Cara penggunaan:
1. Sediakan 1-2 butir telur
2. Ambil bagian putih telur
3. Tambahkan madu secukupnya
4. Lalu oleskan secara merata pada wajah yang terkena komedo
5. Biarkan sekitar 15-30 menit
6. terakhir cuci muka dengan air bersih untuk membersihkan sisa masker telur tadi

3. Hilangkan Komedo dengan Uap Air panas

Anda juga bisa membersihkan komedo di muka dengan memanfaatkan cara sederhana yaitu memanfaatkan uap air panas. Selain itu, manfaat uap air panas juga berguna untuk melancarkan peredaran darah.

Caranya cukup mudah, sediakan air panas pada wadah. Anda bisa menambahkan garam pada air panas tadi dan aduk hingga tercampur. Kemudian manfaatkan uap dari air panas tadi untuk menguapi wajah anda. Lalu sambil pijat secara perlahan pada bagian wajah yang berkomedo. Setelah 15-30 menit lalu bersihkan wajah anda dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori wajah anda.

4. Hilangkan Komedo dengan Lemon

Buah lemon bisa anda manfaatkan untuk mengatasi komedo yang muncul di wajah secara alami. Pada buah lemon memiliki beberapa kandungan diantaranya yaitu asam Alpha-hidroxy dan asam sitrat. Asam Alpha-hidroxy yang berkhasiat sebagai pencegah komedo dan jerawat. Sedangkan asam sitrat berguna untuk membuat pori-pori wajah lebih kencang.

Cara penggunaan:
1. Sediakan buah lemon secukupnya
2. potong buah lemon menjadi beberapa bagian
3. lalu gosokkan potongan lemon pada wajah yang berkomedo
4. anda juga bisa menambahkan madu secukupnya pada perasan buah lemon untuk dioleskan pada wajah yang berkomedo
5. biarkan kurang lebih 15 menit – 30 menit
6. lalu basuh muka anda dengan air bersih

5. Hilangkan Komedo dengan Pepaya

Buah yang satu ini juga bisa anda gunakan untuk mengatasi komedo di wajah. Pepaya mengandung papain yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Pada pepaya juga memiliki kandungan yang bernama proteolitik yang berguna mengatasi komedo maupun jerawat.

Cara penggunaan:
1. sediakan buah pepaya
2. lalu potong menjadi beberapa bagian
3. kemudian haluskan buah pepaya dengan blender
4. gunakan halusan pepaya denga mengoleskan pada wajah secara merata
5. diamkan sekitar 15-30 menitan
6. lalu basuh wajah anda dengan air bersih

Cara Mencegah Komedo

Beberapa hal bisa anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi resiko munculnya komedo di wajah. Dibawah ini adalah tips untuk mencegah komedo muncul di wajah:

  1. Menjaga Kebersihan wajah. Sebaiknya dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan wajah anda untuk mencegah timbulnya komedo di wajah. Apabila anda sering beraktivitas diluar ruangan akan banyak debu, kotoran serta polusi yang menempel pada kulit wajah. Sehingga anda harus membersihkan wajah dengan mencuci muka secara teratur. Usahakan untuk cuci muka pada saat sebelum tidur dan setelah bangun tidur untuk mengurangi menumpuknya minyak pada wajah yang bisa memicu timbulnya komedo.
  2. Keramas secara teratur. Dianjurkan untuk rajin mencuci rambut secara teratur. Hal ini untuk mengurangi minyak pada rambut yang bisa menempel pada wajah anda.
  3. Usahakan untuk menggunakan masker wajah apabila sering beraktivitas diluar rumah untuk menghindari wajah dari efek buruk polusi, debu, asap dan pengaruh buruk lainnya
  4. Kurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan minyak berlebih.
  5. Gunakan Produk kecantikan yang memiliki kandungan minyak rendah. Gunakan make up, lotion, serta produk perawatan wajah lain yang tidak mengandung banyak minyak.
Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara make up tapi muka banyak komedo
  • cara membakar komedo dan bintik kecil di hidung dan bawa mata
  • cara menghilangkan komedo di pipi laki-laki secara alami
  • masker alami hilang komedo
  • nama-nama masker wajah untuk menghilangkan jerawat

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

5 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Secara Alami | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: