7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Alami

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Alami

7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat – Penyakit kutu rambut yaitu sebuah kondisi dimana kulit kepala terkena infeksi kutu. Kutu rambut merupakan jenis serangga berukuran kecil yang hidup dan berkembang biak di kulit kepala dan rambut manusia, serangga ini dapat menghisap darah para penderitanya melalui kulit kepala. Mengingat ukuran dari kutu rambut ini sangat kecil, maka sekilas kutu rambut sangat sulut untuk dilihat oleh mata dan ukuran dari kutu rambut sendiri cukup beragam dan ukuran yang paling besar yaitu seukuran biji wijen.

Kutu rambut akan berkembang biak dengan cara betelur, telur kutu rambut ini akan menetas dalam waktu 8-9 hari. Untuk bisa mencapai usia dewasa, kutu rambut manusia hanya membutuhkan waktu selama 9-12 hari saja. Setalah umur kutu rambut dewasa, maka kutu tersebut dapat hidup selama 4 minggu sebelum akhirnya kutu yang dewasa tersebut mati dengan sendirinya.

Gejala yang ditimbulkan pada penderita kutu rambut akan merasa gatal-gatal dan sekana terasa ada yang bergerak-gerak diatas kulit kepala penderitanya. Kondisi inilah yang menjadikan para penderita kutu rambut akan sering menggaruk kepala, sedangkan gejala yang paling parah pada seseorang yang kutuan akan muncul ruam di sekitar leher bagian belakang.

Kutu rambut sendiri hanya bisa menyerang manusia dan juga hanya dapat menular kepada sesama manusia saja. Jenis parasit yang satu ini tidak dapat menular pada hewan dan begitupun sebaliknya. Kutu rambut bisa menular melalui :

  • Kontak langsung

Penularan dari kutu rambut sendiri bisa terjadi akibat dari kontak tidak langsung dari seseorang yang menderita kutu rambut, kutu rambut ini bisa menular atau berpindah ke kepala orang lain dengan cara melompat atau merayap. Penularan kutu rambut ini biasanya akan terjadi ketika sedang tidur dengan seseorang yang menderita kutuan, sehingg kutu rambut akan lebih mudah berpindah tempat.

  • Kontak secara tidak langsung

Penyebab kutu rambut yang satu ini dapat dilakukan melalui perantara pihak ketiga seperti penggunaan sisir, handuk, topi, bantal, baju atau hel yang digunakan bersamaan dengan penderita kutu rambut.

Kutu rambut juga bisa berpindah dari tempat yang satu ke tempat lain dengan cara melompat, penyebab kutu rambut tidak selalu dikait-kaitkan dengan kurangnya menjaga kebsersihan dan kesehatan rambut dan kulit kepala.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya, diantaranya yaitu :

  1. Gunakan Sisir Bergigi Rapat

Untuk menghilangkan kutu rambut sebenarnya sangatlah mudah dan sederhana, anda bisa gunakan alat berupa sisir bergigi kerap. Dengan membersihkan rambut dengan sisir kerap, maka kutu pada rambut anda akan mulai berkurang seiring dengan dilakukanya penyisiran. Hal ini dikarenakan, dengan menggunakan sisir kerap, maka kutu dan telurnya akan ikut terbuang dan menempel pada pada sisir.

  1. Gunakan Lemon

Buah atau jeruk lemon merupakan salah satu bahan herbal yang memiki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, salah satu manfaat dari buah yang memiliki rasa sangat asam ini juga sangat ampuh untuk membasmi kutu rambut yang bersarang di kulit kepala.

Caranya yaitu :

Siapkan 1 buah lemon segar, lalu peras dan ambil airnya. Setelah itu, tambahkan sedikit cuka dapur dan aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur merata. Selanjutnya basahi ramut terlebih dahulu setengah bawah, lalu gunakan ramuan yang telah anda buat tadi dengan membasuhkannya pada rambut dan kulit kepala sembari diberi pijatan lembut. Diamkan selama kurang lebih 15 – 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan keramas seperti biasa. Lakukan 2 kali seminggu, maka dalam seminggu kutu rambut akan sirna.

  1. Gunakan Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang sudah biasa kita gunakan sehari-hari untuk membuat bumbu masakan. Namun ternyata bawang merah juga memiliki manfaat untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya secara alami.

Caranya yaitu :

Siapkan 5 siung bawang merah, lalu tumbuk hingga halus. Masukan hasil tumbukan bawang merah tersebut pada kain bersih yang tipis, lalu peras. Gunakan minyak bawang putih tersebut untuk digosokan pada kulit kepala, jangan lupa beri pijatan lembut. Setelah itu, tutup rambut menggunakan penutup rambut khusus, biarkan selama minimal 15 menit, lalu buka dan bilas hingga bersih dengan keramas seperti biasa. Dengan cara ini, kutu rambut akan mati, kulit kepala pun bebas dari kutu.

  1. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelala juga dikenal salah satu bahan cairan yang kaya akan khasiat bagi manusia, salah satunya yaitu dapat membasmi kutu rambut dan juga telur kutu rambut,

Caranya yaitu :

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit kepala dan rambut secara merata, kemudian pijat dengan lembut selama beberapa menit dan biarkan sampai kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak meresap secara merata. Setelah itu, tutup kepala menggunakan penutup khusus kepala atau shower cup selama minimal 15 menit, lalu bersihkan dengan keramas mengguakan shampo seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini 1-2 kali seminggu.

  1. Gunakan Minyak kayu putih dan jeruk nipis

Pastinya anda semua sudah sering menjumpai perlengkapan bayi seperti kayu putih. Selain dapat memberiksan rasa hangat pada tubuh bayi, ternyarta minyak kayu putih juga sangat ampuh membasmi kutu rambut dengan cepat dan aman. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kombinasikan minyak kayu putih dengan air perasan jeruk lemon segar.

Caranya yaitu :

Siapkan buah lemon segar, lalu peras dan ambil airnya. Setelah itu, beri tambahan madu, aduk hingga semua bahan tercampur merata. Setelah itu, gunakan ramuan alami untuk menghilangkan kutu rambut tersebut dengan cara mengoleskannya pada kulit kepala sambil dipijat lembut. Kemudian, bilas rambut dan kulit kepala hingga bersih menggunakan shampo.

  1. Gunakan Daun Sirsak

Siap coba yang tahu buah sirsak? Pastinya anda semua mengetahuinya bukan, baik untuk rasa maupun bentuk buahnya. Daun sirsak sendiri memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang efektif untuk membasmi kutu rambut dengan telur-telurnya.

Caranya yaitu :

Ambil segenggam daun sirsak, lalu sobek-sobek dan rebus hingga mendidi dengan segelas aur, lalu angkat dan dinginkan. Setelah cukup hangat, anda bisa mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut secara merata. Selanjutnya, diamkan selama beberapa menit sampai masker kering dan bilas hingga bernar-benar bersih.

  1. Gunakan Kapur Ajaib

Kapur ajaib memang sudah terbukti ampuh untuk membasmi semut, bakteri dan serangga lainnya termasuk untuk membasmi kutu rambut di kulit kepala. Caranya yaitu, pertama siapkan kapur ajaib secukupnya dan haluskan dengan cara ditumbuk halus. Setelah itu, tambahkan telur dan aduk lagi hingga tercampur merata. Kemudian balurkan ramuan tersebut pada kulit kepala dan rambut secara merata sambil memijat kulit kepala dengan lembut. Diamkan selama 15 menit sambil kepala ditutup dengan handuk basah, lalu bilas hingga bersih dengan melakukan keramas seperti biasa.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan kutu rambut secara alami, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: