17 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Varises

Cara Menghilangkan Varises

Cara Menghilangkan Varises – Seperti yang telah kami bahas pada postingan sebelumnya mengenai penyebab varises, varises sendiri disebabkan oleh karena pembuluh darah vena yang sudah tidak mampu untuk mengembalikan sisa aliran darah untuk menuju ke organ jantung.

Pembuluh darah di dalam tubuh manusia terbagi menjadi dua jenis yaitu pembuluh darah arteri dan juga pembuluh darah vena, pembuluh darah arteri sendiri berfungsi untuk mengalirkan darah menuju ke jaringan yang ada di seluruh tubuh. sedangkan pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang berfungsi untuk mengalirkan sisa darah dari jaringan tubuh menuju ke organ jantung. Inilah kenapa pembuluh darah vena disebut juga dengan istilah pembuluh balik.

Penyakit varises sendiri dapat disebabkan oleh karena terjadi hambatan pada pembuluh darah vena. Umumnya, varises ini sering muncul di bagian tubuh seperti betis dan kaki. Kemunculan varises ini akan semakin terlihat jelas ketika kita berdiri terlalu lama atau setelah jalan kaki terlalu jauh. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk menekukan kaki ketika selesai melakukan aktivitas olahraga seperti berjalan kaki atau berlari dengan jarak yang cukup jauh. Kebiasaan menekukan kaku setelah berolahraga dapat menyebabkan munculnya varises, jika kebiasaan ini dilakukan oleh penderita varises maka varises yang dideritanya akan semakin parah.

Lalu apa saja gejala yang ditimbulkan pada penderita varises di betis dan kaki?

Untuk mengenali penyakit varises ini cukup mudah, karena ada beberapa gejala varises yang bisa dilihat dengan jelas, antara lain seperti :

  1. Muncul warna kebiru-biruan

Gejala ini akan muncul tepat pada pembuluh darah vena yang terletak di bagian kaki, jika terdapat pembuluh darah yang berwarna kebiru-biruan dan berkelok-kelok seperti gundukan urat, maka sudah dapat dipastikan jika itu adalah tanda-tanda seseorang menderita varises.

  1. Rasa Sakit Pada Pembuluh Vena

Gejala varises yang satu ini memang tidak dialami oleh semua penderita varises, namun jika anda mengalami gejala rasa sakit pada pembuluh vena pada bagian tubuh tertentu, maka itu menandakan jika anda mengalami varises yang sudah cukup parah.

  1. Muncul Borok

Jika varises yang anda derita sudah sangat parah, maka biasanya pada pergelangan tertentu akan timbul borok.

Mungkin secara umum penderita varises hanya menimbulkan gejala dalam bentuk fisik saja, namun tidak sedikit juga orang yang menderita varises cukup parah dan bahkan tidak sedikit pula yang sampai mengalami rasa nyeri dan pembengkakan. Maka dari itu, penyakit varises ini harus segera diatasi dengan benar agar tidak menimbulkan gejala yang lebih serius. Selain dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan, terserang penyakit varises juga dapat membuat penderitanya merasa kurang percaya diri.

Cara Menghilangkan Varises Secara Alami Dan Medis

Untuk menghilangkan varises, ada dua alternatif yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara alami dan juga cara medis sesuai anjuran dari dokter. Untuk mengetahui cara menghilangkan varises baik secara alami maupun secara medis, simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Jika anda ingin mengatasi varises secara alami, anda dapat melakukan beberapa cara alami berikut ini :

  1. Hindari duduk dan berdiri terlalu lama

Duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang terlalu lama sangat tidak baik bagi kesehatan, salah satunya dapat menyebabkan muncul varises atau varises menjadi semakin parah. Jika memang anda dituntut untuk bekerja seharian duduk di depan komputer, maka usahakan agar anda berdiri setiap 30 menit sekali atau8 paling tidak satu jam sekali. begitupun sebaliknya, jika anda sudah berdiri terlalu lama, maka usahakan agar anda duduk sesekali. Intinya, usahakan agar kaki anda tidak terlalu kecapean untuk menopang berat tubuh dalam jangka waktu yang terlalu lama.

  1. Jangan terlalu sering dan terlalu lama memakai sepatu hak tinggi

Sepatu atau sandal ber hak tinggi jika dipakai dalam jangka waktu yang lama dapat membuat otot pada kaki dan betis terasa tegang, sehingga alangkah baiknya jika anda menggantinya dengan memakai sepatu atau sandal ber hal rendah. Jika memang sudah menjadi tuntutan kerja, usahakan agar anda mengistirahatkan kaki anda minimal 30 menit sekali dengan melakukan peregangan. Dengan demikian, kaki anda tidak akan mengalami kelelahan dan dapat terhindari dari penyakit varises.

  1. Menjaga Berat Badan

Melakukan diet merupakan salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan varises di kaki, karena memiliki berat badan berlebih dapat memperparah varises. Untuk menurunkan berat badan, anda bisa melakukan prigram diet dan olahraga secara rutin dan teratur. Dengan demikian, maka sedikit demi sedikit varises akan berkurang.

  1. Melakukan Latihan

Meskipun olahraga dan latihan sering menjadi pemicu varises, tetapi sebenarnya olahraga dan latihan dapat menjadi salah satu solusi tepat untuk menghilangkan varises di kaki asalkan olahraga yang dilakukan tidak terlalu berat dan berlebihan. Jenis olahraga terbaik untuk menghilangkan varises yaitu dengan jalan kaki, tapi usahakan jangan mengenakan alas kaki selama 30 menit.

  1. Meninggikan Kaki

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan varises, lakukan selama 30 menit sebelum tidur dengan meninggikan kaki ke atas kepala. Caranya yaitu, posisikan tubuh berbaring di atas kasur atau matras dan sandarkan kaki di tembok dengan tubuh membentuk seperti huruf L. Dengan cara ini, maka sirkulasi darah pada pembuluh darah vena yang menuju ke organ jantung akan menjadi lebih lancar. Sebab kaki diatas tidak akan mengalami gaya gravitasi, sehingga darah pada pembuluh darah lebih mudah untuk menuju ke organ jantung.

Cara Menghilangkan Varises Dengan Cara Medis

Berikut ini beberapa cara menghilangkan varises sesuai anjuran dari dokter, yaitu :

  • Mengkonsumsi suplemen
  • Mengkonsumsi lemak omega 3 sebanyak 100 gram per hari
  • Mengkonsumsi Ginkgo Biloba sebanyak 120 mg dengan aturan minum 2 kali sehari
  • Gunakan stroking khusus untuk menghilangkan varises

Meski demikian, tidak semua penderita varises dapat sembuh hanya cara medis ataupun secara alami, kondisi varises yang sudah sangat parah tetap memerlukan pengobatan alternatif agar varises bisa cepat disembuhkan. Ada beberapa pengobatan alternatif yang dapat anda lakukan, yaitu :

  • Dilakukan penanganan dengan tindakan operasi laser
  • Operasi Vena Endoskopik
  • Sclerotherapy
  • Ambulatory Phlebectomy
  • Vein Stripping

Selama anda melakukan pengobatan diatas, untuk mendapatkan hasil terbaik sebaiknya anda menghindari beberapa kebiasaan yang dapat memperparah kondisi varises di kaki anda, seperti :

  • Jangan memakai celana yang terlalu ketat
  • jangan berdiri dan berjalan kaki terlalu lama
  • jangan mengkonsumsi makan yang mengandung kolesterol tinggi

Itulah serangkaian metode pengobatan yang bisa anda lakukan dalam menghilangkan varises. Jika kondisi varises yang anda derita belum terlalu parah, kami sarankan sebaiknya anda memilih metode pengobatan alami yang terbukti lebih aman dan efektif untuk menghilangkan varises di kaki.

Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghilangkan varises, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • ap pnyebab varises sakit hbis berhubungan
  • point point cara mengatasi varises
  • meninggikan badan dan mengecilkan badan bisa menghilangkan varises
  • menghilangkàn varises
  • Cara sederhana menghilangkan varises dgn olahraga
  • cara pengobatan non medis penyakit varises
  • cara mengobati paru2 dengan alami
  • cara menghilangkan varises yang lama
  • cara menghilangkan parises secara alami
  • cara alami mengecilkan pembuluh darah vena
  • varises diatas telapak kaki

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

17 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami dan Medis | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: