Inilah 7 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Paling Cepat

cara menghitamkan rambut secara alami

Cara menghitamkan rambut secara alami – Bagi sebagian besar orang khususnya orang indonesia memiliki rambut hitam merupakan salah satu keindahan tersendiri karena rambut merupakan salah satu mahkota kepala yang bisa menunjang penampilan seseorang baik bagi laki-laki maupun wanita.

Namun tak jarang banyak orang yang mengeluhkan rambut mereka yang menjadi kemerahan dan kusam karena disebabkan beberapa faktor seperti terlalu sering terkena paparan sinar matahari, polusi, faktor usia dan lain-lain sehingga bisa menyebabkan perubahan warna rambut menjadi agak kemerahan atau pun kusam.

Untuk menghitamkan rambut secara alami, anda bisa menggunakan perawatan dari salon, semir penghitam rambut, dan bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghitamkan rambut

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menghitamkan rambut secara alami dan bahan apa saja yang bisa anda gunakan untuk membuat rambut menjadi lebih hitam secara alami.

Penyebab rambut menjadi kusam, merah, dan beruban

Sebelum anda mengetahui bagaimana cara alami menghitamkan rambut, sebaiknya anda mengenali apa saja penyebab yang dapat membuat warna rambut menjadi kemerahan, kusam dan juga beruban.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab rambut menjadi kurang hitam

1. faktor keturunan atau faktor genetika

Faktor ini merupakan faktor dominan yang menentukan jenis rambut pada seseorang. Faktor genetika atau keturunan menentukan apakah rambut seseorang lurus, bergelombang, atau keriting. Dan juga dalam bahasannya kali ini, faktor genetika juga mempengaruhi rambut seseorang apakah hitam, coklat, atau kemerahan. Hal ini biasanya bisa dilihat dari salah satu atau dari kedua orang tua anda.

Apabila salah satu atau kedua orang tua anda memiliki rambut yang hitam, kemungkinann besar itu juga akan menurun pada rambut anda. Namun sebaliknya, apabila salah satu atau kedua orangtua anda memiliki rambut coklat atau kemerahan, maka kemungkinan rambut anda akan coklat atau kemerahan juga.

2. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari

Faktor kedua yang bisa menyebabkan rambut anda kurang hitam dan kemerahan adalah karena rambut terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Terlalu sering tekena sinar UVA serta UVB bisa juga mengakibatkan warna rambut menjadi kemerahan. Hal tersebut disebabkan oleh pigmen pada rambut menjadi terurai karena terkena atau terpapar oleh sinar matahari pada siang hari.

3. Penggunaan Shampo rambut yang tidak cocok

Ada juga faktor Shampo yang menyebabkan rambut berubah warna menjadi kemerahan. Hal ini biasanya disebabkan karena rambut anda tidak cocok dengan jenis Shampo atau pembersih rambut yang sering anda gunakan. Beberapa jenis shampo memiliki kandungan yang bisa membuat pigmen warna hitam pada rambut menjadi berkurang saat keramas.

4. Penggunaan Gel atau minyak rambut yang tidak cocok

Gel rambut atau minyak rambut yang sering anda gunakan juga bisa menjadi penyebab perubahan pada warna rambut. Beberapa jenis gel atau minyak rambut dapat menyebabkan rambut menjadi beruban atau menjadi kemerahan. Terutama bagi para pria yang sering menggunakan gel rambut agar mudah menata rambut pada saat menyisir rambut. Hal ini disebabkan kandungan yang ada pada minyak rambut terkadang tidak cocok dengan rambut anda.

5. Terlalu sering merubah warna atau mengecat rambut dengan semir rambut

Apabila anda memiliki hoby mengecat atau menyemir rambut, bisa jadi itu akan membuat rambut anda kurang sehat. Penggunaan cat rambut yang terlalu sering akan merubah warna alami pada rambut anda.

Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

7 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Paling Cepat

Setelah anda mengenali apa saja penyebab rambut menjadi kurang hitam, lalu sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara menghitamkan rambut beruban serta kemerahan secara alami dan bahan apa saja yang bisa kita gunakan sebagai penghitam rambut alami? Untuk itu simak bahasannya dibawah ini

Berikut ini merupakan bagaimana cara membuat rambut menjadi lebih hitam dengan menggunakan beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan:

1. Minyak Kemiri

Tahukah anda bahwa sudah sejak dulu minyak kemiri banyak digunakan untuk perawatan rambut terutama untuk membuat rambut menjadi lebih hitam alami. Selain bermanfaat untuk menghitamkan rambut, minyak kemiri juga berkhasiat menyuburkan rambut. Minyak kemiri banyak digunakan sebagai bahan dalam berbagai produk minyak rambut. Anda bisa membeli minyak kemiri ini di toko-toko terdekat.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga dikenal banyak digunakan untuk membantu merawat rambut. Gunakan minyak zaitun untuk membantu rambut menjadi lebih hitam.

Cara menghitamkan rambut dengan menggunakan minyak zaitun:

  1. sediakan minyak zaitun secukupnya
  2. terlebih dahulu bersihkan rambut anda
  3. oleskan minyak zaitun secara merata pada rambut anda sambil pijat secara perlahan
  4. diamkan kurang lebih 30 menitan
  5. lalu bilas rambut dengan air bersih untuk membersihkannya

3. Lidah Buaya

Lidah buaya atau sering disebut Aloe vera merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat untuk perawatan rambut. Lidah buaya memiliki banyak kandungan nutrisi serta vitamin yang baik untuk rambut. Beberapa manfaat dari lidah buaya diantaranya membuat rambut lebih hitam, lebat, serta halus.

Cara menghitamkan rambut dengan Lidah buaya:

  1. sediakan lidah buaya secukupnya
  2. lalu potong lidah buaya
  3. Lalu ambil bagian cairan atau lendir dari lidah buaya
  4. Gunakan cairan dari lidah buaya dengan mengoleskan pada rambut secara merata
  5. Diamkan sekitar 30 menit atau lebih
  6. Lalu bersihkan rambut anda dengan membilasnya
  7. Gunakan lidah buaya untuk perawatan rambut secara teratur.

4. Biji Pepaya

Selain buah pepaya yang memiliki manfaat untuk dijadikan sebagai masker alami wajah, ternyata manfaat biji pepaya untuk rambut bisa anda gunakan sebagai bahan untuk penghitam rambut alami.

Cara menghitamkan rambut dengan biji pepaya:

ambil biji dari buah pepaya. Lalu sangrai biji pepaya tersebut. kemudian haluskan biji pepaya dengan menumbuknya. Tambahkan minyak kelapa secukupnya dan campur hingga merata. Lalu gunakan campuran tersebut dengan mengoleskan pada rambut anda secara merata. Setelah kurang lebih 1-2 jam kemudian bilas rambut anda dengan air bersih.

5. Minyak Mustard

Ternyata minyak mustard selain berguna sebagai bahan yang sering dipakai untuk masakan, juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut yang kurang hitam. Anda bisa menggunakan minyak mustard untuk menghitamkan rambut secara alami.

Cara menghitamkan rambut dengan minyak mustard:

  1. sediakan minyak mustard dengan kualitas bagus
  2. oleskan minyak ini pada rambut secara merata dan sambil pijat secara perlahan
  3. kemudian tutup rambut anda dengan handuk
  4. diamkan kurang lebih sekitar 1-2 jam
  5. terakhir bilas rambut anda dengan air bersih

6. Minyak Cem-Ceman

Tahukah apa itu minyak cem-ceman? Minyak cem-ceman merupakan campuran antara minyak kelapa sawit, dengan daun-daun herbal serta urang aring. Sehingga minyak ini dapat anda manfaatkan untuk membantu rambut menjadi lebih hitam serta menyuburkan rambut. Gunakan minyak cem-ceman dengan mengoleskan pada rambut anda secara merata.

7. Teh Hitam

Teh memiliki berbagai macam jenis diantaranya seperti teh hijau, teh hitam, teh merah dan lainnya. Dari beberapa jenis teh tersebut teh hitam bisa dimanfaatkan untuk membantu menghitamkan rambut secara alami.

Cara menghitamkan rambut dengan Teh Hitam:

  1. rebuslah teh hitam dengan air hingga mendidih
  2. diamkan air rebusan teh hitam tersebut hingga dingin
  3. setelah dingin rendamlah rambut anda pada air rebusan teh tersebut
  4. setelah kurang lebih 15 menitan bilas rambut anda dengan air bersih.

Anda bisa manfaatkan beberapa bahan herbal alami yang telah dibahas diatas untuk menghitamkan rambut secara alami. Pilihlah bahan yang menurut anda mudah didapatkan dan digunakan untuk membuat rambut anda lebih hitam. Semoga artikel ini bermanfaat. 🙂

Inilah 7 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Paling Cepat | Admin | 4.5
error: