7 Cara Mengobati Penyakit Asma Paling Mudah

Cara Mengobati Asma

Cara Mengobati Asma

7 Cara Mengobati Penyakit Asma Paling Mudah – Apakah sebelumnya anda pernah mendengar jenis penyakit yang bernama Asma? Asma adalah jenis penyakit yang menyerang sistem pernafasan, sehingga sesesorang yang menderita asma akan mengalami kesulitan bernafas yang diserta dengan rasa tidak nyaman. Penyebab penyakit asma sendiri sampain saat ini masih belum diketahui secara pasti, bahkan para ahli terus melakukan penelitian untuk mengetahui penyebab pasti dari penyakit ini.

Asma sendiri bisa muncul ketika terjadi peradangan yang menyerang sistem pernafasan dan akan meningkatkan produksi lendir yang menumpuk pada saluran pernafasan. Jika kondisi ini sudah terjadi, maka orang yang menderita penyakit asma akan merasa sesak nafas. Jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan tepat, maka kondisinya akan semakin parah.

Tanda umum yang sering kali terjadi pada seseorang yang menderita asma yaitu ditandai dengan nafas yang berbunya ketika menarik nafas, terasa nyeri di area dada dan disertai dengan batuk ringan hingga batuk yang cukup parah dan menyiksa. Namun pada dasarnya, tanda-tanda dari penyakit asma ini bisa berbeda-beda pada setiap penderitanya tergantung dari penyebab dan juga tingkat keparahannya. Umumnya, penderita asma akan mengalami gangguan ringan dan kemudian akan bertambah parah jika tidak segera ditangani.

Gejala Penyakit Asma

Penyakit asma umumnya akan ditunjukan dengan munculnya gejala yang berbeda-beda, bahkan penderita asma bisa mengalami gejala penyakit lain secara bersamaan. Ada beberapa gejala yang bisa muncul dan dialami penderita asma, namun jika gejalanya bertambah berat sebaiknya segera periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penangan medis.

Berikut ini beberapa gejala yang mungkin terjadi ketika asma menyerang, diantaranya seperti :

  • Mengalami gangguan atau kesulitan untuk tidur dan sering merasa gelisah.
  • Tarikan nafas menjadi tidak nyaman, karena nafas terasa berat dan sesak nafas.
  • Sesak nafas yang dialami biasanya akan disertai dengan batuk-batuk ringan yang sering terjadi di malam hari.
  • Badan akan terasa mudah lelah dan tidak bersemangat, terutama setelah melakukan aktivitas disiang hari.
  • Mudah sedih, mudah marah dan depresi.
  • Sakit pada tenggorokan, hidung tersumbat, hidung meler dan gejala-gejala lain yang hampir sama ketika terserang influenza.

Jenis Penyakit Asma

Penyakit asma sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Penyakit asma yang disebabkan karena alergi
  2. Penyakit asma yang disebabkan karena batuk
  3. Penyakit asma yang disebabkan oleh faktor lingkungan
  4. Penyakit asma Nocturnal atau asma yang sering menyerang hanya di malam hari

Cara Mengobati Asma

Pada dasarnya, penyakit asma ini tidak bisa disembuhkan melainkan dapat dicegah agatr asma ini tidak kambuh lagi. Minum obat asma sebenarnya hanya bersifat pereda saja, namun sewaktu-waktu penyakit asma bisa kambuh lagi secara tiba-tiba. Pengobatan asma dengan obat medis dan harus dikonsumsi dalam jangka panjang justru dapat menimbulkan beberapa resiko bagi kesehatan tubuh lainnya.

Nah, jika anda tidak ingin melakukan pengobatan asma ke dokter atau rumah sakit. Maka dari itu, kali ini admin akan mencoba membagikan sedikit informasi terbaru cara mengobati Asma secara alami, sehingga efek dari konsumsi obat asma alami ini tidak menimbulkan efek samping yahg parah atau beresiko mengundang jenis penyakit lain. Penasaran, bahan alami apa saja yang ampuh untuik mengobati penyakit asma? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Obati Dengan Ramuan Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai salah satu jenis bumbu masak yang sudah biasa kita gunakan sehari-hari dalam memasak. Namun dibalik dari fungsinya tersebut, ternyata bawang putih ini sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya penyakit asma.

Cara membuat ramuan obat asma tradisional, yaitu : Siapkan 2 siung bawang putih segar, lalu rebus dengan segelas air sampai mendidh. Setelah itu, angkat dan dinginkan kemudian minum air rebusan bawang putih tersebut samoai habis selagi masih hagat. Lakukan pengobatan secara rutin setiap hari, pengobatan sebaiknya dilakukan pada malam hari sbelum tidur.

  1. Obati Dengan Jahe

Jahe juga merupakan jenis tanaman rimpang yang sering kita temukan di dapur, karena jahe sering dijadikan sebagai bumbu masak sama hal nya dengan bawang putih. Dibalik itu semua, ternyata jahe ini sangat berkhasiat untuk membantu meringankan gejala sesak nafas dan mengurangi peradangan yang dapat menyerang pada saluran pernafasan.

Cara membuat ramuan obat asma dengan jahe, yaitu : Pertama-tama iris kasar jahe, lalu jemur hingga kering. Setelah itu, rebus jahe yang telah dikeringkan tersebut dengan segelas air hingga mendidih dan tersisa setengah gelas saja. Setelah itu, angkat dan dinginkan, lalu minum sampai habis selagi masih hangat untuk membatu mengeluarkan lendir yang menumpuk pada saluran pernafasan anda.

  1. Minum Kopi

Meski pada dasarnya kopi itu tidak baik untuk kesehatan, namun ternyata dengan minum kopi dapat membantu dalam perawatan pada penderita penyakit asma. Untuk mengobati penyakit asma dengan kopi yaitu dengan cara minum kopi hitan tanpa gula, cara ini cukup efektif untuk mencegah asma kambuh. Hal ini dikarenakan, kandungan kafein yang terdapat pada kopi sangat bermanfaat untuk membatu mengatasi gangguan pernafasan dan melegakan sistem pernafasan. Penting untuk anda ketahui bahwa, meski kopi hitam bermanfaat untuk mencegah penyakit asma, namun tidak disarankan untuk minum kopi hitam sacara berlebihan apalagi diberi tambahan gula.

  1. Obati Dengan Bawang Bombay

Selain bawang putih, ternyata bawang bombay juga dipercaya berkhasiat untuk mengobati sesak nafas atau asma. Hal ini dikarenakan, kandungan antioksidan dan zat anti-inflamasi yang terkandung di dalam bawang bombay efektif untuk mengurangi efek dari peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan. Selain itu, bawang bombay jjuga sangat efektif untuk membantu menurunkan peradangan yang terjadi pada organ paru-paru. Untuk mendapatkan khasiat dari bawang bombay ini, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dalam keadaan mentah.

  1. Obati Dengan Madu

Di dalam madu terdapat kandungan zat alami yang mampu melegakan saluran pernafasan bagi penderita penyakit asma. Selain itu, kandungan alkohol yang terdapat pada madu mengandung zat yang bersifat sebagai penenang pada bagian rongga pernafasan. Manfaat madu lainnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi madu secara rutin dan teratur setiap hari secara tidak langsung dapat mencegah atau menangkal serangan asma yang bisa datang secara tiba-tiba. Cara meminumnya, anda cukup konsumsi satu sendok makan madu setiap hari pada pagi dan malam hari.

  1. Melakukan Senam Pernafasan

Cara alami untuk meredakan serangan gejala asma, anda bisa melakukan senam pernafasan. Cara ini sengat efektif untuk membantu melatih organ paru-paru agar dapat bekerja dengan baik dan memiliki kapasitas yang normal.

  1. Melakukan Metode Akupuntur

Melakukan metode pengobatan dengan akupuntur adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah dan mengobati asma. Dengan teknik akupuntur ini, maka tubuh dan organ penting didalam tubuh seperti paru-paru akan lebih rileks. Untuk melakukannya, anda bisa meminta atau mengunjungi pengobatan akupuntur terdekat di kota anda.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat kami paparkan tentang cara mengobati asma, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara menghilangkan lendir putih akibat penyakit asma

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

7 Cara Mengobati Penyakit Asma Paling Mudah | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: