10 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

10 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami – Faringitis atau yang lebih dikenal dengan sebutan sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan juga virus. Biasanya sistem kekebalan tubuh terhadap gejala sakit tenggorokan ini akan mulai terbentuk setelah beranjak dewasa, sehingga penyakit ini sering menyerang anak-anak dan remaja. Meski demikian, orang dewasa pun tetap beresiko mengalami sakit tenggorokan apabila sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah.

Gejala Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan memang tidak berbahaya, tetapi jika dibiarkan akan sangat mengganggu dan muncul rasa tidak nyaman saat makan atau minum. Selain itu, seseorang yang menderita sakit tenggorokan biasanya akan disertai dengan :

  • Sakit kepala
  • Kelenjar air liur membesar pada bagian leher
  • Pembengkakan pada amandel
  • Nyeri otot
  • Batuk kering dan batuk berdahak
  • Pilek

Gejala-gejala yang muncul tentunya akan membuat penderitanya merasa tersiksa terlebih jika di alami oleh anak-anak. Maka dari itu, segera lakukan pengobatan sebelum kondisinya semakin parah. Cara mengobati radang tenggorokan dapat diobat dengan cara alami dan juga cara medis. Untuk anda yang lebih memilih untuk menggunakan cara alami atau tradisonal, anda bisa coba salah satu obat radang tenggorokan tradisional dibawah berikut ini.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

  1. Obati Dengan Air garam Hangat

Cara Membersihkan Mata dengan Minum Air Putih

Jangan pernah sepelekan manfaat garam untuk kesehatan, karena ternyata garam ini sangat ampuh untuk mengobati radang tenggorokan. Bahan pelezat masakan ini memiliki sidat sebagai anti septik alami yang mampu membunuh virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu, garam juga sangat efektif untuk melarutkan dahak atau lendir yang berkumpul pada tenggorokan. Cara mengobati sakit tenggorokan dengan garam yaitu anda bisa minum atau berkumur menggunakan air garam hangat.

  1. Obati Dengan Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan dengan cepat dan aman tanpa efek samping. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan senyawa yang bernama alicin yang mampu membasmi bakteri dan juga meringankan peradangan pada tenggorokan.

Caranya yaitu :

Cara mengobati radang tenggorokan dengan bawang putih cukup mudah, anda hanya perlu mengunyah satu siung bawang putih mentah sampai halus. Minum airnya dan buang ampasnya. Untuk menghilangkan rasa tidak enak dari aroma dan rasa bawang putih, anda bisa mengkonsumsi madu.

  1. Obati Dengan Lemon Dan Madu
Air lemon dan baking soda

sumber : google.com

Manfaat madu dan lemon memang sangat baik bagi kesehatan, salah satunya dapat mengobati sakit atau radang tenggorokan.

Caranya yaitu :

Ambil satu buah lemon segar, lalu peras airnya dan campurkan dengan satu sendok makan madu dan segelas air putih hangat. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan minum sampai habis. Untuk mendapatkan khasiat secara maksimal, lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali sehari sampai radang tenggorokan sembuh.

  1. Sup ayam
Sup ayam

Sup ayam

Ketika terserang sakit atau radang tenggorokan, selera makan pun akan hilang dan rasa makanan menjadi tidak enak. Untuk mengatasinya anda bisa mengkomsumsi sup ayam, kuah hangat pada sup ayam ini akan mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tenggorokan. Pastikan anda tidak menambahkan rasa pedas pada sup ayam yang telah dibuat, karena rasa pedas justru dapat memperparah peradangan.

  1. Obati Dengan Wedang Jahe
Jahe obat darah tinggi

wedang Jahe

Rasa hangat yang dihasilkan dari jahe dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan, karena jahe mengandung senyawa zingiberin yang mampu melancarkan sirkulasi darah, menetralisir racun dan mengurangi efek peradangan.

Caranya yaitu :

Ambil rempah jahe secukupnya, lalu iris atau geprek hingga hancur. Setelah itu, rebus dengan segelas air sampai mendidih dan tersisa setengah gelas saja. tambahkan madu sesuai selera, lalu minum selagi hangat sampai habis. Minum obat radang tenggorokan tradisional ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai radang tenggorokan yang anda derita sembuh.

  1. Obati Dengan Minyak kayu putih
Minyak kayu putih

Minyak kayu putih

Pernahkah anda mendengar pengobatan steaming? Pengobatan steaming merupakan metode pengobatan yang sangat populer di Jepang. Pengobatan steaming dilakukan dengan cara penguapan untuk memperlancar sirkulasi darah, mengobati sakit kepala, mengurangi peradangan dan juga menghilangkan stres.

Caranya yaitu :

Siapkan air panas yang masih mendidih ke dalam baskom, lali beri sedikit minyak kayu putih secukupnya. Setelah itu, dekatkan wajah anda dengan baskom yang bersisi air panas tadi sambil menghirup uap yang dihasilkannya. Agar uap air panas tidak kabur kemana-mana, tutup kepala anda dengan mengguakan handuk kering, lakukan metode pengobatan tradisional ini sampai radang tenggorokan membaik.

  1. Istirahat Cukup

Selama anda terserang radang tenggorokan, lakukan pengobatan secara rutin dengan salah satu obat tradisional diatas dan istirahat yang cukup. Jika memungkinkan, jangan dulu melakukan aktivitas berat seperti bekerja, olahraga atau keluar rumah terlebih dahulu, karena polusi udara yang kotor dapat memperparah peradangan.

  1. Banyak Minum Air Putih

Selama anda beristirahat di rumah, pastikan adan lebih banyak minum air putih. Kurangi minuman manis, minuman dingin, minuman berkafein, minuman bersoda dan minuman beralkohol. Minum air putih yang banyak dapat mencegah tenggorokan kering dan iritasi, sehingga anda diwajibkan untuk minum air putih minimal sebanyak 2 liter dalam sehari. Selain dapat mengurangi peradangan, minum air putih juga dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi yang disebabkan oleh radang tenggorokan.

  1. Berhenti Merokok

Saat anda menderita sakit atau radang tenggorokan, sudah saatnya anda berhenti merokok. Karena bisa saja radang tenggorokan yang anda alami disebabkan oleh karena anda terlalu sering merokok, rokok dapat menjadi penyebab radang tenggorokan dan bahkan menyebabkan kanker atau tumor tenggorokan. Hampir setiap tahunnya penderita kanker tenggorokan terus mengalami peningkatan, salah satu penyebabnya yaitu karena merokok. Maka dari itu, hentikan kebiasaan merokok dari sekarang meskipun radang tenggorokan yang anda derita sudah sembuh.

  1. Permen Pelega Tenggorokan

Jika anda memag terbiasan merokok dan minum kopi, sebaiknya ganti dengan menghisap permen pelega tenggorokan. Hal ini dikarenkan, permen pelega tenggorokan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan dan meringankan rasa sakit akibat radang tenggorokan. Ada banyak permen pelega tenggorokan yang bisa anda dapatkan dengan mudah di warung-warung atau apotik terdekat.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengunjungi Dokter?

Meskipun radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan salah satu obat tradisonal diatas, namun jika dalam waktu satu minggu sakit atau radang tenggorokan tidak kunjung sembuh sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bagaimana, cukup mudah buka cara membuat obat radang tenggorokan tradisional sendiri dirumah?

Itulah beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami (tradisional), semoga salah satu cara pengobatan alami diatas dapat mengobati radang tenggorokan dengan cepat dan aman.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

kata untuk mencari artikel ini:
  • bawang putih tenggorokan kering
  • panas demam anak

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: