21 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami (Tradisional)

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional Dan Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional Dan Alami – Ketika terserang sakit gigi, sungguh membuat kita sangat menderita. Mungkin sebagain dari anda pernah mengalaminya atau bahkan mungkin saat ini anda sedang menderita sakit gigi. Jangan cemas, karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips dan cara mengobati sakit gigi dengan cara alami atau tradisional.

Menurut beberapa para ahli menjelaskan bahwa sakit gigi merupakan gejala ringan dari penyakit jantung dan stroke, untuk itu kita jangan menganggap remeh gejala ini dan anda harus segera mengatasinya jika memang sedang mengalaminya saat ini.

Seseorang yang menderita sakit gigi tidak akan pernah bisa nyenyak tidur dan juga tidak enak makan, efek dari sakit gigi ini biasanya akan membuat penderitanya lebih sensitif seperti mudah marah jika situasi sekitarnya membuatnya terganggu. Dalam beberapa kasus, penyebab sakit gigi seringkali disebabkan oleh karena terjadinya kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang atau keropos dan juga bisa disebabkan karena gangguan pada gusi.

Pemicu utama dari sakit gigi ini umumnya disebabkan oleh bakteri yang berkumpul pada gigi, sehingga lama-kelamaan dapat menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, pada beberapa kasus sakit gigi juga dapat disebabkan oleh karena adanya masalah pada gusi yang terinfeksi, sehingga dapat menyebabkan gusi bengkak dan menimbulkan rasa nyeri yang amat menyiksa penderitanya.

Obat Sakit Gigi Alami (Tradisional) Paling Ampuh

Ada banyak sekali sakit gigi yang bisa anda dapatkan di apotik, namun obat sakit gigi di apotik biasanya hanya bersifat meredakan rasa nyeri untuk sementara dan bisa kambuh kembali setelah reaksi dari obat tersebut sudah hilang. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita memilih obat sakit gigi alami yang sudah banyak dibuktikan mampu mengobati sakit gigi dengan efektif. Selain itu, obat sakit gigi tradisional lebih aman digunakan dalam jangka panjang.

Berikut ini kami telah siapkan beberapa bahan alami yang dapat anda lakukan sebagai Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional Dan Alami, yaitu :

  1. Daun Sirih dan Cengkeh

Caranya yaitu : Ambil beberapa daun sirih dan cengkeh secukupnya, lalu rebus kedua bahan alami tersebut dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah itu, angkan dan dinginkan. Gunakan air rebusan daun sirih dan cengkeh tersebut untuk berkumur.

  1. Bawang Putih

Caranya yaitu : Ambil satu siung bawah putih, kupas kulitnya dan tumbuh hingga halus. Setelah itu, tempelkan bawang putih yang telah dihaluskan tadi pada gigi yang berlubang atau gigi yang sakit. Diamkan beberapa saat sampai rasa sakit gigi hilang, lakukan cara ini setiap kali terserang sakit gigi. Dengan rutin melakukan pengobatan tradisional ini, maka bakteri penyebab sakit gigi akan mati dan sakit gigi tidak akan menyerang kembali.

  1. Daun Inggu Kering

Caranya yaitu : Siapkan 2-4 gram daun inggu yang sudah dikeringkan, lalu rebus dengan 2 gelas air bersih hingga mendidih. Setelah itu angkat dan dinginkan, saring dan gunakan air rebusan daun inggu tersebut sebagai obat kumur beberapa kali dalam sehari.

  1. Minyak Batok Kelapa

Caranya yaitu : Siapkan setengan bagian dari batok kelapa dan kapas secukupnya, kemudian bakar batok kelapa tersebut hingga mengeluarkan minyak. Setelah itu, basahi kapas dengan minyak batok kelapa tersebut dan oleskan atau tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit, jangan kaget dengan reaksi yang dihasilkan dan dalam beberapa saat rasa sakit pada gigi akan hilang. Lakukan pengobatan tradisional ini sampai sakit gigi yang anda alami tidak kambuh lagi.

  1. Minyak Cengkeh

Caranya yaitu : Untuk mendapatkan minyak cengkeh anda bisa membelinya di apotik, cara penggunaanya yaitu dengan membasahi kapas dengan minyak cengkeh dan tempelkan pada gigi yang sakit. Diamkan sampai rasa sakit hilang, lalu bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat.

  1. Daun Cengkeh

Caranya yaitu : Ambil beberapa daun cengkeh secukupnya, lalu rebus dengan segelas air hingga mendidih dan berubah warna. Setelah itu, angkat dan biarkan hingga air rebusan hangat. Kemudian basahi kapas dengan air rebusan daun cengkeh tersebut, lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi anda hilang.

  1. Teh Hangat

Caranya yaitu : Buat satu gelas air teh hangat tanpa campuran gula, lalu gunakan air the hangat tersebut untuk berkumur beberapa kali sehari. Setelah itu, gunakan kantung teh celup bekas tadi dengan menempelkannya pada gigi atau gusi yang sakit selama beberapa menit untuk mengurangi efek peradangan pada gigi dan gusi.

  1. Cabe Rawit.

Caranya yaitu : Siapkan cabai rawit secukupnya, lalu haluskan dan seduh dengan air panas. Kemudian basahi kapas dengan air cabai rawit tersebut dan tempelkan pada gigi atau gusi yang sakit. Dalam beberapa saat, sakit gigi akan berangsur-angsur reda dan hilang.

  1. Getah Jarak

Caranya yaitu : Ambil getah jarak secukupnya saja, lalu teteskan pada gigi yang sakit atau pada gigi yang berlubang. Anda juga bisa gunakan kapas yang telah dibasahi dengan getah jarak, lalu menempelkannya pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit sampai rasa sakit hilang, lakukan cara ini setiap kali sakit gigi menyerang.

  1. Bunga Matahari

Caranya yaitu : ambil satu ruas jahe dan bunga matahari secukupnya, lalu rebus dengan dua gelas air bersih hingga mendidih dan air rebusan tersisa satu gelas saja. Setelah itu, angkat dan biarkan sampai air rebusan dari bunga matahari ini hangat. Setelah itu, minum air rebusan tersebut sampai habis selagi hangat. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai sakit gigi sembuh total.

  1. Asam Jawa

Caranya yaitu : Siapkan beberapa biji asam jawa, lalu sangrai hingga kering dan haluskan biji asam jawa tersebut menggunakan blender atau dengan cara di tumbuk. Setelah itu, seduh bubuk biji asam jawa tersebut dengan air panas seperlunya saja, lalu basahi kapas dan tempelkan pada gigi yang berlubang atau pada bagian gigi yang sakit. Dalam beberapa saat, rasa sakit pada gigi akan berangsur-angsur hilang.

  1. Biji Jarak Cina

Caranya yaitu : Siapkan satu butir biji jarak, jemur biji jarak cina hingga benar-benar kering dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, seduh dengan air panas dan aduk rata. Saring airnya, lalu gunakan ramuan tersebut untuk kumur-kumur.

  1. Air Garam

Di balik rasa-rasanya yang cukup asin, nyatanya garam dapat kita pakai sebagai obat sakit gigi alami. Garam memiliki kandungan yodium tinggi yang bisa menolong meredakan rasa ngilu atau nyeri pada gigi. Bahkan juga dengan pemakaian teratur, garam bisa menolong membunuh kuman/bakteri penyebabnya sakit gigi.

Langkah mengobati sakit gigi dengan air garam :

  • Sediakan garam sejumlah 3-4 sendok makan.
  • Larutkan garam tadi dalam satu gelas air hangat.
  • Aduk hingga terlarut dengan cara prima, lalu pakai untuk berkumur sepanjang 1 menitan.
  • Janganlah kunyah garam segera, sebab penyebarannya akan tidak hingga ke sela-sela gigi.

Catatan : hentikan penggunaan bila sakit gigi telah pulih. Sebab pemakaian garam terlalu berlebih bisa bikin gigi jadi keropos.

  1. Belimbing wuluh

Tahukah anda dengan belimbing wuluh? Ini yaitu satu diantara type buah belimbing yang mempunyai rasa cukup masam. Memanglah belimbing wuluh rasa-rasanya begitu tidak enak, namun malah ia memiliki kandungan antibakterial yang dapat menolong mengusir bakteri penyebabnya sakit gigi.

Langkah menyembuhkan sakit gigi dengan belimbing wuluh :

  • Sediakan belimbing wuluh 1-2 biji, tentukan yang belum masak.
  • Haluskan lewat cara menumbuknya. Lalu tempelkan ke ruang gigi yang sakit.
  • Diamkan sepanjang 10 menitan, lantas basuh dengan kumur memakai air hangat.
  • Apabila tidak sakit, anda juga dapat segera kunyah belimbing wuluh tadi.
  1. Jeruk nipis

Nipis sebenarnya masih tetap termasuk juga dalam keluarga buah jeruk. Hanya, rasa-rasanya cukup masam hingga begitu tidak sering yang mengkonsumsinya segera, paling-paling jeruk ini di buat berbentuk minuman juice. Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa antibiotik alami yang bisa meredakan sakit gigi berlubang akibat bakteri.

Langkah meredakan sakit gigi dengan jeruk nipis :

  • Siapkan 1 jeruk nipis yang masih tetap fresh, iris jadi dua sisi.
  • Peras dalam satu wadah, lantas berikan 1 sendok makan.
  • Berikan ke ruang gigi yang sakit sepanjang 10-15 menit.
  • Bila telah, berkumurlah dengan memakai air hangat hingga bersih.
  1. Lada/merica

Lada atau merica sangat baik untuk menolong menentramkan gigi peka. Ia memiliki kandungan senyawa anti peradangan yang cukup tinggi, hingga dapat menolong meredakan nyeri sakit gigi berlubang dengan cara alami. Baiknya pakai lada dengan cara teratur sehari-hari minimum satu kali supaya akhirnya optimal.

Langkah mengobati sakit gigi berlubang dengan lada :

  • Campur lada bubuk berbarengan dengan garam serta air hangat hingga membuat pasta.
  • Tempelkan pasta tadi ke ruang gigi berlubang sepanjang 30 menit.
  • Sesudah usai, berkumurlah dengan memakai air hangat hingga bersih.
  1. Biji alpukat

Tidak cuma biji asam jawa saja, namun anda juga dapat coba obat sakit gigi dari biji alpukat. Nyaris sama juga dengan biji asam jawa, biji alpukat ini cukup bermanfaat untuk meredakan rasa ngilu akibat radang di sekitaran gigi. Ini dapat jadi jalan keluar untuk anda yang tidak mempunyai biji asam jawa dirumah.

Langkah mengobati sakit gigi berlubang dengan biji alpukat :

  • Ambillah biji alpukat sekedarnya, lantas keringkan dibawah cahaya matahari.
  • Sangrai biji alpukat yang telah kering tadi. Lantas haluskan dengan menumbuknya.
  • Campur dengan air hangat serta sedikit garam, lantas berikan rata keseluruh sisi gigi berlubang.
  • Sesudah 30 menitan, anda dapat berkumur dengan air hangat hingga bersih.
  1. Daun jambu biji

Begitu tidak sering orang-orang yang tau kalau daun jambu biji dapat dipakai sebagai obat sakit gigi tradisional. Kandungan antibakterialnya yang cukup tinggi dapat menolong membunuh kuman penyebabnya sakit gigi berlubang. Diluar itu, daun jambu biji juga bermanfaat untuk menyingkirkan bau mulut.

Langkah menyembuhkan sakit gigi dengan daun jambu biji :

  • Tumbuklah daun jambu biji muda sejumlah 9 lembar.
  • Tempelkan ke ruang gigi berlubang sepanjang 1/2 jam.
  • Kemudian berkumurlah dengan memakai air hangat hingga bersih.
  • Saksikan akhirnya, saat ini sakit gigi anda telah hilang.
  1. Cabe rawit

Cabe memiliki kandungan senyawa capcaisin yang bisa menolong meredakan peradangan gigi. Walau rasa-rasanya lumayan pedas, namun cabe rawit bisa menolong menyembuhkan sakit gigi berlubang dengan cara alami. Upayakan janganlah konsumsi cabe rawit terlalu berlebih, sebab ia bisa bikin perut sakit serta diare.

Langkah menyembuhkan sakit gigi dengan cabe rawit :

  • Sediakan cabe rawit yang masih tetap berwarna hijau.
  • Tumbuk hingga halus, lantas campur dengan sedikit air panas.
  • Pakai untuk berkumur sepanjang 15 menit.
  • Kerjakan sampai sakit gigi betul-betul hilang.
  1. Serai

Untuk beberapa ibu rumah-tangga yang kerap masak, pasti telah tidak asing lagi dengan serai. Umumnya serai dipakai saat memasak olahan berbentuk sup. Daun ini dapat memberi aroma khas pada sup serta masakan kuah yang lain. Tetapi diluar itu, serai juga efisien untuk menyembuhkan sakit gigi serta menghindar ada pembengkakan gusi.

  • Langkah menyembuhkan sakit gigi berlubang dengan serai :
  • Sediakan sereh atau serai sejumlah 40 gr serta air panas 2 gelas.
  • Rebus berbarengan dengan 2 gelas air tadi hingga tersisa satu gelas saja.
  • Pakai untuk berkumur lebih kurang 15 menitan.
  • Terkecuali menolong menyembuhkan sakit gigi, serai nyatanya efisien untuk menolong memutihkan gigi dengan cara alami.
  1. Getah jarak

Getah jarak termasuk juga obat sakit gigi berlubang yang cukup banyak dipakai oleh orang-orang tempo dahulu. Getah pohon jarak memiliki kandungan antiseptik, antibakterial, serta antibiotik tinggi yang bisa membunuh bakteri penyebabnya sakit gigi berlubang.

Langkah menyembuhkan sakit gigi berlubang dengan getah jarak :

  • Sediakan pohon jarak yang masih tetap fresh, upayakan yang baru saja dipetik.
  • Teteskan getah jarak tadi ke sisi gigi berlubang hingga rata.
  • Diamkan sepanjang 30 menit, lantas berkumurlah dengan air hangat hingga bersih.

Bagaimana, cukup mudah membuat dan cara pengobatannya bukan?

Demikian ulasan yang dapat kami bagikan kepada para pembaca semua mengenai 21 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional Dan Alami, semoga ulasan yang telah kami paparkan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh ya 😀

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara efisien mengobati sakit gigi dengan kumur kumur
  • obat herbal batuk pilek apa

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

21 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami (Tradisional) | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: