9 Cara Mengurangi Mata Minus Rekomendasi Dokter

Cara Mengurangi Mata Minus

Cara Mengurangi Mata Minus

Cara Mengurangi Mata Minus – Khusus untuk anda yang menderita mata minus, maka mungkin anda sedang mencari cara untuk mengurangi mata minus agar kemampuan penglihatan anda kembali normal. Mata minus memang dapat membuat daya penglihatan kita terbatas, begitupun dalam melakukan aktivitas seperti bekerja dan olahraga. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan mengulas sedikit tips bagaimana cara mengurangi mata minus.

Namun sebelum kami mengulas topik utama, penting juga untuk anda ketahui beberapa hal yang dapat menyebabkan mata minus.

Berikut ini beberapa penyebab mata minus

  1. Faktor Etnis

Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa penderita mata minus terbanyak di dunia ditemukan di kawasan Asia yang mencapai 70-90%. Cukup jauh jika dibandingkan dengan beberapa kawasan sepeti Eropa yang hanya mencapai 30-40% dan Afrika hanya sebesar 10-20% saja.

  1. Faktor Genetik (keturunan)

Penyebab mata minus berikutnya yaitu disebabkan oleh faktor keturunan, dimana orang tua yang menderita mata minus akan dialami juga oleh keturunannya.

  1. Kebiasaan Buruk

Faktor penyebab mata minus lainnya juga bisa disebabkan oleh karena sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti membaca di ruangan yang gelap, membaca sambil tiduran, nonton tv jarak dekat dalam waktu lama, bekerja di depan komputer.laptop terlalu lama, memandang suatu objek dalam jangka waktu yang terlalu lama tanpa mengalihkan pandangan pada objek lain dan kurang mendapatkan nutrisi baik dalam jumlah yang cukup setiap harinya untuk mata.

  1. Penyakit

Terkadang penyebab mata minus juga dapat disebabkan oleh karena suatu jenis penyakit tertentu yang menyebabkan terjadinya penurunan daya penglihatan, misalnya saja jenis penyakit glukoma.

Cara Mengurangi Mata Minus

  1. Konsumsi Suplemen Mata

Cara mengurangi mata minus yang petama yaitu dengan memenuhi asupan nutrisi untuk mata, karena mata sangat membutuhkan asupan nutrisi seperti vitamin A, β-carotene, E, zinc dan masih banyak kandungan nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan mata. Untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian tubuh, maka tidak cukup hanya dari makanan sehari-hari saja tetapi harus didukung pula dengan pemberian suplemen multivitamin yang baik untuk tubuh dan kesehatan mata.

Makanan Sehat Untuk Mata sangatlah banyak. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya yaitu Wortel, Kol, Bayam, Alpukat, Tomat, Tiram, Telur, Ikan salmon dan masih banyak lagi jenis makanan sehat lainnya yang dapat membantu mengurangi mata minus. Sedangkan untuk suplemen vitamin yang baik untuk dikonsumsi yaitu suplemen kalsium dan vitamin A, suplemen zinc organik, suplemen β-carotene dan vitamin E.

  1. Hindari memakai kacamata minus jika memang tidak diperlukan

Ketika seseorang memakai kacamata, maka mata akan selalu terfokus dengan pusat lensa yang berada di bagian tengah kacamata, sehingga dapat menyebabkan otot mata menjadi kaku akibat dari kurangnya menggerakan bola mata untuk melihat ke arah lain. Coba anda perhatikan, seseorang yang memakai kaca mata akan lebih sering menggerakan leher mereka ketika akan melihat objek di sekelilingnya. Maka dari itu, dengan anda melepas kacamata mata dapat membantu menghilangkan ketergantungan terhadap kacamata.

  1. Membiasakan untuk memandang objek dari jarak jauh, terutama yang berwarna hijau

Dengan sering melihat objek dari jarak jauh terutama yang berwarna hijau akan sangat baik untuk mata. Maka dari itu, cobalah sesekali untuk pergi ke daerah pegunungan untuk melihat pemandangan alam yang hijau. Jika tidak memungkinkan, sebagai gantinya anda bisa memandang objek yang berjarak cukup jauh untuk mengistirahatkan otot bola mata anda.

  1. Sering melihat benda yang bergerak

Cara mengurangi mata minus berikutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan sering melihat benda-benda yang bergerak seperti melihat mobil di jalan raya. Jika kurang tertarik, sebagai gantinya anda bisa mengikat bola pingpong dengan seutas benang, kemudian ayunkan dan ikuti bola pingpong tersebut dari jarak yang cukup jauh.

  1. Mengistirahatkan Mata

Jika tuntutan pekerjaan mengharuskan anda menatap layar komputer seharian, maka pastikan anda juga menyempatkan waktu untuk mengistirahatkan mata anda minimal selama 15 menit. Caranya yaitu, anda bisa mengalihkan pandangan mata anda ke arah luar jendela atau dengan melihat pepohonan yang berwarna hijau. Cara ini sangat efektif untuk mencegah mata minus semakin tinggi.

  1. Lakukan Senam Mata

Melakukan senam mata memang cara yang sangat tepat untuk melatih otot-otot mata anda agar tetap lentur. Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk membantu mengurangi mata minus dengan cepat dan paling direkomendasikan oleh para dokter spesialis mata.

Cara melakukan senam mata cukup mudah, ikuti langkah-langkahnya seperti berikut :

  • Pertama-tama arahkan pandangan lurus ke depan, lalu gerakan bola mata anda ke arah atas secara perlahan dan tahan selama kurang lebih 10 detik.Setelah itu, arahkan bola mata anda kembali ke tengah dan tahan selama 10 detik.
  • Kemudian arahkan bola mata ke bawah dan tahan selama 10 detik, lalu kembalikan ke posisi tengah dan tahan lagi selama 10 detik.
  • Lakukan gerakan yang sama ke arah kiri dan kanan.
  • Lakukan gerakan bola mata memutar dari arah kiri ke kanan, lakukan sebanyak 2 kali putaran. Lakukan juga gerakan memutar ini dari arah sebaliknya yaitu dari kanan ke kiri sebanyak 2 kali putaran.
  • Kemudian istirahatkan bola mata anda dengan melakukan tehnik eye palming.
  • Lakukan senam mata ini secara rutin dan teratur setiap pagi sebelum anda melakukan aktivitas di depan komputer.
  1. Istirahatkan mata anda dengan melakukan tehnik eye palming

Teknik ini bisa anda lakukan secara rutin kapan saja dan dimana saja. Caranya sangat mudah, yaitu :

  • Pertama-tama gosok-gosokan kedua telapak tangan anda sampai telapak tangan terasa agak panas.
  • Kemudia tutup kedua mata anda dengan telapak tangan dan pastikan kedua telapak tangan anda tidak menekan bola mata anda, usahakan juga tidak ada cahaya yang masuk.
  • Lakukan tehnik eye palming ini beberapa kali sampai mata anda terasa lebih rileks.
  1. Kompres mata dengan air hangat

Mengkompres mata dengan air hangat adalah salah satu cara mengurangi mata minus yang cukup efektif, asalkan cara ini dilakukan secara rutin setiap hari. Hal ini bertujuan untuk membuat otot-otot mata menjadi lebih rileks setelah lelah beraktivitas.

Caranya yaitu :

  • Siapkan 1 mangkuk air hangat.
  • Kemudian basahi handuk bersih dan lembut dengan air hangat, lalu peras sampai kering.
  • Setelah itu, tempelkan handuk tersebut pada kelopak mata anda sambil berbaringdan diamkan sampai rasa hangat hilang.
  • Ulangi tehnik ini beberapa kali, khasiatnya bisa langsung anda rasakan.
  1. Operasi Lasik

Jika semua cara diatas sudah anda lakukan dengan benar namun tidak membuahkan hasil yang baik, maka tindakan terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan operasi lasik. Namun sebelum mengambil keputusan untuk melakukan operasi lasik, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter ahli, karena tindakan ini cukup beresiko dan biaya yang dibutuhkannya pun tidaklah sedikit.

Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengurangi mata minus, semoga tips diatas dapat bermanfaat dan membantu memberikan solusi terbaik untuk anda semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • herbal obat rendahkan batuk

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

9 Cara Mengurangi Mata Minus Rekomendasi Dokter | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: