Inilah Cara Menguruskan Badan Secara Alami

Cara Menguruskan Badan Secara Alami

Cara Menguruskan Badan Secara Alami – Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara menguruskan badan secara alami. Sebaiknya anda baca setiap bahasannya agar tidak terlewatkan mengenai apa saja penyebab naiknya berat badan dan bagaimana cara menurunkan berat badan yang bisa anda lakukan.

Memiliki tubuh ideal merupakan hal yang sangat diinginkan oleh kebanyakan orang. itu karena dengan memiliki tubuh yang ideal akan menunjang kepercayaan diri seseorang. Permasalahan mengenai berat badan ini sudah sangat umum ditemui pada kebanyakan orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Banyak hal yang menyebabkan berat badan naik secara tidak terkontrol. Salah satu penyebab berat badan naik adalah pola makan yang tidak teratur, kurangnya aktivitas yang dapat membakar kalori pada tubuh serta menumpuknya lemak yang ada dalam tubuh kita.

Pada tingkat yang lebih parah, naiknya berat badan secara tidak terkontrol akan menyebabkan kelebihan berat badan yang biasa dikenal dengan penyakit obesitas. Selain obesitas, kelebihan berat badan bisa saja dapat menimbulkan penyakit-penyakit lain diantaranya, diabetes, darah tinggi, dan penyakit lainnya yang sangat tidak kita inginkan.

Penyebab Berat Badan Naik

Pada kondisi tertentu banyak orang mengeluhkan kenapa mereka sulit untuk menurunkan berat badan mereka. Sudah bermacam-macam cara dilakukan untuk melangsingkan badan namun tetap saja tidak berhasil dan pada akhirnya membuat sebagian orang frustasi akan permasalahan susahnya menurunkan atau melangsingkan berat badan.

Bertambahnya berat badan biasanya disebabkan saat kalori yang dihasilkan dari makanan lebih banyak dibanding kalori yang dibakar oleh tubuh pada waktu melakukan aktivitas sehari-hari.

Kita perlu tau apa saja yang menjadi penyebab naiknya berat badan untuk menghindari sedini mungkin naiknya berat badan yang tidak terkontrol. Lalu hal apa saja yang bisa membuat berat badan naik? Dibawah ini adalah beberapa penyebab berat badan bisa naik:

1. Kurang Tidur

Terdapat beberapa hal yang menjadikan kurangnya tidur bisa menyebabkan berat badan naik, diantaranya pada saat kita kurang tidur, akan menyebabkan meningkatnya hormon yang ada dalam tubuh sehingga hal ini menyebabkan rasa lapar dan nafsu makan meningkat.
Hal tersebut akan mengakibatkan anda cenderung untuk mengkonsumsi makanan pada malam hari yang menyebabkan kalori pada tubuh semakin tertimbun.

2. Stres

Pada kondisi stres, membuat tubuh kita memproduksi hormon yang disebut hormon kortisol. Hormon kortisol merupakan hormon yang pada dasarnya menyebabkan nafsu makan meningkat sehingga kita akan makan dengan tidak terkontrol. Maka dari itu, usahakan untuk tidak makan makanan sembarangan yang bisa memicu naiknya berat badan.

3. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Jenis obat-obatan tertentu bisa menyebabkan naiknya berat badan jika kita konsumsi dalam jangka waktu panjang. Salah satunya adalah obat antidepresan. Ada juga jenis obat lainnya yang harus dihindari diantaranya obat sakit kepala, obat hipertensi, streoid.

4. Hipotiroid

Hipotiroid merupakan kondisi dimana kurangnya hormon tiroid pada tubuh yang menyebabkan efek kurang aktif pada tubuh. Gejala hipotiroid bisa ditandai dengan kondisi tubuh yang cepat lelah, letih dan lemas. Kondisi ini menyebabkan metabolisme tubuh menurun sehingga akan mengakibatkan berat badan naik karena kalori dalam tubuh tertimbun.

5. Sering makan pada malam hari

Terlalu sering makan pada malam hari juga bisa menyebabkan berat badan naik. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak dapat mencerna makanan secara sempurna pada waktu kita tidur. Hal ini menyebabkan kalori yang berasal dari makanan akan mengendap dalam tubuh kita. Disarankan untuk makan pada waktu yang ideal dan tidak sering makan pada malam hari.

6. Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis

Makanan atau minuman manis pada dasarnya memiliki kandungan kalori lebih banyak. Oleh sebab itu terlalu sering mengonsumsi makanan ataupun minuman manis bisa memicu meningkatnya berat badan kita.
Sebaiknya kita lebih banyak minum air putih daripada minum minuman manis yang selain bisa memicu naiknya berat badan, minuman manis juga tidak baik bagi kesehatan karena dapat memicu penyakit lain seperti diabetes.

Baca juga: 10 Sayuran diet untuk membakar lemak tubuh

Cara Menguruskan Badan Secara Alami

Setelah kita tahu apa saja penyebab naiknya berat badan, kita juga harus mengetahui bagaimana cara menguruskan atau menurunkan berat badan. Konsep menurunkan berat badan atau melangsingkan badan adalah kalori yang dibakar pada tubuh harus lebih besar dibanding dengan kalori yang masuk pada tubuh melalui makanan yang kita konsumsi.

Berbagai macam cara menurunkan atau melangsingkan badan, ada yang dengan cara mengonsumsi obat-obatan tertentu dan ada juga menurunkan berat badan dengan cara diet sehat alami. Pada umumnya menguruskan badan dengan mengonsumsi obat-obatan justru tidak baik bagi kesehatan jika dilakukan pada jangka waktu yang panjang karena menimbulkan efek samping pada kemudian hari.

Sebaiknya kita melangsingkan badan dengan cara alami saja agar tidak menimbulkan efek samping yang lain. Berikut ini cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa anda lakukan

1. Atur Pola Makan

Mengatur pola makan merupakan hal pertama yang harus anda lakukan untuk menjaga berat badan tidak naik. Usahakan untuk mengatur jam makan secara teratur dan hindari kebiasaan makan terlalu malam karena pada malam hari metabolisme tubuh tidak bekerja dengan sempurna.

2. Mengonsumsi menu atau makanan diet sehat

Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap reaksi pada tubuh. Jika kita makan makanan yang sembarangan atau kurang sehat seperti makanan yang berkolesterol atau berkalori tinggi tentu ini tidak baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.
Usahakan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan berprotein seimbang. Pilih makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuh anda. Usahakan hindari makanan yang berlemak, berkolesterol tinggi serta berkalori tinggi.

3. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur bermanfaat untuk menguruskan badan karena dengan berolahraga akan membakar kalori yang dihasilkan oleh makanan yang kita konsumsi. Jika kalori yang masuk dapat berkurang dengan olahraga secara teratur, maka berat badan akan tetap terjaga.
Pilih olahraga yang anda sukai agar anda senang untuk melakukannya secara teratur.

4. Minum Air Putih secara teratur

Minum air putih secara teratur memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh kita, air putih juga membantu dalam proses penurunan berat badan. Hal ini karena air putih bermanfaat membuat hidrasi sel-sel pada tubuh meningkat sehingga akan membantu proses metabolisme pada tubuh.
Disarankan untuk minum air putih sedikitnya 8 gelas setiap hari.

5. Atur Porsi makan anda

Untuk menurunkan berat badan, sebaiknya anda mengatur porsi makan anda. Jangan mengonsumsi makanan dengan porsi yang terlalu berlebihan. Ini untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh kita untuk menjaga berat badan tetap ideal.

6. Mengonsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Dalam buah memiliki banyak kandungan berbagai vitamin serta serat yang bermanfaat untuk membantu dalam proses metabolisme tubuh. Konsumsi buah dan sayuran secara teratur sebagai pengganti cemilan agar kalori yang masuk dalam tubuh tetap terjaga.

Kesimpulan

Untuk menguruskan badan atau menurunkan berat badan secara alami, usahakan untuk memperhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang dibakar oleh tubuh. Usahakan untuk olahraga secara teratur untuk membakar kalori dalam tubuh dan konsumsi makanan yang baik bagi kesehatan.

Inilah Cara Menguruskan Badan Secara Alami | Admin | 4.5
error: