18 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

cara meningkatkan daya tahan tubuh

img : en.wikipedia.org

18 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh – Tubuh manusia secara umum memiliki sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh yang memiliki fungsi melawan berbagai macam penyakit yang mencoba menyerang tubuh. Namun, ada kalanya sistem daya tahan tubuh menurun yang disebabkan berbagai hal. Sehingga membuat tubuh cenderung rentan terserang berbagai penyakit ringan seperti demam, batuk, pilek dan lain-lain.

Untuk memperkuat sistem imun tubuh secara alami dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu yang pertama dengan olahraga atau latihan secara teratur. Sedangkan yang kedua adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis bahan makanan.

Pada artikel kali ini, akan dibahas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan beberapa langkah sederhana dan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang berkhasiat memperkuat sistem imun tubuh.

Lalu, bagaimana langkah-langkah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Dan apa saja jenis makanan yang bisa kita konsumsi sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh? Untuk itu, simak bahasannya dibawah ini

18 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami Paling Ampuh dan Cepat

Banyak manfaat apabila kita memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Tubuh akan lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan sistem imun akan melawan benda asing yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan makanan yang bisa anda konsumsi untuk membantu meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh:

1. Konsumsi Bawang Putih

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami dengan Bawang putih memiliki sifat sebagai antibiotik dan antioksidan yang dapat membuat daya tahan tubuh lebih kuat. Bawang putih memiliki manfaat menjaga kesehatan tubuh diantaranya seperti melancarkan sirkulasi darah, meregulasi hormon, dan manfaat-manfaat lainnya.

Pada bawang putih mengandung senyawa yang bernama allicin, yang memiliki fungsi sebagai anti bakteri dan antivirus. Bawang putih memiliki fungsi yaitu merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih ini berperan memerangi kuman penyebab penyakit. Anda dapat mengonsumsi bawang putih dengan menambahkannya pada beberapa menu makanan anda sehari-hari.

2. Konsumsi Yogurt

Yogurt adalah salah satu minuman hasil olahan dari fermentasi dari susu. Yogurt memliki kandungan lactobacillus. Zat ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu memerangi infeksi serta kanker.

Pada yogurt juga terdapat probiotik yakni jenis bakteri baik yang memiliki manfaat untuk melawan kuman yang ada pada saluran usus manusia. Sehingga yogurt sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan usus kita. Yogurt juga memliki manfaat lain yaitu membuat jumlah sel darah putih meningkat sehingga mampu menekan infeksi. Hal ini menyebabkan seseorang yang rutin mengonsumsi yogurt akan memiliki sistem imun yang lebih baik.

3. Konsumsi Jahe

Tanaman herbal jahe memiliki banyak sekali manfaat dalam dunia kesehatan. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan minuman yang menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia karena jahe menetralisir racun pada tubuh kita. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan dijadikan minuman sekaligus bermanfaat menghangatkan tubuh anda.

4. Konsumsi Sayuran Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang banyak memiliki manfaat salah satunya membantu memperkuat sistem imun. Pada bayam memiliki kandungan folat yang berguna untuk mencegah kerusakan pembuluh darah. Hal ini membuat kekebalan tubuh lebih baik. Kandungan folat yang ada pada bayam berfungsi menghasilkan sel-sel baru pada tubuh. Bayam memiliki beberapa kandungan diantaranaya seperti antioksidan, serat, vitamin C, serta yang lainnya. Anda dapat menambahkan sayuran bayam pada menu makanan anda untuk membantu menginkatkan sistem pertahanan tubuh.

5. Konsumsi Jamur

Tidak semua jenis jamur dapat dikonsumsi. Hanya beberapa jenis jamur dapat dikonsumsi, salah satu contoh jamur yang dapat dimakan adalah jamur tiram. Pada jamur memiliki kandungan vitamin D. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa kandungan vitamin D pada jamur berguna untuk membantu menurunkan resiko terserang kanker prostat. Anda bisa mengonsumsi jamur sebagai alternatif makanan untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

6. Konsumsi Buah Lemon

Tubuh membutuhkan asupan vitamin untuk daya tahan tubuh. Buah lemon merupakan salah satu buah yang menjadi sumber vitamin C. kandungan vitamin C ini berguna untuk membantu menekan berbagai jenis virus serta bakteri yang dapat membahayakan tubuh kita. Lemon juga bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu mengurangi radikal bebas pada tubuh. Anda dapat mengonsumsi lemon dalam bentuk jus lemon yang sangat menyegarkan.

7. Konsumsi Sayuran Brokoli

Sayuran selanjutnya yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah brokoli. Pada brokoli memiliki beberapa kandungan diantaranya seperti vitamin A, vitamin C serta glutathione. Anda dapat menambahkan sayuran hijau brokoli dalam menu makanan anda untuk membantu daya tahan tubuh meningkat.

8. Konsumsi Madu

Madu memiliki berbagai khasiat bagi tubuh sehingga tidak heran jika madu sudah sejak dahulu banyak dimanfaatkan orang-orang dalam berbagai campuran obat tradisional untuk menjaga kesehatan tubuh. Madu memiliki manfaat sebagai antibiotik, selain itu madu juga bersifat antiseptik. Sehingga hal ini membuat madu bermanfaat untuk menjaga sistem daya tahan tubuh manusia.

9. Konsumsi Buah Berry

Buah berry memiliki beberapa jenis atau macam diantaranya seperti rasberry dan blueberry. Pada buah berry ini memiliki kandungan yang bersifat antioksidan sehingga baik untuk membantu sistem kekebalan tubuh anda. jenis buah berry seperti blueberry juga baik dikonsumsi karena memiliki kadar gula yang lebih rendah daripada jenis buah lainnya.

10. Konsumsi sayuran Kubis

Kubis merupakan salah satu sayuran yang mengandung glutamin yang tinggi. Senyawa glutamin merupakan jenis asam amino esensial. Jenis asam amino ini tidak dihasilkan pada tubuh manusia. Sehingga kita dapat mengonsumsi kubis untuk mendapatkan asupan kandungan tersebut.

11. Konsumsi Ikan

Beberapa jenis ikan kaya akan kadnungan omega 3 nya bagus untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya seperti ikan tuna dan ikan salmon yang dikenal banyak mengandung omega 3 yang tinggi. Kandungan omega 3 asam lemak pada ikan ini memiliki fungsi untuk membantu membuat sistem daya tahan tubuh meningkat. Anda bisa menambahkan ikan salmon ataupun ikan tuna pada menu lauk makanan anda sehari-hari.

Baca Juga:

Tips meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh

Beberapa hal sederhana bisa anda lakukan untuk membantu menjaga sistem pertahanan tubuh anda. berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu menjaga daya tahan tubuh:

1. Banyak Minum Air Putih

Tubuh manusia terdiri dari 70 persen air. Usahakan untuk selalu minum air putih rutin secara teratur untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh. Mengonsumsi air putih secara teratur dapat membantu membersihkan tubuh secara alami dari dalam tubuh.

2. Konsumsi buah-buahan dan sayuran secara teratur

Tubuh memerlukan asupan vitamin untuk daya tahan tubuh. Asupan vitamin dapat kita dapatkan dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran segar yang bisa kita temui. Beberapa jenis buah-buahan seperti buah lemon, buah berry, buah jeruk dan yang lainnya memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk membantu menjaga daya tahan tubuh kita.

3. Hirup udara segar dan terbuka

Usahakan untuk menghirup udara segar. Udara segar dapat membantu memenuhi kebutuhan oksigen pada otak dan tubuh kita. Sebaiknya untuk menghirup udara pada pagi hari, karena biasanya pada pagi hari udara masih terasa segar dan bersih.

4. Olahraga secara teratur
olahraga cukup dan teratur membantu metabolisme pada tubuh. Olahraga membantu tubuh menjadi lebih bugar dan segar. Usahakan untuk olahraga secara teratur dan cukup untuk membantu menjaga kesehatan anda.

5. Konsumsi asupan protein

Tubuh manusia juga membutuhkan asupan protein. Protein memiliki fungsi yang cukup penting sebagai zat untuk membangun tubuh. Anda bisa memenuhi asupan protein dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan sumber protein diantaranya seperti telur, susu, jenis kacang-kacangan, daging dan makanan sumber protein yang lainnya.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Kekurangan istirahat akan membuat tubuh menjadi kurang sehat dan fit. Istirahat yang dianggap paling sempurna adalah tidur. Usahakan untuk istirahat secara cukup untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

7. Hindari Stres

Terlalu banyak pikiran atau juga stres bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Hal ini karena stres bisa merusak sistem kekebalan tubuh sehingga lebih rentan terserang berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Saat mengalami stres membuat otak memicu hormon adrenalin serta kortisol. Hormon adrenalin membuat denyut jantung dan tekanan darah menjadi meningkat. Sedangkan kortisol membuat kadar gula dalam darah menjadi naik. Untuk itu, usahakan untuk menghindari terlalu banyak pikiran yang bisa memicu stres.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara meningkatkan daya tahan tubuh
  • cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami
  • meningkatkan daya tahan tubuh
  • cara meningkatkan kekebalan tubuh
  • cara meningkatkan imun tubuh secara alami
  • cara melatih daya tahan tubuh
  • cara menjaga daya tahan tubuh
  • Obat alami untuk daya tahan tubuh
  • alami untuk daya tahan tubuh
  • cara menjaga kekebalan tubuh
  • cara agar daya tahan tubuh kuat
  • cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • cara meningkatkan imunitas tubuh
  • cara meningkatkan sistem imun
  • cara meningkatkan imun tubuh
18 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami | Admin | 4.5
error: