10 Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Darah Tinggi

Cara Menurunkan Darah Tinggi

Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Sehat-natural.com – Dengan anda mengikuti beberapa Cara Menurunkan Darah Tinggi yang akan kami paparkan, maka secara tidak langsung cara ini dapat membantu mengontrol tekanan darah anda dan sekaligus mengurangi resiko penyakit jantung. Bagi anda yang telah didiagnosa menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, mungkin anda sering merasa khawatir dan bingung pengobatan seperti apa yang harus anda lakukan.

Metode pengobatan apapun yang anda lakukan, namun anda tidak memiliki keasadaran untuk melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat, maka hasil pengobatan yang anda lakukan akan sia-sia. Karena sebenarnya, penyakit darah tinggi itu tidak bisa disembuhkan, tetapi kita dapat melakukan upaya untuk mengontrol dan menjaga agar tekanan darah tidak kembali meningkat.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi? Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan dibawah berikut ini.

Cara Menurukan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu :

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang mengidap penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dan memiliki berat badan berlebih, maka langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan cara menurunkan berat badan terlebih dahulu. Umumnya, peningkatan tekanan darah tinggi akan disertai dengan terjadinya peningkatan berat badan. Dengan menghilangkan sekitar 4.5 kg berat badan akan dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh anda.

cara menambah berat badan secara alami

Secara umum, semakin banyak anda kehilangan berat badan, maka cara ini semakin efektif untuk menurunkan tekanan darah anda. Selain itu, anda juga harus memperhatikan tumpukan lemak pada lingkar pinggang anda. Hal ini dikarenakan, semakin banyak tumpukan lemak pada lingkar pinggang anda tentunya resiko peningkatan tekanan darah tinggi pun semakin besar.

  1. Olahraga Secara Rutin Dan Teratur

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan bagi anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi yaitu dengan rajin menjalani aktivitas olahraga secara rutin dan teratur setiap hari, setidaknya sempatkanlah waktu antara 30 menit sampai dengan 60 menit setiap harinya untuk berolahraga. Asalkan dilakukan dengan konsisten, maka tidak butuh waktu lama untuk melihat perubahan yang teradi pada tubuh anda. Bagi anda yang tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka dengan olahraga teratur setiap hari dapat mencegah anda mengalami hipertensi.

Berolahraga

Berolahraga

Sementara bagi anda yang sudah didiagnosa memiliki tekanan darah tinggi, maka dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah hingga ke batas normal. Hal penting yang harus anda perhatikan dalam berolahraga yaitu angan terlalu memfokuskan pada latihan dalam satu atau dua hari saja, karena dengan terlalu memaksakan tubuh untuk bekerja terlalu keras bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda sendiri. Lakukanlah olahraga secara rutin dan teratur sesuai kemampuan, lakukan aktivitas olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda atau jogging.

  1. Konsumsi Makanan Sehat Bernutrisi
Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, maka sangat disarankan agar anda lebih sering mengkonsumsi makan sehat dan bernutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat dan aman. Beberapa jenis makanan yang sangat disarankan bagi penderita penyakit hipertensi yaitu seperti biji-bijian, aneka buah-buahan, sayuran dan uga produk susu yang rendah lemak.

Untuk merubah pola makan memang tidaklah mudah, karena harus dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, anda bisa memasukan sedikit demi sedikit menu makanan sehat yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi setiap harinya. Lama kelamaan anda akan mulai terbiasa dan anda bisa tingkatkan jumlah makan sehat tersebut, sehingga makanan sehat tersebut bisa menjadi menu makan utama anda setiap harinya.

  1. Batasi Asupan Natrium Dari Makanan

makanan-kekebalan-tubuh

Dengan membatasi asupan makanan yang mengandung natrium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi antara 2 hingga 8 mm Hg, maka sebaiknya batasi asupan natrium sekitar 2.300 mg setiap harinya.

  1. Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol

Minuman beralkohol

Kandungan alkohol pada minuman dapat berpengaruh baik dan uga bisa buruk bagi kesehatan tubuh anda. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit dapat bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah tinggi antara 2 samoai dengan 4 mm Hg, namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan manfaat atau efek baik dari alkohol tersebut akan hilang dan malah akan berdampak buruk bagi kesehatan. Mseki demikian, sebaiknya anda tidak menggunakan cara ini untuk menurunkan tekanan darah, karena efek buruknya lebih besar dari manfaatnya.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok
Merokok

Merokok

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa merokok tidaklah baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan, kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dan produk tembakau lainnya dapat memicu terjadinya peningkatan tekanan darah hingga 10 mm Hg atau bahkan lebih setiap kali anda merokok.dengan merokok sepanang hari, maka tekanan darah pada tubuh anda akan semakin meningkat dan bahkan bisa meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung. Meskipun anda tidak merokok, sebaiknya hindari asap rokok dari orang lain, karena bahayanya sama saja dengan anda merokok dan bahkan bisa lebih parah.

  1. Batasi Minuman Berkafein
Minuman Berkafein

Minuman Berkafein

Meskipun peran dari kafein terhadap peningkatan tekanan darah tinggi masih dalam perdebatan, namun telah banyak dilakukan penelitian bahwa minuman berkafein dapat memicu resiko peningkatan tekanan darah tinggi. Hanya saa belum ada penelasan secara pasti apakah efek dari kafein ini bersifat sementara atau dapat bertahan lama.

  1. Hindari Stres

Sakit Kepala Belakang

Seseorang yang sering stres atau merasakan cemas yang berlebihan sangat beresiko mengalami peningkatan terhadap tekanan darah. Maka dari itu, untuk mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi sebaiknya anda bisa mengontrol diri anda agar tidak mengalami stres atau perasaan cemas berlebih. Jika memang anda merasa sulit untuk menghilangkan bebas pikiran yang sering membuat anda merasa stres, maka dengan meluangkan waktu untuk tidur setidaknya dapat membantu menadikan tubuh anda lebih rileks. Anda uga bisa mengalihkan pikiran anda dengan cara yang lebih sehat yaitu dengan melakukan olahraga, melakukan pernafasan atau dengan pijat refleksi.

  1. Minta Dukungan Kepada Keluarga dan Teman Dekat
cara meningkatkan daya tahan tubuh

img : en.wikipedia.org

Dukungan dari keluarga dan teman-teman dekat anda memang dapat membantu anda untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda. Setidaknya keluarga dan teman akan mendorong anda untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter, menemani anda untuk berolahraga dan juga dapat membantu mengontrol asupan makanan makanan sehat setiap harinya. Oleh karena itu, cobalah ajak keluarga dan teman-teman anda berbicara mengenai bahaya hipertensi.

  1. Melakukan Pengobatan Alami
Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Ada banyak sekali obat darah tinggi herbal yang efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, ada obat herbal yang bisa anda buat sendiri dirumah dan ada juga obat herbal yang dijual bebas dipasaran. Namun sebelum anda memutuskan untuk melakukan pengobatan menggunakan obat herbal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan mintalah saran atau rekomendasi obat herbal aopa yang cocok untuk anda.

Itulah sedikit ulasan kesehatan mengenai cara menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa kami sampaikan, semoga ulasan yang kami paparkan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua.

Sampai jumpa lagi pada ulasan kesehatan lainnya dan semoga lekas sembuh.

kata untuk mencari artikel ini:
  • gigi putih
  • cara alami menurunkan darah tinggi

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: