10 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Cara Menurunkan Gula Darah

Cara Menurunkan Gula Darah

10 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami – Kadar gula darah yang terlalu tinggi merupakan suatu tanda jika anda beresiko menderita penyakit diabetes. Kadar glukosa dalam darah sangat sulit untuk dikontrol oleh mereka yang sudah terdiagnosa menderita diabetes, ini dikarenakan tubuh mereka sudah tidak mampu lagi untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Dengan demikian, kadar glukosa dalam darah pun akan berubah menjadi racun yang dapat memicu terjadinya kerusakan organ di dalam tubuh.

Penyebab utama seseorang menderita penyakit diabetes yaitu sering kali disebabkan oleh faktor gaya hidup dan juga hormon, karena kedua faktor tersebut dapat memicu terjadinya peningkatan kadar gula darah secara berlebihan. Sebenarnya glukosa sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi, namun jika jumlahnya terlalu berlebihan justru dapat menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu, bagi anda yang belum mengalami diabetes untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat serta konsumsi makanan sehat pencegah diabetes. Namun bagi anda yang sudah terlanjur menderita diabetes, maka anda bisa melakukan upaya untuk menurunkan gula darah dan mengontrol gula darah agar tidak kembali naik.

Bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Berikut ini beberapa hal yang penting untuk anda lakukan untuk menurunkan gula darah berlebih, yaitu :

  1. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Dengan sering melewatkan sarapan pagi kerap menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan lambung dan juga sistem pencernaan, karena kadar glukosa dalam darah dapat meningkat akibat dari jarangnya sarapan pagi. Melewatkan jam sarapan pagi memang sering dianggap tidak begitu penting sehingga sering dianggap sepele, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas padat.

Pada saat perut terasa lapar, maka kadar glukosa dalam darah yang dilepaskan oleh organ hati dan dijadikan sebagai bahan bakar sehingga jika dibiarkan dalam jangka waktu lama produksi gula darah akan meningkat secara signifikan. Untuk itu, mulai sekarang jangan lewatkan sarapan dan sarapan dengan menu makanan sehat seperti roti gandum dan segelas jus tanpa gula.

  1. Batasi Konsumsi Makanan Manis

Bagi anda yang memiliki kadar gula darah yang terlalu tinggi, maka sebaiknya anda membatasi konsumsi makanan-makanan manis. Hal ini dikarenakan, makanan manis dapat memperburuk kondisi kesehatan bagi penderita diabetes. Untuk itu, batasi asupan gula dengan mengurangi makanan manis agar kadar gula darah anda dapat terkontrol dengan baik dan gula darah pun akan berangsur-angsur turun hingga ke batas normal.

  1. Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama bagi anda yang menderita penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan, dengan rajib berolahraga dapat membantu menurunkan kadar glukosa berlebih dalam tubuh. Olahraga yang baik untuk penderita diabetes yaitu seperti jogging, lari pagi, bersepeda, senam dan olahraga ringan lainnya. Jalankan aktivitas olahraga ini secara rutin setiap hari minimal 30 menit perhari.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara menurunkan gula darah berikutnya yaitu dengan mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih. Minum air putih ternyata sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar glukosa berlebih dalam tubuh, bahkan dengan minum air putih yang cukup setiap harinya dapat membantu menetralisir zat-zat yang bersifat racun dalam tubuh akibat kadar glukosa yang terlalu tinggi. Pastikan anda minum air putih minimal sebanyak 8 gelas perhari.

  1. Istirahat Cukup

Bagi anda yang memiliki aktivitas pekerjaan yang cukup padat, sebaiknya hindari tidur terlalu larut malam. Hal ini dikarenakan, terlalu sering tidur larut malam dapat memicu lonjakan kadar gula darah dalam tubuh. Maka dari itu, biasakan untuk tidur lebih awal agar tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup minimal 8 jam per hari pada malam hari. Jika memungkinkan, usahakan agar anda tidur siang minimal 30 menit setiap harinya.

Obat Penurun Gula Darah Tinggi

Selain dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari seperti diatas, cara menurunkan gula darah secara alami juga bisa dilakukan dengan beberapa jenis ramuan obat tradisonal berikut ini :

  1. Kayu Manis

Salah satu manfaat kayu manis untuk kesehatan yaitu terbukti efektif untuk menurunkan gula darah berlebih pada penderita diabetes, karena kandungan zat yang terdapat pada kayu manis cukup ampuh untuk merangsang produksi insulin kembali normal dan akhirnya jumlah gula darah pun akan berangsur-angsur menurun dengan rutin minum ramuan obat tradisional dari kayu manis ini.

Cara membuat ramuannya, yaitu :

Pertama-tama siapkan 1 sendok teh bubuk kayu manis, lalu seduh dengan segelas air panas dan aduk-aduk. Setelah itu, minum ramuan kayu manis tersebut selagi hangat sampai habis. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur minimal 1 gelas perhari sampai gula darah anda kembali ke batas normal. Jika anda tidak suka dengan rasanya, anda bisa menambahkan 1 sendok makan madu murni, karena meskipun rasanya manis madu aman untuk penderita diabetes.

  1. Bawang Putih

Pastinya anda semua sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis bumbu dapur yang satu ini. Dibalik aromanya yang sangat khas, bawang putih juga ternyata sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan gula darah dengan cepat dan aman bagi penderita diabetes. Cara menurunkan gula darah tinggi dengan bawang putih sangat mudah, anda hanya perlu mengkonsumsi ½ siung bawang putih setiap hari atau bisa juga dengan memperbanyak tambahan bawang putih pada setiap masakan yang akan anda makan.

  1. Minum Teh Hijau

Di dalam teh hijau mengandung senyawa antioksidan dan juga hipoglikemik yang sangat kuat, kedua kandungan yang terdapat pada teh hijau tersebut dpat bekerja dengan mengendalikan proses pelepasan kadar glukosa dalam darah. Dengan demikian, produksi insulin akan kembali normal dan gula darah pun akan menurun hingga ke batas normal. Untuk mendapatkan khasiat dari teh hijau ini, sebaiknya minum secangkir teh hijau hangat pada pagi dan malam hari secara rutin setiap hari.

  1. Konsumsi Daun Kelor

Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah tinggi dengan cepat, karena kandungan zat yang terdapat pada daun kelor ini mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan menjadikan proses pemecahan makanan menjadi lebih lambat, sehingga dapat mengurangi penyerapan glukosa pada makanan.

Cara membuat ramuannya yaitu, siapkan dau kelor beberapa lembar dan cuci sampai bersih. Setelah itu, tumbuk sampai mendapatkan ekstrak dari daun kelor tersebut. Lalu makan ramuan tersebut pada saat perut dalam keadaan kosong di pagi hari. Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari sampai kadar gula darah stabil.

  1. Konsumsi Daun Kemangi

Dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi sebanyak beberapa lembar setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah berlebih, karena pada daun kemangi mengandung zat antioksidah yang cukup tinggi dan juga mengandung minyak esensial yang dapat membantu tubuh memproduksi eugenol, metil eugenol dan juga caryophyllene. Selain itu, rutin mengkonsumsi daun kemangi setiap hari juga dapat membantu kerja dari sel-sel beta-pankreas menjadi semakin optimal, sehingga dapat merangsang peningkatan produksi insulin.

Demikian informasi mengenai cara menurunkan gula darah secara alami yang bisa anda coba dirumah, namun disamping melakukan pengobatan tradisional diatas anda juga perlu melakukan pemeriksaan kadar glukosa secara berkala untuk memantau perkembangannya.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara mengatasi gula dalam tubuh yang berlebihan
  • cara mengatasi gula darah Anda
  • cara mengatasi kadar gula yg berlebihan
  • cara menurun kan gula
  • cara menurunkan gula darah secara alami

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: