9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol Tinggi

9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami – Kolesterol adalah masalah kesehatan yang cukup serius yang dapat menyerang siapa saja di era modern seperti sekarang ini. Sebenarnya, semua orang memiliki kadar kolesterol hanya saja jumlahnya yang berbeda-beda. Kolesterol sendiri terdiri dari dua tipe yaitu kolesterol jahat (LDL) dan juga kolesterol baik (HDL), jika kolesterol jahat jumlahnya lebih tinggi dari kolesterol baik dapat memicu berbagai masalah kesehatan yang serius seperti menyebabkan penyakit jantung dan juga stroke. Hal ini dikarenakan, pembuluh darah akan mengalami penyempitan dan membuat jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah menuju ke seluruh organ di dalam tubuh.

Meski demikian, kadar kolesterol jahat yang tinggi masih bisa diturunkan agar jumlahnya tidak melebihi kadar kolesterol baik. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi, merubah gaya hidup yang lebih sehat dan imbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat penurun kolesterol menjadi salah satu cara paling efektif yang bisa anda lakukan.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Bagi anda yang sudah terdiagnosa memiliki kolesterol tinggi, maka anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami seperti dibawah berikut ini.

  1. Cukupi Asupan Vitamin B3
Vitamin B3

Vitamin B3

Vitamin B3 yaitu salah satu kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang dikenal dengan sebutan Niasin, kandungan vitamin ini sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan sekaligus mengontrol kadar kolesterol jahat serta trigliserida. Selain dapat mengobati kolesterol tinggi, vitamin B3 juga sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi kadar kolesterol HDL di dalam tubuh. Untuk mendapatkan asupan vitamin B3 yang cukup, anda bisa minum vitamin yang bisa didapatkan di apotik atau dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin tersebut seperti ikan, daging sapi, daging ayam, hati, alpukat, kacang-kacangan, brokoli dan biji bunga matahari.

  1. Melakukan Diet Serat Pangan
Diet Mayo

Diet Mayo

Diet Serat Pangan merupakan salah satu cara untuk membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dengan perbanyak konsumsi makanan berserta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 5%. Ada banyak sekali jenis makanan yang kaya akan kandungan serat, beberapa diantaranya seperti oatmeal, jagung, pepaya, alpukat, brokolu, beras merah, buah pir, tomat, kacang-kacangan dan masih banyak lagi jenis makanan lain yang mengandung serat tinggi.

Meskipun banyak sekali jenis makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, namun masih banyak oarang yang belum mampu untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuhnya. Para ahli nutrisi sangat menyarankan agar tubuh penderita kolesterol membutuhkan asupan serat sebanyak 25-35 gram setiap harinya, namun pada kenyataannya kebanyakan orang hanya mampu memenuhi kebutuhan serat hariannya sekitar 12% saja.

  1. Olahraga Secara Rutin dan Teratur
Berolahraga

Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan setiap hari, meski melelahkan tetapi aktivitas fisik ini sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Cara terbaik untuk menurunkan kolesterol tinggi yaitu dengan meluangkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari secara rutin dan teratur. Jenis olahraga yang baik untuk dilakukan bagi penderita kolesterol tinggi yaitu seperti jogging, bersepeda, jalan kaki dan olahraga-olahraga ringan lainnya.

  1. Melakukan Diet Renda Lemak
Cara Diet Alami dan Sehat

Cara Diet Alami dan Sehat

Cara menurunkan kolesterol tinggi berikutnya yang bisa anda coba lakukan yaitu dengan melakukan program diet rendah lemak. Program diet ini sangat cocok diterapkan bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, mengingat berat badan berlebih menjadi salah satu faktor pemicu meningkatnya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Oleh karena itu, cobalah untuk berusaha menurunkan berat badan anda, maka seiring menurunnya berat badan akan ikuti dengan menurunnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Pada saat akan memulai menjalani program diet rendah lemak, maka anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak seperti ikan dan sayur-sayuran. Sebaiknyta hindari konsumsi makanan yang terbuat dari olahan daging merah dan juga kentang goreng, karena makanan tersebut memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi.

  1. Mengatur Pola Makan
Pola Makan Sehat

Pola Makan Sehat

Mengatur pola makan merupakan bagian dari langkah dalam merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, karena jika tanpa diimbangi dengan menerapkan pola makan dan hidup sehat setiap hari usha anda dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi tidak akan berhasil. Oleh karena itu, hindari konsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol, namun perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan instan atau siap saji, karena makanan-makanan tersebut merupakan pemicu dari meningkatnya kadar kolesterol paling tinggi.

  1. Batasi Konsumsi Makanan Berminyak
makanan sumber protein tinggi

img : wikipedia

Makanan berminyak seperti goreng-gorengan dan makanan sejenisnya  ternyata mengandung lemak jahat yang sangat tinggi, apalagi jika minyak yang digunakan sudah pernah di pakai beberapa kali. Selain dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dapat memicu peningkatan berat badan berlebih (Obesitas).

Sebagai gantinya, sebaiknya anda lebih memilih jenis makan yang masuk kedalam kelompok makanan 4 sehat 5 sempurna seperti sayuran, buah-buahan, daging, susu, telur dan masih banyak lagi jenis makanan sehat lainnya.

  1. Jangan Pernah Melewatkan Sarapan
Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Hamil

Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Hamil

Banyak orang yang sering melewatkan waktu sarapan pagi, padahal sarapan pagi sangat penting dan dapat menjadi sumber energi ketika mulai melakukan aktivitas. Manfaat sarapan pagi sangatlah banyak, selain dapat memberikan energi bagi tubuh saat beraktivitas juga dapat menunda keinginan untuk makan makanan berat sampai tiba waktunya jam makan siang. Dengan demikian, secara tidak langsung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh anda. Mulai dari sekarang, jangan oernah anda melewatkan sarapan pagi dan pilih menu sarapan pagi yang sehat dengan makanan penurun kolesterol tinggi seperti gandum dan sereal.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok

Bagi anda yang masih merokok, sebaiknya mulai dari sekarang hentikan kebiasaan buruk merokok, terutama bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi. Karena kandungan zat kimia yang terdapat pada rokok akan membuat kesulitan untuk menurunkan kadar kolesterol ke batas normal, bahkan bisa semakin tinggi sehingga dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

  1. Istirahat Cukup
Manfaat Tidur Tanpa Celana Dalam

Manfaat Tidur Tanpa Celana Dalam

Istirahat yang cukup menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi, karena dengan tidur cukup di malam hari dapat menjadikan tubuh lebih rileks dan tubuh akan kembali segar ketika bangun di pagi hari. Dengan tidak membiasakan diri untuk begadang hingga larut malam, maka kondisi kesehatan tubuh dan seluruh organ tubuh akan dapat berfungsi dengan baik karena mendapatkan jatah istirahat yang cukup ketika sedang tidur.

Tambahan :

Selain dengan menerapkan beberapa poin penting diatas dalam cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami, maka anda juga harus rutin memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter untuk mengetahui perkembangan kesehatan tubuh anda secara berkala serta mencegah hal-hal buruk yang mungkin bisa terjadi.

Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara bisa tinggi natural

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: