11 Cara Menurunkan Panas Demam Bayi dengan Cepat

Cara Menurunkan Panas pada Bayi

Cara Menurunkan Panas pada Bayi

11 Cara Menurunkan Panas Demam pada Bayi – Anak atau bayi yang mengalami panas pada tubuhnya sebenarnya itu adalah reaksi tubuh ketika terserang infeksi, kondisi ini merupakan hal wajar karena itu menandakan jika sistem kekebalan tubuh anak dapat bekerja dengan baik dengan memberikan sinyal pada suhu tubuh yang meningkat. Ketika anak mengalami panas, semua sel darah putih di dalam tubuh aka bekerja untuk melawan bakteri, virus dan juga sumber penyebab infeksi lainnya yang masuk ke dalam tubuh.

Meski demikian, para orang tua sering kali merasa khawatir anak mengalami panas apalagi jika masih usia bayi. Umumnya, gejala panas pada tubuh anak akan meningkat pada malam hari atau ketika anak bangun tidur. Untuk itu, bagi para orang tua sebaiknya jangan terlalu panik ketika anak anda terserang panas, karena itu menandakan jika anak anda memiliki tubuh yang sehat.

Cara Menurunkan Panas Pada Bayi

Untuk menurunkan panas anda, maka anda bisa mencoba beberapa tips cara menurunkan panas pada bayi dibawah berikut ini.

  1. Buatlah Suasana Kamar Sejuk Dan Nyaman

Ketika bayi terserang sakit panas, maka pastikan suasana di dalam kamar dibuat senyaman mungkin dan memiliki sirkulasi udara yang sejuk. Jika di kamar anda memiliki AC, nyalakan AC dengan temperatur yang cukup untuk membuat udara di dalam kamar terasa sejuk dan nyaman untuk bayi.

  1. Kenakan Pakaian Tipis Dan Nyaman

Ketika bayi atau anak terserang panas, biasanya tubuh mereka akan terasa dingin dan menggigil, sehingga tidak sedikit para orang tua yang kurang pahan sehingga orang tua memilih untuk memakaikan pakaian hangat dan tebal. Sebenarnya cara tersebut sangat keliru, justru anda harus memakaikan pakaian yang tipis dan nyaman pada anak atau bayi anda. Ini bertujuan agar suhu panas pada tubuh bayi bisa keluar dan sirkulasi udara pun menajdi lebih lancar.

  1. Banyak Minum

Jika usia bayi anda sudah lebih dari 6 bulan, maka berikan anak anda minum air pitih sesering mungkin untuk mencegah tubuh anak mengalami dehidrasi. Selain minum air putih, sering-seringlah berikan anak anda ASI atau susu formula. Dengan tercukupinya cairan ini dapat membantu melawan infeksi pada tubuh anak anda.

  1. Bawa Anak Keluar Kamar

Ketika terserang panas, jangan biarkan anak atau bayi anda seharian berbaring di dalam kamar. Sesekali bawa anak anda keluar kamar dan biarkan anak anda bermain di dalam ruangan yang lebih luas seperti di ruang keluarga. Jika anak terlalu lama berbaring di dalam kamar, maka tubuh akan akan menjadi kurang segar dan bisa menyebabkan anak mengalami sakit kepala. Meski demikian, jangan biarkan anak anda terlalu aktif bermain seperti berlari-lari atau jalan-jalan yang dapat membuat anak kelelahan.

  1. Berendam Di Dalam Air

Jika suhu tubuh pada anak anda terasa sangat panas, maka para orang tua busa memandikan atau merendam tubuh anak di dalam air. Pastikan air yang digunakan tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, cara ini dapat membantu menurunkan panas pada bayi atau anak melalui proses penguapan. Jika dirasa tubuh anak anda sudah menurun, segera angkat dan keringkan.

  1. Kompres atau Semprot Dengan Air

Jika anda anda tidak suka berendam atau tidak mau mandi, maka anda jangan memaksanya. Salah satu alternatif lain untuk menurunkan panas anak yaitu dengan cara mengkompres atau menyemprotkan air pada tubuh anak menggunakan botol spray. Jika tidak ada botol spray, anda bisa gunakan handuk bersih dan lembut untuk mengkompres bagian dahi atau ketiak anak anda.

  1. Kompres Dengan Alkohol

Selain menggunakan air, anda juga bisa megkompres tubuh bayi atau anak dengan menggunakan cairan alkohol. Bagian tubuh yang dikompres yaitu pada bagian ketiak, karena dengan mengkompres bagian ketiak dapat membantu menurunkan panas anak dengan cepat.

  1. Banyak Istirahat

Ketika anak anda mengalami panas, maka jangan biarkan mereka sering bermain atau bergerak. Sering-seringlah ajak bayi atau anak anda tidur, karena dengan tidur yang cukup dapat membantu menurunkan panas. Namun jika bayi anda tidak mau tidur, jangan terlalu sering menggendong bayi karena suhu tubuh anda akan membuat suhu tubuh anak semakin panas. Selain itu, jangan biarkan bayi tidur terlalu lama. Bangunkan dan berikan minum atau ASI untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama bayi tertidur.

  1. Berikan Sup Ayam

Sup ayam merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk diberikan kepada anak atau bayi yang sedang demam, namun pastikan bayi anda sudah berusia diatas 6 bulan dan sudah diberikan makanan pendamping ASI. Sup ayam yang mengandung kaldu ayam sangat baik untuk membantu menurunkan panas, anda bisa membuat sendiri sup ayam dari bahan ayam kampung ataupun ayam organik segar. Sup ayam yang dibuat dari tulang rawan ayam sangat berkhasiat untuk menurunkan deman dengan cepat. Berikan sup ayam ini selagi hangat, sehingga panas pada anak anda bisa cepat turun.

  1. Oleskan Minyak Kelapa Dan Bawang Merah

Jika panas pada tubuh anak anda semakin panas pada malam hari, maka anda bisa segera membalurkan minyak kelapa dan bawang merah pada bagian lipatan tubuh anak seperti ketiak, leher, tulang punggung dan dada anak anda. Cara membuatnya cukup mudah, tumbuh kasar bawang merah 1-2 sebanyak 1-2 siung, lalu basahi dengan minyak goreng. Setelah itu, balurkan pada tubuh anak anda.

Bawang merah terbukti sangat berkhasiat untuk menyerap suhu panas pada tubuh, bahkan para dokter pun sering menyarankan pengobatan ini pada bayi. Hal ini dikarenakan, cara ini lebih baik dan aman dibandingkan dengan memberikan bayi obat-obatan kimia.

  1. Kunjungi Dokter

Jika panas pada tubuh bayi anda tidak kunjung turun lebih dari 3 hari, maka segera bawa ke bidan atau dokter terdekat. Dokter akan memberikan obat-obatan yang tepat untuk bayi, jangan pernah berani untuk memberikan obat-obatan diapotik kepada bayi, karena bayi masih sangat rentan terhadap obat-obatan kimia tanpa pengawasan dari dokter.

Peningkatan suhu tubuh pada anak dan bayi memang merupakan kondisi yang sudah umum terjadi. Hal ini bisa saja disebabkan oleh faktor kelelahan akibat aktifitas berlebih pada anak, tetapi juga bisa disebabkan oleh karena terjadi infeksi atau gejala penyakit tertentu yang ditandai dengan peningkatan suhu tubuh anak anda. Segera bawa anak anda ke dokter atau bida jika suhu tubuh pada anak anda tidak kunjung turun lebih dari 3 hari.

Demikianlah ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai cara menurunkan panas pada bayi, semoga ulasan kesehatan yang telah kami jelaskan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca semua.

Terima kasih atas waktu dan kunjungannya, selamat mencoba dan semoga bayi anda lekas sembuh.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara cepat menurunkan panas pada bayi
  • obat batuk pilek demam anak
  • cara menurunkan panas bayi dg
  • cara menurunkan panas bayi dengan cepat
  • cara menurunkan panas b
  • cara menurun kan panas pada b
  • cara menurun kan panas bayi
  • cara mengatasi balita panas tinggi
  • cara membuat obat turun panas anak kecil
  • cara membersihkan ketiak bayi
  • cara cepat menurunkan pans
  • cara cepat menurunkan panas pada anak bayi
  • cara cepat menurunkan panas bayi
  • cara cepat menurunkan panas balita
  • untuk merunkan panas pada

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

11 Cara Menurunkan Panas Demam Bayi dengan Cepat | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: