23 Cara Menurunkan Panas Demam Secara Alami

cara menurunkan panas demam

img : pixabay.com

Cara Menurunkan Panas Demam – Suhu rata-rata pada setiap orang mungkin berbeda 1 hingga 2 derajat lebih tinggi atau lebih rendah dari suhu normal. Namun umumnya suhu rata-rata normal pada orang dewasa yaitu 37 derajat celcius. Biasanya dapat dikategorikan terkena demam jika suhu tubuh kita meningkat diatas 37,5 derajat celcius. Apabila suhu tubuh meningkat mencapai hingga 39 derajat celcius, maka hal tersebut menandakan adanya infeksi serius pada tubuh kita.

Cara Menurunkan Panas Demam Dengan Cepat

Demam adalah salah satu reaksi dari tubuh kita yang disebabkan oleh infeksi dari virus ataupun bakteri. Sel darah putih akan bereaksi dengan mengeluarkan zat yang dinamakan pyrogen pada saat terdapat infeksi pada tubuh. Pyrogen akan memberikan signal kepada hipotalamus agar membuat suhu tubuh meningkat saat zat tersebut telah sampai di otak kita.

Penyebab Demam

Berikut ini adalah beberapa penyebab demam yang perlu anda ketahui:

  • Terjadinya infeksi diantaranya infeksi streptokokus di tenggorokan (disertai peradangan tenggorokan), infeksi pada saluran kemih, infeksi sinus, serta pembengkakan pada bagian mulut (abses gigi)
  • Karena tertular suatu penyakit
  • Terjadinya infeksi mononucleosis yang juga disertai rasa kelelahan
  • Terlalu lelah akibat terkena panas sinar matahari secara berlebihan

Gejala Demam

Gejala demam pada umumnya bermacam-macam. Gejala yang muncul biasanya tergantung pada penyebab demam itu. Namun pada umumnya gejala demam bisa sebagai berikut ini:

  • Batuk-batuk
  • Sakit pada kepala
  • Badan Menggigil
  • Mengeluarkan keringat dingin
  • Sakit pada telinga
  • Sakit pada tenggorokan
  • Sakit pada otot
  • Muntah-muntah serta diare
  • Terasa kelelahan pada tubuh
  • Hilangnya nafsu makan

Cara Menurunkan Panas Demam Secara Alami

Apabila seseorang terkena demam, maka menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Hal ini dikarenakan reaksi tubuh kita saat terserang demam yang biasanya menyebabkan kita malas untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti malas kemana-mana, malas makan, bahkan tidur juga tidak nyenyak. Untuk menghindari demam semakin parah, berikut ini adalah beberapa cara menurunkan panas demam yang bisa anda terapkan:

  1. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat dikenal mampu membuat demam turun serta membantu merilekskan badan kita. Mandi dengan air hangat juga bisa bermanfaat membunuh organisme serta bakteri. Sebaiknya tidak mandi dengan air dingin saat demam, ini dikarenakan justru mempercepat aliran darah pada organ dalam serta menyebabkan makin tingginya panas tubuh kita.

  1. Kompres dengan air hangat

Cara mengatasi demam yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah kompres dengan air hangat. Caranya adalah dengan membasahi handuk dengan air hangat kemudian meletakkannya di lengan maupun dahi.

Disamping itu, kaos kaki basah juga dapat digunakan untuk kompres. Caranya adalah pertama-tama rendam kaki anda menggunakan air hangat, lalu, kaos kaki dibasahi dengan air dingin, lalu peras dan gunakan kaos kaki tersebut pada saat sebelum tidur. Jangan lupa lapisi kaos kaki tersebut menggunakan kaos kaki yang kering serta tebal. Metode ini bisa membuat sirkulasi darah meningkat.

  1. Meminum Teh Jahe

Khasiat jahe dikenal dapat berguna membantu membuat pori-pori terbuka yang menyebabkan keringat akan keluar serta membuat demam menjadi turun. Manfaat jahe juga dapat membuat flu menjadi reda.

  1. Air Seledri

Air seledri memiliki banyak manfaat salah satunya adalah membuat demam turun dan bisa membuat nyaman tidur anda. Cara menggunakannya pun cukup mudah, pertama masukkan seledri dalam ½ liter air yang mendidih lalu tunggu sampai 15 menit. Kemudian saring lalu tuangkan madu secukupnya, kemudian minum.

  1. Konsumsi Makanan pedas

Kandungan yang ada pada cabai senyawa kimia yaitu capsaicin yang memiliki sifat rasa pedas. Apabila kita makan dengan rasa pedas pada waktu demam, akan membuat kita mngeluarkan keringat serta meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini tentu dapat membuat suhu badan yang panas akan turun.

  1. Konsumsi jus buah

Kandungan yang ada pada buah-buahan membuat tubuh kita terjaga tetap terhidrasi. Misalnya buah nanas yang kandungannya dapat membantu membuat demam turun dikarenakan zat yang ada di dalamnya. Nanas memiliki kandungan antiperadangan alami yang dapat membantu meredakan demam. Nanas dalam bentuk jus berkhasiat untuk mencegah dehidrasi.

  1. Minum banyak air putih

Untuk menghindari dehidrasi pada tubuh saat demam, sebaiknya dianjurkan untuk banyak minum air putih. Penuhilah kebutuhan tubuh akan cairan dengan meminum air putih sedikitnya 2 liter setiap hari.

  1. Konsumsi Vitamin C

Saat gejala demam mulai timbul, sebaiknya dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C. Dengan mengonsumsi vitamin C dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga menghindarkan anda dari serangan demam yang lebih parah.

  1. Minum Teh, Lemon, Madu

Salah satu minuman yang juga bermanfaat saat demam yaitu teh lemon madu. Hal ini dikarenakan kombinasi dari ketiga bahan minuman tersebut memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang tinggi.

  1. Sup Hangat

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan pada sup ayam bisa mengurangi terjadinya pembengkakan pada rongga hidung, hal ini akan membantu proses penyembuhan lebih cepat. Sebaiknya menyertakan juga bahan yang mengandung sumber protein yang baik serta mudah dicerna oleh tubuh seperti telur, sayuran serta potongan daging ayam.

  1. Merenovasi Kamar Supanya Nyaman dan Dingin

Tidak banyak orang yang tahu bahwa suasana kamar dan tata ruang kamar adalah suatu hal yang sangat penting bagi kita dan berpengaruh juga bagi kesehatan kita. Apalagi bagi andaka anda yang sedang mengalami panas serta suhu tubuhnya meningkat, maka dari itu membutuhkan suhu dari luar dan kenyamanan dalam ruang kamar. Apabila suhu hawa sangat dingin, jadi badan anak bakal makin menggigil. Bila suhu hawa sangat panas jadi suhu panas anak susah untuk turun. Jadi cocokkan dengan keadaan hawa yang paling nyaman untuk badan anak anda.

  1. Memakai Pakaian Tipis dan Nyaman

Saat anak panas jadi umumnya anak bakal terasa kedinginan atau menggigil. Banyak orangtua yang memberi baju hangat supaya anak jadi tambah nyaman. Tetapi langkah tersebut nyatanya tidak benar. Kamu mesti memberi baju yang tidak tebal, lembut, tidaklah terlalu tidak tipis serta begitu nyaman untuk anak. Kamu juga dapat memberi baju lain seperti celana pendek atau popok saja. Baju bakal menolong turunkan suhu badan karna dapat keluarkan suhu panas badan. Kemudian saksikan perubahan panas badan anak, apakah naik atau turun.

  1. Mengatur Suhu Kamar

Saat anak panas, jadi atur suhu hawa dalam kamar anak. Bila Kamu tidak mempunyai AC jadi mesin pendingin ruang, jadi gunakan jendela kamar anak. Buka jendela kamar anak pada siang hari, supaya hawa fresh dapat masuk ke kamar. Hawa fresh memanglah bakal buat badan anak jadi tambah nyaman. Namun jagalah supaya hawa luar juga tidaklah terlalu banyak masuk.

  1. Beri Minuman

Panas dapat mengakibatkan anak alami dehidrasi. Untuk menangani kemungkinan ini jadi beri cairan yang banyak pada anak. Kamu dapat memberi air putih, susu formula atau ASI. Cairan ini bakal menolong melawan infeksi serta menyerang bakteri atau sumber penyebabnya infeksi lain. Untuk anak yang masih tetap bayi jadi sekurang-kurangnya mesti terima ASI tiap-tiap 10 menit sekali. Bila anak susah minum jadi rayu dengan botol atau gelas kegemaran. Sinyal dehidrasi saat anak panas yang perlu diwaspadai yaitu urin yang amat sedikit, anak susah minum serta panas badan makin tinggi.

  1. Biarlah Anak Keluar Kamar

Bila anak panas, jadi Kamu tidak mesti buat anak berada didalam kamar. Sesekali Kamu dapat mengajak anak bermain di halaman luar supaya terserang hawa yang fresh. Kamu juga dapat mengajaknya duduk di ruangan tamu. Anak tidak mesti berada didalam kamar serta berbaring. Bila sangat lama berbaring jadi dapat mengakibatkan anak alami sakit kepala serta kurang fresh. Namun walau di luar tempat tinggal, jadi jagalah anak supaya sedikit berlari-lari atau jalan-jalan.

  1. Buat Anak Berendam dalam Air

Bila suhu badan merasa begitu panas, jadi umumnya bakal menggigil saat menyentuh air. Tetapi nyatanya merendam anak saat panas dapat menolong menguapkan panas badan ke air. Dengan langkah tersebut lalu panas anak bakal turun dengan alami. Kamu dapat memakai air dengan suhu yang tidaklah terlalu dingin atau tidaklah terlalu panas. Amati suhu anak saat berendam, bila suhu tubuh telah turun jadi selekasnya angkat anak serta keringkan dengan handuk lembut. Namun bila anak tidak sukai berendam jadi janganlah dipaksa. Jauhi memberikan alkohol di air karna bila masuk ke badan anak dapat mengakibatkan dampak yang jelek.

  1. Banyak Istirahat atau Tidur

Bila anak panas jadi janganlah izinkan lakukan beragam kegiatan. Hal awal yang perlu Kamu kerjakan yaitu buat anak banyak istirahat diatas tempat tidur atau tidur. Saat tidur jadi suhu badan bakal alami penurunan dibanding saat tidak tengah tidur. Namun bila anak terasa tidak dapat tidur jadi jagalah supaya dapat istirahat diatas tempat tidur. Istirahat serta tidur bakal menolong badan untuk sembuh sesudah terserang infeksi. Ingat saat anak tidur jadi Kamu harus juga melindungi keperluan makan serta minum anak. Bangunkan anak saat tidur telah sangat lama serta beri cairan. Jangan pernah anak tidak makan serta tidak minum karna sangat banyak tidur.

  1. Mandikan Anak

Banyak orangtua yang tidak ingin memandikan anak waktu terserang panas. Mereka memikirkan kalau air bakal buat suhu badan lebih panas. Mandi bakal menyerap suhu badan panas dengan alami. Hingga sesudah mandi, jadi badan anak jadi tambah nyaman serta fresh. Tetapi janganlah mencampurkan es batu dengan air yang dipakai untuk mandi. Mandi dengan air hangat tambah baik untuk badan anak. Sesudah mandi selekasnya seka badan anak dengan handuk supaya badan tidak menggigil. Teruskan dengan memberi baju yang tidak tebal supaya suhu selekasnya alami penurunan.

  1. Janganlah Izinkan Kegiatan Fisik untuk Anak

Saat anak panas jadi baiknya orangtua janganlah mengijinkan anak lakukan kegiatan fisik atau aktivitas yang berat. Beragam kegiatan fisik memerlukan daya yang semakin banyak. Diluar itu kegiatan fisik juga dapat mengakibatkan panas tidak gampang turun karna kegiatan infeksi semakin lebih besar. Penyebaran sumber penyakit pada badan semakin lebih gampang menebar ke beragam organ badan. Jadi biarlah anak istirahat atau tidur.

  1. Beri ASI Untuk Menurunkan Panas Pada Anak

Untuk bayi yang berumur di bawah 2 th. serta masih tetap terima ASI exclusive, jadi beri ASI dengan teratur. ASI bakal menolong tingkatkan kekebalan badan bayi saat panas serta melawan infeksi pada badan bayi. ASI juga memiliki kandungan kalsium dalam jumlah tinggi, yang melawan penyerapan kalsium anak saat suhu badan panas. Beri ASI sekurang-kurangnya tiap-tiap 10 menit sekali sepanjang 2 hingga 3 menit. Langkah tersebut dapat turunkan panas serta melindungi badan bayi tetaplah sehat.

  1. Beri Minuman Probiotik

Bila anak-anak yang terserang demam telah berumur di atas 5 th., jadi Kamu dapat memberi minuman probiotik. Minuman probiotik dapat menolong turunkan panas karna memiliki kandungan bakteri baik yang masuk ke saluran pencernaan. Diluar itu minuman probiotik juga menolong tingkatkan system kekebalan badan. Langkah tersebut begitu baik serta dapat tingkatkan kwalitas kesehatan. Tetapi jauhi memberi minuman probiotik bila anak juga terserang diare serta sakit perut.

  1. Kompres Ketiak dengan Alkohol

Kamu juga dapat menolong turunkan demam anak lewat cara mengompres saat anak dengan alkohol. Saat anak telah diberi pakaian yang tidak tebal jadi berikan kapas yang telah di celupkan kedalam alkohol. Alkohol bakal menolong menyerap panas dari ketiak. Cermati untuk mengawasi anak waktu perawatan ini. Janganlah dibiarkan anak sendiri karna cemas mereka memakai kapas ini untuk bermain serta dapat masuk ke pada badan.

  1. Membeli Penurun Panas di Apotik Terdekat

Jika panas demam masih terus menerus semakin meningkat alangkah baiknya anda menghentikan semua cara yang sudah anda lakukan dan mulai lah pergi ke apotik untuk membeli obat yang sering digunakan orang pada umumnya, atau lebih jelasnya anda bertanya kepada penjaga apotik daftar obat yang baik untuk menurunkan panas pada anak atau pada orang dewasa. Berikut adalah daftar obat yang mungkin bias membantu anda dalam memilih obat penurun panas yang ampuh :

Daftar Obat Demam Panas Harga
Obat Demam BODREXIN/DUS Rp. 3.100 BOTOL
Obat Demam HUFAGRIP TMP Rp. 9.000 BOTOL
Obat Demam TERMOREX DROP
Obat Demam TERMOREX PLUS 60 ML Rp. 11.200 BOTOL
Obat Demam TERMOREX PLUS 30 ML Rp. 7.200
Obat Demam TERMOREX 60 ML Rp. 11.300 BOTOL
Obat Demam PARACETAMOL TAB Rp. 65 TAB
PARACETAMOL STRIP2 Rp. 1.750 BUTIR
Obat Demam PARACETAMOL STRIP1 1.200 BUTIR
Obat Demam PARACETAMOL Rp. 100 BUTIR
Obat Demam IBUPROFEN 400 MG Rp. 249 BUTIR
Obat Demam PARACETAMOL SYR Rp. 2.500 BOTOL
Obat Demam SANMOL TAB Rp. 289 BUTIR
Obat Demam PAMOL TAB 275
Obat Demam PRORIS KAPL Rp. 619 BUTIR
Obat Demam DUMIN TAB Rp. 419 BUTIR
Obat Demam PANADOL 30 ML Rp. 14.879 BOTOL
Obat Demam IBUPROFEN SYR 8.000 BOTOL
Obat Demamb RHELAFEN SYR 60 ML Rp. 18.500
BOTOL Obat Demam PAMOL SYR Rp. 11.200 BOTOL
Obat Demam TEMPRA FORTE SYR Rp. 37.000 BOTOL
Obat Demam TEMPRA DROP Rp. 40.300 BOTOL
Obat Demam TEMPRA SYR 60 ML Rp. 33.700 BOTOl
Obat Demam SANMOL SYR Rp. 11.900 BOTOL
Obat Demam SANMOL DROP Rp. 16.500 BOTOL
Obat Demam PRORIS FORTE SYR Rp. 24.500 BOTOL
Obat Demam PRORIS SYR Rp. 19.200 BOTOL
Obat Demam PANADOL 60 ML Rp. 27.900 BOTOL
Obat Demam FENRIS SYR Rp. 19.900 BOTOL
Obat Demam DUMIN SYR Rp. 17.700 BOTOL
Obat Demam RELAFEN SYR 18.600 BOTOL

Baca Juga:

Demikian diatas adalah beberapa penyebab munculnya demam dan Cara Menurunkan Panas Demam Secara Alami yang penting anda ketahui untuk mengantisipasi apabila anda atau anggota keluarga anda terserang demam. Sebaiknya kita memang menjaga pola hidup sehat dan gaya hidup sehat agar kita terhindar dari terserang demam.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara menurunkan panas
  • cara menurunkan demam
  • cara mengatasi demam
  • obat demam
  • cara menurunkan panas pada orang dewasa
  • obat panas
  • cara mengobati demam
  • cara menurunkan panas badan
  • cara menyembuhkan demam
  • cara menghilangkan demam
  • obat turun panas
  • cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat
  • demam
  • cara menurunkan panas anak
  • menurunkan panas

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

23 Cara Menurunkan Panas Demam Secara Alami | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: