6 Cara Menyembuhkan Batuk Kering Secara Alami

cara menyembuhkan batuk kering secara alami

5 Cara Menyembuhkan Batuk Kering Secara Alami

Cara Menyembuhkan Batuk Kering – Batuk tidak berdahak atau juga biasa dikenal dengan batuk kering merupakan salah satu jenis batuk yang disebabkan karena adanya sekresi pada saluran pernapasan. Batuk kering merupakan batuk yang tidak disertai dahak. Batuk kering biasanya mengakibatkan rasa sakit di tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh adanya iritasi atau luka pada tenggorokan.

Jika sudah terkena batuk kering ini biasanya akan terasa tidak nyaman dan sangat mengganggu. Hal ini karena batuk yang terus menerus akan menyebabkan perut terasa pegal karena menahan batuk. Untuk itu, kita harus segera menyembuhkan batuk kering ini.

Lalu, apa saja hal yang menjadi penyebab munculnya batuk kering atau batuk tidak berdahak ini? Dan juga apa saja obat batuk kering alami yang bisa anda manfaatkan untuk membantu mengatasi batuk kering tersebut? Bagaimana Cara Menyembuhkan Batuk Kering Secara Alami, Simak terus bahasannya dibawah ini

Baca Juga : Obat Alami Menyembuhkan Batuk Berdahak

Gejala Batuk Kering

Gejala batuk kering biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal pada tenggorokan. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya infeksi oleh virus yang menyerang pada tenggorokan. Kondisi cuaca lingkungan juga ikut mempengaruhi reaksi tubuh terhadap batuk.

Biasanya cuaca yang terlalu dingin menyebabkan menyempitnya saluran pernapasan sehingga menyebabkan batuk. Gejala batuk tidak berdahak ini juga bisa ditandai dengan ciri-ciri kepala pusing, meriang maupun panas dingin.

Penyebab Batuk Kering

Batuk kering atau batuk tidak berdahak bisa disebabkan beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa macam penyebab munculnya batuk kering:

  1. Reaksi terhadap alergi

Salah satu penyebab terjadinya batuk berdahak adalah karena reaksi terhadap alergi. Alergi pada tenggorokan bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti alergi debu, alergi terhadap bulu, maupun bisa juga alergi terhadap asap.

  1. Infeksi Pernapasan

Infeksi yang terjadi pada tenggorokan maupun pada paru-paru juga bisa menjadi penyebab batuk kering atau batuk tidak berdahak ini. Salah satu infeksi yang menyerang tenggorokan adalah infeksi oleh bakteri.

  1. Iritasi pada tenggorokan

Batuk kering juga bisa disebabkan oleh adanya iritasi pada tenggorokan. Iritasi bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti iritasi oleh debu.

  1. Efek samping obat tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa memiliki efek samping yang menyebabkan munculnya batuk kering ini. Usahakan untuk tidak sembarangan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

6 Obat Batuk Kering Secara Alami Paling Ampuh 2017

Beberapa bahan tradisional obat batuk kering bisa anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan batuk kering atau batuk tidak berdahak. Berikut ini adalah beberapa bahan herbal alami untuk menyembuhkan batuk kering:

  1. Belimbing Wuluh

Anda bisa memanfaatkan buah belimbing wuluh sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk kering. cara membuatnya cukup mudah, siapkan 5 sampai 10 buah belimbing wuluh yang masih segar. Lalu bersihkan dengan mencucinya dengan air bersih. Parut atau haluskan buah belimbing wuluh tersebut. Anda bisa menambahkan garam secukupnya dan tambahkan air secukupnya. Saring dan ambil perasan buah belimbing tersebut. Minum ramuan tersebut secarat rutin 2 kali dalam sehari sampai batuk sembuh.

  1. Jahe dan teh

Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, jahe bisa anda gunakan untuk mengatasi batuk kering. cara menggunakannya, siapkan satu ruas jahe dan segelas teh yang masih panas. Pertama tumbuklah jahe hingga sedikit melunak, lalu campurkan jahe tersebut pada segelas teh. Aduk dan minumlah campuran teh dan jahe tadi 2 kali dalam sehari secara teratur.

  1. Kunyit

Disamping bermanfaat sebagai obat sakit maag, kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal batuk kering. kunyit dapat berfungsi untuk antibiotik yang berguna untuk mengobati peradangan yang ada pada saluran pernafasan. Cara meredakan batuk kering dengan kunyit, anda bisa mencampur satu sendok bubuk kunyit atau kunyit yang telah dihaluskan atau diparut, dengan satu sendok madu. Campurkan kedua bahan tersebut dengan air hangat, aduk hingga merata lalu minumlah ramuan tersebut 2 kali setiap hari.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga telah dikenal banyak orang sebagai bahan alami untuk membantu menyembuhkan batuk, salah satunya batuk tidak berdahak. Cara membuatnya tidak sulit. Potonglah beberapa buah jeruk nipis, dan ambil air perasan jeruk nipis.lalu campurkan air perasan jeruk nipis dengan kecap secukupnya. Lalu minumlah ramuan tersebut secara rutin 3 kali setiap hari.

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu daun yang bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi batuk tidak berdahak. Cara menggunakannya, siapkan 5 samapi 7 lembar daun kemangi. Lalu rebuslah dengan air hingga mendidih. Ambil air rebusan daun kemangi tadi dengan menyaringnya. Lalu minumlah air rebusan daun kemangi 2-3 kali setiap hari.

  1. Daun asam muda

Salah satu jenis daun-daunan lain yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan batuk kering adalah daun asam muda. Cara membuatnya cukup mudah, sediakan daun asam muda, daun saga manis, kayu manis serta gula batu secukupnya. Rebuslah semua bahan yang telah disebutkan tadi dengan air hingga mendidih. Saring dan ambil air rebusan tadi dan minumlah ramuan tersebut untuk membantu menyembuhkan batuk tidak berdahak.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara menahan batuk
  • cara menghilangkan batu kering secara alami
  • cara mengobati batuk kering dengan cepat
  • Cara menyembuh kan batuk 20017
  • cara menyembuhkan batuk kering secara cepat
  • meredakan batuk kering secara alami
  • Obat batuk pilek dan kepala pusing apa penyebabnya dan cara menyembuhkanya
  • sakit menahan batuk
  • tips menghilangkan batuk kering dengan cepat
error: