13 Cara Menyuburkan Kandungan Anjuran Dokter

Cara Menyuburkan Kandungan

Cara Menyuburkan Kandungan

13 Cara Menyuburkan Kandungan – Bagi wanita yang sudah menikah pastinya sangat berharap untuk memiliki anak, namun terkadang banyak pasangan yang sudah beberapa tahun menikah tapi belum juga dikarunia anak. Hal seperti ini dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti kemandulan pada wanita, kurangnya kesuburan pada rahim, kualitas dari sel telur yang kurang baik dan kemungkinan ada gangguan pada reproduksi seperti adanya kista ovarium dan penyakit lainnya.

Jika masalahnya pada kualitas sel telur, maka ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari sel telur dan juga meningkatkan kesuburan kandungan. Lalu, bagaimana caranya untuk menyuburkan kandungan? Langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami

Berikut ini beberapa tips dan cara menyuburkan kandungan yang bisa anda lakukan, diantaranya yaitu :

  1. Cukupi cairan tubuh dengan minum air putih
Cara Membersihkan Mata dengan Minum Air Putih

Air Putih

Air putih ternyata tidak hanya dapat membantu menjalankan metabolisme dengan baik dalam tubuh, tetapi juga dapat menetralisir zat atau racun yang mengendap dalam tubuh dan juga membantu meningkatkan peredaran darah dalam tubuh. salah satu penyebab penurunan kesuburan pada radim yaitu karena terjadinya pengentalan darah yang menyebabkan peredaran darah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik, sehingga akhirnya dapat mengganggu kesuburan pada rahim. Untuk mengembalikan kesuburan pada rahim, maka sebaiknya cukupi cairan tubuh dengan perbanyak minum air putih setiap hari minimal 8 gelas per hari.

  1. Melakukan Pemijatan Pada Titik Kesuburan

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan kandungan yaitu dengan melakukan pemijatan pada titik-titik kesuburan. Cara ini mampu meningkatkan aliran oksigen ke dalam rahim dan pada reproduksi lainnya. Namun penting untuk anda perhatikan, cari orang yang sudah benar-benar ahli dan berpengalaman, karena jika salah dalam melakukan pemijatan dapat merusak sistem reproduksi.

  1. Olahraga Secara Rutin Dan Teratur
Berolahraga

Berolahraga

Melakukan olahraga secara rutin dan teratur tidak hanya dapat menurunkan berat badan saja, tetapi juga dapat mambantu dalam menyuburkan kandungan. Hal ini dikarenakan, dengan olahraga mampu menlancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan juga meningkatkan kualitas dari sel telur. Bagi wanita yang memiliki berat badan berlebih sehingga menyebabkan sulit hamil, maka wajib untuk berolahraga secara rutin dan teratur setiap hari. Jenis olahraga yang cocok untuk menyuburkan kandungan yaitu seperti jalan kaki, berlari, melakukan senam yoga, menari dan jenis olahraga ringan lainnya.

  1. Mendapatkan asupan antioksidan alami secara cukup
asupan antioksidan

asupan antioksidan

Senyawa antioksidan sangat penting dan dibutuhkan dalam meningkatkan kesburunan, karena antioksidan ini dapat membantu menjaga kesehatan sel telur dan kesehatan reproduksi. Senyawa antioksidan alami bisa anda dapatkan dari makanan seperti buah-buahan, sayuran hijau dan juga ikan.

  1. Minum royal jelly
royal jelly

royal jelly

Royal Jelly merupakan bahan alami yang mampu membantu dalam meningkatkan kualitas sel telur dan juga membantu meningkatkan kesuburan kandungan. Hal ini dikarenakan, di dalam royal jelly terdapat kandungan mineral penting seperti magnesium dan seng. Selain itu, minum royal jelly juga sangat penting untuk membantu menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh, peluang untuk bisa hamuil pun akan semakin besar.

  1. Cukupi sumber karbohidrat komplek

Karbohidrat terdiri dari dua jenis yaitu karbohidrat komplek dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana sangat tidak baik bagi tubuh karena dapat menyebabkan peningkatan kebutuhan insulin dan memicu penyakit diabetes. Sedangkan karbohidrat komplek sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh karena dapat menahan rasa lapar lebih lama dan kandungan serat alaminya mampu menghilangkan lemak berlebih dalam tubuh. ada banyak jenis makanan yang mengandung sumber karbohidrat komplek diantaranya yaitu gandum utuh, beras merah, sereal, barley dan quinoa.

  1. Cukupi serat setiap hari

Kandungan serat sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh terutama bagi anda yang ingin cepat hamil, karena serat dapat membantu meningkatkan kesuburan kandungan. Untuk mendapatkan serat yang cukup, anda bisa mengkonsumsi makanan seperti gandum, beras merah, brokoli, kembang kol, bayam, apel, jeruk, biji-bijian dan kacang-kacangan.

  1. Cukupi asupan protein setiap hari

Protein sangat penting dan dibutuhkan tubuh karena dapat membantu menyuburkan kandungan, sehngga kebutuhan tubuh terhadap asupan protein harus selalu terpenuhi setiap harinya. Selain dapat menyuburkan kandungan, protein juga dapat meningkatkan kualitas sel telur. Ada banyak jenis makanan yang merupakan sumber protein terbaik yaitu seperti biji-bijian, kacang-kacangan, ikan yang mengandung omega 3, telur dan juga daging ayam tanpa lemak.

  1. Batasi konsumsi daging merah

Mengkonsumsi daging merah yang berasal dari daging sapi dapat menyebabkan masalah yang cukup serius pada organ reproduksi seperti kasus endometriosis dan fibroid rahim yang terjadi karena teralu banyak mengkonsumsi daging merah. Selain itu, hormon yang dihasilkan dari daging merah juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada sistem reproduksi sehingga dapat mempengaruhi keseimbangan hormon. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesuburan pada kandungan, batasi mengkonsumsi daging merah.

  1. Konsumsi sumber fitoestrogen sehat

Fitoestrogen sehat dapat kita peroleh dari mengkonsumsi makanan seperti buncis, kedelai dai lentil. Mengkonsumsi buncis dan lentil sangat baik dan aman untuk tubuh, sementara mengkonsumsi kedelai secara berlebihan dapat memicu terjadinya kerusakan pada sel telur. Untuk menyuburkan kandungan sebaiknya perbanyak mengkonsumsi buncis dan lentil, bahkan anda bisa menjadikan kedua makanan sehat ini sebagai menu makanan diet anda.

  1. Jangan minum minuman bersoda dan mengandung pemanis buatan

Bagi wanita yang ingin mengambalikan kesuburan pad akandungannya agar bisa cepat hamil, sebaikna hindari minuman bersoda dan juga minuman yang mengandung pemanis buatan. Hal ini dikarenakan, semua bahan tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan, memicu peningkatan kadar gula dalam darah dan juga dapat menyebabkan kerusakan pada keseimbangan hormon. Begitu pun minuman bersoda yang rendah gula dan kalori, apapun itu sebaiknya hindari semua jenis minuman tersebut.

  1. Batasi atau bahkan hindari minuman berkafein

Jika anda penikmat kopi atau teh hangat, maka untuk sementara waktu sebaiknya batasi atau jika bisa hindari minum minuman berkafein dulu. Hal ini dikarenakan, minuman berkafein dapat merusak kesimbangan hormon, gangguan reproduksi dan juga dapat memicu penyakit diabetes. Jika anda sudah kecanduan minum kopi, maka anda bisa membatasinya dan menghentikannya secara perlahan.

  1. Hindari stres dan selalu berfikir positif

Sudah banyak sekali pasangan yang berhasil untuk bisa hamil dengan cara selalu berfikir positf dan menghindari stres. Sering mengalami stres dapat mempengaruhi kualitas dari sel telur, sehingga wanita akan sulit untuk bisa hamil jika dirinya sering mengalami stres setiap harinya. Oleh karena itu, mulai dari sekarang usahakan agar selalu berfikir positif dan hindari hal-hal yang dapat membuat anda stres.

Jika anda sudah melakukan semua cara diatas tetapi anda masih belum juga bisa hamil, maka solusi terbaik untuk anda yaitu dengan mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan untuk mencari penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada diri anda, sehingga dokter dapat memberikan penanganan dengan tepat.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara menyuburkan kandungan secara alami, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

13 Cara Menyuburkan Kandungan Anjuran Dokter | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: