Cara Merawat Wajah Secara Alami Dengan Bahan Dapur

Cara Merawat Wajah Secara Alami

Cara Merawat Wajah Secara Alami

Tips dan Cara Merawat Wajah Secara Alami Dengan Bahan Dapur Setiap wanita pasti menginginkan memiliki kulit yang sehat dan terawat. Bagi yang mampu, mereka akan datang ke spa perawatan kulit yang biasanya mematok biaya yang tidak sedikit. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak mampu ataupun tidak sempat ke spa untuk merawat kulitnya? Ada cara alami yang bisa dicoba, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang biasa ditemukan di dapur. Berikut ini informasi mengenai cara merawat wajah secara alami dengan bahan dapur yang bisa Anda coba ikuti.

Bagaimana cara merawat wajah secara alami dengan bahan dapur? Hal ini tergantung dengan bahan yang digunakan untuk merawat kulit tersebut. Anda bisa mengikuti cara perawatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini.

 Aneka Cara Merawat Wajah Secara Alami Dengan Bahan Dapur

  1. Merawat Wajah dengan Telur

Telur merupakan bahan yang sering tersedia di dapur. Selain dapat dibuat menjadi makanan atau lauk pauk yang mengenyangkan, telur ternyata juga bisa digunakan untuk membuat masker alami wajah. Putih telur yang diaplikasikan ke seluruh bagian wajah kecuali mata dan bibir bisa membuat kulit wajah terasa lebih kencang. Selain itu, kandungan putih telur yang dioleskan ke sekitar area hidung juga dapat membuat komedo terangkat sehingga wajah terlihat lebih bersih.

Jadi, cara merawat wajah secara alami dengan bahan dapur seperti telur cukup dilakukan dengan mengambil putih telurnya saja. Apabila ingin hasil yang lebih maksimal misalnya agar kulit juga lebih lembut, Anda bisa mencampurkan susu atau yogurt ke putih telur tersebut. Setelah diaplikasikan ke wajah, campuran tersebut dibiarkan selama beberapa saat sehingga terasa agak mengeras. Terakhir, wajah cukup dibilas menggunakan air hangat atau air biasa. Apabila bau amis telur masih terasa, Anda bisa membilas wajah dengan pembersih wajah.

  1. Merawat Wajah dengan Tomat

Tomat merupakan salah satu bahan dapur yang biasa digunakan sebagai campuran sayuran, lalapan, maupun sambal. Kandungan nutrisi dalam tomat yang memiliki sedikit sifat asam dapat membantu mengatasi kulit wajah berminyak. Cara merawat wajah secara alami dengan bahan dapur ini cukup dengan mengambil buah tomat yang telah dibelah dan menggosokkannya ke seluruh area wajah. Selain mengatasi kulit berminyak, tomat juga dapat mengatasi masalah pada pori-pori wajah serta bintik hitam yang biasanya terdapat di sekitar area pipi.

  1. Merawat Wajah dengan Gula merah

Selain berbagai jenis bumbu dapur, Anda pasti juga sering menjumpai gula merah di dapur. Gula merah merupakan salah satu bahan wajib yang terdapat di dapur. Bahan dapur yang memiliki rasa manis ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan scrub untuk merawat wajah. Mengapa demikian? Hal ini mengingat asal bahan pembuatan gula merah itu sendiri, yaitu air nira. Seperti minyak kelapa, air nira juga mengandung nutrisi yang tidak jauh berbeda dengan minyak kelapa. Karena itulah, bahan ini juga baik untuk merawat kulit serta mengecilkan pori kulit.

Cara merawat wajah secara alami dengan bahan dapur berupa gula merah bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Pertama, ambil gula merah utuh secukupnya. Selanjutnya, gula merah tersebut diiris tipis-tipis hingga terlihat seperti bubuk kasar. Pada bubuk kasar gula merah tersebut, campurkan beberapa sendok madu murni. Setelah tercampur rata, bahan tersebut kemudian dioleskan ke wajah. Ada baiknya untuk memberikan pijatan pada kulit wajah yang diolesi campuran gula dan madu tersebut.

  1. Merawat Wajah dengan Cuka Apel

Cuka apel tidak hanya memberikan banyak manfaat bagi rambut. Cuka apel juga bisa memberikan manfaat yang menguntungkan kulit wajah. Hanya saja, tidak semua keluarga di dapurnya memiliki cuka apel. Walau begitu, manfaat dan cara merawat wajah secara alami dengan bahan dapur seperti cuka apel tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kandungan zat dalam cuka apel dapat mengatasi berbagai jenis masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan sebagainya.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mengoleskan cuka apel ke area jerawat atau menggunakannya sebagai toner. Untuk menggunakannya sebagai toner, Anda mungkin membutuhkan campuran lain yaitu air. Jadi, cuka apel dicampur dengan air kemudian ditempatkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan campuran tersebut dan biarkan hingga mengering atau sekitar 15-20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air.

  1. Merawat Wajah dengan Garam dapur

Apabila Anda memiliki masalah seperti kulit pecah-pecah ataupun kulit kering, cara merawat wajah secara alami dengan bahan dapur yaitu garam bisa dicoba. Garam yang kemungkinan besar ada di setiap dapur rumah merupakan bahan alami untuk scrub kulit. Caranya adalah dengan mengaplikasikan sekitar 2-3 sendok makan garam dapur yang telah dicampurkan dengan air hangat dalam panci ke seluruh area kulit.

Agar kulit nantinya juga terasa lebih lembab, Anda bisa menambahkan minyak zaitun ke dalamnya. campuran tersebut kemudian di gosokkan ke kulit. Untuk kulit badan, Anda bisa menggunakan alat seperti sikat atau batu apung. Dengan begitu, sel-sel kulit mati bisa dengan mudah terangkat. Hasilnya, kulit menjadi tampak lebih bersih dan cerah serta tidak kusam akibat penumpukan pori.

  1. Merawat Wajah dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat pada kulit, diantaranya adalah memperkuat jaringan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, melindungi kulit dari sinar UV, dan masih banyak lagi. Pada wanita yang sedang hamil, minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk mengatasi stretch mark yang sering timbul di area perut. Untuk menggunakan bahan ini, Anda bisa membersihkan wajah terlebih dahulu kemudian mengelapnya dengan handuk bersih. Kemudian, minyak kelapa dioleskan ke area wajah sambil dipijat-pijat perlahan. Dengan begitu, nutrisi dari minyak kelapa ini bisa terserap secara maksimal ke dalam jaringan kulit. Setelah didiamkan sekitar 5-10 menit, Anda dapat mengelapnya dengan handuk bersih atau membilas wajah dengan air hangat.

  1. Merawat Wajah dengan Madu alami

Madu sudah tidak diragukan lagi manfaatnya terhadap kesehatan termasuk kesehatan kulit. Karena itulah, banyak produk-produk perawatan kulit yang di dalamnya menggunakan madu sebagai bahan penyusunnya. Madu yang juga terkadang disimpan di lemari dapur untuk melengkapi minuman atau snack camilan ini bisa dimanfaatkan dengan cara dioleskan ke area kulit wajah. Jika ingin mendapatkan manfaat lainnya seperti memutihkan wajah, Anda bisa mencampur madu dengan bahan lain seperti yogurt original atau bengkoang. Untuk membersihkan wajah, Anda bisa mencampur madu murni dengan air lemon, dan seterusnya.

Demikian beberapa cara merawat wajah secara alami dengan bahan dapur yang bisa Anda coba. Sebenarnya, ada banyak bahan lain yang juga bisa dicoba seperti kunyit, bawang putih, merica, dan sebagainya. Namun, mengingat tidak semua jenis kulit cocok dengan bahan tersebut, pemilihan bahan dapur untuk merawat wajahpun perlu hati-hati. Sebagai contoh, bawang putih yang memiliki sifat keras jika tidak hati-hati justru malah dapat membuat kulit terlihat seolah melepuh. Pemakaiannya yang lama juga bisa membuat kulit terasa perih. Jadi, pilihlah bahan yang sekiranya aman untuk area wajah.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara merawat wajah
  • cara merawat wajah secara alami
  • cara merawat muka
  • perawatan wajah alami
  • perawatan wajah tradisional
  • cara membersihkan wajah secara alami
  • perawatan wajah secara alami
  • cara merawat kulit wajah secara alami
  • merawat wajah secara alami
  • merawat wajah
  • cara merawat
  • perawatan muka
  • Cara merawat muka secara alami
  • cara perawatan wajah
  • cara merawat wajah dengan bahan alami

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Cara Merawat Wajah Secara Alami Dengan Bahan Dapur | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: