Ciri Ciri Orang Hamil dan Tanda Tanda Kehamilan

Ciri Ciri Orang Hamil

Ciri Ciri Orang Hamil

Ciri Ciri Wanita Hamil dan Tanda-Tanda Kehamilannya – Semua wanita yang sudah menikah sudah pasti sangat mengidam-idamkan untuk memiliki anak. Namun sebelum memiliki anak, mereka akan mengalami masa kehamilan. Masa kehamilan ini akan terjadi ketika sel telur dari seorang wanita yang dihuahi oleh sel sperma dari seorang pria, sehingga jika kedua sel tersebut bertemu akan membentu zigot atau dalam medis dikenal dengan sebutan embrio yang nantinya akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim wanita.

Pada awal seorang wanita dicurigai tengah hamil, maka mereka akan mengalami terlambat datang bulan atau berhentinya masa menstruasi yang dikenal dengan istilah amenorrhea. Menstruasi tersebut dapat terjadi ketika sel telur tidak terbuahi olehn sel sperma dan akhirnya akan melebur bersama dengan pembuluh darah yang terdapat pada dinding rahim.

Lalu, bagaimana ciri-ciri orang hamil?

Pada awal seorang wanita mengalami kehamilan, maka  akan terjadi banyak perubahan hormonal pada tubuhnya. Inilah yang menjadi pemicu dari reaksi ataupun gejala kehamilan. Meskipun setiap wanita memiliki gejala kehamilan yang berbeda-beda, namun ada beberapa gejala yang umum di alami dan sering dijumpai.

Tanda-tanda dan Ciri-ciri Wanita Hamil

Untuk memastikan apakah orang tersebut tengah hamil atau tidak, anda bisa mengenalinya dari ciri-ciri berilkut ini.

  1. Sering Mengalami Mual Dan Muntah

Pada saat memasuki awal kehamilan akan terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan terganggunya kerja pada sisitem pencernaan. Wanita hamil akan mengalami penurunan kadar estrogen yang menyebabkan otot pada pencernaan menjadi lemah dan memicu terjadinya peningkatan kadar asam lambung. Kondisi tersebut dapat menyebabkan wanita yang tengah hamil akan sering merasa mual dan ingin muntah, namun tidak semua gejala ini disebabkan oleh kehamilan karena bisa jadi rasa mual dan muntah tersebut disebabkan oleh karena kondisi tubuh yang sedang tidak fit.

Selain itu, pada masa kehamilan seorang wanita juga bisa mengalami yang namanya morning sickness atau rasa mual dan ingin muntah yang sering terjadi pada pagi hari. gejala ini biasanya mulai terjadi ketika memasuki usia kehamilan minggu ke empat sampai dengan minggu ke dua belas. Namun perlu juga untuk anda ketahui bahwa tidak semua wanita hamil akan mengalami gejala morning sickness. Menurut informasi yang dilansir dari organisasi ternama Mayo Clinic mengungkapkan bahwa wanita yang memiliki kehamilan sehat tidak akan mengalami gejala morning sickness di masa kehamilannya.

  1. Mulut terasa asam

Penurunan kadar estrogen pada wanita hamil dapat menyebabkan terjadinya penurunan fungsi dan juga kepekaan pada lidah sebagai pengecap, sehingga membuat wanita hamil sering merasakan pahit ataupun asam di dalam mulutnya. Gejala ini dapat menjadi salah satu ciri-ciri wanita hamil, dimana mereka selalu memiliki keinginan untuk makan makanan manis atau asam atau lebih dikenal dengan istilah ngidam. Menurut dari pengalaman dari beberapa wanita yang sudah pernah hamil, untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah-buahan segar yang mengandung banyak cairan dan rasa manis.

  1. Kehilangan Nafsu Makan

Gejala yang di alami wanita hamil seperti rasa mual, muntah dan tidak nyaman di perut membuat mereka kehilangan nafsu makan. Hal ini dikarenakan, kadar asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman di dalam perut dan rasa pahit di lidah.

  1. Nyeri perut

Rasa nyeri pada perut dapat disebabkan oleh karena kerja pada sistem pencernaan tidak berjalan dengan baik dan akumulas gas di dalam lambung menekan bagian perut. Hal ini dikarenakan telah terjadinya pengembangan rahim sehingga dapat mendesak otot abdomen dan terjadi penekanan pada lambung. Namun jika rasa tidak nyaman dan terasa nyeri pada lambung terjadi terus menerus, sebaiknya segera konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan karena jika dibiarkan dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil.

  1. Dada Terasa Panas Seperti Terbakar

Ibu hamil juga bisa mengalami yang namanya heartburn atau rasa terbakar pada dada dan juga kerongkongan. Kondisi ini terjadi dikarenakan adanya penurunan kadar estrogen di dalam tubuh dan menyebabkan otot valve atau katup sebagai pembatas antara lambung dan kerongkongan terbuka, sehingga menyebabkan asam lambung akan mengalir keluar hingga mencapai ke kerongkongan.

  1. Sering Bersendawa Dan Buang Gas

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa di masa kehamilan sistem pencernaan tidak akan berfungsi dengan maksimal dan dapat memicu terjadinya produksi gas berlebih di dalam lambung. Gas yang dihasilkan tersebut sebagai sisa dari pencernaan akan sering dikeluarkan melalui rongga mulut dan juga saluran anus, itulah kenapa wanita hamil sering bersendawa dan buang gas. Gejala ini memang hampir mirip dengan gejala masuk angin, jika anda memang mengalaminya dan merasa ada yang aneh pada tubuh anda, segera konsultasikan dengan dokter karena kemungkinan bisa saja anda sedang hamil.

  1. Konstipasi

Konstipasi adalah suatu kondisi dimana sistem pencernaan tidak berjalan dengan baik dan tinja sangat keras sehingga menyebabkan seorang wanita mengalami kesulitan untuk buang air besar (BAB). Pada wanita yang tengah hamil akan mengalami perubahan hormon yang dapat menyebabkan usus besar (kolon) mengalami gangguan dan menyebabkan terhambatnya proses dalam mengeluarkan fases dai dalam tubuh. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus bisa menyebabkan terjadinya wasir atau hemoroid yang dapat dikenali dengan adanya darah pada tinja. Jika anda mengalami gejala ini di masa kehamilan, sebaiknya perbanyak minum air putih, cukupi serat dengan makan buah dan sayur serta olahraga teratur. Jika gejala tidak kunjung hilang, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  1. Diare

Diare yang di alami oleh ibu hamil disebabkan oleh karena terjadinya penurunan kemampuan pada otot saluran pencernaan dalam melakukan penyerapan cairan, kondisi ini disebabkan oleh karena perubahan hormon namun jika dibiarkan saja dapat menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil dan bahkan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan pada janin.

Gejala-gejala diatas merupakan gejala yang normal terjadi di masa kehamilan, namun gejala yang terjadi bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Selain mengalami gejala diatas, beberapa gejala lain juga bisa terjadi pada masa kehamilan, seperti :

  • Perut buncit dan keroncongan
  • Mudah tersinggung
  • Pendarahan pada vagina
  • Perubahan pada payudara
  • Pegal-pegal
  • Sering buang air kecil
  • Rasa gatal

Dari semua gejala yang sering di alami selama kehamilan, gejala yang jarang terjadi yaitu muncul rasa gatal-gatal pada kulit dan organ kewanitaan. Gejala ini akan sangat mengganggu dan menjengkelkan, jika anda mengalaminya sebaiknya periksakan ke dokter atau bidan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Itulah ciri-ciri orang hamil yang umum terjadi pada awal kehamilan, gejala-gejala tersebut dapat diatasi dengan cara menjaga pola makan yang tepat, istirahat cukup, rajin dan rutin berolahraga ringan khusus untuk ibu hamil. Jika gejala-gejala yang dialami tidak kunjung hilang dan malah bertambah parah, sebaiknya konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan secepatnya.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Terima kasih dan sampai jumpa

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • ciri ciri orang hamil
  • ciri orang hamil
  • ciri-ciri orang hamil
  • ciri wanita hamil
  • orang hamil
  • ciri ciri org hamil
  • Ciri ciri orang yang hamil
  • ciri-
  • ciri ciri wanita
  • CiriCiri Orang Hamil
  • ciri ciro
  • ciri orang
  • cirio
  • ciriciri wanita hamil
  • gejala orang

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Ciri Ciri Orang Hamil dan Tanda Tanda Kehamilan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: