Sehat Natural

Kandungan dan Manfaat Durian Musang King

Durian Musang King

Durian Musang King

Sehat-natural.com Kini keberadaan dari durian Musang King menjadi salah satu jenis durian yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan para pecinta buah durian di Indonesia dan bahkan hingga ke seluruh penjuru dunia. Buah durian Musang King ini merupakan buah asli dari Malaysia, tetapi saat ini sudah mulai banyak di budidayakan di Indonesia. Bukan tanpa alasan kenapa buah durian ini bergitu terkenal dan berbeda dengan durian pada umumnya. Hal ini dikarenakan, buah durian yang satu ini mempunyai rasa dan tekstur buah yang sangat lembut di mulut. Bahkan kelezatan dari buah ini mampu mengalahkan kepopuleran dari buah durian jenis monthong yang berasal dari Thailand.

Sebelum buah durian Musang King dikenal oleh banyak para pecinta duarian seperti sekarang ini, banyak orang yang hanya tahu bahwa buah durian monthong adalah buah durian yang paling bagus. Namun saat ini buah durian Musang King sudah mampu mengalahkan berbagai jenis buah durian, dimana harga buah durian Musang King sendiri bisa mencapai hingga 200 ribu per kilogramnya.

Saat ini permintaan pasar terhadap buah durian Musang King begitu tinggi dan harganya pun sangat mahal, sehingga hal ini bisa dijadikan kesempatan dan peluang emas bagi para pedagang nakal yang tidak bertanggung jawab dengan menjual buah durian Musang King palsu atau buah durian yang memiliki ciri-ciri mirip dengan Musang King. Oleh karena itu, jika anda tertarik ingin membeli dan mencoba merasakan kelezatan dari buah durian Musang King ini. maka panting kiranya agar anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri durian Musang King asli agar anda tidak tertipu.

Lalu, apa saja ciri-ciri dari buah durian Musang King asli?

Ciri-Ciri Durian Musang King Asli

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang bisa anda kenali ketika membeli durian Musang King, diantaranya yaitu :

  1. Warna Kulit

Sebenarnya warna dari kulit buah durian sangatlah beragam, ada yang berwarna kuning kecoklatan sampai dengan warna hijau keungu-unguan. Sementara buah durian Musang King mempunyai warna kulit hijau kekuningan. Gradasi dari warnanya sendiri terletak di bagian ujung duri hingga ke bagian dasar kulit buahnya.

  1. Bentuk Duri

Selain warna kulit buahnya, ternyata bentuk dari duri buah durian pun cukup beragam. Ada yang berbentukpersegi, piramida, bulat dan ada juga yang sangat runcing seperti jarum. Sementara bentuk duri dari buah durian Musang King ini berbentuk piramida dan letaknya cukup jarang atau agak berjauhan antara duri yang satu dengan duri yang lainnya.

  1. Garis Pembelah Kulit Buah

Pada buah durian dapat dibelah dengan mengikuti garis pembelah yang terdapat pada kulitnya, namun pada beberapa jenis buah durian ada yang tampak sangat jelas lapisan garis buahnya dan ada pula yang tidak terlihat dengan jelas. Sementara pada buah durian Musang King ini, lapisan garis pembelah ini terlihat sangat jelas hingga bagian ujung bawah buah duriannya yang membentuk pola seperti bintang. Bahkan sering dijumpai duri Musang King yang menjauh dari garis pembelah ini.

  1. Bentuk Mahkota

Pada umumnya, setiap buah durian memiliki mahkota. Dilihat dari mahkotanya ini, buah durian Musang King tidak memiliki duri mulai dari awal tempat tumbuhnya duri terlihat seperti menjauh dari tangkai buahnya.

  1. Tangkai Buah

Pada bagian tangkai buah durian ini berukuran cukup panjang.

Itulah beberapa ciri-ciri dari buah durian Musang King asli yang bisa anda jadikan sebagai perbandingan ketika anda akan membeli durian Musang King ini.

Kandungan Buah Durian Musang King Dan Manfaatnya

Berikut ini beberapa manfaat buah durian Musang King berdasarkan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, diantaranya yaitu :

  1. Kaya Antioksidan

Di dalam buah durian Musang King sangat terkenal memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi, senyawa ini dapat berfungsi sebagai zat yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas berbahaya. Radikal bebas ini dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit kanker dan penyakit jantung. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah durian Musang King dalam jumlah cukup dapat mencegah tubuh dari resiko terkena penyakit berbahaya.

  1. Kaya Serat

Buah durian ini pun terkenal dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi yaitu mencapai 3,8, kandungan serat yang terdapat pada buah durian Musang King sendiri terdiri dari serat larut dan serat tidak larut. Kedua jenis serat ini sangat baik untuk membantu menjaga dan mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan. Tidak hanya itu, kandungan serat tersebut juga sangat baik untuk membantu dalam menurukan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, melancarkan peredaran darah dan juga memelihara kesehatan jantung.

  1. Kalium

Kandungan kalium yang terkandung di dalam buah durian Musang King cukup tinggi yaitu mencapai 436 mg, kalium sangat dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang, otot, menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskular.

  1. Karbohidrat

Pada setiap satu cangkir buah durian Musang King mengandung 130 gram karbohidrat, jumlah tersebut mampu memenuhi setengah dari kebutuhan asupan karbohidrat harian tubuh. Namun pastikan anda tetap berhati-hati dalam pola makan, sebaiknya anda memonitoring asupan karbohidrat harian anda setelah mengkonsumsi buah durian ini, karena jika terlalu banyak mendapatkan asupan karbohidrat dapat meningkatkan berat badan.

  1. Protein

Di dalam satu cangkir buah durian Musang King mengandung protein dalam jumlah 3,6 gram, jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi asupan protein harian yang dibutuhkan oleh tubuh. menurut hasil studi dari American Journal of Gastroenterology mengungkapkan bahwa, terlalu banyak mendapatkan asupan protein hewani dari daging dan ikan dapat meningkatkan resiko sindrom iritasi pada usus besar. Oleh sebab itu, sangat diperlukan untuk mengimbanginya dengan mendapatkan asupan protein nabati yang berasal dari buah dan sayuran untuk meminimalisir resiko tersebut.

  1. Vitamin Dan Mineral

Di dalam buah durian Musang King memiliki kandungan vitamin dalam jumlah yang cukup tinggi, seperti vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C sebanyak 19,7 mg. Selain itu, di dalam buah ini juga mengandung mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti magnesium sebanyak 30 mg, fosfor sebanyak 39 mg dan masih banyak lagi kandungan mineral penting lainnya seperti kalsium, kalium dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh.

Selain itu, di dalam buah durian Musang King juga memiliki kandungan zat lain yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh seperti TrIptopan, Tiamin, folat, kalori dan juga lemak.

Perhatian :

Meski memiliki banyak kandungann nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh, namun buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasien penderita diabetes, karena dengan mengkonsumsi buah durian dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

Bagaimana, penasaran ingin mencoba merasakan nikmatnya buah durian Musang King?

Demikianlah informasi yang telah kami sampaikan kepada anda semua mengenai Durian Musang King, semoga apa yang telah kami bahas diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • durian musang king manfaat

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Kandungan dan Manfaat Durian Musang King | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: