26 Gejala Diabetes Yang Perlu Anda Ketahui

Gejala Diabetes

Gejala Diabetes

Gejala Diabetes – Penyakit diabetes memang dianggap oleh masyarakat sebagai salah satu jenis penyakit menakutkan. Sebagai salah satu negara berkembang, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki perkembangan penyakit diabetes sangat tinggi dan bahkan angka penderita penyakit diabetes usia lanjut hampir menyamai penderita di negara maju seperti di Amerika Serikat.

Penyakit diabetes sendiri terbagi menjadi dua tipe yang diberi nama diabetes tipe 1 dan tipe 2, kedua tipe diabetes ini memiliki gejala yang hampir sama. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang masih mengabaikan gejala diabetes, mungkin karena ketidaktahuan masyarakat tentang penyakit yang salah satunya disebabkan oleh riwayat keluarga ini.

Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas tentang beberapa gejala yang ditimbulkan ketika seseorang positif menderita penyakit diabetes melitus. Dengan mengetahui berbagai gejala yang ditimbulkan, maka anda bisa lebih waspada dan melakukan penanganan dengan tepat sesuai anjuran dokter.

Lalu, apa sajakah gejala itu? Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Gejala Penyakit Diabetes

Berikut ini beberapa gejala yang ditimbulkan dan di alami oleh penderita penyakit diabetes melitus, diantaranya yaitu :

  1. Sering Merasa Lapar

Pada awal munculnya gejala diabetes biasanya akan ditandai dengan perut sering merasa lapar, bahkan jika sebelumnya anda selalu menerapkan jadwal makan secara teratur. Kondisi ini bisa terjadi oleh karena tubuh akan mengubah makanan menjadi sumber glukosa dalam darah dengan cepat, sedangkan tubuh tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau sel yang terdapat dalam tubuh sudah tidak mampu lagi untuk menerima insulin yang telah diproduksi oleh pankreas. Itulah penyebab kenapa perut akan sering merasa lapar secara berlebihan.

  1. Tubuh Mudah Lelah

Pada saat tubuh kita memerlukan asupan makanan dalam jumlah banyak, maka seharusnya tubuh juga akan mendapatkan asupan sumber energi yang cukup yang diserap dari makanan tersebut. Namun kondisi ini malah sebaliknya, kadar gula dalam darah tidak dapat diserap oleh tubuh untuk diubah menjadi sumber energi karena tubuh tidak mempunyai jumlah insulin yang cukup. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh akan mudah sekali merasa lelah padahal tubuh tidak melakukan aktivitas berat apapun.

  1. Mudah Mengantuk

Gejala diabetes berikutnya yang sering di alami oleh penderita diabetes yaitu mudah sekali mengantuk, sehingga membuat penderitanya sering ingin tidur terutama setiap setelah makan. Oleh karena itu, biasakan untuk tidak langsung tidur setelah makan, lawan rasa kantuk dengan cara jalan kaki atau melakuka kegiatan lain yang dapat menghilangkan rasa kantuk.

  1. Sering Buang Air Kecil

Biasanya tubuh yang normal memiliki frekuensi buang air kecil rata-rata lima hingga 8 kali sehari, namun beda hal nya dengan orang yang positif menderita penyakit diabetes. Mereka akan lebih sering buang air kecil, sehingga sering kali membuat para penderita diabetes merasa frustasi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh karena tubuh harusnya mampu menyerap kadar glukosa dalam darah yang masuk ke dalam ginjal, namun karena kadar gula darahnya terlampau tinggi sehingga menyebabkan proses tersebut tidak bisa dilakukan. Jadi, semua hasil dari metabolisme kadar gula dalam darah akan dikeluarkan dari dalam tubuh setelah melalui ginjal.

  1. Sering Haus

Kondisi ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin diatas, gejala ini bisa disebabkan oleh karena jumlah cairan di dalam tubuh yang berlebihan. Semakin sering anda merasa haus, maka dapat dipastikan jika kadar glukosa dalam darah anda akan semakin meningkat.

  1. Mulut Kering

Orang yang menderita penyakit diabetes akan merasa mulutnya selalu kering meski sering minum dan sering makan. Jika anda mengalami gejala ini, maka bisa dipastikan jika anda menderita penyakit diabetes tipe 1 atau tipe 2. Kondisi seperti memang dapat dipengaruhi oleh karena seringnya buang air kecil dan juga akibat sering merasa haus secara berlebihan, jika tubuh tidak mendapatkan cairan secara sering, maka mulut anda akan terasa sangat kering dan bahkan dapat menyebabkan produksi air liur pun ikut tergangu. Selain itu, penderita penyakit diabetes tahap awal juga dapat beresiko mengalami dehidrasi setiap harinya akibat sering kekurangan cairan.

  1. Gatal-Gatal Pada Kulit

Cairan dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting, salah satunya yaitu untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh. Namun pada kondisi tertentu, seringnya mengalami kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Gejala yang paling sering ditimbulkan akibat dari kondisi ini yaitu dapat membuat kulit terasa sangat gatal, sehingga anda akan sering menggaruknya dan dapat menyebabkan lka. Gejala gatal-gatal ini bisa terjadi pada semua bagian tubuh, tetapi bagian tubuh yang sering mengalami gatal-gatal yaitu pada sela-sela jari tangan dan juga kaki.

  1. Penglihatan Menjadi Kabur/Ganda

Akibat dari kekurangan cairan tubuh juga dapat menyebabkan terganggunya daya penglihatan seseorang. Perlu anda ketahui bahwa ketika mengalami gejala diabetes yang menyebabkan seringnya buang air kecil, maka kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya perbedaan terhadap tekanan terhadap lensa mata. Lensa mata akan mengalami pembengkakan dan menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau bahkan pandangan menjadi ganda.

  1. Mengalami Gangguan Pendengaran

Kadang-kadang penderita diabetes juga akan mengalami gejala yang menyebabkan terganggunya pendengaran kita, salah satu faktor penyebabnya yaitu disebabkan oleh karena kadar gula darah yang terlampau tinggi dan dapat mempengaruhi fungsi syaraf berhubungan sangat erat dengan sistem pendengaran. Apabila dalam tubuh mengandung gula darah dalam jumlah berlebih, maka dapat menyebabkan seseorang mengalami tuli secara permanen.

  1. Mati Rasa

Gejala diabetes berikutnya yaitu dapat membuat salah satu bagian tubuh mengalami mati rasa, bagian tubuh yang paling sering mengalaminya yaitu pada bagian tangan dan kaki yang biasanya dapat diawali dengan gejala kesemutan. Bagi anda yang juga menderita kolesterol tinggi sering menganggap gejala yang ditimbulkannya sama, padahal mati rasa ini merupakan salah satu kondisi yang disebabkan oleh karena syaraf pada tangan dan kaki tidak dapat bekerja dengan baik. Perubahan terhadap kadar glukosa dalam darah dapat merubah sistem syaraf, sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan.

  1. Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Penderita penyakit diabetes tahap awal akan lebih mudah untuk dikenali, salah satu gejalanya yaitu terjadi penurunan berat badan secara drastis. Hal ini dikarenakan, tubuh tidak mendapatkan sumber energi yang cukup dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. tingginya kadar glukosa dalam darah menyebabkan tubuh tidak mendapatkan sumber energi dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan. Dengan terpaksa tubuh akan mengambil cadangan energi dari cadangan lemak dan juga masa otot yang ada dalam tubuh, sehingga berat badan pun akan mengalami penurunan secara drastis.

  1. Jika Terluka, Luka Akan Sulit Sembuh

Akibat perubahan terhadap tekanan cairan tubuh, maka pasien penderita diabetes mudah sekali mengalami luka. Bahkan luka tersebut akan sulit untuk disembuhkan dan akan terus membesar, meskipun luka tersebut awalnya hanya luka goresan kecil saja. kadar glukosa dalam darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadi perubahan besar terhadap peredaran darah dalam tubuh, sehingga menyebabkan tubuh tidak mendapatkan suplai darah dalam jumlah yang cukup.

Gejala Diabetes Lainnya

Masih banyak lagi gejala diabetes lainnya yang mungkin bisa di alami oleh pasien diabetes, seperti :

  1. Infeksi Pada Jari Tangan Dan Kaki
  2. Infeksi Pada Bagian Bawah Payudara
  3. Infeksi Pada Organ Intim
  4. Sering Mengalami Kurang Konsentrasi
  5. Emosi Menjadi Tidak Stabil
  6. Sering Menderita Sakit Kepala
  7. Detak Jantung Lebih Cepat
  8. Sering Berkeringat
  9. Menderita Gusi Bengkak
  10. Sering Mendengkur Saat Sedang Tidur
  11. Menderita Nyeri Sendi
  12. Sering Merasa Mual Dan Muntah
  13. Nafas Di Mulut Beraroma Manis
  14. Sering Sakit Perut

Itulah berbagai gejala diabetes yang dapat ditimbulkan, jika anda mengalami beberapa gejala diatas sebaiknya segera periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan sejak dini agar kondisinya tidak bertambah parah.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

26 Gejala Diabetes Yang Perlu Anda Ketahui | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: