20 Gejala Hepatitis Yang Wajib diketahui

Gejala Hepatitis

Gejala Hepatitis

Gejala Hepatitis – Hepatitis merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang organ hati, penyebab hepatitis sendiri disebabkan oleh karena adanya infeksi virus pada organ hati. Ada tiga jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit hepatitis yaitu virus hepatitis A, B dan juga virus hepatitis C. Ketiga jenis virus ini dapat menyebabkan tiga jenis penyakit yang dikenal dengan nama penyakit hepatitis A, Hepatitis B dan Hepatitis C, semua jenis penyakit ini akan mengganggu fungsi dan kerja hati.

Gejala Penyakit Hepatitis

Ada banyak sekali gejala yang ditimbulkan ketika seseorang terserang virus hepatitis, diantaranya yaitu :

  1. Cepat Lelah

Jika seseorang terinfeksi virus hepatitis, salah satu gejala yang paling umum di alami yaitu tubuh akan cepat lelah, meskipun seharian tidak melakukan aktivitas apapun. Hal ini disebabkan oleh karena pasien penderita penyakit hepatitis akan sering menderita rasa nyeri pada organ hatinya, sehingga tenaga dan pikirannya akan lebih banyak terkuras menahan rasa sakit  yang dideritanya. Sehingga ketika orang yang terinfeksi penyakit ini melakukan suatu pekerjaan sedikit saja tubuhnya akan cepat merasa lelah. Maka dari itu, bagi penderita hepatitis sebaiknya jangan dulu melakukan aktivitas pekerjaan terlebih dahulu, gunakan waktu untuk beristiraha agar kondisinya tidak semakin memburuk.

  1. Nyeri Otot

Orang yang mengidap penyakit hepatitis akan sering merasakan nyeri pada otot tubuhnya, karena otot tubuh terutama otot pada bagian perut lebih mudah tertarik sehingga dapat menyebabkan rasa nyeri. Selain pada bagian otot perut, rasa nyeri juga bisa muncul pada otot tubuh lainnya karena organ hati tidak akan berfungsi dengan baik, sehingga tidak mampu untuk menyaring kotoran dalam tubuh terutama kototan dalam darah.

  1. Sering Merasa Mual

Penderita penyakit hepatitis akan merasakan mual, karena penyakit hepatitis ini akan menyerang di daerah perut terlebih organ hati ini sangat erat kaitannya dengan organ pencernaan lainnya. Jika organ hati seseorang mulai terasa nyeri, maka tubuh akan memberikan respon kepada organ lambung dan kemudian lambung juga akan memberikan respon yang ditandai dengan rasa mual.

  1. Sering Sakit Kepala

Seperti yang telah dijelaskan bahwa sistem saraf dalam tubuh saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, sehingga bagi penderita hepatitis akan mudah sekali terserang sakit kepala.

  1. Sering Gelisah

Penderita penyakit hepatitis akan sering merasakan gelisah, karena rasa nyeri dan gejala lain yang ditimbulkannya membuat seseorang yang terserang penyakit ini akan mudah sekali gelisah. Gejala ini tentu akan menganggu terhadap kesehatan pada psikologisnya dan juga keseimbangan tubuhnya.

  1. Mudah Emosi

Gejala hepatitis lainnya yang sering di alami yaitu penderitanya mudah sekali terpancing emosi, sehingga membuat dirinya mudah sekali marah. Hal ini dikarenakan, terganggunya fungsi hati dapat menyebabkan para penderitanya sulit untuk mengendalikan emosinya. Itulah kenapa jika pasien penderita penyakit hepatitis gampang marah dan tidak bisa berpikir dengan tenang.

  1. Sering Stres Dan Depresi

Disamping mudah sekali marah dan terpancing emosi, penderita penyakit hepatitis mudah sekali stres dan mengalami depresi. Jika penderita hepatitis sudah mulai sering stres dan depresi, maka tindakan yang harus dilakukan bukan hanya tidakan medis saja, tetapi juga harus dilakukan penanganan dengan pengobatan psikologis.

  1. Sering Tidur

Para penderita hepatitis akan sering tidur setiap harinya, karena seperti yang telah dijelaskan pada poin di atas bahwa penderita hepatitis mudah lelah, sehingga mereka akan merasa selalu ingin tidur dan tidur setiap harinya.

  1. Warna Kulit Menguning

Gejala hepatitis berikutnya yaitu akan terjadoi perubahan pada warna kulit, penderita penyakit hepatitis cenderung akan memiliki warna kulit yang cenderung kekuning-kuningan. Hal ini terjadi karena fungsi hati tidak dapat bekerja dengan baik dan normal, sehingga jika kondisi ini terjadi dikhawatirkan akan membuat kondisi kesehatannya semakin menurun dan semakin kronis.

  1. Penurunan Berat Badan

Salah satu fungsi hati yaitu untuk mengontrol kadar asam amino di dalam tubuh dan akan menyimpan mineral penting yang akan dibutuhkan oleh tubuh pada sistem pencernaan. Jika kedua fungsi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik, maka akibatnya dapat memicu penyakit yang lebih serius dan juga akan terjadi penuruan berat badan secara drastis.

  1. Wrna Urine Menjadi Gelap

Hati dapat berfungsi untuk mengendalikan zat racun yang sangat berbahaya bagi tubuh dan juga dapat membantu membuang zat racun di dalam tubuh melalui urine. Namun jika organ hati sudah tidak dapat bekerja dengan maksimal, maka dapat menyebabkan perubahan pada warna urine yang dikeluarkan oleh tubuh menjadi berwarna gelap. Hal ini dikarenakan, semua kandungan zat yang ada di dalamnya juga akan ikut dikeluarkan bersamaan dengan urine.

  1. Perut Bagian Atas Membesar

Jika fungsi hati sudah tidak dapat bekerja dengan maksimal, maka perut bagian atas akan mengalami mengalami pembengkakan dan kondisinya akan semakin parah dan membesar. Jika kondisi ini terjadi di bagian perut, maka perut akan terasa nyeri yang berlangsung secara berulang.

  1. Warna Kuku Menjadi Kuning

Sama seperti pada kulit, warna kuku tangan dan kaki penderita hepatitis juga akan berubah menjadi warna kuning. Sehingga penyakit hepatitis ini dapat dengan mudah menyerang dan menular melalui penggunaan gunting kuku, sabun mandin dan alat-alat makan secara bersamaan dengan orang yang sudah positif terinfeksi virus hepatitis.

  1. Warna Mata Menjadi Kuning

Tidak hanya pada kulit dan kuku, warna mata pun bisa berubah menjadi berwarna kuning. Kondisi ini menandakan jika adanya kandungan zat beracun yang menyebar di seluruh tubuh, sehingga dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh berubah menjadi berwarna kuning atau kekunigan. Jika gejala hepatitis ini sudah muncul, maka segera periksakan ke dokter atau rumah sakit agar kondisi penyakitnya tidak bertambah parah.

  1. Nyeri Pada Ulu Hati

Karena penyakit hepatitis ini hanya menyerang organ hati, maka sudah pasti penderita hepatitis akan merasakan rasa nyeri di bagian hati dikarenakan organ hati telah mengalami pembengkakan. Dengan demikian, secara tidak langsung organ hati juga akan mengalami keracunan karena zat racun yang seharusnya ditangani oleh organ hati akan menyebar ke seluruh tubuh. Hal ini juga dapat menjadi penyebab tubuh mudah lelah, lemas dan tidak berdaya. Bahkan jika kondisinya sudah sangat parah, sistem kekebalan tubuh akan ikut terganggu sehingga virus akan dengan mudah berkembang biak di dalam tubuh.

Gejala Hepatitis yang lainnya, yaitu :

  1. Terjadi pembengkakan pada kaki
  2. Daya penglihatan menurun
  3. Mengalami demam tingg
  4. Timbul rasa nyeri pada persendian
  5. Tinja menjadi kaku dan sangat keras

Itulah beberapa gejala hepatitis yang paling umum, jika anda merasakan gejala-gejala hepatitis diatas pada diri anda sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis dan penanganan sedini mungkin. Karena jika tidak segera ditangani dikhawatirkan akan menular kepada orang lain terutama kepada anggota keluarga.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara mhlngkn flek htam d wajah

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

20 Gejala Hepatitis Yang Wajib diketahui | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: