30 Gejala Penyakit Ginjal Yang Wajib Anda Kenali

Gejala Penyakit Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal sangatlah penting untuk diketahui oleh masyarakat, sehingga masyarakat bisa tahu apakah kesehatan pada organ ginjalnya bermasalah atau tidak. Mendeteksi sejak dini penyakit ginjal tentu dapat membuat seseorang lebih berhati-hati dan melakukan pengobatan sejak dini, karena jika penyakit ginjal sudah kronis akan sangat sulit untuk disembuhkan. Namun sangat disayangkan, dikarenakan ketidaktahuan tentang gejala penyakuit ginjal ini banyak orang yang baru sadar jika dirinya mengidap penyakit ginjal ketika penyakitnya sudah kronis.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi masyarakat untuk mengetahui berbagai gejala penyakit ginjal. Sehingga anda bisa melakukan tindakan pencegahan dan pengobatan sejak dini karena akan lebih efektif jika dibandingkan melakukan pengobatan penyakit ginjal yang sudah kronis.

Gejala Penyakit Ginjal

Berikut ini telah kami paparkan berbagai gejala-gejala yang ditimbulkan dan harus di waspadai, yaitu :

  1. Rasa Gatal Yang Menyiksa

Bagi seseorang yang menderita penyakit gagal ginjal dan batu ginjal akan sering merasakan gatal-gatal yang sangat parah di seluruh tubuh, sehingga dapat mengganggu aktivitas dan jika terus digaruk dengan keras lama-lama kulit akan lecet. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan gejala gatal-gatal yang disebabkan oleh penyakit ginjal, diantaranya yaitu :

  • Organ ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan gangguan kesehatan ginjal itu sendiri.
  • Ginjal nyang sudah tidak berfungsi lagi dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang merupakan hasil dari proses metabolisme dalam tubuh.
  • Kondisi tersebut dapat memicu reaksi gatal-gatal ekstrim pada kulit di seluruh tubuh.
  • Tanda lain dari rasa gatal yang disebabkan oleh penyakit ginjal yaitu, kulit yang terasa gatal akan mudah sekali terluka dan berdarah ketika digaruk. Bahkan dapat menyebabkan terjadinya pendarahan pada kulit.
  • Rasa gatal ini akan muncul di seluruh tubuh, sedangkan pada kaum wanita rasa gatal ini biasanya hanya muncul pada tangan, pergelangan tangan dan kaki.
  1. Mengalami Gangguan Pada Pernafasan

Gejala lain dari penyakit ginjal ini yaitu dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk bernafas atau sesak nafas. Alasan kenapa penderita penyakit ginjal bisa mengalami gangguan pada pernafasan yaitu dikarenakan adanya penumpukan cairan dalam tubuh. Organ ginjal sendiri berfungsi untuk membuang zat-zat racun dan cairan sisa dari metabolisme tubuh yang dikeluarkan bersama dengan urin. Dikarenakan fungsi organ ginjal sedang terganggu, maka cairan tersebut sulit untuk dikeluarkan dan akhirnya terus menumpuk di dalam tubuh termasuk dalam paru-paru. Itulah yang menyebabkan muncul tanda atau gejala sesak nafas pada penderita penyakit ginjal.

  1. Mengalami Anemia

Organ paru-paru sangatlah membutuhkan suplai oksigen dalam jumlah yang cukup setiap harinya, sehingga jika pasokan oksigen ke dalam tubuh berkurang tentu akan menyebabkan fungsi dan kerja paru-paru menjadi terganggu. Kondisi ini tentu dapat menyebabkan penderita penyakit ginjal mengalami anemia, karena sel darah merah akan berkurang dikarenakan kurangnya pasokan oksigen di dalam tubuh.

  1. Sering Pusing

Jika anda sering mengalami pusing, maka bisa jadi anda menderita penyakit anemia, anemia sendiri dapat menjadi salah satu gejala yang bisa muncul ketika seseorang terdeteksi mengidap penyakit ginjal. Meski demikian, penyakit anemia ini tidak selalu berujung pada penyakit ginjal. Tetap anda harus tetap waspada ketika anda sering merasa pusing akibat gejala penyakit anemia, karena sering pusing tersebut disebabkan oleh karena kurangnya pasokan oksigen yang mengalir ke otak. Selain itu, akibat dari kurangnya pasokan oksigen juga dapat menyebabkan produksi sel darah merah berkurang. Jika jumlah sel darah yang mengalir ke otak berkurang, maka akan menyebabkan penderita penyakit ginjal sering merasa pusing.

  1. Mudah Lelah

Kekurangan pasokan sel darah merah dan juga oksigen ke dalam tubuh dapat menyebabkan penderita penyakit ginjal sering mengalami kelelahan, bahkan tubuh mudah lelah mesi tidak melakukan aktivitas apapun. Oleh karena itu, tubuh sangat membutuhkan oksigen yang cukup untuk memproses makanan menjadi sumber energi bagi tubuh. Tubuh yang mengalami kekurangan oksigen, maka makanan yang diproses untuk menjadi sumber energi menjadi lebih sedikit. Maka dari itu, tubuh penderita penyakit ginjal akan mudah lelah.\

  1. Wajah Pucat

Jumlah dari sel darah merah yang sedikit dapat menyebabkan kulit tubuh dan wajah tampak pucat, kondisi ini bisa anda lihat pada telapak tangan anda. Apakah telapak tangan anda berwarna pucat atau berwarna kemerahan, jika berwarna pucat bisa jadi anda mengalami anemia yang merupakan salah satu gejala penyakit ginjal.

  1. Tubuh Menggigil

Bagi orang yang menderita penyakit ginjal akan sering merasakan kedinginan dan menggigil di seluruh badan. Jika anda mengalami gejala ini padahal kondisi cuaca sedang dalam kondisi baik, maka kemungkinan besar anda menderita penyakit ginjal.

  1. Sulit Untuk Berkonsentrasi

Bagi penderita penyakit ginjal, mereka akan sangat sulit untuk bisa berkonsentrasi bahkan dalam waktu sebentar saja. Kesulitan untuk berkonsentrasi ini bisa disebabkan oleh karena penyakit anemia yang juga diderita oleh penderita penyakit ginjal. Kurangnya asupan oksigen sel darah merah pada otak menjadi pemicu seseorang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi.

  1. Hilang Keseimbangan

Gejala pusing yang sering di alami oleh penderita penyakit ginjal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kehilangan keseimbangan, bahkan mereka sering mengalami kesulitan untuk beranjak dari tempat tidur dan sering kali terjatuh.

  1. Nyeri Di Sekitar Pinggang

Bagi seseorang yang menderita penyakit ginjal akan sering mengalami kesakitan di sekitar pinggang,meskipun mereka tidak melakukan aktivitas yang menggunakan otot. Hal ini dapat menjadi suatu tanda terganggunya fungsi dan kerja ginjal, namun sayangnya masih banyak masyarakat umum yang belum mengetahu gejala ini sehingga sering mengabaikannya. Penyebab munculnya rasa nyeri pada daerah pinggang ini dapat disebabkan oleh batu ginjal yang terjebak di dalam saluran kemih atau ureter.

  1. Muncul Rasa Nyeri Pada Kandung Kemih

Bagi orang yang menderita sakit ginjal akan mengalami rasa sakit pada saat sedang berkemih. Hal ini dikarenakan, ketika saluran kemih digunakan untuk berkemih, maka batu ginjal akan menekan pada saluran kemih yang akhirnya timbul rasa nyeri.

  1. Jumlah Urin Berkurang

Fungsi dan kerja ginjal yang menurun menyebabkan cairan sisa metabolisme menumpuk dan sulit dikeluarkan, sehingga jumlah urin yang dikeluarkan cenderung akan lebih sedikit dan bahkan jika kondisinya sudah sangat kronis penderitanya tidak busa buang kecil dan harus rutin melakukan cuci darah untuk membersihkan kotoran yang menumpuk dalam darah.

  1. Jumlah Urin Berlebih

Berbeda hal nya dengan penderita penyakit ginjal yang juga mengidap penyakit diabetes, maka akibatnya orang yang menderita penyakit diabetes dan terdiagnosa mengidap penyakit ginjal akan sering buang air kecil secara berlebihan terutama pada malam hari. Hal ini dikarenakan, organ ginjal tidak mampu lagi untuk menahan eksresi yang berupa urin tersebut. Selain itu, warna urin pun akan menjadi keruh karena organ ginjal sudah tidak mampu lagi untuk menyari urin.

Gejala penyakit ginjal lainnya :

  1. Terganggu Produksi Hormon Dalam Tubuh
  2. Terkena penyakit Osteoporosis
  3. Warna Urin Menjadi Keruh
  4. Demam Tinggi
  5. Sering Merasa Mual dan Muntah
  6. Terjadi Pembengkakan Pada Tubuh
  7. Mengalami Perut Kembung
  8. Terjadi Penurunan Nafsu Makan
  9. Mengalami Kencing Berdarah
  10. Sering Mengalami Kram Yang Parah
  11. Sering Mengalami Kesulitan Untuk Tidur
  12. Mengalami Pembengkakan Di Pelupuk Mata
  13. Mengalami Pembengkakan Di Lutut
  14. Buah Zakar Menjadi Bengkak
  15. Air Kencing Berbusa
  16. Terjadi Peningkatan Tekanan Darah
  17. Lapisan Jarngan Pada Perut Mengalami Peradangan

Itulah tadi berbagai gejala yang dapat di alami oleh penderita penyakit ginjal, semoga dengan informasi ini dapat menambah pengetahuan sehingga anda akan jauh lebih waspada ketika mengalami gejala-gejala diatas.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

30 Gejala Penyakit Ginjal Yang Wajib Anda Kenali | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: