12 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil dan Penyebabnya

Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki Bengkak Saat Hamil adalah suatu kondisi yang umum terjadi di masa kehamilan, penyebab kaki bengkak saat hamil ini bisa terjadi ketika memasuki usia kehamilan 24 minggu atau tidak jarang juga terjadi ketika usia kehamilan menginjak 28 minggu pertama. Hampir 75% wanita hamil akan mengalami kondisi dimana terjari pembengkakan pada kaki, pembengkakan atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah edema ini biasanya akan terjadi pada bagian tungkai dan juga mata kaki.

Kaki bengkak disaat masa kehamilan ini umumnya disebabkan oleh karena adanya timbunan berupa cairan yang tertahan di dalam tubuh, jika kondisi ini tidak disertai dengan gejala lainnya bisa dipastikan bahwa gejala ini sangat wajar terjadi dan dianggap normal-normal saja. biasanya pembengkakakn ini tidak akan menimbulkan gejala-gejala atau keluhan lain terkecuali rasa pegal-pegal dan munculnya perasaan tidak nyaman di sekitar kaki. Namun jika ada keluhan pada ibu hamil atau terjadi pembengkakan yang berlebihan dan disertai dengan keluhan lain seperti sulit berjalan dan bergerak, maka kondisi tersebut harus segera ditangani.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kaki ibu hamil, namun sayangnya tidak semua ibu hamil mengetahui dan menyadari apa penyebabnya. Untuk itu, kali ini kami akan jelasnya beberapa hal yang dapat menjadi penyebab utama pembengkakan pada kaki saat hamil, yaitu :

  1. Berat Badan Berlebih

Pembengkakan yang terjadi pada kaki ibu hamil umumnya disebabkan oleh karena berat badan yang terus meningkat seiring dengan betambahnya usia kehamilan, sehingga tubuh akan menerima beban yang lebih berat dibandingkan saat sebelum hamil. Berat badan yang terus meningkat dapat membuat tubuh membebani kaki ibu hamil, sehingga kaki akan mengalami pembangkakan.

  1. Terlalu Banyak Cairan

Saat hamil, maka rahim akan terus membesar. Bertambah besarnya rahim pada tubuh ibu hamil dapat menyebabkan jumlah cairan tubuh meningkat dan sebanyak 30% nya akan tertimbun pada kaki, sehingga cairan berlebih tersebut menyebabkan kaki ibu hamil menjadi bengkak.

  1. Sirkulasi darah kurang lancar

Penyebab kaki bengkak saat hamil lainnya yaitu dapat disebabkan oleh kurang lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga pembuluh darah pada kaki akan tersumbat dan sirkulasi darah pun akan terhambat. Pembuluh darah yang tersumbat dapat menyebabkan aliran darah menuju ke organ jantung akan terganggu, sehingga akan terjadi pembengkakan pada pembuluh darah tersebut yang menimbulkan pembengkakan pada kaki. Selain itu, kurang lancarnya sirkulasi darah akibat dari penyumbatan pembuluh darah pada kaki bisa menyebabkan hipertensi di masa kehamilan yang tentunya harus anda waspadai dengan rutin melakukan konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan.

  1. Akibat kurang gerak

Pada saat memasuki usia kehamilan 24 minggu ke atas, jika saat hamil terlalu banyak duduk dan jarang melakukan pergerakan tubuh bisa menyebabkan terjadi pembengkakan pada kaki. Hal ini disebabkan oleh karena sirkulasi darah di bagian kaki kurang lancar, sehingga kaki menjadi bengkak. Oleh karena itu, usahakan anda sering bergerak dengan melakukan olahraga khusus ibu hamil atau hanya sekedar jalan kaki.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi pembengkakan pada kaki saat hamil, diantaranya yaitu :

  1. Jangan Berdiri Terlalu Lama

Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan kaki semakin bengkak dan pegal-pegal, karena pada saat sedang posisi berdiri kaki akan menerima beban dari berat tubuh yang terlalu berlebihan. Semakin lama berdiri, maka beban kaki akan semakin berat untuk menopang tubuh ibu hamil, maka usahakan agar ibu hamil tidak terlalu lama berdiri.

  1. Sering Bergerak

Setiap ibu hamil sangat dianjurkan untuk sering bergerak pada pagi hari, karena selain dapat mempermudah proses persalinan manfaat jalan kaki di pagi hari bagi ibu hamil sangat baik untuk mengatasi kaki bengkak. Selain itu, dengan sering bergerak di pagi hari, maka sirkulasi darah di seluruh tubuh akan menjadi lancar khususnya pada bagian kaki.

  1. Tinggikan Posisi Kaki Saat Tidur

Pada saat tidur, pastikan posisi kaki ibu hami lebih tinggi dari posisi kepala, caranya anda ankat kaki dan sandarkan pada dinding tembok kamar. Cara ini sangat efektif dan terbukti berhasil untuk melancarkan peredaran darah dari kaki.

  1. Gunakan Alas Kaki Yang Nyaman

Pastikan anda selalu menggunakan alas kaki yang pas dan nyaman di kaki, sebab jika anda memakai alas kaki yang terlalu kecil justru akan memperparah pada peredaran darah dari kaki ke seluruh tubuh.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang, minum bayak air putih saat hamik juga sangat bermanfaat untuk mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi. Selain itu, dengan banyak minun air putih dapat membantu melancarkan cairan yang tertimbun pada kaki.

  1. Hindari Konsumsi Garam Berlebih

Mengkonsumsi terlalu banyak garam pada masakan dapat meicu terjadinya pembengkakan saat hamil, karena timbunan cairan yang terdapat pada kaki akan semakin banyak.

  1. Angkat Kaki dan Tungkai Lebih Tinggi Saat Duduk

Cara ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyumbatannpada pembuluh darah yang ada pada kaki, jika peredaran darah menuju ke kaki tergangu dapat menyebabkan kondisi pembengkakan pada kaki akan semakin parah.

  1. Jangan Menyilangkan Kaki

Pada saat hamil, jangan pernah coba-coba untuk duduk saling mengilangkan kaki, karena kebiasaan menyilangkan kaki dapat menyebabkan peredarah darah yang menuju ke kaki akan terganggu dan tersumbat.

  1. Posisi Tidur Miring

Posisi tidur terbaik bagi ibu hamil yaitu dengan posisi miring, cara ini bisa menjadi solusi alternatif bagi ibu hamil yang tidak mau mengangkat kaki. Posisi tidur miring akan dapat memperbaiki dan melancarkan sirkulasi darah pada kaki menjadi lebih lancar, dalam beberapa hari bengkaki kaki akan berangsur-angsur kempis.

  1. Kompres Kaki Dengan Air Dingin

Cara ini sangat efektif untuk melancarkan sirkulasi darah ke kaki, caranya yaitu :

  • Siapkan ember berisi air es, anda bisa menambahkan es batu secukupnya.
  • Bersihkan terlebih dahulu kaki anda, lalu rendam di dalam ember yang sudah berisi air dingin selama beberapa menit.
  • Angkat dan keringkan dengan handuk.
  • Lakukan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil ini secara rutin setiap hari sampai bengkak pada kaki kembali normal.
  1. Jangan Memakai Celana Ketat

Ketika sedang hamil jangan pernah memakai celana yang ketat, apalagi celana jeans. Hal ini dikarenakan, celana yang ketat dapat mempengaruhi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, memakai celana ketat saat hamil juga dapat menyebabkan aliran darah menuju kaki terganggu dan terhambat, sehingga dapat menyebabkan kaki bengkak. Maka dari itu, gunakan celana yang longgar dan akan lebih baik jika anda memakai pakaian khusus ibu hamil.

  1. Ganjal Kaki Dengan Bantal

Usahakan pada saat akan tidur, kaki diangkat lebih tinggi dari posisi kepala dengan cara mengganjalnya menggunakan bantal. Cara ini sangat efektif untuk membantuk memperbaiki aliran darah menuju ke kaki dan mengurangi timbunan cairan pada kaki yang bengkak.

Itulah sedikit penjelasan mengenai kaki bengkak saat hamil, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semua khususnya bagi para ibu hamil.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • kaki bengkak saat hamil
  • hamil keadaan kaki bengkak
  • kaki bengkak pada ibu hamil
  • kaki bengkak pada bumil
  • kaki bengkak hamil 39mg
  • ibu hamil sakit kepala saat mengangkat kaki untuk mengatasi bengkak
  • hamil 31 minggu kaki bengkak dan mata ada boloknya di pagi hari
  • ganjalkaki hamil
  • cara mengatasi kaki bengkak yg berlebihan saat hamil
  • cara mengatasi kaki bengkak saat hamil selain menaruh bantal di kaki ketika tidur
  • cara mencuci baju dengan cara jongkok bisa mengembalikan posisi bayi yng sungsang
  • bh kki bngkk bgi ibu hmil
  • apakah sabun cuci bisa membuat kaki bumil bengkak
  • apakah berpengaruh kaki bengkak dengan timbangan saat hamil
  • apakah air es dapat megurangi bengkak pada ibu hamil

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

12 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil dan Penyebabnya | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: