12 Mainan Bayi Usia 4 Bulan Agar Bayi Lebih Cerdas

Mainan Bayi Usia 4 Bulan Agar Bayi Lebih Cerdas

Mainan Bayi Usia 4 Bulan Agar Bayi Lebih Cerdas

Mainan Bayi Usia 4 Bulan Agar Bayi Lebih Cerdas – Ketika bayi menginjak usia 4 bulan, banyak perubahan yang terjadi. Di usia ini bayi akan lebih aktif bergerak dan terlihat lebih cerdas, bahkan biasanya bayi akan mulai belajar untuk melakukan interaksi sosial yang lebih baik dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, pada usia 4 bulan, bayi harus lebih sering dilatih dengan memberikannya mainan-mainan yang tepat dan juga dapat mendorong perkembangan pada motorik, sensorik, kongnitif dan juga fisik bayi anda.

Mainan untuk Bayi Usia 4 Bulan Agar Bayi Lebih Cerdas

Berikut ini beberapa jenis mainan yang bisa anda berikan kepada bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya agar lebih maksimal. Diantaranya yaitu :

  1. Boneka Berbagai Karakter

Agar dapat merangsang perkembangan pada kognitif anak, maka anda bisa mencoba untuk memberikan anak anda mainan boneka dari berbagai karakter. Misalnya saja boneka binatang, tumbuhan, makanan dan lain sebagainya. Jenis mainan seperti ini dapat membantu merangsang otak untuk mulai mengenali berbagai jenis benda, meski pada usia 4 bulan bayi masih belum memiliki kemampuan untuk mengingat dengan baik, tetapi bayi dapat belajar untuk mengenai suatu benda yang ada di depannya. Pilihlah boneka yang bagus dan aman untuk si kecil, sehingga pada saat ditarik atau digigit tidak akan mudah rusak.

  1. Bantal Guling Karakter Binatang

Selain memberikan mainan berbagai karakter, anda juga bisa memberikan anak anda bantal guling karakter binatang yang nantinya akan menjadi teman tidur. Selain itu, memiliki bantal guling karakter binatang juga dapat melatih sistem motorik dan juga sensorik anak. Anda bisa memilihkan bantal guling bekarakter binatang seperti cacing, ulat, buaya dan lain sebagainya. Selain karakternya yang beragam, sebaiknya pilih warna-warna yang beragam, sehingga anak akan mulai mengetahui ada banyak warna di depannya. Pada beberapa mainan biasanya ada yang dilengkapi dengan lonceng kecil, sehingga pada saat dimainkan akan mengeluarkan suara.

  1. Mainan Tepukan Musik

Ketika bayi memasuki usia 4 bulan, anda bisa melatih kemampuan motorik kasar, sensorik dan juga keinginan untuk menggenggam sesuatu benda yang ada didekatnya. Maka dari itu, anda bisa memberikan anak anda mainan berbentuk mainan tepuk musik atau genggam musik. Pada saat bayi anda menggenggam atau menggerakan alat musik ini, maka alat musik ini akan menghasilkan suara musik yang lembut dan pastinya akan disukai bayi. Hal ini sangat baik untuk membantu merangsang kemampuan anak dalam menggerakan tangan.

  1. Boneka Yang Lembut

Untuk melatih kemampuan koginitif anak, anda bisa memberikan mainan berupa boneka yang lembut dan disukai oleh anak. Boneka ini tidak hanya dapat dijadikan mainan, tetapi juga bisa dijadikan sebagai teman tidur. Dengan memberikan anak anda boneka yang lembut, maka anak anda akan merasa lebih tenang dan tidak akan mudah menangis.

  1. Mainan Gantung Beraneka Rarna

Mainan untuk bayi usia 4 bulan agar bayi lebih cerdas lainnya yaitu dengan memberikan mainan gantung yang memiliki beragam warna cerah, mainan ini dapat melatih kemampuan pada panca indera si kecil agar dapat berfugsi dengan baik. Mainan jenis ini sangat aman bagi bayi usia 4 bulan, karena mainan ini diletakan dengan cara digantung di langit-langit kamar bayi. Mainan ini dapat berputar dan mengeluarkan suara yang dapat menarik perhatian sang anak, mainan ini akan memuat bayi merasa lebih tenang dan bahkan dapat membantu bayi untuk cepat tertidur.

  1. Mainan Visual Untuk Bayi

Selain melatih panca indera sang anak, anda juga harus melatih perkembangan terhadap kemampuan visual bayi mulai usia 4 bulan. Ada banyak jenis mainan yang bisa anda pilih dari berbagai bentuk dan warna mulai dari bentuk bola, lingkaran dan berbagai bentuk lain. Mainan ini dapat membantu melatih kemampuan dalam mengenal bentuk dan warna yang berbeda dari setiap mainannya.

  1. Mainan Untuk Stroller

Ketika usia bayi 4 bulan, maka anda bisa memberikan anak anda jenis mainan untuk stroller anak. Mainan ini dapat membantu dalam melatih kemampuan motorik kasar dan juga sensorik. Selain dapat menghibur anak dengan suara-suara dari mainan tersebut, mainan ini juga dapat melatih bayi untuk menyentuh berbagai jenis benda yang ada didepannya.

  1. Mainan Puzzle Boneka

Melatih bahasa dan indera kepada anak sangat penting untuk dilakukan para orang tua dalam melatih perkembangan anak usia 4 bulan. Anda bisa memberikan anak anda mainan berupa puzzle boneka yang lengkap, anda tidak perlu memberikan jenis mainan yang rumit karena ini hanya sebagai perkenalan saja. sebaiknya pilih jenis mainan berbentuk buku yang lembut seperti pada boneka. Meskipun bayi usia 4 bulan masih belum mengerti dan mengenal jenis binatang ataupun jenis benda lainnya, tetapi anda perlu melatih si kecil dengan mengucapkan nama jenis binatang atau jenis benda lain dengan logat dan ejaan yang tepat.

  1. Mainan Berjalan

Untuk melatih kemampuan panca indera bayi usia 4 bulan, maka anda bisa memberikan jenis mainan berjalan. Pada saat tuas mainan tersebut diputar dan diletakan di lantai, maka mainan tersebut akan berjalan dan bergerak sendiri. Umumnya maianan seperti ini terbuat dari bahan plastik ataupun bahan material lain yang aman untuk bayi. Dengan adanya mainan ini, maka anak anda akan merasa lebih ceria dan tenang.

  1. Matras Bekarakter

Ketika anda sedang mengajak anak anda bermain, maka anda bisa mengajaknya bermain di lantai dengan meletakan matras berkarakter sepeti karakter kartun, boneka, binatang dan tokoh-tokoh animasi yang dapat menarik perhatian sang anak. Ketika bayi sedang tengkurap, maka anak akan mulai termotivasi dengan berbagai karakter yang terdapat pada matras.

  1. Mainan Gigitan Untuk Bayi

Ketika bayi anda berusia 4 bulan, anak masih belum mampu untuk menunjukan tanda-tanda akan tumbuh gigi. Meskipun terkadang ada beberapa bayi yang sudah memiliki bibit gigi yang mulai muncul dari gusi, anda tetap perlu memberikan anak anda jenis mainan gigitan bayi. Hal ini bertujuan untuk membantu merangsang pertumbuhan gigi agar bisa tumbuh lebih cepat.

  1. Mainan Tongkat musik

Untuk merangsang kemampuan dari tangan bayi, maka anda bisa memberikan anak anda mainan yang berupa tongkat musik. Tongkat berbentuk lurus yangb terbuat dari bahan plastik dengan memiliki dua ujung bola pada kedua sisi, pada setiap bola memiliki rongga dan isi benda di dalamnya. Pada saat mainan ini digerakan akan menghasilkan suara bunyian yang dapat menarik perhatian bayi saat bermain. Kemudian bayi akan termotivasi untuk menjangkau dan memegang benda tersebut lalu menjatuhkannya. Semakin lama bayi aktif bermain, maka bayi anda akan semakin pintar.

Itulah beberapa mainan yang sangat cocok untuk bayi usia 4 bulan agar bayi lebih cerdas dan pintar. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan anda untuk melatih perkembangan pada motorik, sensorik, kongnitif dan juga fisik bayi anda.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • mainan anak usia 4 bulan
  • mainan bayi 4 bulan
  • mainan bayi usia 4 bulan
  • mainan untuk anak 4 bulan

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

12 Mainan Bayi Usia 4 Bulan Agar Bayi Lebih Cerdas | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: