9 Mainan Bayi Usia 6 Bulan untuk Perkembangan Bayi

Mainan Untuk Bayi 6 Bulan untuk Mendukung Perkembangan Bayi

source : Sehat Natural

9 Mainan Bayi Usia 6 Bulan untuk Perkembangan Bayi – Setelah sebelumnya kami mengulas tentang berbagai jenis mainan untuk bayi 4 bulan, kali ini kami akan coba jelaskan informasi mengenai berbagai jenis mainan yang baik untuk bayi berusia 6 bulan agar dapat mendukung perkembangan bayi.

Ketika usia bayi anda menginjak usia 6 bulan, maka perkembangannya akan jauh lebih aktif dan bayi sudah mulai bisa mengenali berbagai jenis mainan yang diberikan oleh orang tua nya. Jari jemarinya sudah mulai bisa menggenggam mainan dengan kuat, keinginannya untuk meraih benda atau mainan yang ada di depannya pun akan semakin tinggi dari sebelumnya, apalagi pada mainan yang memiliki warna cerah dan mencolok. Selain itu, pada usia 6 bulan, bayi sudah dapat memindahkan benda atau mainan dari suatu tempat ke tempat lain yang diinginkannya dan kemudian bayi biasanya sering memukul-mukul suatu benda sebagai salah satu gerakan yang mungkin dia ingin coba perlihatkan kepada anda

Dari perkembangannya tersebut, maka sebagai orang tua anda harus tetap memperhatikan dari segi keamanan pada benda atau mainan yang anda berikan. Sangatlah penting untuk anda mempertimbangak ketika akan membeli suatu mainan yang cocok dan sesuai dengan usia anak anda untuk mendukung perkembangannya. Pada dasarnya, mainan untuk bayi dapat berfungsi untuk menstimulasi, meningkatkan kecerdasan, melatih gerakan pada panca indera dan juga untuk mulai belajar mengenali dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Tingkat keamanan dari mainan yang anda berikan kepada bayi haruslah selalu diperhatikan dengan baik, beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika memilihkan mainan untuk bayi anda yaitu dengan mengetahui bahan material yang digunakan, ukuran dan juga tekstur dari mainan tersebut. Selain itu, dari segi kekuatan pun tidak kalah penting untuk anda pertimbangkan. Hindari memilih jenis mainan yang terbuat dari bahan yang mudah rapuh dan bertekstur keras, karena dikhawatirkan dapat melukai bayi anda. Pastikan anda selalu memperhatikan kebersihan dari mainan tersebut dengan rutin membersihkan mainan dari debu dan kotoran, karnea bayi sering kali menggigit atau ingin memasukannya ke dalam mulut. Dengan demikian, bayi anda akan terhindari dari masuknya organisme ke dalam pencernaan bayi.

Pada usia bayi enam bulan, sebaiknya hindari jenis mainan yang menggunakan tali dengan panjang lebih dari 15 cm, karena tali tersebut dapat mengganggu pergerakan bayi anda. Selain itu, jika anda ingin memberikan bayi anda mainan yang dapat mengeluarkan suara, pastikan suara yang dikeluarkannya tidak terlalu keras karena dapat mengganggu dan bahkan merusak pendengarannya. Bayi berusia 6 bulan mulai dapat memperhatikan bayangannya sendiri ketika melihat cermin, bahkan ketertarikannya terhadap suatu benda dengan warna yang mencolok dapat membantu meningkatkan kemampuan pada bagian leher untuk bisa melihat dan menjangkau benda-benda yang ada didekatnya.

Aneka Mainan Untuk Bayi Usia 6 Bulan Untuk Mendukung Perkembangan Bayi

  • Rattle

Rattle merupakan jenis mainan yang terbuat dari bahan karet, plastik atau kain yang lembut, sehingga dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi. Mainan jenis ini aman untuk bayi dan bisa mengeluarkan bunhyi yang dapat menarik perhatian bayi. Mainan ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan ukuran yang mudah digenggam oleh tangan bayi, sehingga dengan mainan seperti ini dapat melatih kemampuan pendengaran dan juga mulai belajar menggerakan mainan tersebut karena ada rangsangan dari bunyi yang dihasilkan.

  • Cermin Bayi

Jenis mainan lain yang cocok untuk bayi berusia 6 bulan yaitu dengan memberikan dia cermin khusus untuk bayi, cermin ini terbuat dari bahan plastik dan memiliki bentuk yang aman tanpa perlu khawatir akan melukainya. Pada saat bayi menginjak usia 6 bulan, rasa keingintahuannya mulai tumbuh dan begitu pun dengan ketertarikannya ketika melihat bayangannya pada cermin. Oleh karena itu, sesekali ajaklah bayi anda untuk bermain di depan cermin kaca dan cobalah untuk mengenalkan beberapa organ tubuhnya.

  • Mainan Lampu

Anda bisa memperkenalkan cahaya lampu atau senter yang berwarna-warni untuk mengetahui respon dari bayi jika melihat cahaya dan warna yang bertujuan untuk melatih kemampuan visualnya.

  • Alat Musik

Anda bisa membelikan mainan alat musik seperti drum ataupun piano untuk melatih gerakan dari motorik halusnya, sehingga dapat merangsang si kecil untuk belajar memukul atau memijit alat musik tersebut. Ketika menghasilkan suara, maka bayi akan mencari sumber dari suara atau bunyi alat musik tersebut.

  • Papan aktivitas

Sediakan papan aktivitas yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis mainan anak di atasnya. Dengan adanya mainan-mainan tersebut maka dapat menarik perhatian bayi agar tertarik untuk memainkannya. Dengan aktivitas seperti ini dapat membantu melatih kemampuan bayi untuk melakukan kordinasi tangan dan juga melatih fungsi sensorik bayi. Namun pastikan papan aktivitas yang anda berikan kepada anak anda tidak ada sesuatu yang dapat membahayakan bagi bayi.

  • Perlengkapan rumah tangga

Mainan berupa perlengkapan rumah tangga sangat cocok diberikan kepada bayi berusia diatas 6 bulan, beberapa mainan perlengkapan rumah tangga ini terdiri dari sendok, mangkok plastik, cangkir, kompor dan berbagai mainan perlengkapan rumah tangga lainnya yang semuanya terbuat dari bahan plastik, sehingga aman untuk bayi. Pastikan anda menyimpan semua mainan perlengkapan rumah tangga ini di tempat yang mudah dijangkau oleh bayi, pastikan juga tidak ada benda lain yang bisa terjatuh dan menimpa bayi.

  • Mainan Bola

Bola memang telah menjadi salah satu jenis mainan yang cocok diberikan untuk bayi usia diatas 6 bulan, banyak cara yang dapat dilakukan untuk memainkan bola tersebut seperti menggelindingkan bola ke arahnya dan minta dia untuk menggelindingkan bola ke arah mana saja. jika usia bayi anda sudah lebih besar, maka anda bisa mengajaknya untuk belajar melempar dan menangkap bola.

  • Mainan Boneka

Jika bayi anda perempuan, maka anda bisa memberikan mainan boneka berbentuk binatang yang lucu-lucu, sehingga dapat membuat bayi merasa senang. Namun pastikan anda tidak membeli boneka yang memiliki tali, benang atau bagian-bagian kecil yang dapat berbahaya bagi bayi. Selain itu, pastikan juga ukurn boneka yang diberikan memiliki tektur yang lembut dan berwarna cerah mencolok, sehingga dapat menarik minat bayi untuk meraih dan memainkannya.

  • Mainan Berbentuk

Bayi biasanya akan sangat senang ketika melihat berbagai jenis mainan yang bervariasi, misalnya saja seperti tempat makan berbentuk bintang, lubang berbentuk lingkaran atau persegi. Dengan mainan tersebut, maka bayi akan mulai belajar untuk mencocokan bentuk dari mainan tersebut.

Untuk mendapatkan mainan bayi 6 bulan tidaklah begitu sulit, karena bisa anda dapatkan di toko-toko mainan terdekat di kota anda. Anda bisa mencari mainan yang cocok dan sesuai dengan karakter anak, semakin banyak toko mainan yang anda kunjungi semakin banyak pula jenis mainan yang akan anda temukan.

Demikianlah ulasan mengenai Mainan Untuk Bayi 6 Bulan Untuk Mendukung Pekembangan Bayi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

9 Mainan Bayi Usia 6 Bulan untuk Perkembangan Bayi | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: